5 Alat Make Up Untuk Acara Formal

[Pernikahan] Aku pernah iseng bertanya pada suamiku. Dia lebih suka aku dandan atau tidak dandan. Jawabannya adalah, dia lebih suka jika aku tidak dandan tapi tetap terlihat rapi, bersih dan sehat. Dan sudah mandi sih yang pasti, mengingat aku sering malas mandi.  Hehehe. Jadi, aku dandan apa nggak sukanya? Nah. Jawaban suamiku tuh bikin persepsi ganda banget kan ya? Pakai make up apa nggak?

"Mas, yang tegas ngapa. Jadi, maunya kamu tuh aku lebih bagus pake make up atau nggak sih?"

"Kenapa sih emangnya?"

"Ya gue mau tahu."

"Kamu..... aku sih lebih suka lihat kamu tanpa make up sebenarnya. Tapi, kadang suka juga lihat kamu kalau lagi pake make up. Ah. Kamu sih suka nggak konsisten cantiknya. Kadang lebih cantik kalau pakai make up, kadang lebih cantik kalau tanpa make up. Mungkin lihat situasinya kali ya."

Hmm. Jadi gimana tuh? Aku masih bingung sebenarnya. Jadi, ya sudahlah. Suka-suka aku saja deh. Mungkin, jika sedang suasana santai banget seperti sedang jalan pagi berdua memutari taman, suami lebih suka lihat aku tanpa make up. Tapi, untuk suasana yang formal, dia lebih suka jika aku tampil formal lengkap dengan make up.

Akibat suamiku yang tidak pernah menuntut istrinya agar berdandan alias ber-make up, jadilah sampai setua ini (usiaku 48 tahun) aku tidak bisa dandan. Sudah mencoba untuk melihat You tube yang berisi tutorial cara ber-make up,  menggemari acara Beauty di televisi yang mengulas tips dan trik ber-make up, tetap saja aku payah jika disuruh menggunakan make up.

Jadi, make upku sederhana banget. Hanya mengandalkan pelembab, pinsil alis, eye liner, lipstik. Itu saja keseharianku jika sedang ingin berdandan. Bahkan bedak pun aku tidak pernah pakai.

Nah, berbeda jika sedang ingin datang ke acara formal. Mau nggak mau, aku harus menggunakan make up dong. Terus, gimana caranya aku yang tidak bisa dandan bisa mengenakan make up lengkap? Alhamdulillah banget sekarang ada banyak produk kecantikan yang praktis banget. Ini dia nih.

5 Alat Makep Up untuk Acara Formal

Ini sengaja aku urutkan berdasarkan waktu pemakaiannya ya. Biar pas diikuti urutannya, maka alat make up ini bisa tampil sempurna di wajah kita.

1. Bedak padat


Sebenarnya, aku dulu punya bedak favorit. Aku suka banget pakai bedak itu karena begitu menempel di wajah kita, hasilnya tuh wajah kita terlihat glowing banget.





A post shared by Ade Anita (@adeanita4) on


Nah, waktu pemotretan foto di atas, aku pakai bedak kesukaanku itu tuh. Bagus banget kan penampakannya? Kayak menyatu dengan kulit kita gitu.

Masalahnya adalah, setelah 3 tahun setia membantu make up ku, si bedak habis. Dan counter penjualannya sudah tidak berjualan lagi di mall. Terus aku cari-cari di toko lagi, supermarket, mall, tidak ketemu juga dengan gerainya. Jadi, akhirnya aku harus ganti bedak.
Duh.
Mencari bedak baru yang cocok tuh susah ternyata. Ada yang bagus di wajah, tapi nggak ramah di kantong. Ada yang ramah di kantong, eh, nggak bagus di wajah kita. Terlihat keputihan kek, atau sering bergumpal, atau luntur ketika kena keringat sehingga meninggalkan bekas aliran air keringat di wajah kita. Dan yang pasti, karena wajahku punya banyak sprooten (bintik-bintik hitam khas kulit oriental), maka tidak semua bedak bisa menutupi sprooten ini dengan sempurna. Nama bedak kesukaanku itu adalah Amaranthine Arabic Glam. Bedak dari Arab sih katanya. Kelebihan bedak ini, karena ada glitter-glitter halus di antara serbuk-serbuknya. Nah, glitter-glitter halus ini yang bikin wajah kita terlihat glowing tapi sama sekali tidak mencolok dan kelihatan amat natural.

Kok aku nggak nemu ya gerainya dimana-mana? Hik. Kehilangan banget aku.

Nah. Kebetulan, pencariaan sosok bedak pengganti yang pas di aku, akhirnya memmpertemukan aku dengan bedak arab. Alhamdulillah banget ya.

Berarti aku cocoknya memang pakai bedak dari Arab kayaknya. Entah mengapa. Cocok saja dengan kulitku.
Aku sekarang memakai bedak KOKORYU.

Bedak arab ini juga enak nih. Cuma, karena kulitku sudah putih, jadi pas pakai bedak ini malah kelihatan semakin kinclong. Disitu malah bikin aku rada minder. Jadi, suka aku hapus dikit-dikit agar tidak terlalu kinclong-kinclong amat. Pada dasarnya, aku tidak suka jika terlihat menonjol.


Nah. Sekarang cara pemakaiannya.
Jadi, bedak KOKORYU ini, katanya sih sudah mengandung bedak, pelembab dan alas bedak sekaligus. Jadi, kalian tidak perlu menaruh apapun di wajah sebelum mengenakan bedak ini.

Paket bedak KOKORYU adalah, bedak sekaligus dengan sponnya. Karena bedak ini baru akan bekerja jika spon nya diberi air. Jadi, basahi spon lalu tempelkkan di permukaan bedak lalu tepuk-tepuk ke wajah kita dengan rata.

Nah. Aku membasahi spon dengan menggunakan Face Mist Evian. Jadi, semprot saja Evian water ke spon, lalu baru pakai bedak.

Tipis-tipis saja ya. Karena bedak ini baru terlihat hasilnya setelah 3 menit pemakaian.

2. Pinsil Alis dan Eye Liner


Berikutnya, setelah memakai bedak, aku pakai pinsil alis dan eye liner.
Pinsil alis kesukaanku adalah pinsil alis keluaran LA TULIPE. warna coklat tua.
Sedangkan Eye Liner aku gonta-ganti merek sih. Suka-suka aku saja, semua sama saja kok hasilnya.


3. LIPSTIK KVD


Di antara semua merek lipstik, aku paling suka dengan lipstik merek KVD. KAt Von D.
Warnanya, lembutnya, awetnya.

Waktu temanku sesama blogger, Indah Nuria, masih tinggal di New York, aku bolak-balaik nitip lipstik KVD ini pada Indah Nuria. Ketika Indah Nuria akhirnya memberitahu bahwa masa tugasnya di New York sudah hampir habis, aku langsung saja memesan lipstik KVD untuk setok. Hehehehe. Di Indonesia di jual sih, tapi harganya lebih mahal.



4. Blush On Praktis merek Blush Balm Absolute


Selanjutnya adalah blush on yang praktis banget yang aku miliki saat ini. Praktis karena bentuknya yang seperti lipstik. Jadi kita tinggal mengoleskannya di pipi, bisa juga di mata jika memang buru-buru. Praktis banget kan.





5. Terakhir, Eye Shadow berbentuk stik praktis

Aku ketemu alat make eye shadow praktis ini di instagram nih. Dia muncul di salah satu story seseorang yang jualan, terus aku terkompori begitu saja. Hahahaha. Beli, terus... suka. Ternyata beneran praktis banget makenya, tinggal oles aja dan dia langsung tergradasi sendiri.



Dah. Itulah 5 alat make up untuk acara formal yang aku kenakan jika sedang ingin menghadiri acara formal apa saja.

33 komentar

  1. Wah 5 produk kecantikan mengunakan produk luar negeri ya.

    Cakep mba Nita dan lebih kinclong. Mpo suka bedaknya

    BalasHapus
  2. samaan tuh mba, cuman saya ga pakai merk itu hihihi
    Dan belum pernah cobain blush balm, biasanya pakai blush on yang cream padat biasa
    Eyeshadow nya juga lucu mba, sekarang udah pakai yang stick2 gitu ya, saya liatnya sih baru yang semacam lip cream gitu :)

    BalasHapus
  3. Mba Ade emang udah cantik banget ademin dipandang jadi ga make up juga uda geulis pisan, btw aku juga ga bisa dandan dan sama cuman pake bedak, lipstick, eyeliner :D
    aku jadi pengen coba bedak Kokoryu beli online kali aja ada y mba?

    BalasHapus
  4. Makasih mba Ade, aku jadi belajar riasan nih mba.Lagi cari lipstick yang awet dipakainya tapi enggak kering

    BalasHapus
  5. Referensi dari Mbak Ade bisa jadi pegangan nih. Mudah digunakan dan kualitasnya pastinya oke.

    BalasHapus
  6. aku nyobain lipstik KAt Von D pertama waktu dikasih mbak Indha, enak ternyat aya mbak. Mbak ade cantiknya gak konsisten hehehe ada-ada aja suaminya mbak ade

    BalasHapus
  7. Mbak Ade, pantes suaminya bingung, ternyata emang pakai make up atau gak pakai make up udah cantik mbaknya :D wajahnya teduh, auranya menenangkan. Maa syaa Allah :)

    BalasHapus
  8. tertarik sm eyeshadownya Mak Ade :D lucuu

    BalasHapus
  9. Kalau aku nggak begitu suka pakai bedak padat, pensil alis, dan eyeliner. Dan aku suka banget kalau maskara, eyeshadow dan blush on.

    BalasHapus
  10. Soal make up aku lebih parah kyaknya hehe...aku cuman pake alas bedak sama bedak aja...ga oernah oke lipstik atau pinsil alis...heu..

    BalasHapus
  11. Bedak andalanku bB ponds yang warna pink suka banget sama bedak itu

    BalasHapus
  12. Wah jawabannya sama banget ama suamiku, mbak.. Suamiku juga gak suka kalo aku dandan. Yang penting bersih dan rapi aja katanya..

    BalasHapus
  13. Aku sampe sekarang belum bisa juga pake pensil alis Mbaa wekeke. Gak gitu suka pake blush on, gak tau kenapa. Kek gak cocok aja gitu hehe

    BalasHapus
  14. Yahh Mb Ade dah cantik walau g pakai makeup
    Kan dulu pernah ketemu yg bareng mb ifa avianty itu mba xixii
    Dah lamaaa

    Tp pakai makeup emng bikin kita g pucat y mbaa

    BalasHapus
  15. Eyeshadow bentuk stik praktis tuh mba jadi mengaplikasinnya ga perlu bingung lagi.

    BalasHapus
  16. Blush on & eye shadownya perlu dicoba juga nih, kayanya praktis banget cara pakenya, ga usah pake aplikator lagi ya mba :)

    BalasHapus
  17. Toooss mba untuk KVDnya hehehe.. aku suka banget. Itu lipstik juara deh warna dan nyamannya

    BalasHapus
  18. Ini make up nya keren keren nih mba. Aku malah baru tahu. Yang unik itu eyeshadow aku baru tahu nih mba. Beli dmana dan berapaan?

    BalasHapus
  19. Hua, produknya bagus2 inih. Mupeeeeng. Btw, aku gak pake pinsil alis, blush on, dan eye shadow. Soalnya gak bisa pakenya. Udah liat tutorial, tetep aja gagal terus.

    BalasHapus
  20. Pengen nyobain blush on praktis kayak blush blam gitu, tapi jarang banget (atau ga ada ya?) Yang warnanya kecoklatan gitu

    BalasHapus
  21. Aku biasanya pakai bedak dan lipstik saja.
    Belakangn ini sering tergoda pengen pakai eye shadow dan eye liner, HAHAHA.
    Koq kayaknya bisa membantu mendongkrak PD ;)

    BalasHapus
  22. Dandannya natural banget mba Ade.
    Apa karena uda cantik dari sananya yaa...?
    Hiihiii....

    suka banget sama tutorial ala mba Ade.

    BalasHapus
  23. Aku kepo sama lipstik Kat Von D nya, packagingnya lucu, terus penasaran sebagus apa karena kak Ade Anita repurchase terus hehee

    BalasHapus
  24. Ini aku saking kudetnya atau gimana sih. Sama sekali ga ada yang tahu brand2 produk yang mbak ade pake. Bedak kokoryu juga aku beneran baru pernah tahu ini skrg.

    BalasHapus
  25. Hahaha, suamiku pun suka bilang gitu, katanya aku gak konsisten kalo dandan.
    Dan dari kelima kosmetik di atas, nggak ada satu pun yang sama dengan koleksi ku, mba. Tapi mba Ade mah ngga perlu dandan juga udah cantik dari sono

    BalasHapus
  26. Mbaa... kok aku baru tau sih ada bedak merk Amaranthine tadi. Sungguh penasaran dulu dikau belinya dimana ;)

    BalasHapus
  27. Blush onnya praktis banget tuh Mbak. Dipakenya gampang ya.

    BalasHapus
  28. Iya bener lah ya pastinya kata-kata pak suami. Emang mbak Ade udah cantik sih dasarnya. Jadi sampe bingung mau bandingin cantik mana pake makeup atau enggak. Huehehehe.

    BalasHapus
  29. Jadi pengen nyobain blush on-nya, sekarang banyak ya bermunculan blush on yang model roll on gitu... Ada wardah, make over juga... Aaahhh ku pengen punya :D

    BalasHapus
  30. Suka sama alat2 make up nya dan penasaran banget sama blush balm. Kayaknya bagus hasilnya

    BalasHapus
  31. Cakep-cakep nih rekomendasi produknya. Jadi pengin nyobain semua hihihi. Terutama yang stick stick itu

    BalasHapus
  32. aku naksir blush on lucunya. eh ada juga yang berbentuk seperti lip balm gitu.

    BalasHapus
  33. Simple banget ya mba. Bisa muat semua tuh di tas make up kecil. Mau coba ah.

    BalasHapus