5 Situs Belanja Kesukaanku

[Lifestyle] Zaman sekarang, sepertinya semua orang sudah mengenal yang namanya belanja online. Bahkan, generasi baby boomers, yang mungkin paling belakangan mengenal kebiasaan baru berbelanja online pun, sudah akrab dengan cara belanja online.

 Dan akhirnya, yang namanya e-commerce pun tumbuh bak cendawan di musim hujan. Iklan-iklan televisi mulai dibanjiri dengan iklan e-commerce market place alias situs belanja online.
Yang terbaru adalah tentang gonjang-ganjing kasus iklan Shopee dimana dalam rangka ulang tahun Shopee, maka Shopee mengontrak grup band papan atas dari Korea. Kontan, berhubung lagu milik Blackpink ini memang lagu yang easy listening banget, membuat iklan shopee langsung terkenal. Bahkan hingga KPI akhirnya melemparkna teguran hingga akhirnya iklan Shopee dihentikan penayangannya di televisi.

Sepertinya, aku harus menulis hal ini sekaligus sebagai catatan akhir tahun juga sih. Karena kehebohan untuk menghentikan iklan ini luar biasa sih.

Bermula dari surat petisi yang dibuat oleh Maimoon Herawati yang ditujukan kepada Komisi Penyiaran Indonesia, tentang keprihatinannya melihat iklan Shopee yang dibawakan oleh Blackpink.
Beberapa poin keberatan yang diutarakan dan merasa perlu diperhatikan sehingga petisi digelontorkan dengan mengumpulkan tanda tangan adalah:
1. Para member Blackpink menyanyikan lagu Du DDu Du DDu, mengenakan rok mini
2. Iklan ini tayang di sela-sela acara anak-anak, seperti di sela-sela film Tayo
3. Iklan tersebut telah melanggar norma kesopanan masyarakat Indonesia

Petisi yang dibuat oleh Maimoon dengan judul "HENTIKAN IKLAN BLACKPINK SHOPEE ini kontan menjadi viral. Aku sendiri, mengetahui tentang Petisi ini ketika link untuk meminta dukungan atas petisi ini diberikan di grup keluarga besarku.

Hmm.
Aku ikut tanda tangan? Sepertinya sih tidak ikut ya.
Kenapa?

Aku sempat ngobrol dengan anak-anakku tentang viral petisi ini. Kata anakku yang laki-laki, sebenarnya jika mau diprotes lebih tidak sopan dan mengundang syahwat iklan pompa air SIMITSU yang ada perempuan memegang keran air dengan dua tangan lalu kaget ketika air tiba-tiba keluar dari ujung kerannya dengan deras. Tapi kagetnya tuh.... dangdut banget jadi yaaaa.... mirip adegan dewasa.

Tapi bertahun-tahun iklan itu tayang di televisi dan tidak ada yang protes.
Ya sudahlah.
Aku sendiri juga amat sangat jarang menonton televisi Indonesia sih, jujur. Aku hanya menyalakan televisi Indonesia ketika sedang makan sore sebelum maghrib, buat cari berita sambil makan malam. Sisanya, kami sekeluarga menyalakan televisi Indonesia ketika Sabtu pagi untuk melihat acara traveling dan wisata kuliner serta acara renovasi rumah dan craft.
Sudah.
Itu saja. Sisanya aku lebih sering menyalakan televisi Korea untuk mengikuti drama mereka. Atau sesekali menyalakan channel khusus film seperti HBO, FOX atau DIVA dan AXN.

Sedangkan suamiku, rutin pulang kerja pasti mencari tayang ulang acaranya Cak Lontong, Teka Teki Sulit. Lumayan buat menghilangkan stress pekerjaan jadi cari yang ringan dan lucu.
Maimoon sendiri, oh ya, kata berita di media sih dia juga ternyata tidak memiliki televisi di rumahnya. Makanya dia bisa tahu tentang iklan Shopee dan berani menggelontorkan Petisi untuk boikot iklan Shopee dan meminta KPI menghentikan iklan Shopee, karena dia diceritakan oleh teman satu almamaternya.

Yang heboh dari kelanjutan Petisi Boikot Iklan Shopee ini adalah, karena akhirnya dibuatlah Petisi Tandingan. Yang membuatnya tentu saja para penggemar Blackpink di Indonesia. Para remaja dan ABG serta  mungkin beberapa orang dewasa muda. Fansbase Blackpink di Indonesia memang banyak. Nah, mereka membuat Petisi tandingan yang ditujukan langsung kepada Presiden RI JOKOWIDODO. Isinya: USIR MAIMOON HERAWATI DARI INDONESIA DAN CABUT KEWARGA NEGARAANNYA.

Duh. Duh. Aku langsung senyum asli sebenarnya ketika membaca petisi ini. Petisi yang keluar karena emosi banget ya. Sudah gitu ditujukannya langsung ke Presiden RI lagi.
Ini nih, kalau di perceraian, masuknya tuh kategori kata cerai yang diucapkan oleh istri karena cemburu lihat suaminya tiba-tiba pakai minyak wangi.

Akhirnya, Petisi tandingan ini dihapus oleh Lembaga Petisi Indonesia. (syukurlah, masih ada yang waras).

Tapi, bukan berarti selesai masalahnya. Tapi ada kelanjutannya. Yaitu, sekarang, mungkin sudah kadung kesal ya, hahaha, dibuat Petisi baru lagi: BANTU MAIMOON HERAWATI JADI ANGGOTA BLACKPINK.

Hahahahahahaha. Maksudnya apa cobaaaa?? Dan petisi ini sudah ditanda tangani oleh 23.528 tanda tangan.

Bagaimana tanggapan dari pihak Shopee sendiri? Ternyata, pihak Shopee memberitahu bahwa iklan ini sudah lulus sensor, sudah melewati uji prosedur dan uji kelayakan pula.

Dan disitulah aku bingung, kenapa sih pihak sensor tidak bekerja sama dengan pihak KPI untuk membuat standar yang sama atas segala sesuatunya?
Ya sudahlah.

Sekarang, mari kita belanja online. Hehehe.

Tahun ini, sepertinya ada 5 situs belanja online yang sering banget aku kunjungi. Ini dia nih.

5 Situs Belanja Kesukaanku


1. Tokopedia


Gara-garanya, beberapa kali aku ditawari bekerja sama untuk menulis review tentang situs belanja online TOKOPEDIA. Kebetulan, aku mengajukan permintaan tidak dibayar dengan cash tapi dengan kupon belanja di TOKOPEDIA. Akhirnya, aku pun punya saldo cukup lumayan di Tokopedia ini.

Lalu, ketika awal tahun 2018 ini aku, suami, dan 2 orang saudara kandungku beserta suami masing-masing dapat kepastian akan berangkat haji. mendadak ada banyak keperluan yang harus dilengkapi.  Dan alhamdulillah banget sebagian besar keperluan tersebut bisa ditebus dengan dana belanja yang aku miliki di saldo Tokopediaku.
Wah. Alhamdulillah. Jadi merasa diringankan dan dimudahkan banget waktu itu.

"Kak... apa lagi yang kurang barang yang harus punyanya?" japriku pada kakakku. Kakakku ini survivor stroke jadi kesulitan untuk berbelanja ke pasar biasa.
"Kakak belum punya jilbab panjang dan gamis, De."
"Ya sudah, kakak pilih saja jilbab dan gamisnya yang mana di Tokopedia, nanti kirim ke ade skrinsutnya. Biar ade tebus karena ade punya topcash di tokopedia. Terus, ade juga punya banyak voucher bebas ongkir juga. Jadi kan hitungannya gratis. Jadi kakak nggak usah khawatir tentang bayarnya."

Alhamdulillah banget ya. Bermanfaat banget ini.

2. Bukalapak


Nah, ini juga nih. Beberapa kali bekerja sama dengan Bukalapak dan ada yang menawarkan dibayar dengan Kupon Berbelanja di Buka Lapak.
Sama persis kejadiannya seperti di TOKOPEDIA.  Jadi, aku menawarkan pada saudara-saudaraku apa yang bisa aku bantu karena aku punya dana di dompet BUKALAPAK ini.

Hanya saja, kekurangan BUKALAPAK dibanding situs belanja yang lain adalah, di BUKALAPAK kita hanya diberi waktu 10 jam untuk melunasi pembayarannya.  Jadi, belakangan ini, ketika dana di dompet Bukalapakku sudah habis, aku jadi rada malas berbelanja di BUKALAPAK karena susah deh buat aku yang kesulitan memiliki internet banking.

Yap. Aku sering terlupa dengan password, itu sebabnya akun internet bankingku bolak-balik terblockir. Jadi, jika akan berbelanja harus ke ATM dulu. Nah, itu dia yang sulit untuk memenuhi dalam waktu 10 jam harus jalan ke ATM dan melunasi pembayarannya.



3. Qlapa


Nah. Ini situs belanja yang menjual khusus barang-barang kerajinan Indonesia.  Jadi begini. Di Pengajianku, kami diberitahu bahwa membeli barang-barang KW itu sebaiknya dihindari. Mengapa? Karena jika barang-barang KW dibanjiri dan laku keras, maka itu sama saja dengan kita mendukung perilaku berbohong dan mencuri ide.


  • Lalu apa yang harusnya dilakukan? Ya belilah barang-barang asli. Jangan beli barang-barang KW.
  • Tapi bagaimana jika barang asli mahal? Jika begitu, belilah produk buatan anak bangsa. Harganya lebih murah, asli, dan kualitasnya mendekati barang original brand luar negeri.
  • Kalau duitnya tetap nggak cukup gimana? Ya nabung aja dulu deh. Lagian beli barang yang murahnya kelewatan itu juga udah pasti kualitas barangnya meragukan. Lagipula, memangnya kalian tidak kasihan membayangkan berapa upah yang diterima oleh pekerja  atau para petani jika barang yang dijual kebangetan murahnya? 
  • Kalau yang aslinya susah didapat? Ya kalau sudah dalam kondisi ini sih ya nggak apa-apa. 
  • Hayoo... mau nawar apa lagi? Sudah deh. Ini kan bukan kolom tanya jawab. 
Dan bertemulah aku dengan situs belanja QLAPA. Barang-barang yang ditawarkan disini kreatif-kreatif dan modelnya juga cantik-cantik kok. Tidak kalah dengan buatan brand luar negeri yang terkenal dan merajai di Mall-mall. 






4. Shopee


Nah. ini juga termasuk situs belanja online yang sering aku kunjungi karena ada banyak variasi makanan yang dijual di sini dibanding di tokopedia atau bukalapak. Mulai dari makanan matang, hingga bahan makanan mentah. Termasuk, makanan beku. Aku soalnya suka beli donat kentang buat cemilan di hari Sabtu dan Ahad buat keluargaku. Sedangkan anak perempuanku, doyan banget lihat alat-alat kecantikan di SHOPEE.

Barang-barang kecantikan di SHOPEE tuh banyak banget ragamnya dan murah-murah. Sebagian besar didatangkan langsung dari Thailand, China atau Korea. Iya sih memang harus menunggu 2-3 pekan untuk barang datang ke rumah, tapi tak apalah. Anak perempuanku bersedia menunggu karena dia sudah terlanjur cocok dengan beberapa produk yang dijual di Shopee.

Adikku juga punya toko online frozen food disini.




5. HIJ.UP


Nah. Ini juga nih. Sama kasusnya seperti nomor 1 (tokopedia) dan nomor 2 (bukalapak). Bermula dari tawaran bekerja sama dengan e-commerce ini dimana aku memberikan penawaran agar mereka mengapresiasi kerjasama kami dengan memberiku fee berupa kupon belanja saja daripada memberi cash.

Entahlah. Aku sering merasa kupon belanja tanpa minimum belanja itu sering lebih berguna buatku ketimbang aku menerima cash dalam jumlah yang terbatas.

Rata-rata, barang yang dijual di HIJ.UP ini adalah fashion yang diperuntukkan untuk kalangan muda. Jarang buat ibu-ibu dengan usia mendekati 50 tahun. Jadi, yang sering menggunakan dana belanja yang aku miliki di HIJ.UP ini adalah putriku. Dia langsung bersorak ketika aku beritahu bahwa aku punya dana sekian untuk dibelanjakan di HIJ.UP.

Karena memang model-model fashion yang ditawarkan di HIJ.UP ini trendy semua, fashinista banget deh. Lucu, kreatif, dan modern, tapi tetap islami. Dan karena anak perempuanku memakai jilbab semua jadilah mereka gembira main lihat-lihat di HIJ.UP.




Nah. Itulah 5 situs belanja kesukaanku. 

2 komentar

  1. Saya baru tau mba ada kasus iklan blackpink shopee yg kontroversial, ga pake tivi soalny siy hehe, btw klo iklan pake rok pendek gitu harusnya disensor ya mba atau jam tayangnya diubah gitu. btw maimoon herawati itu aktivis muslim bela palestina itu bukan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Maimoon yang aktivis itu. Dosen di univ padjajaran juga sih kata berita koran

      Hapus