Target Blogging di tahun 2019

[Catatan Akhir Tahun] Sudah pertengahan Desember ya alhamdulillah. Berarti tahun masehi 2018 sedikit lagi akan berakhir. Dan sekaligus, berakhir pula tantangan menulis selama 30 hari full yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network. Dan ini adalah tulisan penutupku dengan tema target blogging di tahun 2019 bagi blog Ocehan Ade Anita ku ini, sekaligus merupakan catatan akhir tahunku yang baru bermula.





Bisa dibilang, sejak bulan April 2018, aku mulai merasa bahwa aku harus mengurangi keaktifanku sebagai blogger agar bisa konsentrasi untuk fokus pada ibadah haji 2018.

Kalian tahu sendiri kan, ibadah haji di Indonesia itu waiting listnya panjang. ONH plus saja, memakan waktu 5 tahun. Bisa sih ONH plus jalur ekspress dimana kita membayar tahun ini dan tahun ini juga kita bisa berangkat. Tapi, model ONH plus ekspress ini, keberadaan kita di Mekah dan Madinahnya juga cepat sekali. Hanya 7 s.d 12 hari saja.

Hmm. Gimana ya?
Aku sih pinginnya berlama-lama di 2 kota suci umat Islam, Madinah dan Mekah. Sudah menunggu lama-lama, mengumpulkan uang pelan-pelan, berhati-hati menjaga kondisi fisik, jika ternyata disana ibadah dikerjakan dengan kilat, aku sih sayang ya.

Aku malah kangen ingin berlama-lama duduk di dalam masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Pingin sering-sering melakukan thawaf keliling Ka'bah.

Kalian tahu tidak, ketika melakukan Thawaf Wada, yang merupakan Thawaf terakhir di rangkaian ibadah haji, aku Thawaf sambil menahan tangis sedih. Bulan bulat tepat di atas Ka'bah seakan ikut menemani suasana Thawaf yang sedih dengan aura perpisahan.

Nah. Itu sebabnya, sejak bulan April aku "menelantarkan blog-blogku" (dalam tanda kutip). Menulis karena kebetulan ada yang memberikan job review saja. Jika tidak ada, maka aku tidak mengisi tulisan apapun di blogku ini.

Hasilnya? Di bulan Oktober, akhir September, ketika aku mulai ingin mengisi blog lagi, aku terkaget-kaget dengan kondisi blog Ocehan Ade Anita ini.
DA nya melorot jadi 24.
PA bertenger di angka 37.
Dan Page viewnya. ya ampun, hanya 2000 saja untuk sebulan.

Wah. Sedih.
Akhirnya, aku mulai bertekad untuk mengisi blogku lagi dengan rajin.
Aku mulai menulis lagi. Mengumpulkan ide lagi.
Meski itupun masih dibatasi karena aku juga ingin menulis buku.

Yap. Tahun lalu aku menulis resolusi bahwa di tahun 2018 aku ingin menghasilkan buku. Tapi, mendekati akhir tahun 2018, tidak ada buku apapun yang aku hasilkan.

Ah. Padahal aku mengaku pada banyak orang bahwa aku seorang penulis buku. Seorang novelis. Disamping sebagai seorang blogger.

Entahlah.
Tapi kadang aku merasa bahwa menulis blog itu, sebenarnya bertolak belakang dengan profesi sebagai penulis novel fiksi. Menulis blog menghendaki tulisan yang to the point dan nyata. Sedangkan novel sebaiknya menulis kalimat cantik bersayap dan khayalan atau imajinasi.

Di samping itu, sepulang dari selesai menunaikan ibadah haji, aku ingin memperbaiki kondisi ke-islamanku.

Jadi, apa mauku sebenarnya?

Target Blogging di tahun 2019



Aku ingin:
1. Menjadikan blog Ocehan Ade Anita ini menjadi ladang untukku menyebarkan kebaikan . Tidak melulu untuk tujuan komersil saja.
Iya. Aku ingin mengabadikan isi kajian keislaman yang aku ikuti dengan cara menuliskannya di blog ini. Tentu saja disesuaikan dengan niece nya yang parenting, keluarga dan pernikahan.

Sepertinya, kegiatan menulis nonstop 30 hari yang diadalah oleh BPN 30 days Challege ini berhasil membuatku kembali kreatif deh.

Bayangkan, setiap hari, aku harus menulis 2 tulisan berbeda sesuai niece untuk 2 blog dengan 1 tema yang sama. Bagaimana caranya agar kedua tulisan berbeda, bagaimana caranya agar kedua tulisan tetap unik dan enak dibaca, bagaimana agar kedua tulisan tidak terkesan tulisan basa-basi sekedar memenuhi target; itu semua melatihkku untuk bisa menulis dengan lebih kreatif lagi. Alhamdulillah banget.

2. Menjadikan blog Ocehan Ade Anita ini sebagai tempat untuk melatih kemampuan atau keterampilan baru.

Aku ingin bisa menggambar lebih bagus lagi.
Ketika mendaftarkan 2 blogku di event BPN 30 Challenge 2018 kemarin, aku baru sadar bahwa foto-fotoku sedikit sekali tahun ini. Yaitu foto-foto yang bisa dipakai untuk blog. Alhamdulillahnya, aku bertemu dengan aplikasi MOJIPOP. Nah, gambar-gambar sketch yang aku gunakan selama mengikuti challenges ini menggunakan aplikasi MOJIPOP ini.

Tapi aku tidak puas. Aku ingin menggambar sesuai dengan cerita yang ingin aku berikan. Dan itu artinya harus menggambar sendiri. Jadi, aku ingin bisa ikut kursus menggambar di tahun 2019 agar aku bisa bercerita bukan hanya lewat tulisan tapi juga lewat gambar seperti komik.

3. Targetku adalah, bisa blog ocehan ade anita ini bisa mencapai DA di atas 35 dan PA di atas 45 serta mendapat page view di atas 10.000 seperti dahulu. Aamiin.

Doakan ya. 

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.