5 Blog Yang Aku Suka

[Lifestyle] Yang namanya blog walking buatku itu bukan hanya sekedar usaha agar ada yang melakukan blog walking balik ke blog aku.
Tidak.
Tidak sesempit itu.
Blog walking buatku memiliki arti, mendapat bacaan yang membuatku kaya dengan pengetahuan baru, atau membuatku bisa tertawa dan tersenyum serta terhibur.

Bisa jadi, karena dalam keseharianku, aku hanya berteman dengan notebook dan gadgetku saja. Anak dan suami punya kegiatan di luar rumah semua seharian dan tidak bisa diganggu meski aku tahu aku cukup seksi untuk melakukan itu. Itu sebabnya aku butuh hiburan dan bahan bacaan. Dan blog walking bisa memenuhi kebutuhan itu insya Allah.


Nah. berikut ini aku akan merekomendasikan 5 blog yang aku kunjungi karena aku sukaaaa pake banget dengan isi konten yang ada di dalam blog mereka.

5 Blog Yang Aku Suka

1. Catatan Hoeda Manis https://hoedamanis.blogspot.com/

Blog ini, blog gratisan loh. Tapi, pemilik blog ini sudah membukukan isi blognya menjadi 2 buah buku. Tulisannya sebenarnya masalah-masalah keseharian si pemilik blog. Menariknya, karena dia menulisnya terasa tanpa tekanan. Tulisanya mengalir.

Dulu, waktu berlangganan koran cetak, ada kolom yang selalu aku baca terlebih dahulu sebelum membaca koran cetak tersebut. Yaitu kolom Indonesiana di koran KOMPAS, dan kolom soliloqui di Majalah Tempo, serta kolom RESONANSI di koran REPUBLIKA.

Nah. Tulisan-tulisannya catatan Hoeda Manis ini gaya menulisnya seperti kolom-kolom tersebut di atas. Serius, tapi ngalir dan tidak menggurui. Serius, tapi terasa ringan dibaca karena pemilihan kata yang tidak berat dan mudah dimengerti. Aku selalu suka dengan gaya menulis seperti ini.

2. Menjalari Benak  http://belantarasekar.blogspot.com/


Blog ini, juga blog gratisan. Pemiliknya seorang wanita yang tinggal di Yogyakarta. Kenapa aku suka, karena dia sering menulis puisi atau menulis kesehariannya dengan pilihan kata yang puitis.

Entahlah.
Jika dihadapkan pada puisi yang terlalu puisi, aku sebenarnya tidak mengerti. Pusing memahami kata yang melingkar-lingkar dan terasa berputar-putar. Apalagi sekarang banyak orang yang mengaku menulis puisi padahal yang dia tulis adalah deretan kalimat bersayap yang memiliki rima saja, tapi tidak ada kandungan apa-apa di dalam tulisannya.

Nah. Aku suka dengan gaya menulis a la puisi yang dilakukan oleh Sekar di Belantara Sekar ini.

3. Arkadievich http://www.sujiwo.com/


Arkadievich merupakan blog yang diisi oleh Pungky Prayitno dan suaminya; ini blog tentang anaknya mereka berdua: Sujiwo.

Jadi, Pungky dan suaminya ini, memiliki gaya parenting yang berbeda dengan gaya parenting formal blogger-blogger yang mengusung tema parenting. Kenapa aku suka, karena jika pun mereka berdua menerima "iklan" untuk tulisan di dalam blog ini, tapi iklannya itu diceritakan dengan halus sekali. Jadi tidak terbaca seperti membaca brosur parenting. Tapi ya seperti kita membaca diary digital saja layaknya.

Hehehe. Mungkin pada dasarnya, aku termasuk ibu yang tidak suka digurui bagaimana cara mengasuh anak-anakku. Jadi, aku suka dengan gaya menulis pasangan suami istri ini.

4. Alitt Susanto http://www.shitlicious.com/


Jadi sebenarnya aku suka gaya menulis seperti apa? Jujur, aku adalah fansnya Raditya Dika. Dulu, aku rajin baca blog Raditya Dika. Tapi, sekarang blog itu sudah amat jarang di update.
Sebagai gantinya, aku menemukan blog yang gayanya mirip-mirip dengan Raditya Dika. Yaitu blognya Alitt Susanto ini.

Hmm. Mungkin bagi beberapa orang gaya menulis Alitt ini terbaca kasar. Tapi aku suka dengan gaya bebas dia ini. Ya, apa adanya aja sih. Abaikan saja pilihan kata-kata kasar yang dia gunakan. Juga abaikan pemikiran dia yang rada nyeleneh.

5, Arif Muhammad digital diary http://www.poconggg.com/


Beberapa tahun yang silam, dunia perbukuan kita pernah dihebohkan dengan munculnya buku bergenre komedi berjudul Pocong bukan pocong. Gara-gara buku ini, lalu tiba-tiba saja BOOM, buku-buku komedi yang mengkomediakan aneka macam jenis hantu tiba-tiba diburu orang. Dan akhirnya, penerbit pun berlomba-lomba menelurkan buku sejenis.

Menurutku,  cerita komedi itu lucu jika ditulis oleh orang yang memang punya karakter kocak. Itu sebabnya, setelah booming buku-buku bertema komedi, aku malah berhenti membaca buku bertema komedi karena menurutku cerita yang ditulis oleh buku-buku yang menjamur ini TIDAK LUCU. Cenderung garing sih. Jadi kesal sendiri.

Aku, termasuk orang yang senang jika bisa tertawa lepas. Bukan tertawa karena tertawa adalah basa-basi yang harus disampaikan.

Nah. Mungkin itu sebabnya aku suka membaca blognya Arif Muhammad digital diary ini. Gaya menulisnya lepas bebas dan bisa membuat kita tertawa lepas secara otomatis.

Nah. Itulah 5 Blog yang Aku Suka. 

2 komentar

  1. Aku juga dulu seriiiing banget ke blognya Alit SUsanto Mbak. Tapi kayaknya sekarang dia jarang posting yaa

    BalasHapus