Jumat, 04 Mei 2018

Ramadan Ekstra : Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan di Tokopedia

[Lifestyle]  Paling berdebar itu jika dapat kiriman foto dari grup whats app tentang bulan ramadhan yang sebentar lagi akan tiba.


Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu. Ada banyak kebaikan pahala yang berlimpah sepanjang bulan Ramadhan. Bahkan, jika berbuat baik dinilai 1 di bulan biasa, maka jika dilakukan di bulan Ramadhan akan berlipat menjadi lebih banyak nilai pahalanya. Itu sebabnya keluargaku, menyambut gembira kedatangan bulan Ramadhan. Eh... bukan cuma keluargaku sih. Tapi rasanya seluruh keluarga dari ummat Islam sedunia.

Kalian mempersiapkan apa saja dalam rangka menyambut bulan Ramadhan?
Di rumahku, sebenarnya tidak ada persiapan khusus sih. Hanya saja, aku sudah membersihkan rumah yang pasti. Kardus atau botol bekas atau benda yang tak terpakai, mulai disingkirkan. Lalu ruangan mulai diatur agar bisa shalat jamaah di rumah. Maklum, hari biasanya, keluargaku pergi dan pulang beraktifitasnya tidak kompak. Jadi yang namanya shalat jamaah dan makan bersama di meja makan itu jarang banget. Sekalinya ada di rumah semua, yaitu di waktu shalat shubuh, yang laki-laki shalat di masjid. Tinggal yang ceweknya saja di rumah. Jadi paling aku dan anak-anak perempuanku saja yang shalat jamaah. 

Sedangkan makan bersama di meja makan, ini terhitung langka deh di rumahku. Karena ada yang pulangnya malam, ada yang pulangnya sore. Ada yang pulang nggak makan karena diet. hehehe.

Nah. Di bulan ramadhan nanti, insya Allah kami akan merasakan satu bulan penuh makan bersama di meja makan. Full Team dalam rangka makan sahur. Itu sebabnya, aku mulai mengatur meja makanku. Apalagi tahun ini, adalah tahun pertama aku makan sahur bersama menantuku. Yaitu istri anak sulungku. Yeaaahhh.... yippy. Dapat tambahan 1 orang anggota keluarga baru.

Hmm. Tambah 1 orang di meja makan, berarti tambah juga 1 orang jamaah untuk shalat jamaah di ruang keluarga. Ini juga memerlukan tambahan space ruangan kan berarti.  Apalagi kami sering makan sambil menonton acara televisi guna menemani sahur. Aku mulai memikirkan ini, nanti enaknya makan di atas meja makan atau makan ngedeprok di atas karpet saja ya? Karena kursi makannya sepertinya kurang deh karena ada tambahan anggota keluarga baru ini. Hahahaha. 

Okeh. Berarti aku harus membersihkan karpet buat makan nih. Jadi nanti makan di atas karpet saja deh insya Allah. Lucu juga kayaknya. Nanti di tengah karpet aku bentang taplak meja untuk alas menaruh nasi dan lauk pauk.

Persiapan lain, tentu saja persiapan piring dan peralatan makan lainnya. Iyap, karena selama ini formasi makan di atas meja makan tidak pernah lengkap jadi aku hanya menaruh secukupnya saja koleksi piring-gelas-sendok di rak piringku. Tujuannya sih, agar lebih hemat tenaga saja. Bukan apa-apa. Tapi, semakin banyak koleksi yang dikeluarkan, maka orang cenderung akan mengambil perlengkapan makan minum yang masih bersih dan kering di rak jika terlihat masih banyak. Lalu menunpul yang kotor di tempat cucian piring. Nah. Jika kita mengeluarkan koleksi di rak sedikit saja, ketika koleksi habis maka orang akan otomatis mencuci yang kotor agar bisa memiliki perlengkapan makan minum yang bersih. 

Persiapan lain lagi, tentu saja melengkapi keperluan yang akan digunakan nanti. Seperti bahan makanan, pakaian, dan pernak-pernik. 

Entah mengapa, di bulan Ramadhan pasar dan mall selalu lebih penuh dan riweuh  dibanding bulan-bulan yang lain. Padahal harganya pada beranjak naik semua. Itu sebabnya aku kurang suka berbelanja di bulan Ramadhan. Sudah harganya lebih mahal dibanding bulan lain, penuh pula. Belum panasnya. Godaan banget buat belanja di bulan Ramadhan itu. Itu sebabnya aku lebih suka belanja lewat toko online saja. Santai di rumah, tinggal nunjuk-nunjuk, tranfer, dan barang diantar ke rumah. Lebih hemat di ongkos dan emosi jiwa juga tidak terganggu. 

Berikut ini, aku punya tips belanja online hemat untuk kebutuhan bulan Ramadan nih.  Simak ya.

Tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia :



  1. Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia

Memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

Ini hobi baruku nih, memasukkan beberapa barang yang sama jenisnya di wish list. Jadi, nanti kita tinggal lihat fitur wish list kita dan otomatis jadi bisa membandingkan harga, ukuran, jenis bahan dari barang yang kita inginkan. Jadi, nggak kecele karena salah pilih lagi insya Allah.



hehehe ini contoh beberapa barang yang ada di wishlist Tokopediaku.


Kalau perlu, ajak chat saja penjualnya untuk tanya detil tentang barang yang dijual. 
Iya, beli barang online memang harus detilnya karena kita tidak melihat barang fisiknya. Jadi, aku selalu ajak penjualnya untuk chat, bahannya apa, berapa panjnag dan lebarnya, panas apa nggak bahannya (jika itu baju), dan sebagainya. 

  1. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi  berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.


  1. Cari toko online terdekat
Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

Okeh ini juga tips berbelanja online. Di atas kan kalian sudah memasukkan beberapa barang sejenis dalam wishlist. Nah. Sekarang tinggal buka "feed" kalian. Disana kita bisa membandingkan harga dari tiap-tiap toko yang berbeda. Lalu, jangan lupa untuk membandingkan ongkir yang disampirkan disana.

Ingat ya, sama nama ekspedisinya bukan berarti harga ongkir jadi sama. Itu semua tergantung dari jarak dan berat barang. Nah. Jika kalian tinggal di Jakarta seperti aku, membeli barang yang didatangkan dari Sidoarjo pasti lebih mahal ongkirnya. Padahal, barang serupa ada yang dijual di Depok. Ongkir dari Depok jauh lebih murah. Jika ditotal, mana yang lebih murah, barang yang dijual di Sidoarjo atau di Depok? Ini yang harus dipertimbangkan agar bisa belanja hemat. 


jadi ada fitur wishlist ada juga fitur Feed


  1. Pilih cara pembayaran yang tepat
Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

Aku sepertinya termasuk orang yang kesulitan menggunakan fitur perbankan SMS banking dan internet banking. Hehehe. Bolak-balik lupa password terus. Jadi bolak-balik terblokir. Itu sebabnya aku setia dengan transfer via ATM. Atau datang ke Indomart atau Alfamart untuk melakukan pembayaran lewat kasir minimarket ini. Tinggal sodorkan saja nomor kode dan jumlah harga yang harus dibayar. 

Sekarang, sistem pembayaran bahkan sudah lebih luas lagi loh. Karena ada juga sistem pinjaman online, tokocash (jadi kita menaruh sejumlah saldo di akun tokopedia kita, atau dompet online. Bahkan bisa juga memakai fitur cicilan. Lengkap banget. Jadi memudahkan belanja online.

  1. Pilih metode pengiriman paling efisien
Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita.

  1. Manfaatkan promo dan diskon
Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.



Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special.

Nah, ini juga rekomendasi nih, ada fitur feed di Tokopedia. Jadi, jika kalian pernah berbelanja di Tokopedia, maka produk lain dari toko tempat kalian pernah berbelanja akan muncul di feed kita. Dengan begitu kita bisa cuci mata melihat apa saja produk terbaru yang muncul dari toko kesayangan.

Selain itu, juga ada fitur Flash Sale. Ini yang terbaru nih di Tokopedia. Ekstra jelang Ramadan sepertinya.







Jadi nih, nanti ada waktu tertentu dimana sepanjang waktu itu berjalan harga barang di beberapa toko online didiskon besar-besaran. Nah. Jika ada barang yang kalian suka, langsung saja masukkan ke dalam keranjang. Lalu lanjutkan pembayaran. Kalau bisa bayar sebelum waktu yang berjalan itu berakhir. Karena jika waktu berakhir maka harga kembali normal dan secara otomatis harga yang tertera di tagihan yang harus dibayar pun akan berubah sesuai dengan harga normal.






ini flash sale yang pernah terjadi yang sempat aku screenshoot karena naksir dengan charger samsung fast chargenya. Dari harga Rp125.000 didiskon jadi Rp99.000. Itu ori loh. Murah kan?

Ini juga termasuk belanja hemat sih. 

Karena kita berhemat di cara berbelanja (jadi tetap dapat barang yang diinginkan tapi tidak keluar uang banyak) maka otomatis kita punya uang lebih kan. 

Ini yang terakhir dan terpenting. Mumpung bulan Ramadan, jangan lupa sedekahnya. Kelebihan uang yang kita peroleh karena menerapkan belanja online yang lebih hemat, bisa kita salurkan untuk menabung pahala di akherat nanti.

Selamat Menyambut Bulan Penuh Rahmat ya semuanya.
Selamat Menyambut Bulan Ramadan. 


4 komentar:

  1. Wew, pasti banyak promo di kalo belanja online, apalagi di tokped tgl 25, sepertinya akan ada kejutan besar...

    BalasHapus
  2. Promo ramadhan ���� buat beli perlengkapan hari raya nih cocok

    BalasHapus
  3. Promo bukan bikin hemat, yang ada malah bikin dompet sekarat.
    Pengalaman sih gitu.
    Soalnya kalau ada promo, bawaannya nggak bisa ngerem diri buat nggak beli beli. Wk wk wk

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut