Jumat, 04 Mei 2018

10 Resep Yummy Pakai Skippy Peanut Butter

[Lifesatyle] Siapa yang tidak kenal dengan Skippy Peanut Butter? Rasanya sedikit sekali ya mungkin. Karena saat ini, memang Skippy Peanut Butter sudah begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Aku sendiri, pertama kali mengenal Skippy Peanut Butter sepertinya sih setelah aku menikah dan ikut suamiku bermukim di Sydney, Australia.

Awalnya, karena Skippy Peanut Butter termasuk brand selai kacang dan Selai Coklat yang sudah dinyatakan halal oleh Muslim Consumer Group, Australia. Islam memang agama yang minoritas di Australia, tapi Masyarakat Islam di Australia memiliki Halal Online yang berada di bawah Muslim Consumer Group. Halal online ini mengawasi berbagai macam makanan yang beredar di pasaran, termasuk yang berada di atas angkutan massal (pesawat terbang misalnya). Semua keluarga muslim, pasti punya sebuah bundel kertas yang berisi daftar makanan yang halal. Termasuk keluargaku. Nah, Skippy Peanut Butter termasuk yang sudah dinyatakan halal (silahkan cek disini : http://www.muslimconsumergroup.com/category_search_result.php?t=P&p=25).

Karena sudah dinyatakan halal maka penggunaan Skippy Peanut Butter pun akhirnya jadi bisa beragam. Tidak hanya terbatas hanya pada mengolesi selembar roti saja. Bahkan setelah aku kembali ke Indonesia, kegiatan mencoba menu yang menggunakan selai Skippy Peanut Butter terus berlanjut. Memang sih pernah ada beberapa isyu seputar Skippy Peanut Butter. Tapi, untuk diketahui, Skippy Peanut Butter yang beredar di Indonesia berbeda dengan Skippy Peanut Butter yang beredar di Amerika atau negara lain. Skippy Peanut Butter yang beredar di Indonesia sudah melalui uji BPOM dan Halal MUI.


Skippy Peanut Butter yang sudah memiliki logo Halal MUI dan sudah dinyatakan lolos BPOM Indonesia


Kembali ke tema coba-coba resep masakan yang menggunakan Skippy Peanut Butter.
Bisa dibilang, pengalaman pertamaku mencoba-coba resep makanan yang menggunakan Skippy Peanut Butter itu bermula dari membuat Gado-Gado. Hehehe. Jadi, ceritanya, ada acara Ghatering untuk menutup kelas belajar bahasa inggris untuk pasangan dari student yang sedang belajar di UNSW. Karena di kelas itu terdiri dari berbagai macam    suku bangsa, jadi guru bahasa Inggrisku kala itu, Miss Merle, meminta kami untuk membawa 1 buah makanan yang khas dari negara masing-masing, tapi kalau bisa yang bisa dikudap oleh orang dari negara lain. Jadi, senetral mungkin makananannya. Seperti tidak beralkohol, tidak menggunakan daging babi/anjing/sapi/ayam. Karena, meski muslim di dalam kelas belajar bahasa Inggris itu sedikit (hanya ada aku dan 2 orang Indonesia lain; serta 1 orang dari Irak, 1 orang dari Pakistan, dan 1 orang dari Libya. Jadi berapa tuh? 6 orang ternyata); tapi ada juga gaya hidup dari bangsa dan agama lain selain Islam yang membuat tidak semua orang bisa mengkonsumsi alkohol dan semua jenis daging. Guru bahasa Inggrisku sendiri, seorang vegetarian soalnya. Akhirnya, kami yang berasal dari Indonesia (3 Muslim, 1 Hindu), sepakat untuk membawa Pepes Ikan dan Gado-gado. Aku kebagian tugas membawa bumbu gado-gado karena kebetulan di rumahku ada ulekan batu peninggallan penghuni lama apartemenku yang juga orang Indonesia.

Acara gatheringnya rencananya pagi. Otomatis, aku sudah mulai menyiapkan makanan sejak dini hari. Menunggu anakku yang masih bayi  usia 1 tahun tidur dulu. Kacang digoreng, lalu mulai ditumbuk halus. Nah... disitulah mulai muncul masalah. Aku tidak punya blender. Jadi, menumbuknya dengan ulekan batu. Lantai rumahku, terbuat dari kayu. Jadi. ya... suaranya sedikit berisik ketika aku sedang menumbuk itu. Dan bergetar pula.

DUG.
DUG.

DUG.

Akibatnya, tetanggaku yang orang Australia asli mengetuk dinding rumah memberi tanda bahwa dia terganggu dengan suaraku menumbuk bumbu di ulekan batuku.

Okeh. Aku akhirnya memutuskan untuk mengolahnya pagi saja selesai shubuh. Tapi, tetap saja tetanggaku keberisikan. Mungkin dia mikir, "Ini ngapain sih bunyi dug-dug dug terus?". Jadi, setiap 10 menit aku menumbuk dia mengetuk dinding. Setelah 2 kali, suami memberitahu agar menghentikan kegiatan menumbuk kacang untuk bumbu gado-gado tersebut.

Tapi, aku kan sudah terlanjur menyanggupi untuk membawa bumbu gado-gado ya? Kalau di Indonesia sih banyak banget bumbu gado-gado yang sudah dipacking siap pakai. Kalau di Sydney, terpaksa harus mengolah sendiri kala itu (tahun 1995). 

Akhirnya, lantai tempat aku menaruh ulekan aku alasi dengan tumpukan kain yang cukup tebal. Dengan begitu suaranya bisa teredam. Barulah aku bisa meneruskan pekerjaanku menumbuk kacang goreng untuk bumbu gado-gado. 1 jam sebelum acara dimulai, bumbuku pun siap alhamdulillah. Lalu bersiap-siap, aku pun datang ke acara ghatering tersebut. Ketika acara icip-icip makanan antar negara tersebut. semua orang sepakat mengatakan bahwa bumbu gado-gado buatanku enak. 

"The most delicious vegetarian food from Indonesia." hehehe. Itu pujian dari Miss Merle yang puluhan tahun menjadi seorang vegetarian. 

Setelah acara selesai, teman-teman bertanya padaku mengapa bumbu gado-gado buatanku terasa nikmat. Apa rahasianya? 

"Enak deh mbak Ade. Kayak gado-gado yang diberi kacang mede. Pakai kacang mede ya?"
Aku menggeleng sambil tersenyum.

"Darimana kita bisa dapat kacang mede di Sydney ini? Nggak. Bukan pakai kacang mede, tapi aku beri selai Skippy Peanut Butter di campuran bumbu gado-gadonya. Makanya rasa kacangnya terasa lebih enak di bumbu gado-gado buatanku."

Aslinya nih, penemuan ini tidak disengaja sih. Jadi, awalnya karena lelah menumbuk di atas ulekan yang berada di atas tumpukan kain (beneran deh, ini tuh bikin batu ulekan jadi nggak stabil; akibatnya jadi susah menumbuk sesuatu yang di dalamnya hingga halus); akhirnya aku mengambil selai Skippy Peanut Butter dan  mencampur bumbu gado-gadoku yang tidak bisa terlalu halus dengan selai kacang dari Skippy Peanut Butter. Lalu ketika aku coba setelah dia tercampur rata dan tampil cantik (warna bumbu gado-gadonya jadi tidak terlalu tua, tapi coklat muda), rasanya kok jadi enak. Ada rasa gurih, pekat dan .... pokoknya enak deh. Rasanya mirip Gado-gado keluaran gado-gado merek terkenal di Jakarta, yang konon menggunakan tambahan kacang mede di bumbu kacangnya. Yang beli antriannya panjang).

Sejak itu tuh, aku jadi tidak ragu lagi bereksperimen menambahkan selai Skippy Peanut Butter untuk bumbu yang ada unsur kacangnya; atau yang seharusnya diberi kemiri (nyari kemiri susah euy di Sydney kala itu). Jadi, Skippy Peanut Butter itu bisa diperlakukan seperti pengganti kacang, atau kemiri.

Bahkan ya, Skippy Peanut Butter yang varian Coklat Kacang pun tetap bisa dipadu-padankan dengan bumbu yang berbahan dasar bawang putih dan cabe. Rasanya seperti saus coklat berempah.

Coba saja deh campurkan Skippy Peanut Butter untuk makanan kalian. Rasanya jadi tersensasi unik nikmat deh. Beneran. Itu caraku menikmati selai Skippy Peanut Butterku. Dan berikut ini adalah beberapa resep makanan yang menggunakan Skippy Peanut Butter.




10 Resep Yummy Pakai Skippy Peanut Butter

Selai Skippy di Pagi Hari

Menu Skippy Peanut Butter di pagi hari ini aku kreasikan gara-gara ada beberapa pagi dimana aku lupa membeli roti tawar. Jadi, dengan menggunakan aneka bahan makanan yang tersedia di rumah plus Skippy Peanut Butter maka terkreasikanlah beberapa resep yang cocok untuk sarapan pagi. Sarapan itu penting. Karena dengan sarapan maka tubuh siap untuk fokus dan berenergi memulai kegiatan di hari itu.


1. Skippy Peanut Butter Crackers

bahan yang dibutuhkan


Bahan yang dibutuhkan:

3 Lembar biskuit crackers tawar
1 lembar keju lembaran
Skippy Peanut Butter

Cara membuatnya:

cara membuatnya
Olesi satu sisi permukaan cracker dengan selai Skippy Peanut Butter. Potong keju menjadi 4 bidang kecil sama rata, letakkan 1 iris di atas cracker yang sudah diolesi selain Skippy Peanut Butter, tutup dengan 1 lembar cracker. Lalu olesi lagi bagian atasnya dengan selai Skippy Peanut Butter, beri keju 1 lembar kecil lagi lalu tutup. Selesai 1 buah Skippy Peanut Butter Sandwich Crackers.







Lebih lezat dan pas buat sarapan jika dikudap dengan sebutir telur rebus dan segelas air jeruk nipis hangat



2. Skippy Peanut Butter Oatmeal with Bananas and Blueberry


Bahan yang dibutuhkan:

Oatmeal 3 sdm, air putih 1/2 gelas, garam 1/8 sdt, Skippy Peanut Butter, Pisang 1 buah, 1 sdm blueberry kering, kacang kenari panggang (iris serong).

bahan yang diperlukan untuk membuat Skippy Peanut Butter Oatmeal with Bananas and Blueberry


Cara Membuatnya:

Tuang oatmeal di dalam panci kecil, beri air, beri Skippy Peanut Butter, garam sejumput kecil. Rebus hingga Oatmeal menjadi bubur. Taburi dengan irisan pisang dan bulir cranberry kering. Aduk. Siap santap.

cara membuatnya sesuai arah jarum jam: oatmeal, beri garam, air, selai Skippy Peanut Butter, aduk di atas kompor, setelah matang angkat, beri irisan pisang, tabur dengan blueberry dan keping kacang kenari. 

meski terlihat sedikit, tapi ini mengenyangkan banget


Skippy di Siang Hari


Dan ini adalah menu makanan yang menggunakan Skippy Peanut Butter dan cocok menemani nasi di siang hari. Karena siang hari adalah waktu pertengahan ketika sedang beraktifitas aktif, maka cocoknya makan makanan yang rada berat ya. Dan ini pilihan menu makanan yang sudah aku coba buat dengan menggunakan Skippy Peanut Butter. Ada yang memakai selai skippy coklat kacang, ada juga yang memakai selai skippy kacang.

3. Fried Squid with Skippy Peanut Butter Sauce


Bahan yang dibutuhkan:



Untuk merendam cumi-cumi: jeruk lemon, jahe (terserah selera), garam, cabe bubuk, kaldu ayam.

Bahan lain yang juga dibutuhkan:
Tepung terigu, garam, merica, Skippy Peanut Butter kacang coklat, bawang putih, cabe merah, gula, air putih panas, minyak goreng, gula. 

Cara membuatnya:

searah jarum jam: rendam cumi-cumi, siapkan tepung, gulir dan bedaki cumi-cumi dengan tepung, panaskan minyak, goreng cumi-cumi hingga garing


Rendam cumi-cumi dalam bumbu rendaman selama beberapa saat (30 menit) setelah cumi-cumi dibersihkan. 

Panaskan minyak, campur tepung terigu, garam, merica. Ambil cumi-cumi lalu gulingkan dalam tepung berbumbu, goreng hingga garing. Sisihkan dulu.

Kita buat bumbu saus Skippynya. Bawang putih dan cabe merah, beri Skippy Peanut Butter Kacang coklat; tambahkan garam dan gula secukupnya, blender agar tercampur rata dan halus. Beri air panas agar cair. Siram di atas cumi-cumi goreng tepung tadi. 



Catatan: Tahu nggak, ternyata coklat itu tidak melulu hanya dijadikan bahan untuk menambah manis. Karena, selai coklat apalagi selai coklat kacang dari Skippy Peanut Butter, tetap matching ketika dipadu-padankan dengan bawang putih dan cabe merah. 



salah satu menu makan siangku nih: tumis kangkung, sambal hijau, nasi merah, dan cumi-cumi goreng tepung saus Skippy Peanut Butter Coklat Kacang

4. Ayam panggang bumbu Skippy Peanut Butter Gurih Pedas


Bahan yang dibutuhkan:

Daging ayam tanpa tulang (potong sesuai selera), tusukan sate, garam, merica, cabe bubuk (sesuai selera), jeruk lemon, jahe bubuk, kecap manis pedas, Skippy Peanut Butter, bawang putih. Mentega. 





Cara membuatnya:

Bikin ayam panggang ini mudah sekali. Ayam dibumbui dengan garam, bawang putih cincang, merica, jahe, dan air perasan jeruk lemon saja. Lalu diamkan agar bumbu terendam, lebih kurang 30 menit. Jika suka pedas, beri cabe bubuk. Lalu, masukan potongan ayam ke dalam tusukan sate.


Ambil 3 sdm Skippy Peanut Butter, taruh di mangkuk, beri air panas sedikit saja, cairkan Skippy Peanut Butter, beri perasan air jeruk lemon. Oleskan ayam dengan bumbu Skippy Peanut Butter ini, panggang di atas api atau di dalam oven. Sama saja kok rasanya. Setelah daging ayam berubah warna seperti matang, olesi dengan mentega, dan kecap manis pedas dan beri lagi sisa bumbu Skippy, panggang lagi hingga berwarna coklat matang. Siap hidang.




5. Gado-gado Skippy


Ini yang tak terlupakan, menu pertama menggunakan Skippy Peanut Butter.

Bahan yang dibutuhkan :


Gado-gado versiku adalah gado-gado yang isinya aku sesuaikan dengan selera keluargaku. Aku pikir, semua keluarga pasti punya selera yang berbeda-beda atas makanan yang ingin mereka makan. Demikian pula keluargaku. Jadi, apa yang aku berikan ini bisa kalian ganti sesuai dengan selera kalian.  Aku sendiri, aku mempersiapkan: ketupat yang aku buat dari sendiri, toge, bayam, lobak putih, kol ungu, bihun. Semua sayuran dikukus hingga matang. Tempe dan tahu dipotong dadu besar lalu digoreng. Bihun direbus lalu siram dengan air dingin jangan lupa agar tidak lengket dan menggumpal.

Bahan untuk bumbu gado-gado:

Kacang tanah (digoreng garing), gula merah, asam kandis, garam, Skippy Peanut Butter, bawang merah, bawang putih, cabe merah. Semuanya dihaluskan jadi satu. Air putih.

Cara membuatnya:


Haluskan semua bumbu jadi satu. Beri air agar sedikit mencair. Susun sayuran di piring, siram dengan bumbu gado-gado Skippy ini.

Gado-gado Skippy


Skippy di Malam Hari


Karena malam hari, maka pilihan untuk mengkonsumsi menu resep yang lebih ringan tentu saja menjadi pilihan.

6. Skippy Bun Cha

Ini adalah makanan yang berasal dari Vietnam. Mirip dengan asinan, tapi tidak asam. Aku dapat ide membuat Bun Cha sepulang dari makan malam di sebuah restoran a la Vietnam. Suamiku suka banget dengan Bun Cha ini. Karena dia ringan tapi lumayan ganjel perut. Cocok buat makan malam.


Bahan yang dibutuhkan:

Bahan untuk saus Vietnam:
daun mint (cincang kasar), daun ketumbar (cincang kasar), kecap hoisin, gula, Selai Skippy Peanut Butter, jeruk lemon, air 1/3 gelas.


Bahan untuk isi Bun Cha:

Wortel (iris memanjang sepanjang jari), lobak (iris memanjang sepanjang jari), kol ungu (iris kasar), bihun. Semua bahan ini dikukus agar matang, kecuali bihunnya yang direbus hingga matang. Jangan lupa untuk menaruh bihun yang sudah lembek di dalam air dingin agar bihun tidak lengket dan menggumpal.

Cara membuatnya:


Kita buat saus Vietnamnya dulu ya.
Tuang saus hoisi di dalam mangkuk, beri selai Skippy Peanut Butter, perasan air jeruk lemon, gula, air putih, aduk hingga rata. Setelah itu, masukkan irisan daun jeruk dan daun mint.

Susun sayuran di piring. Bihun, Wortel, Lobak, kol ungu. Siram dengan saus Vietnam. Siap santap deh Skippy Bun Cha nya.


Skippy sebagai kudapan sepanjang waktu


Ada makanan berat, tentu enak jika ada juga makanan ringannya. Dan ini adalah resep kudapan ringan yang bisa dimakan sepanjang waktu.

7. Skippy brownies





Bahan yang dibutuhkan:
Skippy Peanut Butter, telur 3 butir, gula, coklat chip atau dark chocolate cooking,  tepung terigu.

Cara membuatnya:


searah jarum jam: lelehkan keping dark chocolate, beri gula, tambahkan selai Skippy Peanut Butter. Siapkan telur, masukkan telur ke dalam adonan coklat, beri tepung, jadi deh adonan coklatnya. 



Kita lelehkan dulu dark chocolate cookingnya. Caranya taruh coklat batang (jika tidak punya dark chocolate cooking bisa juga chocolate chip) dalam mangkuk kecil tahan panas. Taruh mangkuk kecil ini di dalam kuali kecil, beri air hingga si mangkuk terendam air. Lalu rebus si mangkuk. Nanti chocolate nya akan meleleh deh.

Siapkan tepung terigu, gula, aduk dan buat lubang di tengahnya. Lalu pecahkan dan masukkan 3 butir telur di tengah-tengah lubang tepung. Beri 2 sdm Skippy Peanut Butter. Aduk agar teraduk rata. Masukkan coklat yang sudah dilelehkan. Cicipi dulu, manis apa nggak. Setelah itu, tempatkan di dalam loyang. Sisihkan sejenak.

Ambil 3 sdm Skippy Peanut Butter, masukkan ke dalam mangkuk tahan microwave, panaskan 30 menit. Selai akan terlihat meleleh. Nah, masukkan ke dalam loyang yang berisi adonan coklat. Perlahan taruh lelehan Skippy Peanut Butter di atas loyang dan bentuk pattern yang unik di atasnya.


cara membuat pattern marble di atas adonan brownies: searah jarum jam: ambil selai Skippy peanut butter, taruh di dalam wadah tahan mikrowave, panaskan dalam mikrowave hingga meleleh, ambil sesendok lalu mulai dibentuk perlahan di atas permukaan adonan coklat brownies. Gambar garis dengan menggunakan garpu agar garis coklat selai Skippy terpecah seperti pola marble


Setelah itu panggang di dalam oven 200 derajat celcius selama 45 menit.

tuh, cantik kan penampakannya


8. Skippy Peanut Butter Cookies

Bahan yang dibutuhkan:



100 gram tepung terigu serba guna
1 butir telur
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt baking powder
3 sdm Skippy Peanut Butter
chocolate chip
4 sdm gula
1/8 sdt vanila bubuk
1 loyang untuk memanggang kue yang sudah diolesi mentega permukaannya

Cara membuatnya:

searah jarum jam: siapkan semua bahan. Campur semua bahan jadi satu, beri selai Skippy Peanut Butter jangan lupa, taruh di atas loyang, hiasi dengan chocolate chip, panggang. 


Campur semua bahan kecuali chocolate chip. Gunakan mixer jika ingin tampilan cookies nantinya halus permukaannya; Tapi jika tidak punya mixer, tidak mengapa mengaduknya dengan tangan. Yang penting teraduk benar-benar rata.

Tata di atas loyang yagn sudah diolesi mentega. Hias di atasnya dengan chocolate chip. Panggang dalam oven suhu 200 derajat celcius selama 15 menit atau hingga warnanya kecoklatan. Angkat, biarkan di suhu ruang selama 1 jam agar cookies mengeras dengan sendirinya.





9. Skippy Peanut Butter Milkshake



 Bahan yang dibutuhkan:

Segelas susu putih
1 sdm Skippy Peanut Butter Coklat Kacang
1 sdm dark chocolate  bubuk
es batu
1 sdm gula pasir
1 buat shaker untuk membuat milkshake



Cara Membuatnya:


Masukkan semua bahan ke dalam shaker, selesai, tempatkan di dalam gelas. Taburi bagian atasnya yang sedikit berbuih dan mengental dengan coklat bubuk.



ini beneran enak dan segar deh. Anakku suka banget ini


10. Skippy Peanut Butter Pastel


Bahan yang dibutuhkan:



Untuk bumbu yang digunakan untuk mengolah bahan isi pastel:
biji pala bubuk, chicken powder bubuk (atau kari ayam bubuk juga bisa dipakai jika tidak punya chicken powder), keju parmesan bubuk, jinten halus, lada hitam bubuuk, garam, Skippy Peanut Butter.


Untuk bahan isi pastel:
bakso (potong dadu kecil), wortel (potong dadu kecil), kentang (potong dadu kecil), cabe merah (iris tipis sekali, kalau perlu dicincang juga boleh. Jika tidak suka pedas, buang dulu biji cabenya agar tidak pedas), bawang putih dan bawang merah: dicincang halus.

Untuk bahan kulit pastel:
Tepung terigu 100. gram.
Tepung sagu 50 gram
mentega 1 sdm (jika tidak mau pakai mentega bisa diganti memakai minyak goreng yang masih baru, juga sebanyak 1 sdm)
garam 1/4 sdt
1 putih telur
1/6 sdt baking powder
air dingin 100 ml (1/2 gelas)


Cara membuatnya:

Kita buat isinya dulu ya.

Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe (jika tidak mau pedas, maka tulis cabe setelah kedua bawang tercium harum dan matang. Tapi jika ingin sedikit pedas, maka tumis cabe terlebih dahulu sebelum bawang; dengan begitu minyak gorengnya sudah menjadi minyak beraroma cabe; baru masukkan bawang merah dan bawang putih dan tumis hingga harum. Jadi terserah kalian seleranya mau bagaimana).

Setelah harum, masukkan potongan bakso terlebih dahulu. Lalu masukkan semua bahan bubuk. Cicipi apakah sudah terasa lezat, jika kurang lezat masukkan gula sedikit). Beri air sepertiga  gelas, aduk, lalu masukkan Skippy Peanut Butter. Aduk lagi hingga air mendidih baru masukkan wortel dan kentang. Aduk hingga wortel dan kentang matang dan air mengering.

Biarkan agar dingin.

TIPS dariku: nanti masukkan isi ke dalam kulit pastel, pastikan isi harus dalam kondisi dingin. Tidak panas tidak hangat. Dengan begitu kulit pastel tidak robek dan bisa tergoreng krispi nantinya. 

Sekarang, kita buat kulitnya.
Campur semua bahan untuk kulit, uleni tapi jangan terlampau halus. Sekedarnya saja agar tercampur rata. Jadi nggak usah pakai tenaga menguleninya. Jika sudah, masukkan ke dalam kulkas selama 30 - 60 menit agar dingin. Kulit yang dimasukkan ke dalam kulkas ini berfungsi agar pas digoreng nanti tidak cepat gosong kulitnya.

Ambil segumpal kecil (sebesar kentang untuk membuat rendang), gilas dengan penggilas agar pipih tipis banget, angkat, isi dengan bahan isi di atas yang sudah dingin.  Lipat, pilin-pilin, goreng. Siap santap deh.



TIPS dariku : jika ingin membuat stok pastel, maka goreng pastel terlebih dahulu hingga pastel setengah matang. Setelah itu barulah disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. Beri alas plastik untuk tiap tumpukan agar pastel tidak saling menempel antara tumpukan atas dan tumpukan bawah di dalam wadah tersebut. 

hehehe maafkan bentuk pastelnya yang tidak cantik. Karena aku sedang mengajarkan anakku membuat ini. Kata anakku yang baru belajar masak sih gampang bikinnya. Jadi ini cocok buat pemula



Oh ya, aku buat video lengkap cara membuat ke 10 resep yummy pakai skippy peanut butter ini di You Tube. Jadi, kalian yang penasaran cara membuat semua resep mudah ini bisa melihatnya disana.



----------------------------------
Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

6 komentar:

  1. Mbaaak, resepnya banyak banget. Skippy bener! Simpan..simpan..
    Saya nggak pernah kepikiran buat gado2 pake skippy, tau nya selai roti to'

    BalasHapus
  2. Ya Allah ini banye beneerr resepnya. Trus aku jadi penasaran sama si cumi2 yang pake bumbu skippy choco stripes. Kayaknya enak yaaa...

    BalasHapus
  3. yampun mbaaa banyak amat resepnya... enak semua pula

    BalasHapus
  4. Mbaa, kebayang numbuk kacang dengan alas kain. Ckckck effortnya yaa. Tp gara2 itu jd nemun resep endeus pakai skippy. Keren

    BalasHapus
  5. Ya ampun mba Ade, banyak banget resepnyaa. Enak-enak semua nih, huhuhu jadi pengiiiiin *efek bw pagi2 dan melum sarapan :D

    BalasHapus
  6. enak banget Mbk Ade resepnya patut dicoba nih, mupeng abis deh

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut