Surganya Para Burung di Hutan Papua

 [Lifestyle] Tanpa sengaja, aku ter-klik video tayangan di Youtube Channel tentang burung-burung cantik yang ada di Tanah Papua sana. Masya Allah, indah sekali. Benar-benar seperti burung yang didatangkan langsung dari surga. Dan itu semua cuma ada di Papua saja. Tidak ada di negara lain di muka bumi ini. Namanya, burung Cendrawasih.

burung Cendrawasih (sumber : https://www.youtube.com/watch?v=qkm8y7GpX3A)

Aku sendiri belum pernah sih datang ke tanah Papua. Tapi, ayahku pernah ke sana beberapa kali ketika beliau masih bekerja dulu. Ini karena ayahku bekerja di perusahaan penerbangan yang khusus memiliki rute penerbangan yang menghubungkan kota-kota yang memiliki tambang minyak bumi. Sebut saja kota Balik Papan, Riau, Cepu (Jawa Tengah), Samarinda, Medan, dan tentu saja Papua termasuk di dalamnya. Waktu aku masih kecil, Papua itu disebut dengan nama Irian Jaya. Presiden pertama Republik Indonesia sendiri yang memberi nama pulau Papua dengan nama Irian Jaya.


nama Irian yang merupakan singkatan dari Ikut Republik Indonesia Anti Nedherland (sumber foto: 
http://www.fotolokasi.com/2012/12/monumen-pembebasan-irian-barat.html)

Tapi oleh Presiden Indonesia beberapa periode setelahnya, nama Irian Jaya diubah menjadi Papua. Papua sendiri sebagai sebuah propinsi memiliki 2 wilayah, yaitu Papua barat dan Papua. Papua barat meruju ke wilayah Papua yang terlewak di sebelah barat.

Alam Papua luar biasa kata ayahku ketika bercerita padaku. Hutannya merupakan hutan tropis yang masuk jajaran hutan tropis terluas di dunia, bersanding dengan hutan tropis di wilayah lain di seluruh dunia. 

Keberadaan hutan tropis itu banyak manfaatnya bagi kita semua. Karena, keberadaan hutan tropis  itu menjaga keseimbangan iklim secara global. Air laut yang menguap karena matahari terik khatulistiwa, membawa uang air yang diturunkan menjadi hujan karena keberadaan hutan tropis. Dan hutan tropis juga menjaga suhu udara agar tidak terlalu panas karena hutan tropis menghasilkan oksigen yang lebih banyak. Tidak heran jika ada banyak sekali ekosistem yang terjadi di dalam hutan tropis. Dan khusus di Tanah Papua, disanalah terdapat ekosistem aneka macam burung. 

sumber foto: wikipedia indonesia

Surganya para burung di Hutan Papua. 

Ini aku sertakan video tentang burung-burung cantik di hutan Papua.


 

 Semoga hutan Papua terus terjaga keasliannya hingga keberadaan burung-burung cantik ini tetap bisa dinikmati oleh anak cucu kita, generasi masa depan.

2 komentar