Kegiatan Seru Bersama Keluarga

[Keluarga] Kegiatan seru yang dilakukan bersama keluarga di rumah apa saja enaknya? Di rumahku, lumayan banyak sih yang bisa dilakukan. Mungkin karena di rumahku sudah pada dewasa semua orang-orangnya. Yang paling bungsu saat ini sudah duduk di bangku terakhir tingkat SMP nya. Sebentar lagi insya Allah dia akan memasuki tingkat SMA.




Karena sudah pada besar anaknya, jadi kesibukan yang terjadi di rumah itu berbeda dengan ketika dulu keluargaku anaknya masih pada kecil-kecil.

Berbedanya dimana? Banyak banget yang berbeda.
Seperti ketika anak masih pada kecil-kecil, inisiatif kegiatan berasal dari aku atau suami. Jadi, kami punya ide apa, nanti anak-anak diarahkan untuk melakukannya. Dan terciptalah sebuah kegiatan bersama. Lalu dibuat seseru mungkin dengan menghadirkan spontanitas dan menyelipkan canda tawa di dalamnya, sehingga akhirnya kegiatan tersebut terasa seru.

Sekarang, setelah anak-anak besar-besar, inisiatif kegiatan bukan lagi berasal dari kami. Tapi, berasal dari pendapat dan kehendak mayoritas anggota keluarga di rumah. Mau apa hari ini, jika disepakati oleh suara mayoritas maka yang suaranya minoritas mengalah dan ikut suara terbanyak. Dalam hal ini, tidak ada yang boleh baper atau sakit hati karena kalah suara. Karena memang sudah diberi kesempatan untuk menyampaikan provokasi agar idenya terpilih. Dan yang idenya terpilih tidak boleh merasa superior dan jumawa.

Prinsip dasar untuk menghadirkan keseruan dalam sebuah kegiatan adalah, semua orang yang terlibat di dalamnya harus merasa dilibatkan dan diakui keberadaannya. Jadi tidak boleh dilibatkan tapi cuma jadi anak bawang. Atau dilibatkan hanya untuk jadi pelengkap penderita alias kebagian tugas buat dibully saja.

Dan satu lagi, agar lebih seru, jangan dibawa serius dan dibuat target yang terlalu ketat. Santai saja sih. Yang penting happy.



"Physical distancing atau jaga jarak adalah cara paling ampuh dan terbukti mampu mencegah tersebarnya penularan virus COVID 19.  Jika tidak terlalu penting, lebih baik diam di rumah; kenakan masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan, dan jaga kesehatan dengan memakan makanan bergizi agar terbentuk imunitas dalam tubuh kita; adalah cara kita membantu Indonesia agar segera terbebas dari penyebaran dan penularan virus COVID 19"

Tidak ada komentar