Jika Berlibur Ke Australia Bersama Cheria Halal Holiday

[Parenting] Berlibur berarti menambah pengalaman baru. Pengalaman baru itu, adalah bagian dari sisi edukasi yang harus kita berikan pada anak-anak kita loh. Karena lewat pengalaman baru inilah anak-anak belajar tentang kehidupan yang sesungguhnya. Kurang lebih, inilah salah satu alasan hingga keluargaku sering menabung agar bisa menyisihkan uang jadi bisa liburan bersama dengan anak-anak.

Liburan itu ya, memang terkesan seperti pemborosan. Uang  buat beli tiket, sewa kamar hotel, beli makanan, beli tiket masuk wahana, dan beli macam-macam lagi. Belum lagi harus beli pakaian yang sesuai dengan daerah yang akan dituju dalam liburan. Jika daerahnya panas berarti beli topi dan kacamata hitam. Jika daerahnya dingin berarti harus beli pakaian tebal dan sarung tangan. Jika daerahnya berpasir berarti harus beli masker. Dan seterusnya. Jika dihitung-hitung jumlahnya, kadang lebih dari lumayan uang yang harus dikeluarkan untuk berlibur. Tapi, apa yang kita peroleh dari liburan itu banyak loh sebenarnya meski tidak semuanya terlihat secara fisik perolehannya. Dan yang tidak terlihat secara fisik disini itu adalah sisi parenting yang kita berikan pada anak-anak selama liburan. Yaitu berupa pengalaman. Dan ini PRICELESS. Tidak ternilai harganya.



Itu sebabnya, aku dan suami selalu berusaha menyisihkan rezeki agar bisa berlibur bersama keluarga.

berlibur ke Australia bersama keluarga

Pengalaman  yang Tak Ternilai Harganya


Dalam artikel parenting a la ade anita kali ini, kita akan mengulas tentang kenapa berlibur itu penting untuk diusahakan oleh sebuah keluarga. Menurutku, ada banyak sekali kebaikan dari berlibur ketimbang keburukannya. Di antaranya  adalah:

1. Memupuk kemandirian.

Ya. Berlibur itu berarti kita melepas rutinitas keseharian. Jika sehari-hari kita banyak dibantu oleh orang lain, maka ketika berlibur, rasanya semua harus dikerjakan sendiri. Lelah tapi tertutup oleh rasa senang karena bayangan akan kesenangan yang membayang. Semangat untuk bisa menemukan kesenangan tersebutlah yang tanpa sadar membentuk sikap mandiri.

"Besok, jangan lupa ya. Bangun pagi, Karena kita mau lihat matahari terbit di tepi pantai. Pokoknya, setelah shalat shubuh langsung jalan kaki ke pantai. Yang lama ditinggal."

Ajaibnya, bila biasanya anak-anakku tuh kalau pagi dibangunin pake berantem dulu, atau dibujuk-bujuk dulu, paginya sebelum shubuh sudah pada rapi. Ini kejadian waktu kami berlibur ke Sydney, Australia tahun 2014  silam. Tanpa disuruh, anak-anak sudah pada mandi, berpakaian rapi dan siap shalat berjamaah. Bahkan ada yang sudah sarapan minum susu coklat panas. Tidak perlu lagi aku beri instruksi untuk mandi, tidak perlu ditentukan harus pakai baju apa, tidak perlu diberi perintah untuk minum susu sebelum berangkat. Wow banget nggak sih? Berarti, kemampuan mandiri pada anak-anak tuh sebenarnya ada, tapi selama ini terpendam karena kurang dikobarkan oleh semangat untuk meraih pengalaman baru.

Pantai di Sydney tuh terkenal lebar-lebar ruas pantainya. Dan pasirnya lembut berwarna putih. Berhadapan langsung dengan laut lepas yang luas (samudra), maka ombaknya juga lumayan besar. Di ujung pantai yang tak berujung tersebut, matahari akan terbit. Pemandangan matahari terbit inilah yang akan kami kejar ketika berlibur ke Sydney, Australia beberapa tahun silam tersebut.

Dengan berjalan kaki menuju pantai, menelusuri apartemen yang berderet-deret dengan warna coklat kemerahan batu bata yang amat khas dimiliki oleh nyaris sebagian besar apartemen di Sydney, aku, suami dan anak-anak melangkah dengan amat cepat. Jalanan masih sepi. Hanya terdengar suara mobil penyapu jalan raya yang sedang bekerja. Sesekali, suara burung Magpie terdengar, berpadu dengan suara burung Gagak hitam yang berkoak-koak. Angin dingin menerpa, karena kami datang tepat di musim dingin.

Musim dingin di Sydney tidak ada saljunya. Bisa jadi, karena Sydney adalah kota dataran rendah di tepi pantai. Bukan terletak di dataran tinggi daerah pegunungan. Meski demikian, suhu 4 derajat tetap terasa menggigilkan tubuh. Itu sebabnya jaket harus harus tetap tebal.

Dan kami tiba di pantai beberapa saat sebelum matahari terbit. Tidak perlu menunggu terlalu lama ketika matahari akhirnya terbit. Perlahan, anggun dan cantik. Kilaunya membuat mata terpana.

pemandangan matahari terbit di Pantai Coogee, Sydney

pemandangan matahari terbit di pantai coogee, Sydney

2. Pengalaman berarti pengetahuan baru

Bisa jadi, kita mempelajari banyak sekali hal lewat buku atau membaca informasi lewat internet. Tapi, mendapatkan pengetahuan baru secara langsung karena melihat sendiri atau melakukan sendiri atau mengalami sendiri itu sesuatu yang tidak bisa dinilai dengan uang dan tidak bisa didapat lewat bahan bacaan atau tontonan saja. Kesan yang ditanamkan amat dalam diri kita dan informasi yang didapat pun lebih mendekatkan kita pada kebenaran sesungguhnya. Selalu ada kisah lain di balik fakta yang tertampil sekelumit di buku atau tontonan atau lazim di kenal dengan istilah behind the scene. Itu sebabnya pengalaman itu berarti pengetahuan baru yang bertambah dan ini yang bisa diperoleh lewat liburan.

pengetahuan baru berkenalan dengan hewan asli benua australia
Misalnya, mengunjungi kebun binatang di negara setempat. Setiap negara di semua belahan bumi ini, insya Allah memiliki binatang yang khas. Dan inilah rahmat Allah bagi manusia. Manusia diberi petunjuk bahwa sesulit apapun kondisi alam yang akan mereka temui, sesulit apapun masalah yang harus dihadapi, selalu ada kemudahan yang menyertainya. Tugas manusia adalah mencari tahu apa kemudahan tersebut. Bisa dengan cara mengeksplorenya dengan melakukan uji coba, bisa juga dengan mempelajarinya lewat pengamatan makhluk hidup di sekelilingnya. Salah satu makhluk hidup yang ada di sekeliling manusia yang bisa dipelajari adalah hewan-hewan yang khas, yang bisa bertahan hidup di sekelilingnya.

Seperti hewan Koala di Australia yang lebih senang berdiam di atas pohon dan beraktifitas di atas pohon misalnya. Penelitian menyebutkan, hal ini bisa jadi karena Australia sering mengalami kondisi panas yang ekstrim dan air sulit dicari. Berdiam di atas pohon lebih membawa selamat karena menghindari panasnya permukaan tanah, kemudahan mendapatkan air yang bisa didapat dari dedaunan. Atau kanguru yang melompat, yang diduga karena menyesuaikan diri dari permukaan tanah yang panas dan berbatu-batu di daratan Australia. Jalan kaki dengan cara melompat membuat Kanguru bisa menjangkau tempat yang lebih jauh dengan waktu yang lebih cepat, sambil membawa anaknya di dalam kantong di dadanya.


Ini Wombat. Gemuk banget seperti babi tapi wajahnya mirip tikus yang over weight, dan kelakuannya kayak anak kucing yang sudah 2 pekan tidak diberi makan alias doyan makan, setelah kenyang dia main yang niatnya mau lincah tapi terhambat lemah tubuh yang menunpuk, lalu makan lagi. Asli lucuuuu banget. Gemesin. Mana matanya kayak ngantuk mulu lagi.

Kanguru yang jinak. Selama kita tidak "kurang aja" kanguru sopan dan penurut. Tapi jika marah, dia bisa jadi hewan berbahaya loh.

Ini burung Royal Spoonbill. Burung aneh yang cuma ada di benua Australia. Mulutnya mirip paruh bebeh tapi pemanjang seperti sekop, jadi mirip sendok. Berguna jika dia ingin minum. Kakinya mirip ayam, jadi dia nggak jago berenang. Ada sirip di kakinya tapi kecil sih. Itu sebabnya dia dikaruniai paruh seperti sendok biar nggak perlu masuk ke dalam air.

Ketika berlibur ke Sydney, Australia beberapa tahun silam, kami menyempatkan diri mengunjungi ZOO dan anak-anak melihat langsung hewan-hewan asli benua Australia. Bahwa ternyata Koala itu hewan yang pemalu, bahwa ternyata Kanguru hewan yang percaya diri, bahwa Tasmania Devil itu tidak seseram namanya. bahwa Wombat itu ternyata segemuk itu, bahwa nyanyian burung Kokabara ternyata senyaring itu. Itu adalah pengetahuan baru yang tidak ternilai harganya dan diperoleh lewat pengalaman berlibur.

3. Kekompakan yang terjalin dalam kebersamaan

Berlibur juga mengeratkan kekompakan dalam keluarga. Sesungguhnya, kebersamaan yang terbentuk sepanjang berlibur akan mengeratkan hubungan antar anggota keluarga yang ikut serta berlibur. Kakak jadi mengasuh adiknya; adik menghargai kakaknya, orang tua bisa lebih dekat dengan anaknya, anak lebih sayang pada orang tuanya, dan terutama sekali, satu sama lain tiap anggota keluarga tahu bahwa mereka saling memiliki satu sama lain dan itu menimbulkan rasa sayang.

Menghabiskan waktu bersama-sama meski mungkin hanya beberapa hari saja, membuat tiap anggota keluarga jadi lebih mengenal karakter dan kebiasaan anggota keluarga lain. Lalu melakukan penyesuaian atas nama toleransi dan akhirnya rasa sayang pun muncul.

saling kerjasama membuat snowman di Snowy Mountain New South Wales, Australia

Foto di atas nih, ada ceritanya. Jika selama ini hanya menonton film atau drama tentang keasyikan orang membuat Snowman, maka hal pertama ketika akhirnya kami bertemu dengan hamparan salju adalah, membuat Snowman. Di film kayaknya kok gampang ya. Aslinya ternyata susah. Susahnya, karena butir salju itu dingin sekali. Sementara sarung tangan amat tebal. Membuat sesuatu dengan sarung tangan yang amat tebal itu sulit ternyata. Gemas pingin buka sarung tangan lalu meraup salju dan menumpuk lalu menatanya. Tapi, mana tahan dengan dinginnya. Membuat Snowman seorang diri dalam kurun waktu singkat (karena liburan itu kan berarti waktu yang singkat) adalah kemustahilan. Harus ada kerjasama. Dan mulailah kerjasama dimulai. Lengkap dengan segala keseruan di dalamnya. Ada yang pingin naruh ranting sebagai rambut tapi ada juga yang ingin rambutnya dari daun saja. Perbedaan keinginan ini harus dikompromikan karena hanya ada 1 snowman yang akan dibuat. Bukan banyak. Belum lagi kegagalan demi kegagalan untuk membuat tubuh dan kepala sehingga perlu evaluasi cepat, keputusan cepat, agar bisa segera membuat snowman yang baru. Hal-hal inilah yang menghasilkan kekompakan dalam kebersamaan. Seru, ceria, kompak.

4. Cerita baru yang kelak menjadi kenangan seru

Berlibur juga berarti menambah cerita baru untuk diceritakan nanti sebagai sebuah kenangan seru.
Bisa jadi, ada kekonyolan di dalamnya. Dimana saat kejadian tersebut terjadi, mungkin memunculkan rasa malu atau kesal. Tapi, beberapa tahun kemudian, hal ini menjadi sesuatu yang lucu dan seru untuk dikenang. Sedangkan kejadian yang di dalamnya banyak kebaikannya, suatu hari nanti akan dikenang sebagai sesuatu yang manis. Disitu berlibur itu terasa menjadi sesuatu yang harus diusahakan.



Karena kenangan baik insya Allah akan membuat seseorang jadi figur yang pandai bersyukur. Jika pun kenangan itu buruk, maka insya Allah akan menempa seseorang untuk jadi figur yang pandai bersabar. Dia akan memetik hikmah dari pengalaman tersebut dan menentukan sikap bahwa dia akan berusaha untuk lebih baik lagi.

pengalaman baru naik ferry menikmati suasana malam di sekitar Opera House dan Darling Harbour, Sydney

Biasanya, anak-anakku bisa melihat keindahan Sydney Opera House, yang menjadi icon kota Syney, Australia, lewat foto-foto di album foto kami saja. Ketika berlibur ke Sydney beberapa tahun silam, anak-anakku akhirnya bisa melihat kecantikan Sydney Opera House dari dekat; baik di waktu siang maupun di waktu malam. Baik ketika sedang berada di daratan atau sedang berada di atas air dengan cara naik ferry wisata.  Gimana kagoknya mereka berjalan di atas ferry kecil, mengamati taburan cahaya lampu di tepi pelabuhan, dan menikmati pemandangan suasana malam yang cantik di atas ferry. Sambil bercerita tentang banyak hal; sambil ditimpali tingkap pola anak-anak yang saling bercanda satu sama lain. Seru.

Jika Berlibur ke Australia Bersama Cheria Halal Holiday

Ngomong tentang liburan memang tidak ada habisnya. Rindu juga bisa melakukan liburan ke Australia lagi seperti dulu. Bukan apa-apa. Sekarang tuh anak-anakku sudah pada besar-besar. Tidak lagi bocah yang duduk di sekolah dasar sehingga mudah diajak buat bolos sekolah kapan saja. Anak yang sudah kuliah, nggak boleh bolos kuliah. Karena jika bolos kuliah, bisa-bisa dia terancam harus mengulang lagi tahun depan. Dan itu berarti kelulusannya juga akan tertunda. Sedangkan anakku yang paling kecil sudah duduk di bangku SMP kelas akhir. Berarti tidak bisa diajak bolos sekolah agar bisa berlibur seperti dulu. Makin tertinggal pelajarannya dan itu pengaruhnya ke nilai di rapot dan ijazahnya nanti. Sedangkan mereka yang sudah bekerja tentu saja harus dipikirkan matang-matang jika akan menghabiskan jatah cutinya.

Setelah Malaysia, Australia adalah negara ke 3 yang punya kenangan tersendiri bagi keluargaku. Karena, ketika baru menikah dulu suamiku bersekolah di Sydney, Australia selama 5 tahun. Aku melahirkan anakku juga di Sydney Australia. Pengalaman pertama memasak yang variatif, pengalaman pertama mengantar anak ke sekolah, pengalaman pertama mengalami pergantian 4 musim, dan banyak pengalaman pertamaku sebagai seorang ibu dan istri, aku dapat di Sydney, Australia. Termasuk keputusan untuk mengenakan hijab/jilbab pun aku dapatkan ketika sedang berada di Sydney, Australia. Juga pengalaman pertama belajar Islam lebih serius dan kaffah, juga aku alami di Syney, Australia. Itu sebabnya, aku dan suami ingin sekali bisa kembali mendatangi kota Sydney kembali. Setelah kepulangan kembali ke Indonesia di tahun 2000, aku dan suami sempat berkunjung ke Australia untuk berlibur di tahun 2007. Lalu, kembali berlibur ke Australia lagi di tahun 2014. Lalu sampai sekarang belum sempat lagi. Duh. Kangen juga pingin ke sana lagi. Pinginnya tuh bisa mengunjungi daerah bersaljunya lagi, bisa datang ke daerah pantainya lagi, bisa lihat kotanya lagi (kabarnya sekarang di Sydney sudah ada tram dalam kota loh, seperti di Melbourne), juga mengunjungi mall dan tamannya. Terakhir aku ke Sydney itu, tahun 2014, adalah tahun terakhir keberadaan Monorail yang membentang di tengah kota Sydney. Sekarang, wajah Sydney kabarnya sudah berubah banyak. Ada rangkaian Tram di tengah kota; dan ada jalur track khusus sepeda di tengah jalan raya mereka. Serta jalus untuk pedestrian di nyaris sepanjang jalan diperlebar. Cantik deh pokoknya kalau lihat di You Tube. Bikin Kangen sekaligus bikin semangat menabung biar bisa berkunjung kembali ke Sydney lagi.

Tapi ya itu tadi. Kendalanya di waktu sih. Susah banget ketika anak-anak sudah pada besar mencari waktu yang sesuai dan disepakati bersama. Yang satu bisa yang lain tidak bisa. Jadi, benar-benar terbatas banget waktu yang disepakati bersama itu.

Waktu terbatas; tapi punya banyak keinginan tempat yang akan dituju.
Waktu yang sempit tapi banyak yang harus dipersiapkan.
Gimana mau berlibur kalau begini caranya?

Nah. Kemarin, aku kebetulan menemukan paket liburan ke Australia bersama Cheria Halal Holiday. Asli bikin mupeng. Kenapa? Karena, Cheria halal Holiday sudah membuat itinerary tempat-tempat yang bisa dikunjungi plus kegiatan yang akan dilakukan plus alat transportasi yang akan digunakan jika ingin berlibur ke Australia.

Jika berlibur ke Australia bersama Cheria Halal Holiday
Paketnya banyak sekali yang ditawarkan. Keuntungan liburan dengan menggunakan travel agen itu, mereka sudah berpengalaman dan tahu kemana dan mau apa dan kapan saat yang tepat mengunjunginya.

Jika bepergian sendirian, karena belum berpengalaman, sering orang sudah jauh-jauh datang eh nggak tahunya tempatnya sudah tutup. Atau waktunya bukan musim terbaik sehingga tidak bisa mendapatkan moment terbaik untuk dinikmati. Seperti datang melihat salju di bulan Oktober misalnya. Di Australia, musim oktober tuh sudah musim semi. Salju sudah pada mencair. Atau datang ingin melihat parade bunga bermekaran di bulan April. Di Australia, bulan April itu musim gugur. Atau datang di bulan yang tepat tapi kemaleman tiba di lokasi jadi gerbangnya sudah ditutup.

Hal-hal mengecewakan seperti ini bisa diminimalisir jika kita ikut kelompok tour travel seperti yang dilakukan oleh tour travel Cheria Halal Holiday.

Nilai plus ikut paket tour travel Cheria Halal Holiday adalah, selalu disajikan atau diarahkan untuk bisa mengkonsumsi makanan halal selama berlibur beberapa hari itu. Jadi tenang kan kitanya. Karena di Auastralia, muslim adalah kelompok minoritas sehingga makanan halal tidak mudah didapat jika kalian baru berkunjung ke Australia. Dan banyak fitur all in -nya dalam paket tour yang ditawarkan oelh Cheria halal Holiday.

salah satu paket liburan ke Australia bersama Cheria Halal Holiday

Mengapa memilih Cheria Halal Holiday?


Pertanyaannya, mengapa aku merekomendasikan jika ingin berlibur menggunakan Cheria halal Holiday ? Karena:

1. Cheria halal Holiday itu memiliki pengalaman yang sudah teruji dalam membimbing para turis mereka untuk bisa berlibur dengan aman dan tetap ceria. Yap. Motto Cheria halal Holiday adalah mengantarkan tamu mereka berlibur dengan penuh keceriaan.

2. Cheria halal Holiday selalu berusaha untuk bisa memberikan atau mengarahkan tamu mereka agar senantiasa hanya mengkonsumsi menu makanan halal saja selama berlibur di negara lain, khususnya ketika berlibur ke negara non muslim alias negara dimana kaum muslim adalah minoritas hingga menu makanan halal sulit diperoleh.

3. Cheria halal Holiday juga punya komitment agar jadwal itinerary liburan yang mereka rancang tidak mengganggu waktu shalat para tamu mereka. Sehingga, meski liburan tapi waktu shalat tetap dijaga agar jangan sampai terlewat atau bahkan terlupa.

4. Cheria halal Holiday sudah berdiri sejak tahun 2012 sehingga mereka sudah berpengalaman melayani ribuan wisatawan dan peziarah dengan komitmen pelayanan terbaik dengan harga bersaing dan garansi kepuasan bagi para tamu mereka.

5. Cheria halal Holiday juga menyediakan program tabungan dan  cicilan jika ingin berwisata. Jangan khawatir dengan jeratan riba. Sesuai dengan tagline Cheria halal holiday yang mengusung wisata halal keluarga, maka program tabungan dan cicilan ini dilakukan masih dalam koridor perbankan syariah. Sekarang perbankan Syariah telah memiliki produk baru yaitu dana talangan wisata. Jadi, kita bisa merencanakan perjalanan wisata jauh-jauh hari. Tanpa perlu khawatir duitnya kepake buat hal-hal lain yang merusak rencana untuk berlibur.

program dana talangan wisata dari bank syariah
6. Cheria halal Holiday memiliki program liburan di Australia yang nyaman.
Harga yang mereka tawarkan sudah meliputi banyak hal. Seperti 
  1. Akomodasi hotel 3*/4*
  2. Acara selama perjalanan
  3. Makan pagi, siang dan malam sesuai dengan acara perjalanan ( Muslim Frendly Meals)
  4. Tour Leader
  5. Domestik Flight
  6. International Flight
 Meski demikian, harus diingat bahwa harga di atas belum termasuk hal-hal sebagai berikut:

  1. Acara tembahan ( optional tour)
  2. Airport tax international
  3. Dokumen perjalanan (passport, visa)
  4. Travel insurance
  5. Tipping driver/ Driver Cum Guide
  6. Local Guide
  7. Air mineral
  8. Over time
  9. Pengeluaran tambahan pribadi seperti cucian, telpon, room service poter dll.
  10. Kelebihan bagasi yang dikenakan oleh airlines yang bersangkutan ( extra excessbaggage)
  11. Dan hal-hal lain yang tidak disebutkan di Itinerary diatas.
Tapi ya itu pun sudah lengkap sih menurutku. Kita tenang tinggal menikmati daerah yang kita kunjungi tanpa dipusingkan mau cari makanan dimana dan bebas ragu makanannya halal atau tidak.

Berikut ini ada video you tube yang berisi kesan orang-orang yang pernah berlibur dengan menggunakan Cheria halal Holiday ke Australia nih.  Hasilnya malah bikin kangen pingin segera liburan.
Yup. Seperti yang aku ceritakan di atas, ada banyak sekali benefit atau keuntungan yang didapat lewat liburan dan itu semua PRICELESS; tidak ternilai harganya.



Kalian mengalami kondisi mupeng seperti yang aku alami nggak? Iya kan, tanpa sadar jadi pada punya muka-pengen semuanya. Jika iya, silahkan hubungi Cheria halal Holiday ya untuk cari tahu lebih lanjut tentang paket tour yang mereka sediakan dan tawarkan.

Jangan khawatir. Insya Allah Cheria halal Holiday ini cukup amanah kok. Mereka bahkan memberi tagline sebagai Halal Holiday loh. Ya. Karena, Cheria halal Holiday memang hadir dalam rangka memenuhi salah satu kebutuhan umat Islam melakukan perjalanan ibadah yaitu pentingnya menu halal di tempat kunjungan wisata walau ke negeri non muslim sekalipun. Dari sini lalu mereka mengembangkan sayap menyediakan paket liburan ke tempat wisata lain baik di dalam maupun di luar negeri. 
Berdiri sejak tahun 2012 kami sudah melayani ribuan wisatawan dan peziarah dengan komitmen pelayanan terbaik dengan harga bersaing dan garansi kepuasan bagi para tamu kami.
Layanan Paket tour Cheria Halal Holiday mencakup kebutuhan paket tour muslim untuk dalam dan luar negeri juga menyediakan tiket, hotel, visa dan kebutuhan perjalanan lainnya baik untuk kebutuhan personal, corporate atau grup.

Gedung Twink Lt. 2, Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790

Telepon : 021 - 7900 201 / 021-700 216 (Hunting)
Fax : 021-7918 2408
Email : info@cheria-travel.com
Web: www.cheria-travel.com

------------------------

Tulisan ini diikut sertakan dalam Lomba Blog Cheria Holiday #9 2019: Menulis tentang Australia
Lomba Blog Cheria Holiday #9 2019

42 komentar

  1. Anak2 pengen banget ke Ausie karena kan banyak satwa dan fauna benua Australia itu khas ya yg g ada di benua lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, hewan lhas Australia tuh ada yg aneh...makanya beberapa difilmkan akhirnya krn keanehan ini

      Hapus
  2. Banyak kenangan di Australia ya mbak Ade. Aku belum pernah ke Australia, pengin juga sih liburan ke sana bersama keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak banget, jadi berlibur ke Sydney tuh serasa pulang kampung juga kadang-kadang. Antara keinginan buat ngunjungi tempat kenangan plus tempat yang baru sama besarnya.

      Hapus
  3. Wah bagus banget nih ya Mbak pemandangan matahari terbit di Pantai Coogee, Sydney ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagusss banget. Ga sia sia bangun pagi, jalan cepat nurunin jalanan yg menurun krn pemandamgannya asli cantik

      Hapus
    2. Iya bagus banget sunrise di Pantai Coogee ini. Pengin ke sini juga kalau ke Australia.

      Hapus
  4. Pingin banget nih Mbak travelling ke luar negeri begitu hihi. Apalagi Australia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nabung yuk nabung... jadikan cita cita penyemangat waktu nabung

      Hapus
  5. Seru banget nih main saljunya Mbak. Saya jadi pingin nih habis lihat videonya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru abizzzz... kayak pasir lembut tapi ga perih di mata jika kena mata..mirip gerimis aja

      Hapus
  6. Australia ini memang bagus banget ya Mbak, saya pingin banget nih ke sana hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan jaraknya ga jauh dari Indonesia jadi ongkos pesawatnya ga terlalu mahal

      Hapus
  7. Memang ada banyak sekali nih ya Mbak manfaat ketika melakukan kegiatan berlibur bersama dengan keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak banget manfaatnya dan tidak ternilai harganya jika dihargaibdengan uang

      Hapus
  8. Bener mbak dengan berlibur banyak hal yang bisa diajarkan sama anak-anak mulai dari kemandirian dan lain-lain. Lewat liburan anak juga bisa belajar hal baru, mau menerima keadaan di lokasi juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. benerr...setuju. Mereka tuh asli nggak banyak protes kalo lagi diajak liburan, terima apa adanya gitu

      Hapus
  9. Itu wombat kayaknya masuk dalam kategori binatang termager. Lucu banget itu lihatnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. lucuuuu bangetttt... bikin gemess deh pokoknya. Aslinya lumayan besar sih, sebesar kucing gemuk garfield kayaknya. matanya juga slow kayak mata garfield

      Hapus
  10. bener banget ya Mba
    selain bikin hepi dan meningkatkan bonding, traveling sekeluarga juga bikin anak kian mandiri.
    Ini penting buangettt!
    --Nurul BukanBocahBiasa--

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya penting banget, bisa ngajarin anak mandiri tanpa kitanya harus tarik urat leher

      Hapus
  11. Wah, seru nih. Bahasnya based on parenting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa... karena blog ini adalah blog tentang parenting and family lifestyle

      Hapus
  12. Betul sekali. Melihat dan mengalami sendiri tentu lebih berkesan daripada sekadar baca ya.
    Anak2 juga pernah merasakan gemasnya bikin bola salju aja udah sulit hahahha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener kan. padahal kalo liat di tontonan atau baca buku kayaknya kok gampang banget... bahkan sampe ada snowman yang dibuat berpasangan dan si snowman and snowwoman itu berdansa dong.... OMG nggak kebayang tingkat kesulitan membuatnya

      Hapus
  13. Asyik ya jika bisa berlibur dengan Ceria Halal Holiday karena tenang dengan komitmen Ceria akan makanan halal bagi customer-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, jadi insya Allah terhindar dari adegan perut sudah keroncongan tapi belum bertemu dengan restoran halal atau setidaknya restoran yang tidak ada babi dan alkoholnya. 2 hal ini umumnya dimiliki oleh sebagian besar restoran di luar negeri

      Hapus
  14. Duh..Australia..ingin aku bisa ngetrip ke sana. Mau ngintip2 ke lamannya Cheria Travel ah... TFS mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, intip aja. mereka lagi ada program liburan ke 3 negara bagian dalam sekali perjalanan tuh

      Hapus
  15. Kalau intip cerita Mak Ade tentang liburan keluarga selalu seru. Aku jalan sama keluarga paling di kota sendiri, itu yang deket2 aja. Ada tanggungan di rumah yang gak bisa ditinggal lama-lama. Coba nanti intip Cheria Travel deh siapa tahu ada yang cocok

    BalasHapus
  16. MasyaAllah... Menyenangkan sekali liburan keluarga ke Aussie. Semoga terwujud bisa ke sana lagi, Mbak...

    Btw aku termasuk orang yang berpikir sama juga, liburan keluarga biar anak2 punya kenangan dan pengalaman. Meskipun masih yang dekat2 dulu ��

    BalasHapus
  17. Tempat wisata di aussie itu banyak sekali ternyata ya, dulu tak kirain hanya ada sidney opera house saja duh saya kurang jauh mainnya haha, jadi jatuh cinta deh sama aussie apalagi liat hewan2nya yg lucu & unik :)

    BalasHapus
  18. Ya ampun ini bisa di andalkan ketika liburan. Jangankan liburan ke australia , liburan dalam negri aja suka lupa sholat, bingung cari dimana musola terdekat, makanan ini halal tidak.

    Kalau ikut tour seperti ini semua enak

    BalasHapus
  19. Australia cantik banget. Belum pernah kesana duh aku pengen ke Opera house. Wombat nakutin gak mbk? Apalagi mirip tikus ya wajahnya geli hihi.

    BalasHapus
  20. Banyak hal yang mesti kita persiapkan untuk liburan ya,Mbak. Sampai menguras tenaga, pikiran dan juga biaya. Tapi memang setelahnya kita bisa banyak manfaat yang tidak bisa dinilai secara materi. Dengan liburan bersama keluarga kita bisa lebih mandir, tambah pengalaman dan yang pasti mempererat bonding.

    BalasHapus
  21. Waaah sudah pernah ke Australia ya mbak, pasti senang ya bisa liburan bareng keluarga. Memang benar sih liburan ke suatu tempat apalagi ke luar negeri itu butuh persiapan matang terutama dana yang besar. Tapi kalau ada manfaat dari liburan itu rasanya tidak sayang ya mbak menghabiskan dana banyak untuk liburan, terlebih bagi anak-anak. Saya juga baca tentang ceria holiday ini sepertinya memang recommended bagi yang ingin berlibur dan butuh travel yang bisa menghandle kita. TFS ya mbak jadi pengen manfaatin ceria ini untuk merencanakan liburan tahun depan.

    BalasHapus
  22. Asyik ya Mbak bisa berlibur bareng keluarga ke Australia. Banyak hal yang didapatkan, tentunya itu juga jadi pengalaman yang amat berkesan. Apalagi sekarang ini kalau mau ke Asutralia juga gak perlu khawatir dengan makanan , tempat tinggal dan lain-lain karena sudah ada travel yang mengusung konsep halal holiday seperti Cheria.

    BalasHapus
  23. Masyaallah bun seru sekali perjalanannya ke Australia nya.. pengen juga menginjakan kaki di Australia hihi semoga next bisa nyusul jejak Bunda anita kesana. Wish list banget sih bun kesana :")

    BalasHapus
  24. Seru sekali sudah ke Aussie sama kluarga, aku pun pingin bawa anak biar dia punya pengalaman langsung. kan jadi sumber belajar juga untuk dia. doain bisa kesana suatu hari nanti ya mbak hehehe

    BalasHapus
  25. Keren banget si Mom udah bisa jalan ke Australia bareng keluarga. Saya juga berharap bisa jalan kemari bareng keluarga dan harus nabung. Cheria Holiday memang travel dengan pengalaman yang mumpuni ya mbak.

    BalasHapus
  26. Ah, mba Ade udah duluan ke Australia ya
    Saya masih dalam angan dan harapan dan enta dikabulkan kapan...
    Semoga ada rezeki 2020

    BalasHapus
  27. wohooo, anak-anaknya lahir di Australia ya Mbak.
    Australia jadi begitu spesial pasti ya buat Mbak dan keluarga, rumah kedua gitu ya Mbak :)

    duuh jadi beneran mupeng deh ingin berkunjung ke Australia juga, kudu nabung yang kencang ini :D

    BalasHapus