Penanganan Hipotermia Tak Boleh Asal, Ini Cara Tepatnya!

[LifestyleMemasuki akhir tahun yang identik dengan musim penghujan dan musim dingin, berbagai penyakit kerap datang menyerang imunitas tubuh. Tapi tak hanya itu, cuaca dengan suhu dingin nyatanya juga bisa gagal terlindungi oleh kerja tubuh yang tak mempu mengatasinya. Akibatnya, hipotermia atau kondisi tubuh yang kedinginan luar biasa pun terjadi. Penanganan hipotermia tak boleh asal dilakukan. Sebab ada cara khusus yang tepat untuk mereka yang mengalami hipotermia.





Mengenal Hipotermia Lebih Jauh

Hipotermia adalah sebuah kondisi dimana tubuh kesulitan mengatasi suhu dingin yang ada dan mengakibatkan tubuh merasa kedinginan secara berlebihan. Jika biasanya suhu tubuh manusia dalam kondisi normal adalah 36,5 sampai 37,5 derajat Celcius, maka suhu orang yang mengalami hipotermia akan terus turun di bawah angka 35 derajat Celcius. Hal ini tentu saja tidak baik untuk kondisi tubuh dan membutuhkan penanganan hipotermia yang tepat.

Hipotermia disebabkan karena seseorang berada di tempat yang lebih dingin dari biasanya secara tiba-tiba. Bisa juga karena seseorang berada terlalu lama terkena atau terendam air. Tubuh yang tidak terbiasa dengan suhu dingin itu akan kesulitan menjaga suhu tubuh normal, sehingga turun secara drastis.

Gejala yang ditimbulkan dari seseorang yang mengalami hipotermia antara lain seperti badan yang menggigil dan gemetar, gigi yang menggeretak, bahkan bisa mengalami kehilangan kesadaran dan halusinasi berat. Bahayanya, orang yang tidak mendapatkan penanganan hipotermia secara tepat bisa mengalami kemungkinan komplikasi lainnya. Seperti cedera kulit, peradangan hingga rusaknya pembuluh darah kecil dan syaraf kulit, kerusakan jaringan, bahkan berujung pada kematian. Kasus-kasus hipotermia sering kali terjadi pada pendaki gunung pemula dan korban kecelakaan angkutan laut yang terlalu lama kedinginan.


Penanganan Hipotermia yang Tepat

Penanganan hipotermia memang tak boleh asal dilakukan. Namun bukan berarti anda yang bukan seorang ahli tak bisa memberikan penanganan hipotermia yang tepat. Sebab dalam kondisi gawat, kita sebagai orang di sekitar korban harus menjadi yang pertama memberi penanganan. Ada beberapa tindakan yang bisa anda lakukan jika menemukan rekan yang mengalami hipotermia, di antaranya sebagai berikut:

1. Pindahkan Korban ke Tempat Hangat

Sebagai tindakan pertama penanganan hipotermia, hal yang harus dilakukan adalah memindahkan orang yang mengalami hipotermia ke tempat yang lebih hangat. Jika sedang berada di luar ruangan, maka ajak lah ke tenda atau rumah dengan suhu yang lebih hangat. Sedangkan jika korban berada di dalam air, maka tarik ke permukaan. Kemudian lepas dan ganti pakaian yang basah dengan pakaian hangat atau balut dengan selimut tebal. Penanganan hipotermia ini membantu tubuh korban menaikkan suhu tubuhnya.

2. Selalu Ajak Korban Bicara

Seseorang yang mengalami hipotermia akan mudah hilang kesadaran karena berfokus pada suhu dingin yang dirasakan. Hilangnya kesadaran ini harus dicegah, agar penurunan kinerja tubuh bisa diantisipasi. Maka dari itu, selalu ajak korban untuk berbicara. Anda bisa mengetes kesadarannya dengan menanyakan nama seseorang di sekitarnya atau memberi kata penyemangat yang menunjukkan bahwa korban harus melawan rasa dingin yang dirasakan. Juga katakan bahwa korban akan baik-baik saja setelah dapat penanganan hipotermia yang tepat.

3. Lakukan Tindakan Skin to Skin

Selanjutnya, penanganan hipotermia yang tepat lainnya adalah dengan melakukan tindakan skin to skin. Interaksi yang melibatkan tempelan kulit pemberi penanganan hipotermia dengan korban akan membuat suhu dingin lebih cepat menjalar dan kedua tubuh akan saling menghangatkan. Anda bisa memeluk atau mendekap korban atau tidur berdekatan. Agar terhindar dari pelecehan seksual, sebaiknya tindakan ini dilakukan oleh rekan sesame jenis jika anda bukan seorang tim ahli 
penyelamat.

4. Beri Makanan dan Minuman Hangat

Tiga penanganan hipotermia di atas harusnya memberi efek yang membaik bagi korban hipotermia. Maka setelah itu, penanganan hipotermia lainnya adalah dengan memberi asupan makanan dan minuman hangat. Hal ini diperlukan agar tubuh orang yang mengalami hipotermia bisa segera melakukan metabolisme yang membantu menghangatkan tubuhnya. Berikan makanan dengan kandungan energi yang cukup, seperti cokelat atau sumber karbohidrat.
Hipotermia juga bisa anda cegah dengan beberapa hal. Yuk, baca info lengkapnya dengan mengklik link artikel berikut ini:
https://www.cekaja.com/info/hipotermia-lebih-dari-kedinginan-biasa/

Tidak ada komentar