Ada 3 Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dimana Saja dan Kapan Saja

[Lifestyle] Iuran bulanan yang sering dibayarkan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan tiap bulannya, ternyata sangat penting untuk selalu dicek. Pasalnya, BPJS Ketenagakerjaan merupakan jaminan sosial dari pemerintah, yang sudah peserta anggap seperti tabungan sendiri. Sehingga iuran tersebut akan menjadi saldo yang akan dikelola oleh pihak BPJS. Nah, bagi Anda peserta BPJS Ketenagakerjaan, ternyata juga bisa loh, melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah, dimana saja dan kapan saja.




Saldo BPJS Ketenagakerjaan merupakan sebuah investasi yang bisa ditarik oleh peserta


Pasalnya, saldo yang dikelola pihak BPJS tersebut merupakan sebuah investasi peserta, sehingga jumlahnya akan bertambah dan dapat ditarik oleh peserta. Biasanya, iuran sebagian besar dibayar oleh perusahaan tempat Anda bekerja sebagai pemberi hak, sebagian lainnya memotong dari penghasilan peserta. Maka dari itu, cek saldo BPJS Ketenagakerjaa sejatinya sangat penting untuk dilakukan secara rutin.

Berbentuk Jaminan Hari Tua, setidaknya ada 3 cara untuk melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan


Untuk saldo yang bisa dilihat oleh peserta adalah saldo BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Hari Tua atau (JHT). Namun, bagaimana cara peserta bisa melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan? Setidaknya ada 3 cara mudah untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, yang bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja, sebagai berikut:

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaa dengan layanan SMS


Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaa dengan mudah yang pertama adalah dengan melalu layanan SMS. Dimana pihak BPJS telah bekerjasama dengan operator telekomunikasi di Indonesia, dan membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan terhadap saldo BPJS. Lantas bagaimana caranya?

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS, adalah dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Caranya isi format pengiriman SMS, sebagai berikut:

(REG # NoBPJS # Tanggal Lahir # Nama Ibu Kandung) kirim ke 2757

Setelah mendapatkan notifikasi, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMSm dengan cara:

Ketik (Saldo #NomorID) kirim ke 2757

Dan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda pun bisa dilihat. Bagaimana mudah bukan?

2. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui layanan website


Tidak hanya melalui SMS, cek saldo BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dilakukan melalui layanan website resmi BPJS. Anda bisa mengunjungi lamat https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs, setelah membuka halaman tersebut, Anda juga perlu menyiapkan alamat email dan nomor pin sebagai akses untuk melihat jumlah saldo.

Nah, sebelum itu, agar Anda bisa mendapatkan akses ini, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu dan mengklik ativitas yang diberikan BPJS sebagai bukti bajwa kamu bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan milik Anda dan mengecel keterangan lainnya.

Nah, selain dari dua cara di atas, yakni cek saldo melalu SMS dan website, ternyata Anda juga bisa melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi dari ponsel pintar milik Anda. Pasalnya, jika Anda mengecek saldo menggunakan aplikasi BPJS dari ponsel pintar milik Anda, layanan yang akan didapat juga lebih cepat dan praktis.

Aplikasi yang diberi mana BPJSTK Mobile Gen 2 ini, sengaja dibuat dengan fasilitas berupa fitur-fitur yang memudahkan Anda, untuk bisa mendapatkan segala informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan milik Anda. Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa pengguna dapatkan hanya dengan melakukan pendaftaran menggunakan data kependudukan. 

Untuk mengetahui bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTK Mobile Gen 2, Anda bisa baca informasinya lebih lanjut di link artikel di bawah ini: https://www.cekaja.com/info/cek-saldo-bpjs-kini-lebih-cepat/  

Semoga bermanfaat. 

2 komentar