Modal Usaha Tanpa Bunga, Adakah?

[Lifestyle] Saat memulai sebuah usaha, hal pertama kali yang terlintas adalah mendapatkan modal. Sayangnya, bunga pinjaman yang tinggi dengan tenor mencekik seringkali membuat orang berpikir dua kali untuk mengajukan kredit ke bank atau lembaga keuangan.

Apalagi belakangan sistem perbankan syariat sedang diminati sehingga banyak orang yang tidak terlalu tertarik dengan pinjaman yang menerapkan bunga. Berdasarkan hal tersebut, banyak sekali lembaga keuangan yang melakukan inovasi dengan cara mengadaptasi hukum Islam atau syariat dan memasukkannya ke dalam sistem perbankan konvensional.
 

Inilah mengapa saat ini ada banyak sekali jenis serta pilihan pinjaman yang tidak menerapkan bunga. Sebagai ganti keuntungan, pihak lembaga keuangan menggunakan akad ijarah, murabahah, atau kafalah dalam pemberian modal usaha. Menarik bukan?
Apabila Anda tertarik untuk memanfaatkan pinjaman modal usaha tanpa bunga, ada beberapa pilihan yang bisa dijadikan referensi, di antaranya:
1. Pegadaian Syariat
Jika pegadaian konvensional menerapkan bunga terhadap pinjaman hasil dari barang berharga yang dijaminkan, pegadaian syariat menggunakan akad rahn dan ijarah. Artinya, alih-alih dikenai bunga nasabah akan dikenakan biaya sewa atau pemeliharaan barang yang dititipkan.
2. Bank Syariat
Pada dasarnya sistem perbankan syariat hampir sama dengan sistem perbankan konvensional. Bedanya, tidak ada bunga yang dilibatkan dalam berbagai transaksi entah itu tabungan, deposito, tarik tunai, maupun pinjaman. Jadi Anda mungkin saja mendapatkan modal usaha tanpa bunga apabila mengajukan pinjaman ke bank syariat.
Selain itu, perbedaan terletak pada akad yang diberlakukan. Pada bank syariat, baik nasabah maupun pemilik modal diminta untuk berkomitmen dan bertanggung jawab terhadap dana yang dimiliki. Mereka harus memastikan bahwa dana tersebut tidak akan digunakan untuk keperluan atau hal yang melanggar ketentuan hukum Islam.

3. Tabungan Dirham
Selain dari pihak lain, modal usaha juga bisa kita dapatkan dari usaha sendiri. Salah satu bentuk usaha untuk mengumpulkan modal nonriba adalah dengan menabung dirham. Pada dasarnya, tabungan dirham sama seperti tabungan lainnya, bedanya pada tabungan ini tidak ada bunga yang dihasilkan.
Keuntungan nasabah didapatkan dari meningkatnya nilai dirham seiring peningkatan harga emas dunia. Jadi jika saat ini nilai dirham Anda tergolong rendah, bisa jadi 10 tahun ke depan tabungan yang dimiliki bisa digunakan untuk membangun sebuah bisnis yang tidak melibatkan bunga dan riba sama sekali dalam sistemnya.
Jadi, sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan modal usaha tanpa bunga? Jika iya, pastikan Anda mempelajari lebih lanjut dan mencari informasi lebih mendalam tentang sistem perbankan syariat agar tidak salah langkah. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi sebelum me mutuskan untuk mengajukan pinjaman.
 Mungkin, kalian tertarik untuk membaca tentang apa itu sistem perbankan syariah, aku pernah menulisnya loh. Disini: Mari Mengenal Skema Keuangan Syariah di Bank Syariah . Semoga bermanfaat.



20 komentar

  1. Sayang pengertian Riba ini hanya sedikit orang yang tahu, sudah tahupun kadang pura-pura nggak tahu. Apalagi kalau sudah bilang buat modal usaha, bunga rendah dll. Nah kalau sudah Allah ambil berkah nya baru terasa, uang yang didapat entah larinya kemana, hutang masih bertumpuk dll

    BalasHapus
  2. Riba ini ngeri banget ya Bund.
    Tapi kayak gimana yaaa udah dianggep sesuatu yg wajar dan normal.
    Semoga Allah senantiasa melindungi dan naungi kita dgn hidayah-Nya

    BalasHapus
  3. Setujulah. Jangan sampai ya kita terlibat riba. Dosanya ngeri banget...

    BalasHapus
  4. Semoga bank2 dan lembaga keuangan syariah di negeri kita memang menjalankan syariah muamalah yang sesuai aturan, tidak sekadar merknya yang syariah

    BalasHapus
  5. RIBA itu ngeRIBAangeeet..... semoga masyarakat bisa lebih mengetahui apa itu riba dan bisa self defense untuk diri sendiri jugaa, karena sekarang riba makin merajarela :(

    BalasHapus
  6. Semoga semakin banyak lembaga keuangan yang peduli untuk bebas riba. Demi kebaikan bersama, dunia akherat.

    BalasHapus
  7. Iya, ngeri banget kalau sudah urusan sama riba. Tapi kadangan ya gimana ya hhuhuhu...

    BalasHapus
  8. Tabungan Dirham ini belum pernah saya dengar nih. Penasaran lebih detailnya gimana. Kalau jual beli mata uang (Dirham) itu kan ada naik turunnya, nah jika ada keuntungannya masuk riba gak ya?

    BalasHapus
  9. Wah aku baru tahu ada Tabungan Dirham gini mbak dan bagus sekali bisa jual beli dirham dan tentunya tanpa riba bunga.

    BalasHapus
  10. Saya juga baru dengar ada tabungan dirham mbak. Memang kendala pebisnis kadang berasal dari pinjaman modal. Kalau ada pinjaman dengan pengembalian tanpa ribet dan bunga yang wajar tentunya inilah yang dicari. Karena sebuah bisnis yang menerapkan prinsip syariah termasuk meminjam modal syariah tentunya bisnis ini akan berjalan lancar.

    BalasHapus
  11. Wah baru tau nih tabungan dirham dan mau tanya ini tabungan dirham ini sudah ada di bank-bank konvensional kak? .

    BalasHapus
  12. Riba itu berbahaya dan dampaknya mengerikan. Sudah saya alami sendiri sebagai anak dari pelaku riba. Sejak masih kecil sampai dewasa selalu saja ngeriba padahal sudah dicukupkan Allah. Ada semacam candu dan lingkaran setan tak berujung padahal itu untuk hal yang tidak mendesak, bahkan tidak perlu amat. Sampai tega menipu suami dan keluarganya sendiri karena sudah kecanduan riba.
    Saya trauma dengan riba dan tidak respek pada pelaku riba.
    Modal usaha itu semestinya bisa dikelola dengan baik, baguslah ada sistem syariah sekarang ini asal jangan sekadar nama saja.

    BalasHapus
  13. Wah mpo baru tahu Ada tabungan dirham. Semoga bisa ikutan juga menabung. Giat kerja giat berinvestasi

    BalasHapus
  14. Kayaknya sekarang makin banyak lembaga keuangan yang menawarkan produk non riba ya .. semoga beneran sesuai dengan dasar yang benar ya. Nggak sekedar judul doang. Jadi, ke nasabah pun merasa aman.

    BalasHapus
  15. Bismillah mbak, aku sedang plan untuk memulai usaha.. baca tulisan ini tentang sistem perbankan syariat jadi terbuka mata hati saya juga nih agar tidak salah langkah yaa.. terima kasih referensinya mbakku

    BalasHapus
  16. Enaknya ya ada yang mau meminjamkan modal usaha tanpa bunga jadi bisa jauh dari riba

    BalasHapus
  17. Duh ini nih yang harusnya dibanyakin di kita ya. Tempat minjam modal tanpa riba. Supaya peminjam bisa berkembang tanpa membuat dosa riba. Kasian juga kalo udah terlilit utang yang berbunga-bunga itu.

    BalasHapus
  18. ku selama ini punya tabungan hanya di bank syariah mandiri mbak, Alhamdulillah aman aman aja dan aku merasa tenang, sekarnag ku ingin investasi juga, mungkin bagus juga ya investasi Dinar dan dirham.

    BalasHapus
  19. masyaAllah Mba semoga istiqomah ya ikhtiarnya menolak riba, suamiku dan ak juga lagi belajar nih pelan2. Mulai dari ngelepas CC, menyelesaikan semua kredit dll

    BalasHapus
  20. Mantap infonya mba Ade, sekarang zaman yang emang deket banget sama riba mudah sekali dan kudu banyak baca pengetahuan tentang syariat begini semoga usahanya juga berkah

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.