Kamis, 27 September 2018

Ulang Tahun Google

[Lifestyle] Ternyata eh ternyata, hari ulang tahun Google itu hanya berbeda 1 hari saja dengan hari ulang tahunku. Jadi,  jika kemarin aku berulang tahun, maka hari ini google yang berulang tahun.

Kemarin, begitu aku buka google chromeku, aku dapat ucapan ulang tahun dari google. Ya, sederhana sih. Yaitu berupa gif tulisan google yang berbentuk lilin yang menyala. Jika kita mendekatkan kursor kita pada tulisan google, maka muncul tulisan, "Happy Birthday Ade". Jika kita klik icon play yang ada di tengah tulisan google maka api di atas lilin akan menyala dan bola mata yang ada di tengah-tengah tiap hurup akan bergerak-gerak genit.

Nah. Hari ini, giliran si Google yang berulang tahun. Dan yang aku temui adalah, video tentang bagaimana google telah memberi informasi yang cukup banyak, sekaligus menyimpannya hingga kita bisa bertanya banyak hal pada search engine ini. Itu sebabnya di Indonesia, dikenal istilah nanya ke mbah gugel.




Dan ini aku kutip keterangan dari video ulang tahun google ini:

Twenty (ish) years ago, two Stanford Ph.D. students launched a new search engine with a bold mission to organize the world’s information and make it universally accessible and useful. Though much has changed in the intervening years—including now offering Search in more than 150 languages and over 190 countries—Google is still dedicated to building products for everyone. Today’s video Doodle takes a stroll down memory lane by exploring popular searches all over the world throughout the last two decades. So whether you’ve searched for the status of your favorite object orbiting the sun, the latest on the world’s biggest events, or how to impress on the dance floor: Thank you from Google.
Jujur nih, awalnya aku sebenarnya ngeri loh ama perkembangan google yang rada-rada mulai memasuki wilayah privacy orang lain. Google sekarang bahkan mencatat keterangan lokasi dari sebuah foto yang kita buat loh.

Silahkan baca: Menelusuri Jejak Kita di Google Map

Jadi, aku pernah menulis di tulisan Menelusuri Jejak Kita di Google Map bahwa kita ternyata bisa menelusuri dari selembar foto itu, beberapa keterangan mulai dari foto itu diambil dengan menggunakan kamera apa, kecepatannya berapa, pakai flash apa nggak, jam berapa, hari apa, hingga ke menit dan detiknya, dan lokasinya. Lengkap banget deh. Rada ngeri-ngeri sedap rasanya.

Sisi positifnya, kita jadi bisa teringat lagi dan bisa melacak beberapa keterangan yang dibutuhkan dari selembar foto. Jika digunakan untuk kebaikan, insya Allah ini bisa menghindari kita dari sebuah fitnah.

Tapi, sisi negatifnya, kita jadi kehilangan privacy. Semoganya, foto itu tidak jatuh ke tangan orang-orang yang jahat hati dan pikirannya. Aamiin.

Sudah. Begitu saja tulisanku kali ini. Selamat ulang tahun Google. Semoga senantiasa bisa membawa manfaat ke arah kebaikan bagi banyak orang.


foto tahun 2014 ketika main ke kantor google Indonesia dan diminta memperkenalkan diri sebagai salah satu dari 50 besar calon finalis SB2014

peserta lain yang ikut batch di hari itu, lupa hari apa, ketika datang ke kantor google Indonesia yang ada di gedung Plaza Senayan


1 komentar:

  1. Wah, selamat ulang tahun ya mbak :)
    Jadi bakal teringat terus nih sama hari ulangtahunnya mbak ade :D

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri yang Diunggulkan

Kapan & Dimana Doa Insya Allah Terkabul

Pengikut