Menelusuri Jejak Kita di Google Map

[Lifestyle] Jadi, ceritanya memory handphoneku terlihat berwarna merah ketika aku melihat fitur file manager-nya. Artinya, jatah memory kosong yang tersisa di handphone sudah penuh. Hanya tersisa 5 MB saja. Wah. Pantas jika ingin membuat membuka media sosial, khususnya yang memiliki fitur chat dan call di dalamnya, handphoneku sudah beberapa hari ini memberi pesan pop up "Insufficient Memory Error" . Padahal, aku sudah mensetting agar semua foto dan video serta musik ada di memory card, bukan di fisik handphonenya. Usut punya usut, ternyata penyebabnya karena aku salah menyimpan beberapa file foto.

Jadilah kegiatanku adalah mulai menata ulang semua foto yang ada di dalam handphoneku. Dan ternyata jumlahnya ada lebih dari 5000  foto. Wow banget.

Meski begitu, aku tertarik melihat kerapihan penataan foto yang ada di handphone suamiku. Semua file foto dan video di handphone suamiku disusun berdasarkan kelompok, tempat dan tahun.

Hmm. Benar juga ya. Selama ini, aku tidak pernah mengatur seperti itu. Semua campur baur dan terbagi secara otomatis mengikuti default yang sudah tertanam di dalam handphone. Jadi ada pembagian karena sesama screenshot; terbagi karena menggunakan aplikasi foto editor, karena menggunakan aplikasi creative collage, Frameart, collage flower, pic collage, dan sebagainya deh.

tuh, berantakan ya file foto-fotoku


Jadilah aku mulai merapikan file-file foto berdasarkan tempat dan tahun diambilnya foto tersebut. Seperti halnya file foto di handphone suamiku.

Dan ternyata itu cukup ribet sodara-sodara sebangsa setanah air. Subhanallah ya, seperti memisahkan benang yang kusut. Super duper ribet. Belum lagi jika aku lupa dimana tepatnya foto tersebut diambil dan tahun berapa.

Lalu, suamiku memberitahu bahwa Google tuh sebenarnya sudah merekam history semua jejak-jejak kita lewat foto yang kita buat. What? Hmm.

"Coba kamu klik titik tiga yang ada di atas foto tersebut, lalu pilih opsi detail. Nanti ada keterangan lanjut deh.

Okeh. Aku penasaran. Jadilah aku mengklik foto random.

lihat deh, di pojokan atas ada titik tiga kan? Nah, dipilih ya. Lalu jika sudah muncul pop up opsi selanjutnya mau pilih apa, pilih detail.

Tuh, luar biasa ya lengkapnya keterangan yang diberikan.
Oke. Sekarang, jika diperhatikan detail keterangan dari foto tersebut, bukan hanya keterangan tanggal tahun, bahkan jam dan menit foto itu diambil saja yang muncul sebagai keterangan foto. Tapi juga diambil dengan handphone jenis apa, lalu fitur apa dari handphone tersebut yang digunakan (seperti ISO 250, exposure time 1/17 s, wow. Lengkap pake banget ya keterangan detail dari satu foto tersebut. Lebih dari itu, bahkan ada keterangan lokasi dimana foto tersebut itu diambil. Lengkap dengan lokasinya di google map. Lalu, aku pun iseng meng-klik foto yang terdapat di google map tersebut. Hasilnya adalah:

Nah. Terlihat kan. Memang benar sih, foto ini diambil di hotel Le Meridien, Jakarta.
Aku penasaran. Jadi, google map-nya aku perbesar. Dan hasilnya adalah.... ternyata aku bisa menelusuri jejak kita di google map.

dan bahkan ada tambahan nomor keterangan foto loh hingga memudahkan kita untuk mengingat, sudah melihat foto mana saja

Lalu, kita bahkan bisa mengklik, foto-foto kecil yang ada di google map tersebut. Bayangkan. Tiap-tiap icon foto yang ada di map tersebut, sudah diberi nomor, jadi jika kalian lupa tadi sudah melihat foto yang mana saja, ingat saja nomor fotonya. Diurutkan sekalian jadi mengingatnya bisa mudah banget.

Duh. Lalu aku tiba-tiba merasa sedang berperan sebagai David Kim di film Searching.


David Kim sedang menelusuri jejak Margot di internet


Oke. Baiklah. Aku penasaran. Jika dibalik nih, kita memulai bukan dari foto yang ada di handphone, tapi dari icon foto yang ada di google map. Bisa nggak ya?


Lalu aku pun mengklik foto nomor 12. Hasilnya, yang muncul adalah:





Lalu aku sendiri  malah lupa, ini makanan pernah aku beli dimana dan kapan ya? Hahaha. Lalu aku mengklik titik tiga yang ada di atas foto lalu pilih details. Dan hasilnya keluar deh keterangan ini: 


OMG. 
Ini gila banget nggak sih. Jadi seakan-akan jejak kita tuh terekam dengan baik di handphone.
Lalu aku tiba-tiba ingat foto-foto yang beredar di media sosial yang digunakan untuk membentuk opini tertentu dari seseorang. Aku berkesimpulan, karena ini sudah jaman canggih banget, mungkin ada baiknya polisi harus memberikan keterangan detail foto deh jika ada kasus-kasus pencemaran nama baik berdasarkan selembar foto. Jika tidak bisa memberikan keterangan detail seperti itu, bisa jadi, foto itu hoax atau sengaja dibuat untuk membentuk opini tertentu atas seseorang. Iya nggak sih? 

Tapi ya sudahlah. Aslinya aku termasuk orang yang tidak suka berbicara politik atau berpolemik dengan kegaduhan yang  terjadi di media sosial. Fiuh. Media sosial itu kadang seperti bola panas euy. Aku lebih nyaman dengan kehidupan nyamanku yang selalu damai ini insya Allah.
Tapi google map: kalian memang luar biasa. Makasih ya untuk jejak rekamnya; karena aku sendiri kadang lupa tempat dan waktu kejadian. Hehehe. 

44 komentar

  1. Waaaah... sangat bermanfaat sekali, sukses selalu ya mbak. :)

    BalasHapus
  2. Aku juga risih banget mbak kalau foto bercampur baur jadi satu, kalau misalnya kita mau share repot sendiri nyarinya hehe. :D

    BalasHapus
  3. Wah, keren banget ya teknologi zaman sekarang ini, saya juga baru tau loh kalau Google tuh sebenarnya sudah merekam history semua jejak kita lewat foto yang kita buat.

    BalasHapus
  4. Keren banget ya Google. :)

    BalasHapus
  5. aku malah ngerasanya antara canggih dan serem. Karena jejak digital kita terekam. Jadi kudu ati-ati banget mengelolanya jangan sampai kesetting publik dan bisa diakses semua orang. Bahaya kan kalau orang tahu persis kita sering kemana sehari-harinya di jam berapa dan ngapain.

    BalasHapus
  6. Perkembangan teknologi smartphone saat ini sudah canggih banget ya, Mbak. Sayapun dibantu oleh akun google utk menemukan hapeku pas ilang, krn kebetulan si pengambil hape melakukan foto dan ketahuan deh, lewat akun google yang kuset di komputer

    BalasHapus
  7. Teknologi sekarang makin canggih ya mbak...jejak digital kita terekam jelas dan dengan mengakses google, seakan dunia dalam genggaman. Dan pastinya kudu pinter mengelolanya, jangan sampai merugikan kita. Berarti PR nya, saya kudu banyak belajar lagi, hehe. Makasih sharingnya, Mbak...

    BalasHapus
  8. Justru rasanya malah ngeri deh mba klo dirasa2kan, kehadiran kita dimana aja kedetect dg google. Aku jarang menghidupkan fitur map mba, jadi keterangan fotonya ga ada nama tempatnya.

    BalasHapus
  9. Makin canggih aja nih fitur Google. KAlau saya map masih sebatas mengisi review aja, Mbak

    BalasHapus
  10. Wah bisa gitu ya mbk ade. Aku jd pengen ngecek jugak. Kecatet juga nggak ya jejak aku

    BalasHapus
  11. Bener bangeet mba.. aku suka pakai fitur ini . Tapi ada beberapa juga yg sempat mempertanyakan kemanan informasi ini karena dianggap ‘melanggar’ right to privacy

    BalasHapus
  12. Masih suka terkagum2 sama kecanggihan gugel, fiturnya juga makin macem2 aja. Besok mau nyoba ngerapihin foto2 juga ah :)

    BalasHapus
  13. Keren..aku baru tau google bisa sedetail itu yaa

    BalasHapus
  14. Kok saya baca judulnya romantis banget yah mba, hihihi... gugel memang ga ada lawan nih!

    BalasHapus
  15. Aku suka isi2 google local guide. Kadang malah diingatkan memori foto sama google yang mirip FB. Rasanya kayak nostalgia

    BalasHapus
  16. Oh gitu yaa, mba Ade...
    Gak pernah tau kalau sekarang secanggih inii....

    Kirain hanya image dimana kita berada saja yang terlacak.

    BalasHapus
  17. Jadi kayak album memori versi digital ya. Keren Mbak! Aku baru tahu lho bisa kayak gini...

    BalasHapus
  18. Tetap ada plus dan minusnya kecanggihan teknologi masa kini ya BUn. Bahaya kalau ada yang berniatjahat, aman karena kita semakin dimudahkan. Semoga lebih banyak manfaaatnya aamiin.

    BalasHapus
  19. Suamiku yang sering telusurin jejak foto di google kayak gini mba hehe suka sedih kalau lihat foto kenangan perjuangan dulu apalagi yang banyak direkam waktu rumah kami masih berupa kebon pisang hahaha

    BalasHapus
  20. Waaah, ini juga nih buat PR bunda. Harus nih disimak baik2. Tp mau bljr sendiri pasti gK bisa kudu cari Mentor, hehehe....

    BalasHapus
  21. Aku baru tahu ini. Google bisa ngrekam apa aja ternyata. Dan dengan adanya itu kita jadi bisa nostalgia

    BalasHapus
  22. Berasa main detektif detektif an ya mba. Aku juga belum telaten kalau harus mengurutkan foto

    BalasHapus
  23. wuahahahha aku baru tau kalau google map bisa gini detailnya hahahah seru juga

    BalasHapus
  24. Google udah pinter banget ya, selamakita pakai gadget dan terkoneksi internet maka akan terekam jejaknya oleh google, di hp-ku juga sudah terorganisir sih tapi otomatis, malah si hapenya sendiri suka bikin semacam album kenangan per kegiatan

    BalasHapus
  25. Itu google map sebagai pengintai, ya. Hahaha. Ini membutuhkan space google account juga ngga, Mbak? Mirip Picasa, gitu.

    BalasHapus
  26. Wow..kumplit y mba.. etapi kita jadi seperti diikuti terus dong..haha..serem jugaa...

    BalasHapus
  27. Wah aku baru tahu nih mba. Teryata digital sekarang semakin canggih ya mba jadi semuanya telah tercatat secara digital

    BalasHapus
  28. Aku gak kepikiran kaya gitu mbak, boleh juga aku coba ah

    BalasHapus
  29. Saya malah baru tahu loh, Mba. Nanti coba utak-atik hapeku, ahhh

    BalasHapus
  30. Wah, sama nih Mba. Aku udah dua hari ini nerima pesan kek gitu juga. Harusnya aku mulai bersih bersih memori agar kerja henpon bisa optimal lagi :D

    BalasHapus
  31. Baru tau cara melacaknya. Asyik juga ya, jadi kita bisa lihat foto-foto kita yang sudah lama, dengan lebih mudah.

    BalasHapus
  32. Jejak rekam Google map memang detil banget. Klo saya aktif GPS nanti otomafis beberapa lokasi yang udab kedetect ada history kita. Canggih banget dan tetep waspada ya. Hehehe

    BalasHapus
  33. Belakangan sering muncul memori dari google ttg foto2 yg pernah dijepret. Eehh pas kemarin pake baju dan jilbab yg sama, eehh di compare lagi ama google, ni yg tahun lalu kemudian yg ini tahun sekarang. Isshh keren google, apalagi dgn google map nya yg lebih detail itu. Kereeeenn banget deh.

    BalasHapus
  34. huwaaa serem ya kalau dipakai oleh tangan usil. Memang mbak lengkap banget tuh google merekam segala jeprat-jepret kita.

    BalasHapus
  35. Toosss, aku suka banget sama fitur2 google map. Merasa terbantu lebih dari sekedar mencari tempat saja.

    BalasHapus
  36. Waah
    Bisa dipraktekkan nih
    Mayan seru yaa

    Emang aplikasi google map keren !

    BalasHapus
  37. Google Map memang sangat membantu
    Bahkan dari google maps saya bisa dapat reward juga

    BalasHapus
  38. Wah foto2 saya cuma ada keterangan macam waktu dan exposurenya, apa karena saya jarang ya mengidupkan fitur lokasi, soalnya biar hemat batere

    BalasHapus
  39. wah aku jadi penasaran coba mb, kira2 kayak gmn ya jejak rekam kita di gmaps, hehe

    BalasHapus
  40. Ini tuh terpakai untuk foto yang kita share di sosmed ya, Mbak? Misalnya kita nggak share ke sosmed tidak tercantum di Google Map, kan?

    BalasHapus
  41. Takjub aku.
    Ntar mau eksekusi ahhh.
    Mba Ade... dirimu osem! ^^

    BalasHapus
  42. Jadi penasaran mau nyoba juga langsung hihi. asli kita sudah di tandai oleh internet ya mba jadi sepertinya tidak ada rpivasi

    BalasHapus
  43. Serius aku baru tau kalau 'jejak' dari foto2 kita terekam di Google maps :D

    BalasHapus
  44. aku tuh...antara terbantu dan parno. Ya ampun Google, nguntit aku terus sih? :D

    BalasHapus