badge

Minggu, 12 Juni 2016

Cara Meningkatkan Traffic Sebuah Postingan (2)

[Lifestyle] Pada bagian pertama tulisan ini, aku sebutkan bahwa sebenarnya kita bisa banget loh mendapatkan uang dari blog atau website yang kita miliki. Gimana caranya? Yaitu dengan cara meningkatkan blog gratisan kita dulu menjadi blog premium atau blog dengan nama kita sendiri dan mandiri keberadaannya. Lalu, menjalin kerjasama dengan mengikuti program affiliate marketing.
Baca tulisan lengkapnya di Cara meningkatkan Traffic Sebuah Postingan (1).

Tapi, ada satu hal yang juga harus disadari sebelum kita berharap bisa memperoleh uang dan penghasilan dari blog yang kita kelola. Yaitu kenyataan bahwa harus ada pembaca dan pengunjung ke blog kita tersebut. Nah, sekarang, gimana caranya mendatangkan pengunjung dan pembaca ke blog kita? Mari kita bahas dalam Cara meningkatkan traffic sebuah postingan (2) ini.



Memanfaatkan Facebook Ads



Dalam acara Ngobrol Cantik bersama komunitas Blogger Perempuan pada tanggal 28 Mei 2016 lalu, kebetulan tema tersebut adalah acara puncak di acara tersebut. Karenanya diletakkan di puncak acara dan terakhir.

Hadir dalam hal ini adalah mas Iqbal Maulana. Dia adalah praktisi expert di bidang facebook ads. Jadi, dia ini sudah mempraktekkan penggunaan facebook ads untuk meningkatkan traffic pada facebook fanspage yang dia miliki.  Anak muda kelahiran Desember 1992 ini (wow, cuma beda 2 tahun lebih tua dari usia putra sulungku. Info nggak penting. Abaikan.) adalah CEO dari Optima Digital Advertisa.



Di facebook itu, menurut Iqbal Maulana, selain akun pribadi sebenarnya juga ada akun Fans page. Pada tahu kan fanspage Facebook? Nah, sekarang bagaimana cara mengoptimalkan fanspage facebook kita itu?

Kelebihan Fanspage Facebook.


Nah, jika di akun facebook kita dibatasi hanya bisa memiliki 5000 saja pertemanannya maka di facebook Fanspage jumlahnya tidak dibatasi. Siapa saja dan darimana saja bisa masuk dalam lingkaran pertemanan a la facebook fanspage. Tinggal klik dan mereka pun bisa terkoneksi dengan kita.

Lalu, akun facebook sebenarnya agak riskan jika digunakan untuk memasarkan kegiatan kita. Termasuk disini adalah mensosialisasikan tulisan kita pada orang banyak dimana tulisan tersebut memang memerlukan banyak pengunjung karena merupakan tulisan berbayar (iya, beberapa brand atau agen affiliate marketing memang sering menghendaki agar pengunjung tulisan kita mencapai target tertentu barulah honor jasa kita sebagai blogger turun dari mereka.

Bahkan, ada beberapa lomba blog yang menghendaki agar kita memperoleh banyak jumlah komen dan like dari tulisan yang kita buat.

Cara yang lazim dilakukan oleh beberapa orang adalah dengan cara mengirim tulisan atau foto tersebut ke banyak orang. Bisa dengan cara mengirim lewat inbox ke banyak orang sekaligus atau dengan bisa juga dengan cara men-tag banyak orang. Sebaiknya sih... cara ini jangan digunakan. Kenapa? Karena sebenarnya ini amat mengganggu orang lain. Karena mereka yang tidak saling kenal tiba-tiba terhubungkan dengan satu pesan yang isinya ternyata iklan. Dampak terburuk, kita bisa dilaporkan oleh teman kita sendiri yang merasa terganggu karena dianggap melakuan tindakan spammer. Jika sudah begini, siap-siap saja akun facebook kita diblokir atau dibanned oleh pihak facebook.

Nah, facebook fanspage dalam hal ini bisa dimanfaatin juga sebenarnya. Lebih tepatnya ada 3 kegiatan yang diperbolehkan oleh facebook menurut Iqbal Maulana.



Yaitu:
1. Facebook Advertising.
Yaitu menggunakan facebook untuk kegiatan memasang iklan.
2. Interest Group.
Yaitu membangun sebuah kelompok berdasarkan kesamaan tertentu.
Misalnya bikin group yang semua anggotanya anak bungsu semua. Atau yang anggotanya blogger perempuan semua.
3. Friendlist Building.
Membangun pertemanan. Baik teman baru maupun teman lama, bisa dibangun dengan bantuan Facebook.

Tidak bisa disangkal memang keberadaan Facebook sudah sedemikian mengubah bahkan pola gaya hidup di abad ini.
Siapa coba yang menyangka bahwa ternyata, orang dari tempat yang jauh bisa didekat satu sama lain dan lalu saling berkomunikasi seakan mereka dan tukar-menukar rahasia lewat perangkat gadget dan bantuan internet di tangan mereka.

Dalam perkembangannya, facebook akhirnya membagi 2 kegiatan pengguna Facebook dalam 2 kategori. Yaitu kategori akun pribadi dan akun profesional/bisnis. Karena banyaknya laporan akibat ketidak sukaan pengguna facebook terhadap perilaku para pedagang dalam memasarkan barang dagangan mereka yang menggunakan akun pribadi, maka sekarang semua kegiatan bisnis atau profesional dihimbau untuk menggunakan akun fanspage dan tidak boleh menggunakan akun pribadi lagi di facebook.
Sementara untuk kegiatan kelompok dengan kepentingan yang sama, maka bisa menggunakan fitur facebook untuk kelompok.

Saat ini, menurut Iqbal Maulana, hasil riset menunjukkan bahwa ternyata pengguna media sosial di Indonesia terbanyak itu adalah pengguna Facebook. Dan dari sini, ternyatanya lagi, pengguna facebook itu didominasi oleh penjelajah yang menggunakan handphone ketimbang yang menggunakan PC Komputer.

pengguna facebook yang mengalahkan pengguna akun media sosial lainnya

Pengguna facebook di Indonesia
Pengguna facebook di Indonesia
 Artinya apa fenomena fakta di atas? Artinya, facebook memiliki peluang untuk keberhasilan kita memasarkan sesuatu. Karena begitu banyaknya pengguna facebook berarti ada begitu banyak calon konsumen yang bisa disasar untuk keperluan penjualan sebuah produk atau jasa.

Dalam hal ini, facebook fanspage unggul karena disana tidak dibatasi oleh jumlah pertemanan yang dibatasi oleh facebook.

Siapa saja yang bisa melihat tulisan status atau gambar yang kita sebar di facebook dalam hal ini? Jika di akun facebook pribadi hanya 5000 teman kita itu saja, dan mereka yang masih dalam lingkaran pertemanan kita, maka di facebook fanspage bisa lebih dari itu. Yaitu melingkupi mereka yang diluar pertemanan kita.

Untuk mendapatkan keterjangkauan pengunjung iklan kita tersebut maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah :
1. Bikin Facebook Fanspage. (buka: https://www.facebook.com/business/)
2. Daftar di Facebook Advertorial.


Mungkinkan Menggunakan Facebook Advertorial untuk Postingan Berbayar?

Sebagaimana Google Analytic, maka Facebook fanspage sebenarnya juga memiliki detail tentang apa saja yang bisa diketahui oleh penggunanya.



Jadi, facebook itu bisa menditeksi begitu detail tentang akun kita. Mulai dari siapa pengunjung kita, tipe handphone apa saja yang dipakai oleh pengunjung status facebook kita, dimana mereka tinggal, dan rekam jejak yang pernah kita tinggalkan dan pengunjung tinggalkan di timeline kita, dan sebagainya. Detil sekali. Jadi bukan hanya sekedar data demografi dan jenis kelamin serta usia saja. Tapi lebih detil lagi juga bisa.

Data yang detail ini tentu saja berguna untuk kita pelajari sehingga kita bisa tahu kapan kita akan menshare sebuah tulisan, ditujukan pada siapa, dengan gaya berbahasa seperti apa, produk apa, kapan waktu yang tepat untuk berjualan, dan sebagainya.




Kebetulan, aku mencoba untuk mempraktekkan apa yang dikatakan oleh Iqbal tersebut terhadap facebook fanspage yang aku miliki (https://www.facebook.com/ocehan.adeanita/).

Hasilnya adalah detil sekali. Seperti ini nih:





Apa yang bisa dibaca dari semua data di atas:

- Bahwa pengunjung fanspage Ocehan Ade Anita di facebook itu, terbanyak adalah perempuan dengan rentang usia 18 s.d 54 tahun. Dari rentang usia ini, yang terbanyak berasal dari rentang usia 25 - 34 tahun.

- Bahwa pengunjung fanspage Ocehan Ade Anita di facebook itu, sebagian besar berasal dari Indonesia dengan konsentrasi terbanyak tinggal di kota Jakarta. Mungkin ini karena aku tinggal di Jakarta dan sering bercerita seputar kehidupan di kota Jakarta ya?
Lalu, jika dibandingkan dengan asal dari negara-negara lain di luar Indonesia, maka ternyata yang lain adalah, pengunjung terbanyak berikutnya datang dari Malaysia, dilanjutkan dengan dari Amerika, lalu Jerman.

- Jadi, pengunjung fanspage Ocehan Ade Anita itu di facebook itu, sebagian besar baru online pada sore hingga malam hari. Dan yang paling sedikit itu berkunjung di hari senin dengan frekuensi yang semakin meningkat menjelang weekend.

Artinya: jika aku ingin membuat iklan atau membuat tulisan, maka tulislah yang sesuai dengan fakta statistik tersebut. Maka insya Allah tulisanku akan banyak dibaca oleh pengunjung fanspageku.

Dengan begitu, tulisan dan iklan yang kita akan buat kelak, bisa lebih mencapai sasaran yang tepat dan keterjangkauannya pun bisa lebih meluas dan tepat sasaran.

Nah, inilah cara meningkatkan taffic sebuah postingan. Yaitu dengan cara menulis yang sesuai dengan sasaran karena kita sudah tahu sekarang, siapa sasaran kita yang sebenarnya. 
Selanjutnya, kita juga bisa menggunakan facebook ad ini untuk meningkatkan pengunjung pada tulisan berbayar yang kita miliki loh.

Ya. Benar. Sekarang kan mulai ada ada tuh peraturan yang rada-rada menyusahkan blogger, yaitu ketentuan bahwa sebuah tulisan berbayar, honor tulisan baru akan turun jika ada bukti bahwa tulisan tersebut sudah dibaca oleh 1000 orang. Atau 500 orang. Nah loh. Rempong kan? Memang sih bayarannya besar, tapi mencari pengunjung sebuah tulisan itu kan bukan sesuatu yang mudah loh.

Nah, dalam hal ini, kita bisa menggunakan bantuan Facebook ads untuk ikut memasarkan dan sekaligus mendatangkan pengunjung ke tulisan kita tersebut. Jadi, ketika pelaporan evaluasi tulisan datang, kita bisa memperlihatkan bahwa pengunjung tulisan tersebut banyak. Tentu saja ada bayarannya sih. Berapa? dan gimana caranya? Simak terus tulisan ini ya.

5 Tips Untuk meningkatkan trafik :

1. Kenali siapa pengunjung dan pembaca fanspage facebook kalian. 

Jika kita tidak pernah tahu siapa mereka, maka kita tidak akan tahu apakah isyu atau produk yang kita lemparkan di fanspage kita bisa tepat sasaran atau tidak.


Coba lihat contoh dari fanspageku berikut ini deh.


Dari data statistik pengunjung di fanspage facebookku, terlihat bahwa ternyata mereka yang terjangkau dan selalu mampir jika aku update status itu ternyata kebanyakan adalah perempuan muda dengan rentang usia 18 s.d 44 tahun. Berarti, jika aku membagikan tema tulisan yang bersentuhan dengan keseharian kelompok gender dan kelompok usia ini, kemungkinan besar, apa yang aku pasarkan itu akan dilirik oleh mereka. 

Kemungkinannya lagi, jika aku ingin memposting sebuah tulisan berbayar dari blogku, maka usahakan tulisan tersebut bisa diterima oleh rentang usia dan gender tersebut. Dan memang benar sih. Jika aku perhatikan nih. Jika aku menulis tentang masalah cinta, kisah inspirasi sederhana, atau sesuatu yang ringan tentang kehidupan keseharian wanita usia kepala empat, banyak memang pengunjung dan tanggapannya. Berbeda jika aku menulis sesuatu yang terlalu "tua" pesan di dalamnya atau yang terlalu "alay". Tidak ada yang menanggapi. Berlalu seperti angin. 

Pengetahuan ini, setidaknya bisa memberiku gambaran, "aku mau nulis apa ya?". 

2. Cara meningkatkan trafik pada sebuah postingan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan trend tema yang sedang mengemuka.


Jadi, misalnya sekarang lagi musim nih tema tentang  Ramadhan. Nah, jangan menulis tentang betapa nikmatnya menu makan siang yang kita santap lalu menulisnya di status langsung dari TKP termasuk memposting foto makanannya. 

Duh. Ini sih nggak sopan banget ya.
Sebaiknya, siang-siang itu, coba deh bagikan quotes yang bisa membuat orang tersenyum tanpa harus berprasangka buruk. Jadi quotes yang meninspirasi sekaligus menghibur.

Atau share tips dan cara menahan lapar meski tidak sahur. Jadi, kita seperti menunggangi trend tema yang sedang berlangsung.  Yang harus diingat itu, kalau bisa jangan menulis sesuatu yang berbeda dengan karakter yang orang lain sudah tahu melekat pada kita.

Seperti tiba-tiba menulis tentang nasehat keagamaan padahal selama ini orang tahu bahwa kita menjalankan kehidupan yang amat bebas dan beberapa kali bahwa mengaku tidak percaya pada Tuhan. Tuh. Aneh kan? Mentang-mentang bulan puasa kok mendadak jadi Dai. Eh... tapi bisa juga siapa tahu memang dapat  hidayah ya. Asal jangan setelah lebaran nanti kembali menghujat Tuhan saja. Waduh. 


3. Headline is Everything.

Kalian tahu mengapa orang lain tertarik untuk mampir ke sebuah tulisan atau status? Karena mereka memiliki prolog yang menarik. 

Prolog disini bisa berupa gambar thumbnail yang memikat mata, atau judul yang mencuri perhatian, atau bisa juga kalimat pembuka yang bikin penasaran. 

Aku sudah menguji coba cara ini beberapa kali. Jika aku membagi tulisanku di facebook, tapi membaginya tanpa memberi kalimat pengantar apapun, maka pengunjung tulisan di blogku itu biasanya kurang dari 100 orang. Tapi, jika aku memberi kalimat pembuka untuk mengantarkan agar orang mengklik tulisanku di blog, maka pengunjung tulisan diblogku ini biasanya lebih dari 100 orang. Dan semakin bikin penasaran kalimat pembukaku, berkolaborasi dengan penambahan gambar thumbnail yang oke, serta pemberian judul yang menarik, maka jumlah pengunjung tulisan di blogku bisa dengan cepat menembus angkat 500 pengunjung dalam 1 hari. (masalahnya ini tidak mudah..hik...hik..hik. Karena kan tidak setiap hari aku bisa sekreatif itu. heheheh). 

Itu sebabnya hingga sekarang, aku lebih menyukai memilih gambar pertama kali yang muncul di blogku itu bukan gambar berupa pengulangan judul seperti yang dilakukan oleh blogger lain. Aku lebih menyukai memasang gambar pertama di blogku adalah gambar yang menurutku menarik. Kenapa? Karena gambar pertama inilah yang akan menjadi thumbnail postingan kita ketika kita membaginya. 



4. Thumbnail must be Thumb friendly.

Keterangan poin ke empat ini sudah aku paparkan ternyata di poin ke tiga di atas. hehehe. Ayo coba baca ke atas lagi gan.


5. Pixel dan Custom Audiences.

Poin ke lima ini, waktu di acara ngobrol cantik itu aslinya aku kurang mudeng. Maaf ya teman-teman. Mungkin karena sudah mulai lapar perutku jadi mulai hilang konsentrasi menyimaknya.


Bisakah kita menggunakan Facebook Ads untuk meningkatkan Traffic pada postingan kita? Dan bagaimana caranya?


Jawabannya bisa banget. Caranya; seperti yang aku sebutkan di atas. Bikin dulu fanspage. Karena facebook ads hanya bisa diberlakukan di fanspage saja. Setelah itu barulah kita bisa memboost baik tulisan kita maupun jumlah like kita.

Ini contohnya, aku praktekin saja biar mudah dimengerti ya (hehehe, soalnya aku sendiri gagap jika harus menjelaskannya dengan bahasa teknologi. Hehehehe, bahasa apa tuh? Ya kurang lebih begtu deh maksudku).

Ini fanspageku: fanspage Ocehan Ade Anita (hayoo sudah pada klik like belum?)

Nah, di bagian bawah bar fanspageku itu, terdapat penawaran kan di bawahnya? Itulah yang dimaksud dengan facebook ads. Perhatikan deh tulisan "boost your post for Rp138.000. "Preman Ber...." is performing better than 95% of your posts. Boost it to reach up to 7400 more..."

Pernyataan ini berarti penawaran. Yaitu, di antara semua status yang ada di fanspageku, maka status dengan judul Preman Berseragam adalah status yang memiliki kans untuk dibaca oleh lebih dari 7400 orang jika aku menggunakan jasa Facebook ads. Untuk itu aku cukup membayar sebesar Rp138.000.

Nah, sekarang bayangkan jika hal ini diterapkan pada tulisan di blog yang kita bagikan di kolom status fanspage. Bisa nggak? Bisa. Aku sudah mencobanya nih.

Aku pilih satu tulisan di blog yang aku anggap kemungkinan akan disukai oleh audience fanspage facebookku. Kali ini, aku pilih tulisan dengan judul: "Kebaikan yang bisa kita ajarkan pada anak kita." 
Temanya cocok untuk karakter audience Fanspage facebookku. Judulnya juga cukup memikat mata sepertinya, terbukti dalam beberapa jam setelah dishare di fanspage facebookku, ternyata dilirik oleh 84 orang. 



Oke. Kita mulai yuk. Berapa banyak trafik yang bisa diraih jika aku menggunakan jasa facebook ads untuk tulisanku ini.

Pertama, kita tentukan dulu siapa sasaran yang kita inginkan. 
Aku memilih mereka yang tinggal di Indonesia, lebih tepatnya di sekitar Jakarta. Oh ya, ternyata, semakin besar cakupan wilayah yang ingin kita raih berimbas pada semakin membengkaknya tagihan yang harus kita bayar. Nah, berhubung anggaranku terbatas jadi aku membatasi hanya di wilayah Jakarta saja, usia 18 - 65 +, gendernya pria dan wanita.  Lalu, muncullah pilihan berapa harga yang akan aku bayar. Semakin banyak jumlah orang yang ingin aku raih, semakin mahal tagihanku. Maka, jumlah audience atau jumlah orang yang ingin aku raih pun aku batasi di kisaran 3000 orang saja. 


Setelah mantap, maka klik tombol mulai atau start your boost.


Tunggu beberapa jam untuk verifikasi ya. Verifikasi baru bisa dilakukan jika kita sudah melakukan pembayaran. Pembayaran ini bisa menggunakan beberapa pilihan, seperti transfer ATM atau lewat internet banking atau pembayaran menggunakan metode credit card (mastercard, visa).

Segera setelah kita melakukan pembayaran (ikuti saja petunjuknya, cukup jelas banget kok), kita lakukan pelaporan untuk mengirim bukti pembayarannya. Tidak lama, muncul notifikasi bahwa sudah diterima. Dan proses peningkatan trafik pun dimulai.



Dalam sehari, tulisanku itu sudah mencapai 927 orang dan dari 927 orang tersebut, yang akhirnya mampir ke blogku dan membaca blogku ada 98 orang. Sedangkan dana yang sudah terpakai untuk kondisi ini adalah sebesar Rp19.294. Ini, hari pertama ya dari target 2 hari yang aku sepakati.

Lalu aku tinggal saja tulisanku ini. Aku tinggal main game, nonton drama korea, masak, jalan-jalan ke mall, juga sakit.
Okeh, sakit dicoret karena itu bukan kegiatan. Itu musibah alias takdir yang tidak dikehendaki sebenarnya. Hehehe. Eh tapi ya, kadang brand yang bekerjasama dengan kita nggak mau tahu jika kita sakit atau terkena musibah.Pokoknya mereka maunya, kalau bisa tulisan hasil kerjasama kita dengan mereka bisa dibaca banyak orang. Nah, disinilah perlunya bantuan dari pihak ketiga. Dalam hal ini, bantuan dari Facebook Ads. Karena facebook ads ini secara otomatis akan menyebarkan tulisan dan iklan yang ingin kita pasarkan secara otomatis sesuai dengan platform kerjasama yang sudah kita buat. Begitu kita klik YES, dia bekerja sendiri secara otomatis. Kita tinggal memantaunya saja. 

Oh ya, kita juga bisa banget mem-pause kerja facebook ads jika kita merasa hasil yang ingin dicapai sudah cukup. Cuma ya sayang aja sih, nanggung. Segala sesuatu yang nanggung itu nggak enak. 

Sorenya, di hari yang sama, aku mampir lagi buat ngecek hasil kerja facebook ads.


Wow. Ternyata aku sudah memperoleh hasil seperti di atas. Dan mulai ada yang memberi komen juga sih.
Baiklah. Alhamdulillah. Kita tinggal lagi. Lihat besok gimana nih.

ternyata ya, selain secara otomatis dipromosikan di seputar facebook, tulisan ini secara otomatis juga dishare di instagram. Tapi berupa status sih, tidak ada linknya. Mungkin itu sebabnya terjadi peningkatan orang yang mencari di mesin pencari google ya. Untuk itu, maka dana yang aku tanam terpakai sebesar Rp24,333. 

terjadi penambahan audience yang diraih, dan pembaca yang akhirnya tergugah untuk mampir ke blog juga bertambah. 

semakin bertambah jumlahnya. Oh ya, kita selalu diberi opsi untuk menghentikan iklan kita loh. 


dan ini hasil ketika mendekati akhir kerjasama dengan facebook ads.

Sedangkan di akhir kerjasama, hasilnya adalah sebagai berikut:


Dari sini, lalu ketika ada tawaran kerjasam dari sebuah brand, aku pun mulai mengatur strategi ceritanya. (hehehehe. Kan teori kalau nggak ada prakteknya nanti percuma). Kita bisa mulai mengkalkulasikan berapa prosentase yang akan disisipkan agar tulisan itu bisa dibantu disebarkan dengan bantuan facebook ads. Karena, facebook ads itu terbukti bisa menaikkan trafik sebuah postingan. Bahkan meski postingan itu berbayar sekalipun. 

Berminat untuk mencobanya? Yuk yuk coba yuk. 

Nah, jika kalian ingin mencobanya  tapi kurang begitu mengerti dengan penjelasan yang aku paparkan di atas, Iqbal Maulana punya sebuah program untuk mempelajari dan sekaligus mempraktekkan hal-hal yang terkait dengan pemanfaatkan facebook ads di atas. Namanya program Redience.

Apa itu Redience?

Ini nih:

Itu tuh gunanya Redience. Hubungi kontak Iqbal Maulana saja ya untuk tahu lebih jauh tentang Redience.


40 komentar:

  1. waaah temanya emang kereen..
    aku dah beberapa kali ketemu belio, imers muda berbakat :D
    dan ilmunya itu loh, kudu di sedoot :D

    Ahh, aku termasuk rentan usia yang mengunjungi mak ade xixiix

    makasih mak sharing2nya yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masih muda banget tapi dah sarat banget pengalamannya... ruar biasah.. dan humble pula orangnya

      Hapus
  2. Langsung niat bikin fp *telat banget ya hihihi...*

    Thanks for sharing ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin aja. setidaknya kita bisa misahin yang cuma "keluaran" kita doang dan nggak ada sharing dari orang lain di halaman kita.

      Hapus
  3. sudah lama saya tau facebook ads, tapi baru sekarang paham keuntungannya
    infonya bagus sekali, terima kasih sudah sharing,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sejauh ini banyak gunanya. Terutama buat jalin hubungan dengan pembaca setia blog kita sih

      Hapus
  4. waaaah. jadi harganya itu yg dibayar 24 ribuan itu mbk, bukan 35 ke facebook ads y mbk?

    btw, makasih sharingnya y mbk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentar... aku jadi bingung nih...jadi itu tuh sistem prepaid gitu. Kita deposit sekian.. nah.. nanti perhitungannya ditarik dari deposit yang ada di kita itu.

      Hapus
  5. Waah..lengkap dan jelas, jadi makin tahu apa fungsinya FB Ads. Awalnya nggak mudeng waktu ada penawaran untuk boost postingan di FP ku...ooh, ternyata ini toh manfaatnya
    makasih sharingnya mbak Ade say ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, manfaat jika ketemu sama brand yang ngajak kerjasama dan mereka ngasi syarat target pembaca artikel berbayar yang kita deal ama mereka. Nah.. ini bisa membantu

      Hapus
  6. Daridulu pengen bikin fanpage tp kok maju mundur cantik..ga pede mak takut ga ada yg ngelike. Tp makin kesini peernya blogger mang makin banyak jd kayanya mang harus bikin deh klo mang mau profesional.
    Thanks for sharing mak insyaallah segera bikin fanpage m dafttar fb ads

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, terutama agar lebih beragam yang baca tulisan kita

      Hapus
  7. Wuuih untung baca postingan keren mbak Ade,gimana cara ngeboost traffik blog.Secara udah FP omahantik tapi gak tahu memaksimalkannya.tengkyuy mbk😘😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat meng-optimalkan kembali FP mu ya mbak

      Hapus
  8. Wah, keren ini ilmunya. Musti dipraktekkan ^^

    BalasHapus
  9. Ooh harus modal dulu gitu ya, Mbk, wah ilmu baru nih meningkatkan traffic fp, makasih ilmunya, Mbk Ade, ya heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kita harus naro modal dulu. Kalo mau bisa dimanage ketika kita mengajukan harga jasa penulisan artikel berbayar. jadi sepersekian persennya itu untuk promosi di fp

      Hapus
  10. Aku nyoba bayar tapi belum mudeng juga.. Maksude belum berhasil juga buat ngeluarin modal dulu hehe

    BalasHapus
  11. Sejauh ini aku belum pernah coba facebook ads.. Pengen skrg nyoba biar menambah traffic..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti aja kalo kebetulan ada kerjasama dimana pihak brand mengharuskan pencapaian target pengunjung artikel berbayarmu mak. Jadi bisa balik modal (eh)

      Hapus
  12. Aku belum mengoptimalkan fanpage pake fb ads nih, mbak. Cobain ah buat ngeboost tulisan di blogku. Bokmark ah buat step by stepnya hehe. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  13. iya facebook ads itu efektif utk nyebarin apa yg kita ingin sebarkan dan menjangkau lbih byk audience

    BalasHapus
  14. Saya jadi tertarik optimalkan FB Ads, nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku juga setelah ngerti jadi semangat untuk mengoptimalkan fp

      Hapus
  15. saya juga tertarik optimasi fb adsnya,..;-)

    BalasHapus
  16. keren penjelasannya mbak Ade, nanti kalau aku lupa langsung lihat postingan ini ah, makasih mbak ade sudah menjelaskans ecara detail

    BalasHapus
  17. Oke juga ya mba Ade...hmmm, aku jadi tertarik niih..

    BalasHapus
  18. perlu dicoba nih mbak,,makasig tips nya

    salam kenal

    BalasHapus
  19. Aku jadi penasaran pengen mencoba cara meningkatkan trafic sebuah postingan.... makasih tipsnya

    BalasHapus
  20. Wah kayaknya musti dicoba nih..
    penasaran soalnya.Hehehe

    BalasHapus
  21. Aku kemarin juga nyari-nyari tentang ini. Katanya sih bagus banget buat blog. Makin penasaran. Aku mau cobain ini ....

    BalasHapus
  22. Belum punya fanspage :(
    daaan, untuk bikin prolog ketika share di FB itu rada susah buat saya, Mbak (mesti memeras otak) #edisilebay hehe

    BalasHapus
  23. makasi gan atas bantuannya ......

    Nomor Cantik
    http://AndikAnis.com

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...