Menggali setiap potensi sang buah hati

[ParentingJadi ibu jaman sekarang itu,  katanya harus pintar-pintar dalam menilik potensi dan bakat yang dimiliki anak. Tahukah kalian, bahwa kesempatan untuk mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki oleh anak itu adalah saat anak berada pada rentang usia dini (berkisar antara 0-5 tahun). 


Aku sendiri, meski anakku sudah tiga orang dan bahkan sudah ada yang berusia dewasa muda; dalam perjalanan riwayatku mengasuh mereka aku terus mengalami yang namanya mencari tahu potensi dan bakat anakku. Dan Masya Allah sampai sekarang aku tetap belajar tentang hal itu. Pengalaman mengasuh dan membimbing si sulung, aku terapkan kembali ketika menghadapi si bungsuku yang saat ini masih anak SD.
Dulu, si sulung ketika masih kecil sebagaimana layaknya anak lelaki gemar bermain macam-macam. Aku perhatikan saja sambil mengira-ngira dalam rangka mencari tahu apa potensi yang bisa aku kembangkan pada putraku itu. Aku perhatikan, dia itu memiliki minat dalam hal berbicara, tapi dia juga suka asyik sendiri kalau lagi main sambil bongkar mobil-mobilannya.

Mungkin ibu-ibu ada yang berpikir, memangnya benar itu bisa dijadikan bakat anak? Nah, berikut ini nih aku mau share tentang tanda-tanda potensi anak yang bisa dilihat dari kesehariannya. Check it out ya, Bu!

A. Anak Suka Menyortir Benda
Si Kecil terlihat menyukai keteraturan, dan terbiasa membuat benda jadi tertata berurutan. Jika begitu, dapat dimungkinkan ia memiliki bakat berupa pemikiran analitis, terstruktur dan memiliki perhatian yang besar ke yang detail. Untuk mengembangkannya, beri permainan yang melibatkan banyak pola dan penyesuaian.

B. Anak Tidak Berhenti Bicara
Kosa kata yang kaya dan kemampuan bercerita dengan baik merupakan kemampuan verbal yang dapat membuatnya jadi anak berbakat ketikan nanti di sekolah maupun aspek lain nantinya. Ia mungkin akan memilih karir di bidang hukum atau jurnalistik. Untuk mengembangkannya, coba wawancara anak, rekam pemikirannya, dan ajak dia menulis surat.

C. Anak Suka Mengutak-Atik Benda
Si Kecil suka mencari tahu bagaimana benda bisa bekerja dengan membongkarnya. Mungkin ia memiliki kemampuan memahami dimensi. Peluang karirnya, kelak ia bisa menjadi ilmuwan, penemu atau arsitek.

D. Anak Suka Mengkhayal
Tidak sedikit anak yang suka memainkan peran menjadi tokoh favoritnya, atau suka melukis maupun memiliki banyak ide yang suka ia ceritakan. Ia juga dapat menggunakan cara pikir kreatif untuk memecahkan masalah, serta sering tampak tidak fokus karena ia mungkin sedang memikirkan ide lain. Jika anak Anda seperti itu, Si Kecil adalah visioner yang memiliki kreativitas hebat di masa depan. Kembangkan ia dengan memberi ruang untuk bereksplorasi di beberapa bidang.

E. Anak Tidak Bisa Diam
Anak Anda akan suka melakukan sesuatu sambil berdiri, bergerak, berpindah tempat, atau menyentuh benda sesuai keinginannya. Jika begitu, ia mungkin adalah seorang physical learner yang bisa menyerap informasi dengan baik jika melakukan gerakan yang disukai. Bisa saja Si Kecil nanti jadi bintang olahraga, penari, atau musisi karena kemampuan motoriknya. Pastikan ia selalu semangat dan melakukan aktivitas fisik serta hidup dinamis.

Nah..mengenal potensi itu memang gampang-gampang susah ya, Bu. Tapi, aku percaya kalau suatu saat nanti anakku bisa menjadi anak  anak yang berbakat layaknya one step ahead kids. Jadi, ibu sekarang bisa percaya kan kalau potensi anak itu bisa kita gali dari usia dini? 

Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang bakat dan potensi si kecil kalian, kalian bisa membaca lebih lengkap di artikel ini ya: 
http://www.nutriclub.co.id/kategori/balita/aktivitas-edukasi/ketahui-bakat-terpendam-balita?p=2

8 komentar

  1. Penting sekali ya Mba mengetahi sejak dini bakat si anak.. Agar kita bisa mnegarahkan skill dan hobinya menjadi sesuatu yag berarti dalam hidupnya kelak..

    BalasHapus
  2. Bagus sekali infonya kak. Saya masih nggak ngerti hal seperti ini sih, tapi pada dasarnya saya suka baca hal-hal untuk tau psikologi orang, termasuk anak kecil. Hehe, salam kenal!

    http://febiola-febby.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  3. Aku udah tau kalau Sidiq itu kinestetis banget. Ga bisa diam.

    BalasHapus
  4. Dengan mengenali ini maka orangtua dapat mengembangkan potensi anak dengan baik ya, Mbak :)

    BalasHapus
  5. Wah, bahan pembelajaran buat nanti kalau punya anak nih. Tapi yg pasti sih, aku ga mau maksain apa maunya anak :)

    BalasHapus
  6. Penting banget saya save nih, Marwah tuh suka ga bisa berhenti bicara kalau sudah asyik hihih dan juga dia senang sekali gnutak ngatik benda plus ga bisa diam hahah :D

    BalasHapus
  7. seringkali saya suka ga sabaran dalam melihat potensi anak, harus banyak belajar lg, makasih banyak mba sharenya

    BalasHapus
  8. Anakku suka mengutak - atik benda mba hihihi

    BalasHapus