badge

Sabtu, 11 Juni 2016

Cara Meningkatkan Traffic Sebuah Postingan (1)

[Lifestyle] Entah bagaimana dengan kalian. Tapi,  sepertinya hal yang paling menggembirakan seorang blogger itu adalah ketika dia melihat statistik pengunjung yang membaca tulisannya di blog yang dia miliki tinggi. Itu sebabnya aneka tips tentang Cara Meningkatkan traffic sebuah postingan itu sepertinya banyak dicoba oleh para blogger.

"Sudah pernah kirim ke ** belum? Kirim deh. Masa ya, tulisanku tiba-tiba dapat 3000 view dalam semalam."

"Kirim ke ***** saja, itu sama saja. Jangan kaget jika tiba-tiba ada ribuan view yang datang ke tulisan kita di blog."



Gimana caranya meningkatkan Traffic Pada Sebuah Tulisan Kita di Blog?

Tingginya trafik kunjungan pembaca pada sebuah postingan itu adalah sesuatu yang sepertinya diinginkan oleh seorang blogger. Nyaris semua blogger.

Ya iyalah.
Karena seorang blogger itu kan menulis dalam rangka agar tulisannya dibaca oleh orang lain. Itu sebabnya dia membuat setting open to publik. Tujuannya satu, yaitu agar tulisannya dibaca oleh banyak orang lewat akun-akun media sosial yang dia miliki.

Banyaknya pembaca tulisan kita (*dan ini tidak ditandai dari banyaknya yang memberikan komen; tapi dari dilihat dari pengunjung tulisan itu, baik yang lantas meninggalkan jejak berupa komentar di kolom komentar atau hanya sebagai pembaca diam alias silent reader saja) merupakan sebuah ukuran apakah tulisan kita bisa memberi pengaruh pada banyak orang atau tidak.

Sekarang ini bahkan, orang mulai meletakkan apresiasi tertentu pada sebuah blog yang memiliki jumlah pengunjung yang tinggi (baca: banyak).

Coba saja deh, kalian perhatikan kenapa blogger yang sering mendapat job review kok itu-itu saja orangnya? Ini bukan karena  ada permainan orang dalam alias ada kolusi dan nepotisme. Tapi karena jika dilihat lebih seksama, ternyata blog yang dimiliki oleh blogger yang sering mendapat job review itu  memang memiliki jumlah pengunjung yang banyak setiap kali si blogger melemparkan sebuah tulisan ke publik. Penting atau tidak penting tulisan yang dibagikan di blognya, tetap saja pengunjungnya akan banyak.

Bahkan, pada beberapa kesempatan dimana sebuah brand ingin memilih siapa saja blogger yang akan diajak kerjasama; maka selain kesesuaian syarat dasar (contoh: brand susu maka akan memilih blogger yang punya balita daripada blogger yang punya anak sudah dewasa usianya) maka mereka akan menyeleksinya lagi dengan ukuran, siapa di antara para kandidat blogger itu yang memiliki trafik kunjungan tinggi pada blognya.

Jadi, jika jaman dulu ada anggapan banyak anak banyak rejeki, maka di jaman perbloggingan,
Banyak pengunjung banyak rejeki. Insya Allah.

Kabar gembiranya lagi, blog yang memiliki pengunjung yang tinggi itu, selain sering terpilih untuk mendapatkan pekerjaan Job Review, juga sering menjadi anak kesayangan brand atau agen penghubung blogger dan brand. Jadi, jika aneka macam brand yang sedang mencari lahan untuk mensosialisasikan produk mereka, tapi hanya memiliki dana terbatas saja, mereka akan langsung mengontak si blogger kesayangan tersebut untuk diajak kerjasama. Mereka percaya, bahwa sosialisasi produk lewat satu orang blogger ini akan dibaca oleh banyak orang. Bahkan mungkin, jumlah pembacanya lebih banyak daripada ditulis oleh gabungan beberapa blogger yang hanya punya beberapa gelintir pengunjung  saja biasa di blog mereka.

Nah, pertanyaan selanjutnya, gimana cara meningkatkan traffic sebuah postingan itu? Bahkan meningkatkan pengunjung tidak hanya pada satu, tapi pada semua postingan kita di blog? Dan apa yang bisa kita lakukan dengan banyaknya pengunjung tersebut?

Untuk itulah maka pada tanggal 28 Mei 2016 lalu, bertempat di Gokana Ramen & Teppan, Sarinah Thamrin UG, komunitas Blogger Perempuan mengadakan acara Ngobrol Cantik dengan tema: How to drive traffic to your sponsored post.


Acaranya free. Tapi ilmunya oke, jadilah aku ikut. Dan alhamdulillah memang ilmunya oke banget yang aku dapat dengan ikut acara ini.

peserta acara ngobrol cantik (credit foto: milik blogger perempuan)

1. Cara Menghasilkan uang dari Blog lewat Kerjasama Penjualan Produk


Sebelum masuk ke acara inti, acara ngobrol cantik terbagi atas 3 sesi yang satu sama lain masih saling terkait temanya. Tema pertama adalah tentang Affiliate Marketing.

Berlangsung tidaknya sebuah media massa di jaman sekarang ini tergantung pada ada atau tidaknya pihak yang ingin mensponsori mereka lewat iklan. Jika tidak ada iklan yang masuk, maka cepat atau lambat, media massa tersebut bisa mati dan bangkrut.

Di era internet digital seperti sekarang, ternyata, iklan tidak hanya bisa masuk lewat media massa saja. Tapi, bisa juga lewat blog pribadi dan akun media sosial seseorang. Cara ini, justru dianggap lebih efektif dalam menjangkau masyarakat luas karena sekarang semakin bertambah orang yang lebih suka membaca blog seseorang daripada membaca koran online.

Tentu saja, gejala ini dianggap sebagai sesuatu yang berpotensi untuk bisa dirambah oleh berbagai brand yang menawarkan iklan untuk produk mereka. Dan para blogger sendiri, menerima dengan suka cita tawaran kerjasama yang ditawarkan oleh berbagai brand tersebut. Salah satu bentuk kerjasama yang ditawarkan tersebut adalah berupa kerjasama dalam bentuk Affiliate Marketing.

Apa itu affiliate marketing? Lalu, bagaimana caranya seorang blogger bisa mendapatkan pemasukan materi dari blog yang dikelolanya? Nah, untuk itulah hadir dalam acara Ngobrol Cantik ini perwakilan dari Involve Asia yang akan menjelaskan tentang Affiliate marketing. Dalam hal ini, Andre Gustav dari Involve Asia menjelaskannya di acara ini.



Affiliate Marketing, apa itu?

Affiliate Marketing adalah cara menghasilkan uang dari internet. Dimana saat kita mempromosikan produk milik orang lain, dan terjadi penjualan maka kita akan mendapat komisi dari penjualan produk tersebut. 
Cara kerjanya adalah: Menautkan menghubungkan antara blog sebagai tempat promosi sebuah brand, dan perusahaan yang ingin mempromosikan brand tersebut. Tautan ini menghasilkan penjualan produk yang dikeluarkan oleh brand yang bersangkutan. 

Karena tujuannya untuk menghasilkan uang dari kegiatan ikut mempromosikan produk, maka untuk melakukan affiliate marketing diperlukan sebuah komitmen, pengalaman dan yang terpenting: traffic (tuh kan, ujung-ujungnya tetap ya butuh pengunjung yang tidak sedikit).

Mengapa Kedudukan Blogger menjadi penting dalam Affiliate Marketing?

Karena blogger memiliki keberagaman pembaca yang bisa dijangkau lebih luas dalam persebaran sebuah promosi produk tertentu.

Cara kerja Affiliate Marketing adalah:



dimulai dari daftar menjadi anggota di referral program, lalu pasang iklan di blog, ajak pembaca untuk mengklik iklan tersebut, ajak pembaca untuk membeli setelah mengkliknya, maka komisi datang pada kita pemilik blog

Itu sebabnya, ketika seorang blogger setuju untuk bekerja sama dengan sebuah agen Affiliate Marketing maka sebenarnya blogger tersebut secara otomatis memiliki tanggung jawab untuk membantu menyebarkan brand agar tersosialisasi di hadapan pembaca blognya.

Dalam hal ini, Involve Asia bisa menjadi salah satu pilihan jika seorang blogger ingin melakukan kerjasama dalam rangka memonetise blognya.

TIPS UNTUK AFFILIATE YANG SUKSES:

1. Fokus pada usaha untuk membantu memasarkan dan mensosialisasikan produk tersebut, bukan fokus pada peroleh uang atau keuntungan materinya saja. Atau: hindari Selling rather than helping.

Jadi, sebaiknya blogger itu membantu pembaca untuk menemukan barang yang mereka inginkan dan butuhkan. Bukan hanya sekedar menjual dan menawarkan saja.

2. Hindari memasang iklan yang terlalu banyak dan tidak fokus atau To Many is not Good.

Pada beberapa  blog yang money oriented, maka mereka sering memasang aneka pop up iklan demi untuk "menjaring" agar banyak yang menklik iklan yang dipasang di blog mereka. Hal ini sama sekali tidak bagus dari sisi Affiliate Marketing. Mengapa? Karena, sebenarnya yang diinginkan itu bukan hanya sekedar klik saja. Tapi juga terjadi penjualan produk. Dari penjualan produk ini, barulah bisa dihasilkan komisi bagi si pemilik blog.

Ingat ya, blogging itu adalah masalah konten. Jadi, kalau kontennya terlalu banyak dan tidak fokus akibat segala si blogger terlalu bernafsu untuk memasarkan berbagai macam hal di blognya, maka pengunjung juga malas bukanya. Atau buka tapi tidak berminat untuk tertarik pada sesuatu yang ditawarkan oleh si blogger itu.

3. Selalu menguji coba produk iklan yang akan ditawarkan.
Sering terjadi beberapa blogger yang mencoba memasang iklan yang sebenarnya tidak cocok untuk niche blog dia. Seperti misalnya seorang blogger buku lalu tiba-tiba memasang iklan produk kosmetik. Atau travel blogger yang memasang iklan fashion baju pesta. Wah. Ini nggak match. Kenapa? Karena kekhususan blog mereka membawa konsekuensi ragam pembaca dan pengunjung blog yang juga spesifik. Biasanya, pengunjung spesifik itu tidak menyukai jika tiba-tiba disodorkan sesuatu yang berbeda dengan kebiasaan mereka sehari-hari.

Itu sebabnya penting bagi seorang blogger untuk menguji dulu, seperti apa pengunjung dan pembaca blog mereka serta menguji dulu sebenarnya pengunjung dan pembaca mereka itu sukanya apa. Baru kemudian menerima kerjasama affiliate yang sesuai dengan hal itu.

Jadi, hindari perilaku Not Testing.

4. Blogger juga harus mencoba sendiri, apakah iklan yang mereka sisipkan di blog atau tulisan mereka sudah benar arah rujukan linknya.
Sering terjadi seorang blogger hanya tahunya memasukkan link hidup saja dalam blognya tapi tidak pernah menguji apakah link itu benar arah rujukannya. Kadang, ketika diklik ternyata linknya malah broken link dan si blogger tidak tahu. Ini jelas merugikan baik si blogger dan pihak yang menitipkan iklan tersebut di blog si blogger.

Jadi hindari perilaku Not Tracking.

5. Hindari perilaku Not Research.
 Kita harus selalu melakukan research atau penelitian (riset) tentang apa yang sekiranya akan digemari oleh pengunjung dan pembaca di blog kita.

Contohnya, jika ramadhan. Ternyata dari hasil riset terbukti bahwa kata kunci yang sering dicari oleh pengunjung blog itu adalah kata kunci yang berhubungan dengan menu sahur dan berbuka, kisah inspiratif, tip berpuasa, dan rencana untuk mudik. Itu misalnya. Nah, kita bisa mulai untuk menulis dengan keyword hasil riset tersebut. Begitu juga dengan memasang iklan atau menulis iklan di blog. Kalau bisa riset dulu apa kira-kira kata kunci yang sekiranya bakal dicari oleh pembaca dan pengunjung blog kita sehingga dia tertarik dengan produk yang kita tulis atau iklan yang kita pasang.

6. Hindari bekerjasama dengan The Wrong Merchant.
Nah. Ini sih terkait dengan komitmen isi konten kita juga nih.
Jangan pernah bekerja sama untuk memasang iklan atau menulis iklan dari perusahaan rokok jika konten dalam blog kita memperlihatkan bahwa kita termasuk orang yang menganjurkan untuk berhenti merokok karena merokok itu menganggu kesehatan. Seberapa pun besarnya nilai yang diiklankan tersebut.

Atau jangan menerima kerjasama dengan perusahaan susu formula jika sejak awal blog kita termasuk blog yang menentang pemberian susu formula untuk bayi dan anak-anak.
Jadi... konsistensi dan profesional seorang blogger teruji dalam hal ini.

Jika kalian bekerja sama dengan Involve Asia, tidak perlu khawatir. Karena sistem kerjasama di Involve Asia itu tranparan dan jelas perhitungannya.

Leluasa Blogging dengan Cloud Hosting


Itu tadi tentang cara bagaimana seorang  blogger bisa menghasilkan uang dari blog yang dimilikinya karena kerjasama dengan sistem affiliate marketing.

Tapi, meski sudah bekerja sama dengan banyak merchant, tidak lucu juga jika tiba-tiba kapasitas memory blog kita tiba-tiba penuh? Tahu sendiri kan, bahwa kapasitas memory di server tempat blog kita bernaung itu ada batasannya. Sering terjadi kasus dimana tiba-tiba saja sebuah blog tidak bisa dibuka sama sekali. Atau bahkan pernah hilang begitu saja. Kenapa bisa begitu? Itu terkait dengan kondisi server tempat blog itu berada yang ternyata memiliki keterbatasan memory servernya. Biasanya, blog yang masih gratis itu rawan sekali terkena berbagai macam masalah.

Jaman sekarang, ada satu lagi kondisi dimana sebaiknya seorang blogger tidak lagi menempati "rumah blog" yang gratisan. Kenapa? Karena sekarang, banyak brand atau agen periklanan yang lebih memilih untuk bekerjasama dengan pemilik blog premium ketimbang blog gratisan. Karenanya, penting bagi seorang blogger untuk bekerjasama ketika akan membuat blognya menjadi premium dengan server yang dipercaya.

Di antara banyak rujukan server  web yang bisa diajak kerjasama, ada Dewaweb.


Mengapa memilih Dewaweb dan bukan yang lain ketika kita akan menempatkan bisnis website/blog kita di internet?
Karena:
1. Dewaweb adalah hosting yang bisa dipercaya.
2. Teknologi Dewaweb sudah SSD yang 10x lebih cepat dan pertama di Indonesia.
3. Loading di Dewaweb sudah menggunakan SSL yang sudah tersertifikasi sehingga kita bisa loading lebih cepat.
4. Yang terpenting adalah, Dewaweb sudah menggunakan Cloud Hosting, bukan lagi menggunakan traditional hosting.
5. Dewaweb memiliki LiteSpeed Technologies.
6. Dewaweb satu satunya hosting partner yang sudah gold di indonesia. Hosting di Dewaweb sudah tervalidasi internasional.
7. Semua web yang bernaung di Dewaweb akan dibackup 2 kali dalam sehari. Sehingga, terpantau terus jika suatu saat terjadi error karena data terakhir dipastikan adalah data terbaru.
8. Berada di naungan Dewaweb maka insya Allah akan dijaga webnya sehingga bisa dikatakan antihacker  grade A+. Kenapa? Karena ada Customer support Dewaweb yang bekerja 24 jam sehari, setiap hari. Namanya Ninja Support. Liburan pun mereka nggak libur.
9. Dewaweb juga mengadakan training offline dan online sebagai feedback kepada masyarakat (bisa lihat di You Tube Channel tentang training oleh Dewaweb ini).

Apa itu Cloud Hosting?

Pada traditional Hosting, 1 hosting digunakan sebagai dudukan untuk melayani laju keluar masuk informasi dari berbagai website/blog. Itu sebabnya traditional hosting sering mengalami sistem down atau sistem kelebihan beban hingga malah membuat blog hilang atau error.

Nah, pada Cloud Hosting maka setiap website yang ada bernaung di dalamnya, terbagi dalam beberapa dudukan. Sehingga tidak terjadi kelebihan beban atau sistem down.





Kok bisa Cloud Hosting menampung banyak sekali website dan blog yang pasti masing-masing memiliki kebutuhan akan memory yang banyak? Untuk itu, kalian harus paham dulu satu hal.

Dulu, traditional Hosting menyimpan kapasitas memori mereka dalam almari-almari yang bentuknya padat dan kecil. Pernah lihat sistem CPU raksasa sebuah perusahaan kan? Yaitu lemari elektronik tempat menyimpan data elektronik. Nah. Bentuknya yang terbatas itu tentu saja membuat kapasitas penyimpanannya menjadi terbatas kan.

Bayangin saja lemari baju deh. Pasti ada batasnya kan kapasitas si lemari baju menampung baju. Begitu juga kapasitas hosting traditional.

Sedangkan Cloud Hosting, mereka menyimpan data tidak di sistem CPU seperti halnya Hosting Traditional itu. Tapi menyimpannya secara virtual di internet.

Hmm..... belum mengerti juga?
Coba bayangkan memory simcard handphone kalian deh. Kapasitas memory simcard handphone itu hanya bisa menampung maksimal 500 nama kontak saja di dalamnya. Meliputi nama dan nomor telepon serta email. Padahal kalian kan punya 5000 pertemanan sebenarnya. Terus gimana dong? Kalian terpaksa membaginya dalam beberapa simcard handphone. Amat tidak praktis kan?

Nah. Solusinya, sekarang kalian bisa membuat memory kontak dengan menggunakan Google Drive  yang ada di akun Google kalian. Google drive ini bisa menampung banyak sekali kontak. Bahkan bisa lebih dari 5000 nomor kontak. Nah... seperti itulah Cloud Hosting yang bisa menyimpan data secara virtual di internet yang tak terbatas.

Tapi, sebagaimana google drive yang punya batasan "free", alias gratisannya dibatasi, maka Cloud Hosting pun demikian. Ada batasan memory penyimpanannya. Batasan ini ditandai dengan paket harga sewa kapasitas memory. Paket sewa inilah yang kita bayar untuk membangun keberlangsungan blog premium kita.

Dan ini beberapa paket yang bisa dipilih jika ingin meningkatkan website atau blog menjadi premium yang dimiliki oleh Dewaweb.


Lalu bagaimana cara meningkatkan Traffic pada sebuah postingan? Bukankah dengan meningkatnya traffic maka sebuah blog atau postingan itu merupakan pertanda bahwa akan semakin besar kemungkinan bagi website atau blog itu untuk bisa menghasilkan uang bagi pemilik blognya?

Ternyata, hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan Facebook, sodara-sodara. Gimana caranya? Kita lanjutkan di tulisanku yang kedua saja ya. Yang ini sudah terlalu panjang soalnya.

Bersambung ya ke Cara Meningkatkan Traffic Sebuah Postingan (2).

16 komentar:

  1. Ngebantu banget hohoo... Makasih infonya Mbak. Dari kemarin baca tentang ini. Ada yang masing aku bingung, yg ini lumayan paham deh.. >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah... aku sengaja nih nulisnya pake bahasaku sendiri nggak ngutip bahasa resmi mereka. Karena kemarin aku juga sempat lost waktu denger pemaparan mereka. karena banyak banget yang dishare kemarin itu. mau nulis pun nggak sempat. Jadi aku kebanyakan moto-moto lalu nulis poin2nya aja.

      Hapus
  2. Waah ilmunya emang okee, tapi aku mau mencerna dulu yang tentang cloud hosting, agak berat nih bahasannya >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. cloud hosting tuh kayak google drive tuh. Kita bisa nyimpen memory banyak tanpa harus nanam sd card di hape. Itu kurang lebih persamaannya.

      Hapus
  3. baru denger cloud hosting

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaman dulunya, katanya ada pertaruhan sebenarnya antara google dan mircosoft. google berencana untuk membuat metode menyimpan data secaa virtual di internet sedangkan microsoft ingin membuat metode menyimpan data di fisik komputer. Karena idenya google masih terasa awang2 maka idenya microsoft lebih dahulu terealisasi. Dan orang2 mulai berbondong-bondong ingin memiliki komputer dengan kapasitas memory yang besar. Tapi, ternyata jaman sekarang mobilitas orang2 tinggi, susah jika harus nenteng2 harddisk kemana-mana. Nah.... lalu ide google muncul dengan Cloud ini. Dan ternyata digemari orang. Dan karena ide google ini maka bentuk hape dan notebook kini bisa semakin ringan dan tipis. Itu yang aku baca sih.

      kurang lebih cloud hosting idenya seperti idenya google

      Hapus
    2. So far Google dan Microsoft masih mempunyai bidang keunggulannya masing masing, Microsoft pada windowsnya dan Google pada search enginenya. Walaupun keduanya juga mulai merambah ke berbagai bidang. Hehehe

      Hapus
  4. bermanfaat ilmunya...ngak percuma ya datang ke event BP...selalu ada ilmu di mana n kapan pun berada..

    BalasHapus
  5. Barutau yg namanya cloud hosting. Makasih sudah sharing.

    BalasHapus
  6. *beburu cek jumlah pengunjung blog
    Aaak masih dikit. Pantesan sepi job review heuheu

    Btw aku baru tau soal cloud hosting mba. Makasih loh sharingnya :)

    BalasHapus
  7. Makasih ilmunya, mbak. Kalau tujuan saya meningkatkan pengunjung sih, agar banyak yang membaca saja. Sayang juga, kalau sesuatu yang kita tulis hanya menjangkau segelintir orang. :)

    BalasHapus
  8. sebenarnya utk produk yang sudah dicoba sendiri, suka susah bikin review... Masih bingung milih kata2 yg tepat. yg gak jualan banget tp jg gak muji2 doang :)

    BalasHapus
  9. aku musti banyak coba niiih..dan belajar teruuus biar blognya makin kece :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh, aku selalu nggak bisa bayangin hari-harimu yang super duper sibuk tapi ternyata masih sempat ngeblog. Tetep susah ngebayanginnya

      Hapus
  10. Beberapa hari lalu aku baca postingan Kang Arul yang sangat menginspirasi. Misalnya kita kudu gunakan bahasa sendiri saat buat postingan. Karena kita blogger.
    Aku juga masih harus banyak belajar.

    BalasHapus
  11. pengin belajar terus dari postingan mbak Ade, siapa tahu trafik blog bisa melejit

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...