Aku Ingin Sehat dan Langsing dengan Bantuan Internet Cepat

 [Lifestyle] Tahun lalu, tepatnya pertengahan tahun lalu. April 2022, sepertinya adalah My Shocking Day in my entire life. Hehe. Terdengar lebay ya. Tapi sungguhan sih. Bulan April tuh aku mengalami rasa terkejut yang amat dahsyat sekaligus juga rasa tidak percaya diri yang mencapai puncaknya.

Kenapa? Karena waktu itu, ada saudaraku yang menikah ceritanya. Karena masih suasana pandemi jadi tamu yang diundang pun terbatas. Tapi acara resepsi pernikahannya sendiri sudah bisa dilaksanakan di gedung pertemuan sih. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang sama sekali tidak boleh dilaksanakan di gedung pertemuan. 

Nah, datanglah aku dan keluarga besarku ke sana. Kami hanya perwakilan suami istri saja, tidak bawa anak-anak (karena undangan yang dibatasi itu). Nah, menjelang keberangkatan (acaranya rencananya akan dilaksanakan di kota Solo, Jawa Tengah; aku tinggal di Jakarta), aku pun mencoba pakaian apa yang rencananya akan aku kenakan.

Nah. Kecurigaan dan rasa cemas muncul karena, ternyata kok pakaian formal ku tidak ada yang muat. 

HUFF. 

Bagaimana ini?

Nyaris satu lemari aku keluarkan semua dan dicoba satu persatu. Akhirnya, alhamdulillah, ketemu satu pakaian yang masih bisa dikenakan. Masih bisa dikenakan tuh maksudnya tidak terlalu membentuk badan alias ketat. Aku memang tidak mau pakai baju yang ketat, apalagi jika sampai membentuk siluet tubuh. 

Dah. Kupikir aman. Lalu mulai masukin baju ke dalam koper. Lengkap dengan aksesoris dan semua perlengkapan untuk ke resepsi pernikahan. Setelah itu aku pun berangkat ke kota Solo bersama rombongan keluarga besarku. Kami konvoi waktu itu.

Besoknya, acara resepsi pun berlangsung. Dari hotel aku sudah bersiap. Di cermin sih aku merasa percaya diri karena aku merasa tidak jelek-jelek amat. Lalu berangkat ke acara resepsi. 

Nah.... di acara resepsi ini nih mulai.

Ada saudaraku yang, sehari-hari memang mulutnya rada lemes sih alias kalau melontarkan komentar tuh suka terlalu blak-blakan jadi rawan sakit hati jika mendengarnya. Begitu dia melihatku, spontan dia langsung berkomentar,

"Eh... Ade. Gendut amat?" Deg. Aku langsung merasa baper saat itu juga. Tapi aku mencoba untuk tersenyum dan berusaha mengalihkan pembicaraan. "Iya ya Tan. Berarti Ade bahagia alhamdulillah. Makanya gemuk." Lalu mencoba untuk tersenyum semanis mungkin. Eh... dia kayaknya masih pingin kasih komentar tetap.

"Ah, yang lain pada langsing tapi tetap bahagia. Kamu tuh gemuk kayak buntalan gitu loh. Makan terus atau gimana sih?"

Astagahhhh. Pingin bisa sihir dan bikin dia menghilang saja rasanya. Tapi, ya gimana ya. Kan orang yang datang terbatas jadi mau nggak mau kemanapun aku pergi pasti ketemu dia.  Jadi aku senyum saja, tidak ambil pusing. Bodo amat ah dia mau komentar apa. Meski hati mulai nyes rasanya.

Nah. Pas sesi foto, aku pun semangat seperti biasa untuk ikut sesi foto. 

Tahu nggak, selama pandemi, karena di rumah terus dan jarang bepergian yang ketemu orang lain gitu, aku tuh jarang banget foto bersama orang lain. Paling foto selfi bersama anak dan suami. Atau foto bareng bersama anak dan suami. Nah, setiap kali foto bareng ini aku tahu sudut mana yang harus aku ambil beserta gayanya agar aku bisa terlihat langsing meski tanpa edit foto. Tapi, ketika foto bersama orang lain di acara resepsi pernikahan. mana bisa aku atur posisiku. Aku kan tinggi sendiri di keluargaku jadi otomatis ditaruh di paling pinggir. 

"Ya, rapat. Yang paling pinggir coba miring saja berdirinya biar bisa masuk frame."

Aku langsung mengikuti aba-aba. Dan cekrek! Difoto. Lalu aku sibuk menyapa keluarga sana-sini, beramah tamah dengan para tamu yang lain. Jadi tidak lihat hasil fotonya. 

Begitu sampai hotel, di group whatsapp sudah tang tung tang tung karena banyak yang mengirim foto. Dan aku pun langsung mendownload foto-foto tersebut. Enaknya punya paket internet cepat itu, kita bisa mendownload tanpa khawatir ter-pending atau gagal download. Dan seperti biasa, aku menyimpan foto-foto yang didownload itu di cloud gdrive. Ini agar handphoneku tidak cepat penuh memorinya. Paket internet cepat tuh memungkinkan buat kita bebas dari khawatir takut memory handphone penuh jika mendownload banyak foto. Tidak perlu khawatir, simpan saja semua foto dan video di cloud. Bisa di GDRIVE atau ONEDRIVE atau apapun deh. Aku sendiri, memang berlangganan sih Gdrive hingga 1 Tera sih. Jadi, gonta-ganti handphone atau handphone rusak atau apapun, foto dan video tetap aman di cloud. 

Dan betapa kagetnya aku melihat penampilanku di foto tersebut.

Astaga! Kenapa penampilanku seperti tukang pukul?  Seperti ini nih. 

aku yang pakai baju warna ungu muda, duh, benci banget dengan foto ini

Ya ampun, itu perut!

Aduh itu lengan!

Ah pantas saudaraku memberi komentar aku seperti buntalan. Memang seperti buntalan! Bulat, pendek, berlemak! 

Huhuhu... pingin nangis lihat foto ini. Asli pingin nangis. 

Malu banget. Mengejutkan banget. Kok bisa berubah banyak akunya? Ngapain saja sih selama pandemi dua tahun? 😢😢😢😢😢 Aku langsung merasa insecure dan tidak percaya diri lihat foto ini.

Terkenang foto ketika foto keluarga juga beberapa tahun sebelumnya, di acara resepsi pernikahan juga.

tuh, belum terlalu gemuk kan? Cuma besar tinggi saja tapi masih proporsional

Nah. Gara-gara foto keluarga itu tuh, aku langsung bertekad.

"Aku ingin sehat dan langsing."

Tapi gimana caranya?

Mau ikut kelas senam atau kelas pilates atau body language, masih belum bisa karena mereka semua masih pada tutup karena waktu itu pemerintah belum mencabut aturan PPKM.

Dan teringat bahwa kita bisa memanfaatkan paket internet cepat  untuk melaksanakan resolusi untuk bisa sehat dan langsing. Gimana caranya? Yaitu dengan ikut keanggotaan paket olahraga yang ditawarkan lewat aplikasi olahraga.

Yap. Jadi bukan hanya sekedar mengikuti apa yang ditayangkan di youtube saja. Keanggotaan yang aku ikuti itu menggunakan aplikasi SEVEN (7 minute workout). 

ini daftar aplikasi yang aku ambil versi premium

 Jadi, setiap hari, aplikasi ini yang sudah kita atur mau olahraga jam berapa, target kita apa, akan membunyikan reminder agar kita berolah raga. Tidak lama sih, hanya tujuh menit. Tapi itu full workout gitu modelannya.

Enaknya punya paket internet cepat, kita tidak mengalami delay atau freeze sih. Itu yang bikin aku senang. Dan paket internet cepat yang kita miliki, yang terkoneksi bukan hanya di handphone tapi juga sinkron dengan televisi pintar dan laptop, membuat lancar pelaksanaan resolusi yang ingin aku capai. 

Meski terdengar sepele dan "ah, cuma tujuh menit? Bisa apa sih tujuh menit?" tapi sungguh deh. Berat loh ketika harus dijalankan setiap hari. 

Kadang alarm reminder bunyi, lalu aku lagi tanggung tidur.

Kadang alarm reminder bunyi, lalu aku lagi asyik nonton drama silat china atau drama korea.

Nah, perjuangan untuk membentuk pola harus olahraga singkat setiap hari ini tuh berat loh. Asli deh ini tuh butuh waktu yang tidak sebentar, dan tantangannya adalah melawan rasa malas atau keinginan untuk menunda-nunda pengerjaan. Karena kita kan cenderung untuk meremehkan sesuatu yang sederhana ya? Padahal, sesuatu yang sederhana itu jika dilakukan setiap hari impactnya insya Allah bakalan dasyat sih. 


ini resolusi sehat, langsing dan bahagiaku di tahun 2023 ini

Ini daftar workout yang aku lakukan selama 7 menit. Jadi masing-masing tuh ada yang 10 kali hingga 30 kali saja sih. 

ini aku skrinsut dari handphoneku programnya


 Nah, setelah terbentuk pola pembiasaan,  barulah aku mulai memanfaatkan saluran Youtube premium yang aku miliki untuk menyusun playlist olahraga yang aku inginkan. 


List olahraga yang disajikan oleh video youtube ini, kadang aku pilih karena aku cari fun nya sih. Kan enak tuh olahraga sambil diiringi dengan lagu. Tidak sekedar aba-aba robot seperti yang aku ikuti di aplikasi SEVEN.  Ada juga video olahraga yang aku pilih karena aku mengalami sakit di bagian tertentu. Seperti bangun tidur kok sakit pinggang, nah, olahraga apa untuk mengatasinya. 

Alhamdulillah, dengan mengikuti apa yang aku rancang di atas, so far ya, tahun 2022 April itu berat badanku 88 Kilogram. Nah, Desember 2022 sudah turun jadi 84 kilogram.

Lalu, aku browsing lagi tuh di internet untuk pengaturan pola makan. Katanya Ade rai sih, yang bagus itu ikut pola puasa intermitten. Yaitu misalnya kita terakhir makan jam 19.00 nih, nah, nanti kita makan lagi 15 jam kemudian, yaitu pukul 10 pagi. Selama itu, minum air putih saja usahain yang banyak. 

Nah, bulan Februari ini, berat badanku mulai turun jadi 82 kiglogram.

Resolusiku di tahun 2023 ini, berat badanku jadi 75 kilogram sih di akhir tahun. 

Bisa, Ade... kamu bisa!

Nah, kalian tertarik untuk menjalankan apa yang aku sedang coba terapkankah?

Kalian bisa memanfaatkan jaringan internet loh untuk melakukan itu semua. Menurut perhitunganku, hal ini jauh lebih murah ketimbang ikut kelas offline di studio senam manapun. 

Jika kita ikut kelas senam atau studio bugar, per pekannya itu kita harus merogoh kocek sebesar Rp200.000 loh, untuk dua kali pertemuan, @1 jam. Dulu sebelum pandemi, aku ikut studio kebugaran soalnya. Bulan lalu aku iseng bertanya berapa biaya kelas ini setelah mereka menyatakan diri  membuka kelas lagi untuk studionya. 

Berarti sebulan, kita harus siap kocek Rp800.000. Tapi karena ada harga diskon jika ambil paket bulanan jadi kemarin aku tanya harganya sebulan itu Rp600.000.

Nah, sekarang bandingkan jika kalian mengikuti apa yang aku terapkan. Yaitu memanfaatkan paket internet cepat untuk mengatur olahraga sendiri di rumah (yang dibutuhkan adalah disiplin, disiplin, disiplin). Tentu saja jauh lebih murah sih. 

Langganan Youtube itu (aku ambil paket premium keluarga yang bisa dipakai buat berlima) sebulannya Rp89.000

Lalu paket internet cepat ya... ngikut saja sih dengan  Wifi rumah yang sudah dilangganani dan dibayar suamiku. Jadi, aku nggak harus keluar duit lagi. 

Tuh. Jauh lebih murah kan? Berarti aku hanya bayar biaya langganan youtube premium saja sih jatuhnya.

Nah, buat kalian yang mungkin tinggal di kost atau tinggal di rumah yang tidak berlangganan internet, bisa banget sih coba untuk berlangganan Paket internet cepat yang ditawarkan oleh IndiHome, dari Telkom Indonesia. 


Koneksi ngebut dan stabil IndiHome hadir dengan harga istimewa. Yaitu mulai Rp200.000-an per bulan kalian bisa tuntasin semua aktivitas online harian. Jadi nggak cuma buat olahraga saja, tapi juga melakukan berbagai macam aktifitas lainnya. Browsing internet, ikut komunitas online, ikut kelas online,dan sebagainya. Oh iya, aku sendiri ikut banyak banget kelas online selama ini. Mulai dari kelas online masak, menjahit, berkebun di lahan terbatas, kursus photography, kursus menggambar digital, hingga kelas menulis dan publik speaking buat putriku.

Kabar gembiranya nih buat kalian yang selama ini belum pernah pasang IndiHome di rumah. Raih diskon 50% biaya pasang baru, plus, nikmati juga ekstra puluhan channel TV selama 3 bulan!



Nunggu apa lagi? Yuk, langganan sekarang! Promo ini berlaku bagi pelanggan yang melakukan registrasi berlangganan melalui website IndiHome.co.id, aplikasi My IndiHome, Shopee, Kios myIndiHome, atau Sobat IndiHome.



28 komentar

  1. Selama pandemi aku naik 3-8 kg. Karena bodyku imut, biasa 45 kg, jadi 53 kg tuh rasanya jadi kayak bola. Ngaca aja jadi gak pede. Hehehe

    BalasHapus
  2. Sempat bingung apa hubungannya tubuh langsing sama paket internet, eh ternyata ada aplikasi yang membantu diet. Makin dimudahkan dengan aplikasi ini kegiatan apa-apa, cuma memang butuh paket internet cepat. Mantep, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  3. jaman sekarang emang apa2 tuh serba digital ya, untungnya ada paket internet cepat yang bisa memudahkan kita browsing ini itu

    BalasHapus
  4. Kalo ada paket internet cepat, mau apa ajaaaa bisaaa

    Ingin punya healthy lifestyle, cukup pantengin website atau channel YouTube yg sesuai yahhh

    BalasHapus
  5. semangat mba semoga bisa terwujud yaa.. sekarang mau olahraga bermodal online dari youtube pun bisaa.. konsultasi sama ahli gizi secara online juga bisaa

    BalasHapus
  6. Mantengin tutorial kalau tanpa paket internet cepat jatuhnya malah esmosi eh emosi kan ya, Mbak?

    Asyik nirukan gerakan olga eeeeeee nge-freeze, kan jadi males biangetzzzzzz. Untung ada Paket Internet Cepat dari Telkom Indonesia kan ya, Mbak

    BalasHapus
  7. Wah keren ya kak bisa dapat inspirasi dari paket internent cepat jadi mau tiru juga deh

    BalasHapus
  8. Waktu pandemi, saya malah rajin olahraga, eh menjelang pandemi berakhir, bablas dah olahraganya hahaha.
    Setelah anak-anak masuk sekolah, susah banget punya waktu cukup buat tidur, biar bisa olahraga tanpa pingsan. Tapi baca ini, jadi semangat lagi dong saya Mba :)

    BalasHapus
  9. Gimana ya.. Disatu sisi kadang terdengar nyebelin tapi sebenarnya kritik orang lain emang perlu juga, biar bisa introspeksi diri.
    Kerennya bisa jadi motivasi juga biar langsingan. Untung ada paketan indihome yg makin mempermudah segalanya

    BalasHapus
  10. Dulu saya instal beberapa aplikasi untuk olahraga. Tapi, sekarang mengandalkan berbagai konten olahraga di YouTube. Asik memang era internet. Apalagi kalau internetnya ngebut.

    BalasHapus
  11. berkat internet cepat Indihome, aktivitas rumah tangga, mulai dari belanja sampai senam untuk menurunkan berat badan, lancar jaya
    Bayangkan kalo gak lancar, internet lelet bikin malas dan lama
    Akhirnya bete deh

    BalasHapus
  12. Mbak Adeeee, akupun tahun ini mau lebih sehat, banyak bergerak.
    udah dapat playlist workout dari temanku, 10 menitan gitu tapi belum mulai.
    Mari saling menguatkan, semangaaaat!

    BalasHapus
  13. Yang bikin pusing itu kalau pengen langsing tapi hobinya makan. Wkwkwk... Gak kelar kelar. Solusi apapun bisa didapatkan lewat internet cepat ya mbak. Makin digital kita

    BalasHapus
  14. aku juga lagi berusaha untuk rutin olahraga nih, suka nyari video daily workout for beginner di youtube, tapi yang paling penting internetnya harus lancar dulu biar makin lancar berselancar ini itu

    BalasHapus
  15. Biar makin semangat berolahraga, memanfaatkan jaringan internet untuk referensinya memang jadi lebih simple

    BalasHapus
  16. Terus semangat ya kak, buktikan kita udah rajin work out, olahraga, meski liat di internet doang sih, hehe. Tapi biar bisa membungkam mulut lemes menjadi decak kagum terpesona

    BalasHapus
  17. semoga resolusinya untuk langsing dan sehat tercapai di tahun 2023 ini yaa, Mba Ade. Kalo saya, resolusiku tahun ini pengen kulit wajah lebih sehat, hehehe

    BalasHapus
  18. Ujian banget ya, kak Ade..
    Akupun sedih kalau ada yang bilang begitu.. Rasanya jadi penyemangat banget kalau ada body goals yang ingin dicapai. Sebenernya memang bukan hanya langsing, tapi inginnya juga sehat dan menjadi healthy lifestyle yang bagus untuk masa depan.

    Dengan internet cepat, alhamdulillah...
    Akses untuk menggapai banyak hal bisa tercapai.

    BalasHapus
  19. aku bisa bangeeet relate dengan mba ade ini hehehe..walaupun biasanya aku langsung bales hahaha. But it's good that you then decide to get this healthy resolution. Semangat selalu yaa mbaaa

    BalasHapus
  20. Daku juga lagi mau merutinkan berolahraga, soalnya bisa lihat tutorialnya lewat internet. Jadi makin semangat sambil WFH bisa tetep olahraga

    BalasHapus
  21. Wah, boleh juga nih aplikasinya. Aku pun ada keinginan buat nurunin berat badan. Mau coba cek video YouTube juga buat cari senam yang cocok. Asal ada internet, semua aman sih ya

    BalasHapus
  22. Aku jadi tertarik langganan internet cepat karena sedang ada promo pasang baru IndiHome di rumah. Menarik banget kalau sampai dapat potongan hingga 50% biaya pasang baru dan dapat ekstra channel TV selama 3 bulan. Puas banget memanfaatkan internet rumah secara maksimal.

    BalasHapus
  23. internet memang menyediakan hampir semua yang kita mau yaa, Mba. Informasi yang kita dapatkan lebih cepat dibanding sumber informasi lain misalnya buku, majalah atau televisi. Alhamdulillah, di rumah kami juga menggunakan indihome

    BalasHapus
  24. wah beneran deh internet yang cepat itu bikin home workout jadi lancar banget. beruntungnya yang pake indihome ya :)

    BalasHapus
  25. Enaknya zaman sekarang ya Mbak, untuk urusan olahraga pun mudah dan gak perlu pusing ya cari ide buat work out gitu tinggal unduh aplikasi saja. Apalagi didukung dengan paket internet cepat, jadi akses internet juga lancar

    BalasHapus
  26. Selain panduan workout dari aplikasi, kita juga bisa melihat video workout dari internet ya. Tapi nggak asyik kalau internetnya lelet, lagi asyik-asyik olahraga eh videonya macet. Jadi butuh internet yang cepat.

    BalasHapus
  27. Asal punya keinginan yang kuat, bisa banget ya kak kalau kita mau langsing tapi tetap sehat. Di internet banyak cara-cara dan tips-tips untuk langsing. Juga berbagai macam senam untuk langsing. Internet cepat memang membantu banget buat wujudkan impian badan sehat dan langsing

    BalasHapus
  28. Hehehe.... Judulnya mah aku banget ini kak. Penge langsing tapi mau tanya sana sini. Ya udah. Googling aja pakai internet buat cari solusinya ^^

    BalasHapus