Jumat, 27 April 2018

5 Hal Yang Harus Diajarkan Pada Remaja Putri

[Parenting] Dear anak perempuanku. Kalian sudah pada jadi remaja putri sekarang. Alhamdulillah.

Ini adalah oleh-oleh yang ibu dapat dari acara blogger ghatering ketika Launching acara Betadine Feminine Wash and Wipes. Ibu sengaja nih mau membahas tersendiri masalah ini, terlepas dari masalah laporan kegiatan ibu (nanti ada tulisan tersendiri tentang laporan pandangan mata ibu di acara itu). Karena menurut ibu, ini penting untuk kalian ketahui.  Kelak, setelah kalian mengetahuinya tolong beritahu orang lain yang kalian kenal tentang  5 hal yang harus diajarkan pada remaja putri agar informasi ini diketahui oleh semua orang.

Oh iya, siapa tahu kalian ingin membaca tulisan tentang acara launching produk baru BETADINE Feminine Wash adn Wipes, bisa baca disini ya: BETADINE FEMININE WASH AND WIPES.


Oh ya, apa yang ibu share ini, adalah kesimpulan dari informasi yang diberikan di acara launching BETADINE Feminine Wash and Wipes ya nak. Ada yang didapat dari dr Mery Sulastri (Educator & Trainer Mundipharma Indonesia), ada juga yang didapat dari Adi Prabowo (Marketing and Innovation Regional Mundipharma, serta dari tanya jawab acara talkshow ini). 

5 Hal Yang Harus Diajarkan Pada Remaja Putri


5 hal yang harus diajarkan pada remaja putri ini khususnya adalah 4 hal yang harus dilakukan terkait kesehatan saluran pembuangan wanita plus 1 perintah agama Islam.


1. Bersihkan kemaluanmu dari arah depan ke belakang.

Jadi nak,  bersihkan kemaluanmu dari arah depan ke belakang. Jangan terbalik ya. Karena, ada banyak bakteri yang bersemayam di daerah pembuangan tubuh kita. Ada bakteri baik dan ada bakteri jahat. Mereka berdua mendiami tempat yang berbeda dan memiliki misi yang berbeda-beda juga.

Bakteri baik yang mendiami lubang pembuangan untuk kotoran tinja, berfungsi untuk mengatasi semua masalah yang terkait dengan masalah ketika kotoran tinja kalian keluar dari lubang pembuangan. Spesifikasinya jelas, hanya mengurus masalah yang terkait dengan masalah ketika kotoran tinja keluar saja.

Pekerjaannya, membunuh bakteri jahat yang bentuknya berbeda dengan bakteri baik versi yang dia kenal untuk spesifikasi pekerjaannya di seputar lubang pembuangan kotoran tinja.

Nah. Itu sebabnya ketika membasuh daerah kemaluan setelah diri kalian selesai dengan urusan toilet, basuhnya dari arah depan ke belakang ya nak. Jangan terbalik. Karena kalau terbalik, nanti bakteri dari wilayah dubur alias lubang pembuangan kotoran tinja, ikut pindah tempat ke depan. Bahaya kan?

Dan ketika membersihkannya, jangan gunakan sabun mandi ya, nak. Karena sabun mandi itu justru malah bisa mengganggu ekosistem yang hidup di daerah kemaluan kalian.

Tahu kan apa itu ekosistem? Hayoo... buka lagi deh buku IPA nya. Nah, ekosistem yang ada di wilayah kemaluan kalian adalah bakteri baik yang ibu sebut di atas tadi. Mereka hanya bisa hidup tenang jika pH nya tidak berubah. Lingkungan di sekitarnya tidak berubah. Nah. Jika kalian menggunakan sabun mandi untuk membersihkan di wilayah kemaluan itu, nanti lingkungan bakteri baik malah jadi berubah. Mungkin bakteri baiknya ikut terbunuh bersama dengan bakteri jahat, atau malah bakteri baiknya tidak bisa bertahan hidup karena lingkungan tempat dia hidup berubah pH-nya.






Tapi yang aman sih basuh wilayah kemaluanmu setelah selesai buang air kecil dengan air. Ciduk gayung dan guyurkan dari arah depan dan tangan kirimu mengusap kemaluanmu itu dari arah depan ke belakang.

Kalian tahu nak. Urusan membersihkan kotoran dari lubang pembuangan ini amat utama dalam ajaran Islam. Karena kotoran dari lubang pembuangan tubuh kita itu besifat najis. Najis itu akan menghalangi kita untuk bisa melakukan ibadah shalat. Kalian tahu kan, salah satu syarat untuk bisa mendirikan shalat adalah suci dalam arti bersih dari najis. Karenanya, mari perhatikan urusan membersihkan najis ini.

Nah, jika suatu hari nanti kalian tidak bisa menemukan air di dalam toilet atau ada air tapi airnya kotor, maka kalian boleh gunakan tissue yang masih bersih. Basuh kemaluan kalian dari arah depan ke belakang dan jangan diulang lagi jika tisu itu sudah menyentuh bagian belakang. Ambil tisu yang baru dan ulangi adegan membersihkan dari arah depan ke belakang ini. Hingga kemaluan terasa benar-benar kering.

Lalu bagaimana jika bentuk keran di WC jaman sekarang yang ada di mall-mall itu memancur dari arah belakang? Tidak mengapa nak. Karena air yang terpancur dari keran WC otomatis itu hanya arahnya saja yang dari belakang. Tapi, sifat air kan pasti akan mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Akibatnya, meski dipancarkan dari belakang, tapi setelah menyentuh kemaluan kita, air itu akan mengalir ke bawah dan bagian belakang lubang pembuangan tubuhmu. Nah. Tugasmu mengusapnya dengan tangan kiri agar pancuran air merata ke seluruh wilayah yang terkena kotoran yang keluar dari tubuhmu. Setelah selesai, keringkan dengan tissu agar tidak lembab.

Tuh. Gampang kan? Jadi pakai air saja cukup sebenarnya. Kecuali jika kalian merasa ada sesuatu yang kalian tidak yakin, terjadi pada wilayah kemaluan kalian.

Yaitu, jika kalian merasa ada sesuatu yang terasa tidak enak, seperti gatal-gatal, atau vaginamu mengeluarkan lendir yang berwarna dan berbau, itu berarti kamu harus memperhatikan kebersihan dirimu. Itu namanya keputihan. Keputihan itu jika dibiarkan bisa berbahaya, nak. Karena bisa berakibat munculnya penyakit lain yang bisa menyerang daerah rahimmu, atau daerah saluran kandung kemihmu.

Kemarin, ibu datang ke acara Launching BETADINE Feminine Wash dan Wipes di Jakarta, 24 April 2018. Tepatnya di Glass House, Ritz Carlton - Pacific Place.

ini para senior di Mundipharma di acara launching produk baru BETADINE Feminine Wash dan Wipes


BETADINE Feminine Hygiene sepertinya memang berkomitmen untuk memberi perhatian khusus deh terhadap wilayah khusus wanita ini.

Tahun lalu, ibu juga datang ke acara serupa ketika BETADINE mengeluarkan produk feminine hygiene berupa BETADINE Feminine Hygienie Untuk Mencegah Infeksi Ketika Menstruasi . Yaitu produk untuk membersihkan wilayah kemaluan kita ketika kita sedang mengalami menstruasi.

nih, botolnya seperti ini
Nah, produk BETADINE Feminine Hygiene yang warna pink ini berfungsi untuk pencegahan. Produk BETADINE Feminine Hygiene yang lain, yang botolnya warna merah, berfungsi untuk mengobati ketika wilayah kemaluan wanita terserang penyakit kewanitaan. Dan ada juga BETADINE Feminine Hygiene berwarna biru yang berguna untuk mengobati serangan keputihan setelah nifas. Banyak memang produk BETADINE Feminine Hygiene ini.

Eh. Sebenarnya sih, BETADINE itu sendiri, adalah produk yang dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi. Di dalam BETADINE itu sendiri, terdapat Providine-Iodine. Yaitu bahan aktif utama BETADINE yang merupakan antiseptik dengan spectrum luas yang dapat mengatasi berbagai kuman penyebab penyakit. Makanya, dulu, bahkan para awak pesawat Apollo 11 yang pertama, ketika tiba kembali di bumi, mereka dibersihkan dengan menggunakan cairan yang mengandung BETADINE loh.

ini dia para awak Apollo 11 yang dibersihkan dengan cairan BETADINE antiseptic begitu mereka sampai di bumi kembali

kalau diperhatikan, sejarah BETADINE memang lumayan panjang ya ternyata dalam memproduksi produk kesehatan (credit foto: Betadine_sg.com
Nah, yang terbaru kemarin adalah BETADINE Feminie Wash dan WIPES. Rangkaian produk untuk membersihkan daerah kemaluan untuk pemakaian sehari-hari.



Kalau kalian tanya kenapa harus membersihkan dengan BETADINE Feminine Wash  padahal banyak merek pembersih wilayah kemaluan lain di luar sana. Mungkin ibu bisa jawab, karena kita tidak boleh sembarangan membeli pembersih daerah kemaluan. Apalagi jika ada embel-embel lain seperti membuat wangi, menimbulkan rasa kesat, atau apalah apalah.

ini alasan kenapa BETADINE Feminine Wash and Wipes ibu rekomendasikan. Karena mengandung zat2 ini nih. (credit photo: betadine website)



Pembersih daerah kemaluan wanita yang baik itu, harusnya ya nak,

1. Tidak menggunakan pewangi buatan.
2. Hindari pembersih yang mengandung sodium lauryl sulphate. Yaitu bahan utama yang ada di sabun. Karena ini bisa membuat wilayah kemaluan kita menjadi kering, dan akibatnya malah bahaya. Jadi ya, terlalu lembab nggak baik. Tapi terlalu kering juga nggak baik.
3. Mengandung tricare, yaitu mencegah, melindungi, dan menenangkan serta melindungi bakteri baik yang ada di wilayah kewanitan.



Jadi, jika memang diperlukan, bersihkan wilayah kemaluan kalian dengan produk kewanitaan dari BETADINE FEMININE WASH dan WIPES ini saja ya. Setidaknya, ketika kalian sedang beraktifitas di luar rumah dan harus menggunakan toilet umum.
Okeh.

2. Ganti pembalutmu segera setelah lebih dari 4 jam; tidak perlu menunggu pembalut itu penuh.





Iya. Karena ketika dirimu mendapat menstruasi, maka darah menstruasi itu adalah darah kotor. Ada banyak bakteri yang ikut keluar bersamaan dengan darah tersebut. Jika pembalutmu tidak segera dibuang, maka bakteri itu akan berkolaborasi dengan kotoran dan udara di sekitarnya lalu berubah jadi kuman dan bakteri jahat yang akan bisa mendatangkan penyakit bagi tubuhmu.

Macam-macam penyakitnya. Seperti jadi nyeri ketika buang air kecil, gatal-gatal di sekitar daerah kemaluan, atau yang lebih berbahaya lagi jadi dapat penyakit kelamin.

Lagipula, terlalu lama mengenakan pembalut juga bisa membuat daerah di sekitar kemaluanmu akan lecet-lecet nanti. Jika sudah kena lecet, itu tidak enak banget rasanya. Dan pengobatannya juga lumayan merepotkan dirimu. Kamunya nggak nyaman main dengan teman. Iya kan?

3. Cuci tanganmu setelah menyelesaikan urusanmu di dalam toilet.


Nah, ini juga penting nak. Biasakan untuk selalu mencuci tanganmu setelah urusanmu di dalam toilet selesai.
Kamu tahu, toilet itu adalah tempat berkumpulnya aneka macam kuman.  Bahkan meski toilet itu terlihat bersih dan mengkilap sekalipun. Karena kuman memang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Jika kamu tidak membersihkan tanganmu setelah keluar dari toilet, maka kuman yang berdiam di dalam toilet, akan ikut serta kamu bawa ke tempat lain. Menempel di makanan yang akan kamu makan. Menempel di minuman yang akan kamu minum. Dan menempel di kulitmu sendiri lalu merembet ke anggota tubuhmu yang lain. Atau menempel di kulit orang lain yang kamu sentuh dan bisa menyebabkan orang lain itu jatuh sakit karenanya.

Orang sakit itu adalah orang yang hilang kebahagiaan dalam dirinya. Dirimu bukan Dementor kan? Itu loh, sang penghisap kebahagiaan yang ada di film Harry Potter. hehehe.

4. Jaga kebersihan dan kesehatan daerah pembuangan tubuhmu.


Nah, ini juga penting.  Jaga kebersihan dan kesehatan daerah pembuangan tubuhmu ya nak.
Jika pakaian dalammu kotor, segera ganti yang bersih.

Jika pakaian dalammu, lembab karena terpercik air, ganti dengan pakaian dalam yang kering.

Jika kamu tidak yakin apakah pakaian dalammu akan bersih setiap saat karena kebetulan kamu sedang mengalami keputihan atau sedang pingin pipis terus, gunakan saja panty liner. Nanti setiap akan shalat, buang panty liner yang kamu kenakan dan ganti dengan panty liner yang baru yang bersih dan suci.

Jika kamu sedang menstruasi, segera ganti pembalutmu setelah 4 jam. Tidak perlu menunggu pembalut itu penuh dulu baru ganti.

Jika perlu, catat ya nak: jika perlu, kamu bisa gunakan cairan pembersih kemaluan di pagi hari ketika kamu akan mandi pagi sebelum beraktifitas. Dan gunakan lagi malam hari sebelum tidur setelah kamu selesai beraktifitas seharian. Ibu tidak menyarankan untuk menggunakan cairan pembersih kemaluan setiap hari ya nak. Karena, kita juga harus memberi kesempatan pada tubuh kita untuk mengembangkan sistem pertahanan alami sendiri. Jadi, jika sedang di rumah saja sih, cukup dengan air dan keringkan dengan handuk atau tissu cukup. Nah, kalau sedang beraktifitas di luar rumah dan kalian nggak yakin dengan kebersihan toilet umumnya, atau tertahan di suatu tempat karena acara belum selesai hingga pakaian dalam kalian lembab, maka malam hari sebelum tidur bersihkan wilayah kemaluan kalian dengan BETADINE Feminine Wash atau Wipes.




5. Jangan Mendekati Zina Apalagi Melakukan Zina


Nah, ini yang terakhir ya nak. Yaitu jangan mendekati zina. Dan mendekati zina saja tidak boleh, maka melakukan zina juga lebih nggak boleh lagi. DOSA.

Perilaku mendekati zina atau melakukan zina seperti melakukan seks bebas  atau seks di luar pernikahan. Duh. Lebih baik fokus sekolah atau berkarya. Karena, jodoh yang datang pada kita, sesuai dengan kualitas diri kita, nak. Jika kamunya gampang tergoda untuk melakukan seks bebas, maka jodoh yang datang padamu tidak jauh dari apa yang kamu lakukan itu. Jadi, jangan heran jika dia hanya mendekatimu karena nafsu saja. Dan karena niatnya hanya nafsu saja, maka, dia akan berpura-pura baik biasanya agar kamu terkesan padanya. Kelak, setelah keinginan nafsunya terpenuhi, dia akan meninggalkanmu untuk mencari yang lain. Nah loh.

Jadi, lebih baik jaga dirimu baik-baik. Insya Allah yang mendekatimu pun adalah orang yang juga bisa menjaga dirinya dengan baik pula.


Nah. Itu deh semua tentang 5 hal yang harus diajarkan pada remaja putri. Termasuk dirimu nak.
Semangat.


4 komentar:

  1. Sepakat banget Mbk, perlu diajarkan ke anak perempuan ya. Tipsnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Mengajari kebaikan menjaga diri baik untuk kesehatan dan jada diri saat usia remaja penting banget ya. Harus diajarkan sejak dini juga sih menurut saya.

    BalasHapus
  3. Setuju dengan semua yang di atas. Bahkan, ada tambahan nomor 5 juga. Tulisannya bikin terharu.

    BalasHapus
  4. Mengajarkan hal sebetulnya terlihat sederhana tapi penting banget yakni tentang menjaga organ kewanitaan memang perlu banget, mba :)

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...