Langsung ke konten utama

Nama-Nama Orang Yang Terpanjang di Dunia

Tadi siang, sambil menunggu putri bungsuku pulang dari sekolah, aku bertemu dengan temanku, kita sebut saja namanya Mawar. Seorang ibu-ibu yang masih memiliki tubuh yang indah sekali. Seksi, sintal, dengan dua buah kebanggaannya yang selalu dia busung-busungkan jika sedang berjalan. Pinggulnya selalu berputar megal-megol.

Oh ya. Aku pernah menceritakan perihal beliau dalam tulisanku beberapa waktu yang dulu sekali (lihat: jangan main-main dengan keluguan).
Nah, kali ini, dia bercerita bahwa ada seorang teman prianya yang sering mengiriminya pesan lewat Black Berrynya. Soal itu, lebih baik kita tidak usah bercerita dulu ya. Karena bisa panjang ceritanya nanti.
Nah, (loh, kok nulis "nah" lagi?) tadi siang dia memperlihatkan padaku salah satu isi bercandaan dia dengan si pria tersebut. Isinya tentang tebak-tebakan. Karna si Mawar ini orangnya kenes banget, sambil menggigit bibir bawahnya dan memasang wajah memelas (yang sumpah deh: gemesin banget karena asli manja campur genit), dia bertanya padaku,

"Jeng... nama yang tepanjang di dunia siapa? Tahu nggak?"
Spontan aku pun menjawab,
"Siapa ya? Ini nanya serius kan?"
"Hmm.. nggak tau." (Mawar menggeleng dengan pandangan yang manja)
"Kalau bercanda tulis saja hurufnya yang panjangggg."

Dia pun langsung menulis jawabanku. Tapi ternyata si pria teman chat BB nya malah menulis kata salahhhh disertai tulisan tawa yang meledeknya. Kontan temanku Mawar kembali cemberut dan merenggut. Ngambek. Aku jadi ikut mikirin, siapa ya orang yang punya nama terpanjang di dunia? Sayangnya sinyal hapeku lemot jadi nggak bisa buka google. Kalau nama kota terpanjang di dunia aku tahu, yaitu ibukota Thailand,
Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit
("Nama ini terdiri atas kombinasi dua bahasa kuno India, Pali dan Sanskerta. Setelah peromanisasian bahasa ini, nama tersebut ternyata seharusnya ditulis sebagai Krung-dēvamahānagara amararatanakosindra mahindrayudhyā mahātilakabhava navaratanarājadhānī purīrāmasya utamarājanivēsana mahāsthāna amaravimāna avatārasthitya shakrasdattiya vishnukarmaprasiddhi, yang artinya "Kota malaikat, kota besar, kota intan abadi, kota Dewa Indra yang tidak tergoyahkan, ibu kota agung dunia yang dikaruniai sembilan batu permata berharga, kota kebahagiaan, penuh dengan Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai surga dimana pemerintahan adalah reinkarnasi dewa-dewa, sebuah kota yang diberikan oleh Indra dan dibangun oleh Wisnu").

Hasilnya, sore ini, sambil menonton On The Spot di Trans7, aku mulai memasukkan kata kunci "nama terpanjang di dunia" dan hasilnya... Haiyaaaaa.... ternyata ada manusia yang memberi nama anaknya lebih panjang dari nama raja Thailand tersebut dan manusia itu sama sekali bukan seorang keturunan raja. Tapi seorang penggemar olah raga tinju.
Fiuh.

Ini dia namanya:
Autumn Sullivan Corbett Fitzsimmons Jeffries Hart Burns Johnson Willard Dempsey Tunney Schme ling Sharkey Carnera Baer Braddock Louis Charles Walcott Marciano Patterson Johansson Liston Clay Frazier Foreman Brown"
(nama ini terdiri dari 27 suku kata yang diambil dari 25 nama petinju kenamaan seluruh dunia (nama tengah), serta nama depan keluarga dan nama depannya. Total 182 huruf

credit

Wahh... ternyata saya ketinggalan berita ya. hehehe... 
Tapi... selain nama anak manis di atas, ada lagi juga orang tua yang ngasih nama anaknya panjang juga. Yaitu di Jerman sana. Namanya terdiri dari 746 huruf!!! hahahaha, kebayang kan gimana ribetnya ini orang kalau mau ngiri passpor,  KTP, dan bayangkan dasyatnya guru-guru dia jika sedang mengabsen murid-muridnya setiap hari.
Namanya adalah:

Adolph Blaine Charles David Earl Frederick Gerald Hubert Irvin John Kenneth Lloyd Martin Nero Oliver Paul Quincy Randolph Sherman Thomas Uncas Victor William Xerxes Yancy Zeus Wolfe schlegelstein hausenberger­dorffvoraltern waren gewissenhaft schaferswessen schafewaren wohlgepflege und sorgfaltigkeit beschutzen von angreifen durch ihrraubgierigfeinde welche voraltern­zwolftausend jahres vorandieerscheinen wander ersteer dem enschderraumschiff gebrauchlicht als sein ursprung von kraftgestart sein lange fahrt hinzwischen sternartigraum auf­der suchenach diestern welche gehabt bewohnbar planeten kreise drehen sich und wohin der neurasse von verstandigmen schlichkeit konnte fortplanzen und sicher freuen anlebens­langlich freude und ruhe mit nicht ein furcht vor angreifen von anderer intelligent geschopfs von hinzwischen sternartigraum, Senior
Wuihhh.. tuh kan. Pas ditulis mirip kayak lagi nulis bait-bait puisi panjang ya. Nah, ini ada visualisasi jika seseorang harus menuliskan namanya di papan tulis:

diambil dari sini

hahahahha.
Kebayang jika saya jadi pacarnya dan harus menulis surat cinta padanya. Aduhhh... Udah keburu hilang mood kangennya kali ya gara-gara kelamaan nulis nama sepanjang itu. 
Nah, ini ada pengucapan nama lengkap Mr. Blaine di atas di You Tube.




Nah... ini ada film lucu-lucuan di India tentang seseorang yang punya nama panjang juga dan mereka berkenalan di dalam mobil. Nama panjangnya adalah:

Prabhakarna SriPalaWardhana Atapattu JayaSuriya LaxmanSivramKrishna ShivaVenkata RajShekhara Sriniwasana Trichipalli YekyaParampeel Parambatur ChinnaSwami MutuSwami VenuGopala Iyer



hahahahahhaha.
Ampyunnn deh.
----------------
Penulis: Ade Anita

Komentar

  1. panjang bgt namanya. Bingung ngapalinnya @-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha... bisa jadi pertanyaan kuis

      Hapus
  2. ntuh anak kalo disekolah, nulis nama lengkap di buku tulis nya gimana ya mbak? bisa habis satu buku cuma buat nulis nama doang kali yah :D

    BalasHapus
  3. Untung dia ga sekolah di Indonesia mbak, Gmn cb kl ujian hrs ngisi LJK ga cukup Tmpnya.. Bru slsei nulis nama wkt tes udh abis... Nah Lhooooo :-P

    BalasHapus
  4. Itu yang ngasih nama dan yang diberi nama belum tentu hafal semua hehehe....

    BalasHapus
  5. susahnya lg kalo anak indonesia...waktu ngisi formulir UN nya pasti nggak cukup...pdhl hrs ditulis lengkap...alamak ayak ayak wae..

    BalasHapus
  6. Wadoohh panjang bgt ya mak namanya :))

    BalasHapus
  7. wadoh.. !! terlalu panjang di masukin di kepala dan malah susah di ingat ingat malah bikin kepala pusing tujuh keliling.. he..he..

    BalasHapus

Posting Komentar

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan populer dari blog ini

30 jenis aneka makanan dan minuman khas Betawi

Setiap tanggal 22 Juni, kota tempatku tinggal, yaitu Jakarta merayakan ulang tahunnya. Usianya kota Jakarta sudah cukup tua, sudah ratusan tahun. Nah, ketika kota Jakarta sedang merayakan ulang tahunnya tersebutlah kami warga kota Jakarta bisa dengan mudah menemukan aneka makanan dan minuman yang menjadi khas kota Jakarta dan diakui sebagai bagian dari budaya kota Jakarta, yaitu budaya kuliner.  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua  dengan tema: Rasa Lokal.
Berbicara tentang rasa lokal maka itu artinya berbicara tentang budaya setempat. Salah satu budaya yang menjadi ciri khas suatu wilayah adalah makanannya. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menjadi budaya kuliner khas kota Jakarta yang saya suka (hehe, makanan dan minuman khas kota Jakarta itu banyak tapi yang saya sukai itu terbatas jumlahnya. Jadi, yang saya tulis disini hanya yang saya sukai saja).
1. Kerak Telor.

Bulan Madu yang Tak Terlupakan

Jujur saja, di tahun 1994, yaitu tahun ketika aku memutuskan setuju untuk menikah aku belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di kota Solo.
Kota Solo itu seperti apa?
Apakah seperti kota Kendal? hahaha.... ini satu-satunya kota yang berada di wilayah Jawa Tengah yang pernah aku kunjungi dan sependek ingatanku bisa mengingat "bepergian ke wilayah Jawa Tengah".

Dulu, waktu aku masih kecil (pake banget) katanya sih aku pernah diajak jalan-jalan oleh keluarga besarku ke Yogyakarta (ini termasuk wilayah Jawa Tengah kan ya?). Ada foto-foto aku masih kecil dengan  memakai topi super lebar dan tentu saja gayanya centil banget yang sedang beraksi pose-pose di depan Stupa Budha di Candi Borobudur. Tapiiiii... aku sama sekali tidak ingat gimana suasana jalan-jalan kala itu. Jadi, kalau tiba-tiba ada yang ngaku-ngaku bahwa ketika ke Yogyakarta itu antara orang tuaku dan orang tuanya sudah melakukan perjanjian untuk menjodohkan aku dengan dia.. mmm.... pasti aku akan percaya saja. HAHAH…