Bagaimana Cara Mengetahui JIka Kita Hamil?

Coba ingat-ingat, kapan pertama kali kita mau tahu sebenarnya gimana sih seorang perempuan itu tahu bahwa dirinya sedang hamil?

Segera setelah dia menikah? Itu sih karena memang mengharapkan diri sendiri segera hamil setelah menikah. Atau pada mereka yang belum mau punya anak, maka pasti deg degan untuk mengetahui apakah kita hamil atau tidak jika tiba-tiba si tamu bulanan yang rutin datang tiba-tiba tidak datang.
Hmm.
Jika begitu, lebih baik kemungkinan di atas dicoret saja. Karena itu pasti ya rasa mau taunya muncul.

Di usia yang lebih muda deh. Kapan rasa ingin tahu itu muncul?
Aku sendiri sebenarnya nggak ingat.
Hingga tiba-tiba anak bungsuku yang baru berusia 7 tahun tiba-tiba menanyakan hal itu ketika kami sedang duduk bersama mengelilingi meja makan bundar.

"Bu, gimana kita caranya perempuan tahu bahwa dia lagi hamil?"

Agak kaget juga sebenarnya dengan pertanyaan ajaib ini. Mau dijawab serius, dia baru berusia 7 tahun. Nggak dijawab serius, nanti dia penasaran dan malah dapat informasi yang salah dari pihak lain. Jadilah aku ngobrol sama putri bungsuku ini.

"Perempuan hamil itu, bisa tahu kalau dia hamil biasanya... dia ngerasa mual dan mau muntah melulu bawaannya. Nih... kamu pernah nggak udah makan kenyang nih, terus perut kamu kan terasa penuh tuh. Pernah nggak?"

Putriku mengangguk (dan percaya padaku, wajahnya amat serius menyimak)
"Nah, kalau perut sudah kenyang dan terasa penuh, terus kamu disuruh makan lagi, minum lagi, apa yang kamu rasain?"

"Ihh,, aku pasti mual dan mau muntah. Malahan, aku muntah kali karena udah nggak muat lagi perutku."

"Nah.. begitu juga kondisi perut orang yang lagi hamil. Jadi, perut kita kan cuma segini, terus tiba-tiba ada tambahan bayi di sana, dan bayinya itu butuh tempat kan... jadilah dia harus berbagi tempat dengan makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut kita. Akhirnya, jadi terasa mual dan mau muntah terus deh bawaannya."

diambil dari sini gambarnya
"Oh... pantasan orang yang lagi hamil suka mau muntah gitu ya."
"Iya... tapi, bukan berarti karena dia mual dan muntah melulu jadi nggak makan. Dia harus terus makan. Karena makanan pertama yang masuk ke mulutnya itu, pasti diserap sama bayi di perutnya. Terus buat dia sendiri  apa? Kalau dia makannya sedikit atau diet gitu, maka dia nggak kebagian makanan. Jadilah, orang hamil itu suka pusing dan lemes mau tidur mulu bawaannya. Karena dia kurang asupan sebenanrya. Makanya biar nggak pusing dan lemes dan ngantuk dia harus tetap makan dan juga minum vitamin."

"Oh.. pantas banyak ibu-ibu hamil yang suka pusing dan lemes."

"Iya.. yang terakhir, bisa dicek pipisnya. Kandungan air pipis itu kan macam-macam. Nah, salah satunya itu ada yang ngasih tahu bahwa ada kehidupan lain di perut kita ya lewat air pipis itu. Makanya untuk mastiin dia hamil apa nggak biasanya perempuan suka ngecek air pipisnya pake alat tertentu."

"Oh... iya, aku pernah lihat perempuan yang nampung air pipisnya terus dicelupin alat. Itu buat tahu dia hamil atau tidak ternyata."

"Iya... bener. Sudah jelas, atau masih ada yang mau ditanyain lagi?"
"Udah, cukup. Aku ngerti sekarang."



(alhamdulillah... ternyata nggak terlalu sulit menjawab pertanyaan anak kecil yang satu ini).

3 komentar

  1. catet ini, kelak kalau punya anak :D

    BalasHapus
  2. untuk empat anak saya, insyaalloh saya abinya yang lebih ngeh dibandingkan isteri saya. yang kadang tidak percaya kalo sudah hamil. (opo tumon) he...7x

    BalasHapus
  3. saya bacanya sambil ngebayangin 2 perempuan duduk bareng, ngobrol santai dan akrab. pasti anaknya lucu dan pintar, pertanyaannya keren. jadi terinspirasi juga klo nanti anak sy udh besar, skr baru 9bulan. :)

    BalasHapus