Cara Mengedit Judul Post Blog Yang Salah

[Lifestyle] Siapa disini yang sering menjadi pejuang keras dateliner selain aku? Hehehe. Entah mengapa, aku tuh sering banget ide buat menulis baru muncul di jam-jam terakhir menjelang penutupan waktu terakhir submit tulisan yang diadakan oleh sebuah lomba. Padahal waktu lomba yang diberikan panjang oleh panitia. Tapi, nggak ada ide mau nulis apa jika waktu masih panjang. Baru deh sisa 2 atau 3 hari lagi, TRING, muncul ide mau nulis apa.

Jika sudah begitu, maka hal yang aku lakukan pertama kali adalah membuat konsep tulisannya dulu di coret-coretan. Biasanya, aku bikin semacam mind map nya dulu. Setelah mind map selesai, baru deh cari gambar atau bikin infografis sederhana. Aku rada gaptek jadi nggak bisa bikin infografis yang cantik dan canggih. Nah, bikin infografis sederhana ini biasanya yang lama. Bisa berjam-jam atau bahkan seharian full. Jika pun tidak ada infografis yang bisa aku buat, maka mencari foto juga jadi alternatif. Dan mencari foto yang pas pun butuh waktu berjam-jam. Setelah selesai, baru deh mulai nulis. Dan kesalahan yang kerap terjadi adalah, karena buru-buru nulisnya, jadi ada typo di judul tulisan. Tapi sudah keburu di publish. Duh, gimana dong? Nah. Ini cara mengedit judul post blog yang salah.



tuh, lihat deh, salah nulis judul. Harusnya Gathering.... tapi tertulis Ghatering. Dan jika diperhatikan, URL nya juga ikut typo
Nah.
Panik? Jangan dulu. Setelah bertanya kesana kemari, curhat kesana kemari, seorang teman dengan inisial UK (bukan United Kingdom, tapi Uniek Kasgarwati), mengajariku cara untuk memperbaiki judul Post Blog yang salah ini dan ini tidak menyebabkan link URL yang sudah terlanjur kita submit di panitia lomba brokenlink.

Hehehe.
Soalnya aku tuh pernah, sudah terlanjur submit, lalu kolom submit sudah ditutup eh baru sadar bahwa aku typo nulis judul. Wah. Langsung saja aku perbaiki... nggak tahunya, aku dijapri sama panitia yang memberitahu bahwa link URL yang aku setor ke mereka ternyata broken link. Huhuhu... sedih. Tapi, panitia berbaik hati ngasi tau aku cara untuk mengembalikan link yang broken ke link yang benar waktu itu.
Duh. Kebetulan banget bertemu dengan panitia yang baik hati. Coba kalau panitianya nggak baik hati, sudah pasti tulisan yang aku ikutkan di lomba langsung di tendang dan gugur karena urusan TYPO ini.

Oke. Sekarang, kita perbaiki judul blog post yang salah ya.

Cara Mengedit Judul Blog Post yang Salah


1. Pertama-tama, kita buka dulu bagian search preference di bagian edit blog blogspot kalian.
Ada di bagian Setting blog.



2. Lalu kalian buka juga URL tulisan yang akan diperbaiki di tab yang lain.
Kita butuh URL yang akan diperbaiki soalnya, dan URL nya harus lengkap sampai ke titik komanya.



3. Setelah selesai, cari ini: CUSTOM REDIRECT

Klik, lalu buka. Nanti ada kolom kosong nya muncul



4. Jika sudah, sekarang kita tinggal copy paste URL link yang lama dan menggantinya dengan URL link yang baru.
Ingat ya, harus persis sama semuanya kecuali yang bagian TYPO nya



5. Oke. Save.
Jangan panik jika muncul tulisan di bawah ini, karena itu artinya kalian belum mencentang kolom centangnya.



6. Oke. Save. Sekarang kita test.

Buka Tab tempat URL lama terbuka, di copy ya, lalu pindahkan ke kolom google search.







YEAAAHHH... Alhamdulillah, sudah diperbaiki judulnya dan tidak mengalami Broken Link URL yang sudah diperbaikinya.
Alhamdulilllah.


Senangnya ya. Terima kasih buat Uniek yang sudah membantuku semalam. 💓

1 komentar