Rabu, 18 Juli 2018

Tips Memilih Baju Olahraga

[Lifestyle] ] Dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat. Pernah mendengar slogan seperti ini? Dulu, ketika aku masih duduk di bangku sekolah dasar hingga ke sekolah menengah atas, aku selalu merasa bahwa slogan ini hanya basa-basi cantik biasa. Sokongan agar orang rajin berolah-raga.

Tapi, sekarang setelah usiaku berbilang banyak (September nanti insya Allah akan 48 tahun), aku tahu bahwa slogan ini benar adanya. Tubuh yang kuat itu, akan membuat pemilik tubuh tersebut bisa melakukan banyak hal. Baik hal-hal yang bersifat sederhana dan sepele seperti menendang kerikil, tersenyum pada orang lain, atau mengedipkan sebelah mata untuk menggoda seseorang. Hehehe.

Hal-hal besar ya banyak banget ya. Membantu orang lain mengangkat sesuatu yang berat, berbelanja, bekerja mencari uang, membersihkan rumah, dan lain-lain. Termasuk melakukan ibadah, berbakti pada kedua orang tua, membantu dan memberi manfaat bagi orang lain.




Nah, itu semua baru bisa dilakukan jika kita memilliki tubuh yang kuat dan jiwa yang sehat. Ya. Jiwa jangan dilupakan. Karena, orang yang berpenyakit jiwa (atau dengan kata lain jiwanya sakit), meski tubuh mereka kuat tetap tidak bisa memberi manfaat yang bernilai ibadah. Orang yang jiwanya sakit, justru bisa membuat tubuhnya yang semula kuat pada akhirnya jadi tumbang karena dilemahkan oleh jiwanya yang sakit tersebut.

Dalam hal ini, rajin olahraga adalah salah satu prasarana untuk mencapai tubuh yang kuat dan jiwa yang sehat.

Kalian suka olahraga apa? 
Suamiku, adalah penggemar olahraga sepak bola. Tapi, itu ketika dia masih muda sih. Sekarang lebih sering mengambil posisi sebagai penonton sepak bola. Dia juga penyuka olahraga bela diri dulu. Tapi, sekarang sudah berhenti. Dulu, dia juga penyuka olahraga tenis meja dan tennis lapangan. Tapi, sejak kehilangan partnet untuk olahraga jadi amat sangat jarang melakukannya lagi.



Hmm... Berolah-raga memang lebih terasa nikmat jika bisa dilakukan bersama orang lain ya ternyata. Karena dengan berolah raga bersama orang lain, kita memperoleh lebih dari 1 manfaat. Bisa bersilaturahmi, bisa berinteraksi dan bertukar pendapat, bisa mempererat tali persaudaraan atau persahabatan. Dari sini, akan memberi efek domino pada hubungan pekerjaan biasanya. Usaha jadi lancar karena semakin banyak rekanan yang bisa dihubungi atau terhubung lewat olahraga bersama; atau bisa juga jadi tahu peluang baru sebagai oleh-oleh dari tali silaturahmi yang terjadi. Itu sebabnya semakin banyak orang yang saat ini semakin giat melakukan olahraga dan sekaligus menjadikan ajang olahraga tersebut sebagai ajang berinteraksi dengan orang lain.


Di banyak lokasi perkotaan, sekarang semakin banyak jalan-jalan yang ditutup khusus untuk memberi ruang terbuka bagi masyarakat untuk berolah-raga. Senang ya lihat perkembangan ini.
Olah-raga jalan kaki dan lari memang sedang ngetrend saat ini. Ini olahraga yang murah meriah banget. Paling yang dibutuhkan hanya baju olahraga yang cocok, serta padanan sepatu olahraganya.

Saat ini, yang namanya arena untuk berolahraga itu banyak sekali yang disediakan. Jadi, tidak hanya dimonopoli oleh satu jenis olahraga saja. Bisa jadi, hal ini terjadi karena semakin hari semakin banyak kesadaran orang akan pentingnya berolah raga.


olahraga memanah yang dilakukan oleh anakku 


Seperti olahraga memanah misalnya. Ini termasuk olahraga yang sedang digemari saat ini. Bisa dibilang, tidak diperlukan baju olahraga yang bersifat khusus sih. Yang penting menyerap keringat, dan bagian kerung lengannya tidak sempit. 
Kerung lengan itu adalah bagian melingkar yang mengeliling bahu dan ketiak kita. Karena, ketika melakukan olahraga memanah, tangan kita harus bisa terangkat dengan lebar dan tinggi.

ancang-ancang membidik sebelum panah dilepaskan

Selain memanah, ada juga olahraga Ice Skating. Ini juga olahraga yang sedang digemari oleh banyak anak muda kita. 
Ya. Meski negara kita adalah negara tropikal, dimana matahari bersinar terang setiap hari selama 365 hari jadi kemungkinan salju muncul itu rasanya tidak mungkin (kecuali di puncak jayawijaya, Papua); tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk bisa merasakan nikmatnya berseluncur di olahraga Ice Skating ini. Selain berseluncur berolah-raga, otomatis juga bisa bertemu teman, seru-seruan, dan having fun together yang bikin happy jadi maksimal. 

Untuk olahraga Ice Skating inipun, tidak dibutuhkan baju olahraga khusus. Yang penting lengan panjang (karena selalu ada kemungkinan untuk terpeleset di landasan es yang licin tersebut. Pakaian dengan lengan panjang bisa mengurangi kemungkinan kulit tergores akibat terjatuh). Serta, jangan lupa untuk membawa serta sarung tangan dan kaus kaki.


Ini anakku ketika baru pertama kali belajar main ice skating. Masih kagok awalnya, tapi dia bertekad kuat dan akhirnya lancar alhamdulillah


Lalu, ada lagi olahraga Tennis Lapangan. Olahraga yang sepertinya digemari oleh mereka yang tinggal di perkotaan. Suamiku yang memang pada dasarnya senang dengan olahraga ini, sekarang kembali senang karena ternyata setelah anak-anak kami besar, kami jadi dimudahkan untuk bisa melakukan olahraga tennis lapangan ini lagi bersama-sama. Sekeluarga.

Dulu, sempat vakum tidak melakukan tennis karena anak-anak masih kecil. Karena aku tidak menggunakan jasa pembantu rumah tangga, jadi agak riskan meninggalkan anak-anak di rumah jika aku harus menemani suami bermain tennis. Tapi, jika anak-anak diajak serta ke lapangan, ya habis saja waktu sewa lapangan untuk mengejar, mengasuh dan bermain dengan anak-anak. Tapi tidak main tennis. heheheh.

alhamdulillah nih anak2 dah pada besar jadi bisa diajak main tennis ramai-ramai 


masalahnya, kami ber-ganjil ria. Jadi, terpaksa 1 orang harus rela jadi pengambil bola dan itu kebagian di anak bungsu. hehehe. Ibunya di pinggir lapangan untuk mengabadikan gambar atau jadi komentator olahraga.

Untuk olahraga Tennis ini, aku menyarankan untuk mengenakan pakaian kaus yang menyerap keringat dengan cepat, dan kering dengan cepat. Serta terbuat dari bahan yang tidak membuat lecet kulit tubuh kita. Dan kenakan celana olahraga yang bisa diselipi bola tennis. Karena ketika bermain tennis, kita harus berlari mengejar bola, melakukan pukulan bola, menyelipkan bola di dalam saku kita. Jadi, jika bola di tangan habis, masih ada bola di dalam kantong. Daripada ngejar bola yang bertebaran di pinggir lapangan. Iya nggak?



Nah. Itu tips memilih baju olahraga secara umum dariku.
Kesimpulannya:

TIPS MEMILIH BAJU OLAHRAGA

1. Pilih baju olahraga yang sesuai dengan kebutuhan olahraga yang akan dilakukan.

Jika melakukan olahraga aerobik tapi mengenakan baju olahraga untuk pencak silatnya. tentu tidak cocok. Karena meski keduanya sama-sama bergerak bebas dan lincah ke semua arah. tapi olahraga aerobik lebih menghendaki baju olahraga yang nyaman dipakai, menyerap keringat, dan kalau bisa kita bisa melihat bagian tubuh kita yang akan kita bentuk lewat olahraga aerobik tersebut.


nah, ini baju olahraga aerobik. Memang terbuka bajunya karena tujuan kita melakukan senam aerobik adalah membentuk bagian lekuk tertentu dari tubuh kita. Jadi, kalau bisa otot yang akan dibentuk bisa terlihat agar kita bisa mengontrol apakah gerakan yang kita lakukan benar atau tidak. Credit photo dari www.mataharimall.com 



2. Pilih baju olahraga yang berbahan dasar cepat kering dan menyerap keringat.

Sekarang, baju olahraga sudah berevolusi dengan inovasi yang luar biasa loh. Jadi, sekarang sudah banyak dijual baju olahraga yang cepat menyerap keringat dan cepat keringnya. Jadi, suhu tubuh selama berolahraga tetap bisa terjaga dengan stabil.

Ada juga sih baju olahraga yang memang didesain untuk membakar lemak. Di gambar di atas, kalian bisa melihat atasan dan bawahan berwarna silver di samping baju aerobik. Nah, itu adalah sauna suit. Jadi pakaian yang didesain khusus untuk bisa membakar lemak pemakainya.


Nah, untuk perempuan, gunakan baju olahraga yang bisa menyanggah bagian dada dengan baik. Jadi, ketika melakukan gerakan berlari, melompat atau berguling, bagian payudara tetap tersanggah dengan baik. 

3. Sesuaikan baju olahraga dengan jenis olahraga yang akan digunakan.

Jadi, jangan hanya karena melihat sama-sama ketat, maka kita ke kolam renang dengan mengenakan celana legging dan kaus ketat lengan panjang misalnya. 

Menurut temanku yang bekerja di kolam renang House Of Shafa (kolam renang khusus perempuan), baju renang yang tidak diperuntukkan untuk berenang ini biasanya memiliki serat benang yang mudah terlepas ketika berada di dalam air. Nah, serat benang ini jika ada banyak akan membuat saluran pembuangan air kolam serta saluran penjernihan air kolam tersumbat. Bahkan kadang mereka tersangkut di motor kolam renang. Itu sebabnya kolam renang House of Shafa serta beberapa hotel yang memiliki kolam renang di dalamnya, melarang keras tamu mereka mengenakan celana legging dan kaus ketat saja untuk masuk ke kolam renang mereka.

4. Gunakan kaus tangan panjang dan celana panjang jika akan berolahraga di siang hari.

Iya. Jaman sekarang, bagi banyak ibu-ibu, pagi-pagi itu adalah awal kesibukan. Harus mempersiapkan bekal anak-anak, membuat sarapan, mengantar anak ke sekolah. Jadi, kebanyakan ibu-ibu itu lebih suka berolahraga siang hari. 

Asal tahu saja, sinar matahari di siang hari itu bisa merusak kulit kita. Karena pelembab alami yang ada di permukaan kulit akan menguap karena tertimpa sinar matahari siang. Lalu setelah itu mulai menyebabkan kulit mengalami kekeringan.

Nah. Karena itu, jika berolahraga di siang hari, gunakanlah baju olahraga yang tertutup. Jadi, seluruh permukaan kulit kita tidak terbuka begitu saja lalu terbakar oleh matahari.

Boleh saja pakai celana pendek, tapi olahraganya pagi-pagi saja. Sebelum pukul 07.30 kalau bisa. Lewat waktu ini, matahari sudah terlalu terik untuk berolahraga dengan pakaian minim.

ini dia contoh baju olahraga yang serba tertutup yang aku maksud. Foto ini berasal dari website www.mataharimall.com 


Itulah tips singkat dariku. Kalian mau menambahkan lagi?

5 komentar:

  1. Olahraga memang penting untuk menjaga tubuh agar selalu sehat ...

    BalasHapus
  2. Dulu saya menganggap olahraga itu tidak penting,dan diusia sekarang baru saya menyadari pentingnya hidup sehat dan olahraga ...

    BalasHapus
  3. Memilih pakaian olahraga itu memang penting,dan juga jangan pakai pakaian yang tebal olahraga ...

    BalasHapus
  4. Saya lebih suka olahraga yang simple seperti main bola voli jadi untuk masalah memilih pakaiannya tidak terlalu ribet ...

    BalasHapus
  5. Saya memakai jilbab,jadi untuk memilih masalah pakaian olahraga lebih suka yang simple dan menutup aurat ...

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...