badge

Rabu, 19 Oktober 2016

Tetap Percaya Diri di #usiacantik

[Lifestyle] Suatu hari dulu di waktu yang lampau. Aku baru punya anak satu, masih bayi pula. Usiaku bahkan belum 25 tahun. Masih ibu muda yang unyu. Aku bertemu dengan teman eks SMA di pasar. Waktu itu, aku menggandeng anakku, dan hanya mengenakan celana jeans belel dan kaus lengan pendek. Rambut dikuncir (iya, iya, dulu aku belum pakai jilbab emang) dan wajah tanpa make up sama sekali.

"De...apa kabar? Ya ampun itu muka, kok jadi bening banget. Pake apa?"



Dipuji seperti itu, siapa coba yang nggak suka? Tapi pujian ini bukan berarti aku cantik. Tapi bisa jadi karena teman eks SMA ku ingat bagaimana penampilanku ketika SMA dulu. Cungkring karena tubuh yang kurus dan tinggi, serta kulit putih dengan sprouten (bintik-bintik hitam) yang membayang di sekitar pipi.

Jenis kulitku kata dokter kulit yang aku datangi untuk konsultasi penanganan bintik-bintik hitam di kulit wajah, adalah jenis kulit oriental. Kuning terang dengam bakat bintik hitam pigmentasi di sekitar wilayah pipi di bawah mata. Jadi, meski memakai laser atau obat apapun, cepat atau lambat bintik hitam ini akan muncul jika kulit wajahku sering terpapar sinar matahari dan tidak terawat.

"Jadi, apa rahasia kulit lo, De? Kok bisa bening gini?"
"Duh, apa ya? Paling rajin dibersihin aja. Kalo lagi malas bersihin pake air. Kalau lagi rajin bersihin pake susu pembersih abis itu kasih penyegar. Sudah. Begitu saja."

Usia 20-an itu adalah masa dimana kulit wajah kita masih kencang dan belum tercemar dengan aneka macam paparan kosmetik dan polutan. Jadi, perawatan amat sederhana sekalipun, tetap bisa menonjolkan kecantikan maksimal kita.

Lalu, waktu berlalu. Aku ikut suamiku belajar ke Australia. Kembali ke Indonesia lagi di awal milenium baru. Dan usiaku kini tanpa terasa sudah kepala 3. Anak bungsuku saja lahir ketika usiaku sudah 36 tahun.

Bersama dengan anak bungsuku. Dia lahir ketika usiaku 36 tahun


Punya anak kecil di usia lebih dari 35 tahun itu ternyata seru. Karena ketika anak memasuki dunia bermain dan sekolah, mau tidak mau aku bertemu dengan para ibu teman anak bungsuku. Kami berkenalan, bergaul, lalu berbaur. Kebanyakan para ibu muda ini berusia 20-30 tahun. Itu sebabnya ketika mereka tahu bahwa aku sudah berusia di atas 35 tahun, mereka kaget.

si bungsu sudah kelas 6 (foto diambil tahun 2016). Tanpa sengaja suatu hari, kami memakai jilbab dan pakaian dengan corak dan warna yang sama.



Hingga sekarang, mereka sering tidak percaya jika aku katakan bahwa usiaku  sudah 45 tahun lewat. Lalu aku mengalami deja vu. Menerima pertanyaan yang sama. "Apa sih rahasianya kok bisa awet muda banget. Kulitnya bisa tetap kencang dan bening." (uhuk uhuk)

Usia Fisik Tidak Melulu Mengikuti Usia Kronologis


Tidak semua orang menyadari bahwa sebenarnya, puncak kecantikan seorang wanita itu bukanlah pada usia 20-an. Wanita yang berusia 20-an itu terlihat cantik karena mereka memang berada pada usia muda.

Biasanya, wanita yang berusia 20-an (hingga 30 tahun awal) itu masih merasa bahwa mereka masih terbilang sama dengan para remaja. Karena kondisi kulitnya masih kencang, mereka cenderung untuk abai dalam hal perawatan dan memaksimalkan potensi kecantikan yang mereka miliki. Itu sebabnya sering kita temui wanita di usia ini yang justru terlihat lusuh, lelah dan cuek dengan penampilan mereka.

Ketika wanita telah melewati usia 30 tahun, mulailah mereka mengalami masalah dengan kulit wajah. Pertemuan dengan wanita di rentang usia di bawah mereka, menyadarkan mereka bahwa mereka sudah tidak remaja lagi. Tapi pertemuan dengan wanita kelompok usia di atas 40 tahun membuat mereka menolak disebut sudah berusia matang. Banyak wanita yang ketika memasuki usia 30 an malah seperti sedang mencari jati diri mereka tahap kedua (karena pencarian jati diri tahap pertama terjadi di usia remaja).

Mulai dari cara berdandan, berpakaian, gestur tubuh ketika berinteraksi dengan orang sekitar, dan sebagainya.

Aku sempat mengalami masa-masa pencarian jati diri ini. Aku kesulitan untuk membaur dengan perkumpulan ibu-ibu di sekitar rumahku karen aku merasa mereka adalah perempuan-perempuan tua sepantaran ibuku. Dan mereka sendiri selalu menganggapku sebagai anak ibuku. Jadi, sering terlontar istilah "Ah, die sih anak bawang dah."
Tapi aku ternyata tidak bisa masuk ke pergaulan perempuan muda karena mereka merasa aku sudah "tua".

Begh. Serba salah. Aku mengalami kondisi "nobody's friend".
Saat itulah untuk pertama kalinya aku mulai memperhatikan cermin dan berpikir bahwa, "Okeh, Fine. Berarti gue harus milih nih. Mau jadi tua apa jadi muda?"
Menjadi tua itu gampang. Cuekin saja kulit wajah kita. Mau terpapar sinar terik matahari kek, mau kena asap kendaraan bermotor kek, mau kena asap masakan, terpercik minyak panas, ternakin jerawat dan komedo, dan tidak peduli dengan kebutuhan nutrisi kulit lainnya.


Yang susah itu berusaha untuk selalu menjaga kemudaan kulit.
Iya. Ini hasil buka-buka aneka majalah wanita, baik yang diterbitkan oleh penerbit Indonesia maupun penerbit luar negeri. Mereka bilang, usia manusia pasti akan terus bertambah. Tapi usia fisik tidak harus mengikuti usia kronologis. Itu sebabnya, ada orang yang meski sudah berusia 40 tahun ke atas, tapi tetap terlihat seperti baru berusia 30-an. Bahkan, di Hollywood, semakin banyak saat itu artis perempuan gaek yang menikah dengan pria brondong yang berusia jauh lebih muda. Sebut saja Demi Moore, Tina Turner, Madonna, dan lain-lain.


Aku akhirnya memilih untuk berusaha menjaga kemudaan kulitku. Dan itu artinya, mulai deh, meperhatikan perawatan kulit, khususnya kecantikan kulit. Jadi, memasuki #usiacantik (di atas 35 tahun) aku mewajibkan diriku untuk selalu mengenakan pelembab juga setelah kegiatan membersihkan wajah yang memang rajin aku lakukan secara sederhana. Lalu mulai mencoba-coba untuk mengeksplorasi, bagian apa dari penampilanku yang bisa dimaksimalkan sisi menariknya.

Usiaku memang terus bertambah tapi itu bukan penghalang untuk meraih kebahagiaan.  Memasuki #usiacantik (usia antara 35 tahun hingga 45 tahun) aku justru merasa berada di puncak kebahagiaan yang sesungguhnya.

Aku tahu kelemahan dan kekuranganku. Tapi, itu tidak membuatku patah semangat. Justru, aku berusaha untuk menonjolkan semua kelebihan yang aku miliki agar kekuranganku tertutupi oleh kelebihan tersebut.

Tetap percaya diri di #usiacantik


Ini beberapa kekurangan dan kelebihanku, serta solusinya:

- Memiliki jenis kulit kering.

Solusinya, berarti aku butuh pelembab karena semakin bertambah usia maka kadar kelembaban kulit semakin berkurang. Kulit yang lembab, insya Allah bisa mencegah timbulnya kerutan wajah di usia dini.

- Memiliki potensi untuk munculnya bintik-bintik hitam di wajah, khususnya di kulit sekitar tulang pipi.

Kulitku cepat sekali menjadi berwarna kemerahan dan akhirnya perih jika disentuh. Itu terjadi jika aku terlalu lama berada di alam terbuka tanpa pelindung wajah.
Solusinya, berarti aku butuh pelembab yang juga mengandung anti UVA dan UVB.


UVA itu gelombang ultra violet panjang. Sedangkan UVB adalah gelombang ultra violet pendek. Keduanya berasal dari sinar matahari. Dari hasil penelitian para ahli, akibat UVA dan UVB ini bisa membuat kulit kita mengalami kerusakan. mulai dari terbakar kemerahan, penuaan dini pada kulit wajah, hingga kanker kulit. Untuk itu, para ahli merekomendasikan agar kita selalu mengenakan pelembab yang mengandung SPF, yaitu Sun Protection Factor alias tabir anti surya. SPF ini menunjukkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk kulit memerah(UVB) saat menggunakan produk tabir surya, dibandingkan dengan berapa lama waktu yang diperlukan oleh kulit memerah tanpa menggunakan tabir surya.

The Skin Cancer Foundation menyatakan bahwa SPF 15 atau lebih tinggi diperlukan untuk memberikan perlindungan yang memadai.

- Nggak suka ribet, maunya praktis.


Ih. Ini aku banget nih. Aku ingin tampil cantik. Tapi, malas jika harus dandan sering-sering lalu membersihkan wajah setelah itu. Lagipula, aku mempelajari bahwa mereka yang mengenakan make up secara terus-menerus malah kondisi kulitnya menjadi mengalami kelelahan lebih cepat yang berakibat dia mengalami penuaan dini pada wajahnya.

Solusinya, aku tetap mengenakan pelembab saja. Tapi, mulai belajar untuk mengaplikasikan beberapa alat bantu make up pada wajahku. Seperti mengenakan pinsil alis, lipstik dan eye liner. Butuh waktu dan aku mengalami posisi trial and error sebelum akhirnya aku tahu, warna apa yang cocok untuk wajahku, jenis pelembab apa yang bersahabat dengan kulitku, dan sebagainya. Bahkan cara aku mengaplikasikan pinsil alis, mengoles lipstik, mengenakan eye liner, semua butuh berlatih beberapa waktu.

Ini 4 langkah mudah untuk bisa tampil cantik 

a la aku.






Ya. Di antara semua pelembab yang beredar di luar sana, aku paling cocok memakai brand L'oreal.
Sebelumnya, aku pernah mencoba beberapa merek brand yang semua meng-klaim bisa mencegah penuaan dini. Tapi, aku kurang cocok ketika memakai mereka. Ada yang membuat kulit terasa lengket dan berminyak, ada yang uap pelembabnya membuat kedua bola mataku mengeluarkan air mata, dan ada juga yang malah membuat munculnya jerawat. Atau yang paling parah, ketika mencoba sebuah merek dan pemakaian merek tersebut malah membuat bintik hitam di kulit wajahku semakin banyak dan terlihat semakin menghitam. Jadi kesan upik abunya terlihat banget gitu.

Duh. Mana lagi nih, tidak ada produk sample untuk semua pelembab ini. Jadi ketika aku melakukan uji coba mencari pelembab yang cocok dengan kulitku, terpaksa harus beli yang ukuran normal (dan itu artinya merogoh kocek lebih dalam). Padahal, ada yang baru beberapa hari dipakai dan masih banyak isinya, terpaksa aku buang karena tidak cocok di kulitku.

Sayang sekali ya. Huhuhu.

Hingga akhirnya, aku mendapat sample botol kecil revitalift-dermalift dari L’Oreal Paris Skin Expert, yang ditempel di sebuah majalah wanita. Sample kecil itu, ketika aku coba eh... kok cocok. Terasa ringan, tidak terlihat berminyak, dan tidak perih di mata. Creamnya juga langsung menyatu dengan kulitku, jadi tidak terkesan memakai topeng (karena aku tidak suka pakai bedak, hanya pelembab saja). Serta tidak menimbulkan jerawat atau memicu bintik hitam di wajah. Sejak itulah aku beralih mengenakan revitalift-dermalift dari L’Oreal Paris Skin Expert.

Hingga sekarang, aku sudah mengenakan revitalift-dermalift dari L’Oreal Paris Skin Expert selama beberapa tahun dan aku puas serta merekomendasikannya pada kalian.

bersama dengan rekan-rekan blogger dalam berbagai acara (nggak usah ngomongin umur kalau bertemu seperti ini, bikin baper)


Kelebihan revitalift-dermalift dari L’Oreal Paris Skin Expert



Ada 8 titik kerutan yang dihadapi oleh wanita, mulai dari dahi, kelopak mata, sekitar mata, antara mata, kantung mata, pipi, area di atas bibir, dan leher.

L’Oreal Paris Revitalift with Dermalift anti-wrinkle + Firming memiliki 8 kandungan ‘Natural Lifter’ (Perawat Kekencangan Alami) yaitu: Collagen I, III, VII.

Produk terbaru L’Oreal ini juga mengandung Fibrilin, Elastin, ketiga kandungan ini membantu menjaga kekencangan kulit. Sementara Chondritin S akan mengembalikan elastisitas kulit dari dalam (kulit lapisan epidermis), Collagen IV, Perlecan, Integrins akan memastikan lapisan berbeda dalam kulit tetap menyatu.

Kandungan formula Pro Retinol A melengkapi dengan fungsinya menyamarkan kerutan.

Selain itu, #LorealDermalift mengandung Centella Asiatica dengan 2 aksi:
1. Mencegah timbulnya kerutan dari dalam.
2. Memperbaiki kerutan dari luar.

Tuh. Semua kelebihan dari revitalift-dermalift dari L’Oreal Paris Skin Expert.

Bagaimana setelah memasuki usia 45?

Jujur saja, dibanding ketika aku masih berusia 20 an atau 30 an, aku justru merasa bahwa aku cantik di usia lewat 40 tahun seperti sekarang. Karena di usia kepala empat ini, aku tetap merasakan berada di #usiacantik. Yaitu, aku sekarang berada pada kondisi sudah lebih tenang dan tidak lagi sibuk mencari jati diriku lagi insya Allah. Aku tahu siapa aku, tahu apa mauku, dan tahu semua kekurangan, kelebihan dan beberapa jalan keluar yang bisa aku ambil untuk mengatasinya. Anak-anak juga sudah mulai besar, hingga aku bisa lebih leluasa untuk beraktualisasi diri. Termasuk, lebih tenang dalam menjalani hidup dan beribadah.

Usiaku terus bertambah, tapi aku tidak khawatir akan terlihat seperti nenek-nenek. Karena aku mempercayakan perawatan kulit dan kecantikan kulitku pada L'oreal dengan Revitalift-dermalift rekomendasi L'oreal Paris skin expert. Dengan demikian, tumbuh rasa percaya diriku dan itu merupakan self healing tersendiri buatku, bahwa aku cantik dengan apa adanya aku seperti sekarang.

Nggak percuma deh aku 10 tahun lebih mempercayakan perawatan kulit wajah pada merek Loreal Paris. Dan sekarang produk barunya memang spesial diperuntukkan untuk #usiacantik : L’Oreal Paris Revitalift with Dermalift anti-wrinkle + Firming. Bisa dibeli di  blibli dot com 


Itu ceritaku tentang tetap  Percaya diri di  #usiacantik yang aku miliki saat ini. Kalau ceritamu, bagaimana?

121 komentar:

  1. Saya lebih sepakat dengan pendapat eks teman SMA mba dulunya hehe :D

    BalasHapus
  2. Wuah mbak Ade memang awet muda, cantik banget, seger ceria :)

    BalasHapus
  3. wah.... mba ade udah pakai lama ya.... pantes keliatan banget hasilnya.... coba ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya udah lama pakenya. Setelah mencoba berbagai merek akhirnya cocoknya dengan loreal

      Hapus
  4. Mba Ade memang udah cantik dari sono-nya jadi mau pake apa aja tetap cantik :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh kulitku kering banget aslinya. Jadi kalo gak pake apa2 malah suka ngeletek krn terkelupas dan bersisik gitu

      Hapus
  5. aku juga sering dikira belum nikah atau blm pny anak, wahaha, padahal udah bolak balik hamil, dan anaknya udah 2, xixixi.

    BalasHapus
  6. Ketemu Mba Ade langsung keliatan banget cantik & mulus wajahnyaaa, aku pun minder hahahaha. Aku jadi ikut2an pake Loreal Refitalift Dermalift biar kulit wajahku terlihat lebih kencang kayak Mba Ade XD *ngga mau kalah* hihihi

    BalasHapus
  7. Mbak Ade tetap awet muda dan cantik :-)

    BalasHapus
  8. Mbak Ade tetap awet muda dan cantik :-)

    BalasHapus
  9. Ikutan mba Ade ah, biar awet muda...secara Januari besok 38.
    Di usia segini saya malah baru belajar dandan, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komen saya sama dg mba ety, di usia segini baru belajar damdan..alhamdulillah kesadaran itu setelah jd blogger

      Hapus
    2. Samaaa.. Aku belajar dandan juga dulu setelah usia 35 an.. Sebelumnya cuek aja cuma lipstikan..pake bedak.. Setelah 40 aku memutuskan utk ninggalin bedak biar kulit bisa napas.. Jadi pake pelembab aja

      Hapus
  10. Mba Ade bening bangeeeettt... ngga keliatan klo udh 40 lebih koq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhuk makasih Uniek. Alhamdulillah

      Hapus
  11. Mba Ade bening bangeeeettt... ngga keliatan klo udh 40 lebih koq.

    BalasHapus
  12. Wow, keren banget artikelnya Mbak Ade. Suka bacanya jadi nggak bosen dari awal sampai akhir.

    Makin cantik di usia kepala 3. MAkasih tips dan infonya Mbak :)
    Mampir juga di rumah sederhanaku ya www.awanhero.com :)

    BalasHapus
  13. Mba Ade cantik dan mulus, ihh mupeeeng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo dirawat kulitnya mulai sekarang

      Hapus
  14. Tipsnya dan rahasianya oke banget Mbak. Teruji 😍

    BalasHapus
  15. Mbak Ade udah cantiiik.. awet muda. Ha ada yg nyangka kalau udah mau nikahin anak.

    BalasHapus
  16. Asik,...rahasianya dibagi2..

    Mbak Ade udah pake l'oreal sejak la ya? Huhu aku mau ah nyobain. Kan pengen tetap bebas kerut kaya mba ade

    BalasHapus
  17. mba Ade pangling gak pake kaca mata :) suka deh lihatnya.
    iya nih kao rendengan sama mba ade kaya yg tuaan aku wakakka ... #tutupin kerut

    BalasHapus
  18. muka mbak ade keliatan seger.. berbinar-binar gitu.hihi

    BalasHapus
  19. Mbak Ade memang tetap terlihat cantik dan bening. Karena Mbak Ade sudah lama menggunakan produk ini, berarti benar0benar udah terbukti ya. Saya mau ikutin jejak Mbak Ade juga, ah :)

    BalasHapus
  20. Kalau cocok dgn kosmetiknya asyik ya mbak... 😊

    BalasHapus
  21. Kalau cocok dgn kosmetiknya asyik ya mbak... 😊

    BalasHapus
  22. Kalau aku, susah cari kosmetik yg cocok

    BalasHapus
  23. Wajah mbak Ade memang mulus banget dan super bening, aku suka lihatnya.

    BalasHapus
  24. Mbak Ade nikah muda? Atuhlah aku uda 25 tapi belom nikah. Huaaaaa.. *mendadak baper*

    Tapi iya sik, mukak Mbak emang masik baby face. Kirain masih 28-29 an. Huh. Akoh tertipuh. -_- *kompetitip*

    BalasHapus
  25. Aku nggak percaya mbak ade udah diatas 40 tahun. Ya ampun itu kulitnya masi kinclong banget si -_- . Aku aja yg masih 27 udah kayak gini haaaaaaa

    BalasHapus
  26. Wahh ternyata mba Ade diatas 40 tahun tapi itu muka masih kelihatan masih muda.

    BalasHapus
  27. kulitku juga cenderung keringmbak, jadi pelru banget pelembab. Ah mbak ade mah memang cantik ga kelihatan udah umur kepala 4 kok

    BalasHapus
  28. Wah sama nih, aku juga melahirkan anak bungsu di usia 36. Aku juga kaget lho dengan usia mbak Ade. Wuih.. gak nyangka. Sempet curiga nikah di usia belasan tahun pas liat foto anak sulungnnya. Ternyata, Mbak Ade awet muda. Keren deh. Pengen kayak gitu jugaaa... *semoga gak telat* hihihi

    BalasHapus
  29. Liat mba Ade aku berpikir.. nanti saat 45 thn masih cantik sprti mba Ade gak ya ??

    BalasHapus
  30. Duh Teh Ade aku mah minder liat wajahmu yang super duper awet muda :D

    BalasHapus
  31. terlihat awet muda jadinya ya mba :)

    BalasHapus
  32. Mbaaaak, kinclong bener...
    Hae Soo doang mah lewat atuhlaaaah hahaha...
    *kekepin Wang So*

    Aku juga pake L'oreal ini dari lama mbak, dulu aku pake yang kemasan produknya warna biru dan sekarang beralih ke yang Revitalift :))

    BalasHapus
  33. Iya buat ibu-ibu semua, wajahnya tolong dirawat ya, jangan ampe kusut, gak nyaman diliat he..he...

    BalasHapus
  34. Langsung pegang pipi, usap lembut wajah...duh, usia di atas 30 sudah terlewat 4 tahun nich,

    BalasHapus
  35. Mb ade mirip artis korea jsng geum hihihi

    BalasHapus
  36. Mba ade udah cantik ya, tinggal kcantikannya dirawat aja jadi tetap..cantik,segerrrr.Loreal memang mantab mba, btw next aku dan pendar sot mba ade dan si bontot ya...

    BalasHapus
  37. Mba Ade emang awet muda. Kulit wjahanya mulus. Akhirnya sudah tahu rahasia kecantikan mba Ade. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah bagi rahasianya mba. Hihii

      Hapus
  38. Mbak ade... cantik bin awet muda bingit... :D

    BalasHapus
  39. oh rahasianya revitalift-dermalift dari L’Oreal

    Regards
    Budy | Travelling Addict
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  40. Mba Ade maaahh kayak 25 thn. Gak nyangka usianya udah 45 thn .. aku iriii...cantiknya keterlaluan!

    BalasHapus
  41. Asli cantik dari lahir mba Ade, dan pakai perawatan gini jadi terlihat menarik lebih lama deh.

    Dan bener emang, mereka yg suka dandan tapi malas bersihin muka malah cepet kusut mukanya.

    BalasHapus
  42. Cerita yang hm .... bisa dibilang mirip kayaknya :)

    BalasHapus
  43. wah, mbak Ade kulitnya mulus banget ga nyangka udah 35+ mungkin karena mbak Ade rajin perawatan dengan produk yang sesuai dengan usianya ya? Mau ah mulai nyobain L'Oreal Dermalift XD

    BalasHapus
  44. Sepertinya harus minta tipsnya deh dari mbak ade supaya mamah saya juga cantik gituh, ahi hi hi.

    BalasHapus
  45. Wiks wiks wiiiksss.. Mbak Adee cantiiiiknyaaaa bikin nganaaaan

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  46. cantik mba, saya kira mba umurnya masi 20an dibawah 30 gitu. Yahh, semoga nanti jodoh saya juga bisa secantik mba. *masi tahap pencarian*

    BalasHapus
  47. Mba ade sih memang sdh cantik dari lahir :)

    BalasHapus
  48. Aku mahh percayaaa mbak ade makin ke sini malah makin cantiikk

    BalasHapus
  49. Aq langsung minderbklo jejer mb Ade, harus nuoba Loreal juga nih :)

    BalasHapus
  50. Wah, Mbk Ade kelihatan banget awet muda. Melahirkan anak bungsu usia 36 wah, aku masih mau nambah gak ya di #usiacantik hehr

    BalasHapus
  51. Mbak Ade nah awet muda pake banget. Klo Mbak sebut usianya 30an jg orang percaya aja koq. Pengen deh jg bs awet muda spt Mbak ;)

    BalasHapus
  52. Masyaallah mbak ade ayu banget sih. Seneng bgt liat wajah mbak ade yg happy and shiny gtu. Moga2 ntar klo aku seumur mbak ade jg cantik gini :)

    BalasHapus
  53. Emang usia fisik tidak ditentukan oleh usia kronologis ya mba. Asalkan bisa bahagia menikmati hidup dan rajin merawat tubuh atau kulit, insya Allah tetap bisa tampil cantik :)

    BalasHapus
  54. pengen kayak mba ade... kelihatan awet muda n glowing :*

    BalasHapus
  55. Wah mbak ade...thanks banget nih buat sharing dan rekomendasi nya... kebetulan lagi nyari yg pas buat aku secara aku banget ini ulasannya... pingin cantik tapi gak ribet...
    By. Faidzul Muizzah

    BalasHapus
  56. Mba Ade Cantik banget, nggak nyangka udah 45, keliatan fresh, dan itu kulitnya kindling banget, sih

    BalasHapus
  57. cantik banget mbak Ade ditambah lagi wajah cerianya itu
    makin senang liatnta

    BalasHapus
  58. Mba Ade ceritanya inspiring banget, tulisannya mengalir dan seru :D
    Kulitmu itu mulus banget Mba, bak kue yang ingin kugigit hahaha
    Makasih tips Usia Cantiknya Mba :)

    BalasHapus
  59. hiyaaakk terus kau gak percaya gitu mba Ade Anita udah 40an umurnya. Tapi bener yah, menjaga kesehatan kulit harus dr usia 20an ba=iar tetep kinclong di usiacantik nantii. AKu dulu suka abai bngt sama perawatan wajah. huhu

    BalasHapus
  60. ngeliat modelnya begini, aku lgs percaya ama loreal nya :D.. aku jg ga nyangka mba udh 45.. serius, jauuuuh lbh mudah :).. ini usia 34 udh bisa make blm sih?

    BalasHapus
  61. Sayang ya kita belum pernah ketemu mbak.. eh udah lama juga saya ga mampir diblognya nih,, hehehe.. 3 tahun berlalu perasaan wajahnya ga berubah tetep cantik, apalagi perawatan wajahnya pake loreal ya mbak.. makin kinclong ajaaa :D

    BalasHapus
  62. Pakai baju apapun mba admin tetap cantik deh

    BalasHapus
  63. Wah alhamdulillah hampir setengah abad.

    Kayak belum usia 40-an. :D

    BalasHapus
  64. ibu dan anaknya sama sama cantik

    BalasHapus
  65. Mba emang cantik banget. :) Rahasianya boleh ditiru, ya? :)

    BalasHapus
  66. Duh mba, saya nih jarang banget perawatan wajah apalagi yang lain.
    Nggak krbayang nanti klw saya seumuran mba bakal terlihat kayak apa yaa.. #tutup muka.. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. lahh.. masih ada waktuuuu... ayo mulai saja dirawat dan diperhatikan sekarang

      Hapus
  67. Inner beauty memang benar adanya tetapi perlu dibackup dengan kecantikan luar. Tentu tetap memadupadankan dengan kondisi yang ada.
    Semoga tetap cantik dan percaya diri.
    Salam hangat dari Jombang.

    BalasHapus
  68. Baru berkunjung ke blog nya mba Ade. Seketika aku iri liat wajahnya glowing sekali, masih keliatan muda, fresh dan happy banget, bawaanya seneng baca postingannya hehe :D

    BalasHapus
  69. wow luar biasa mba ini,, tetep awet muda, pengalamannya seru banget,, yang aku ketahui selama ini biasanya kalau wanita cepat sekali mengalami ketuaan dari usia nya khususnya yang sudah menikah, tah apa ya sebebnya kurang tau juga, apa karena kesibukan urus anak hingga ga sempat merwat diri atau gimana..

    tapi mba ini luar buiasa tetap muda dan berseri dari usianya,,salut deh

    BalasHapus
  70. Mba Adeee..*kucek kucek mata lihat angka 45*
    Serius Mba?
    Ya Allah pengen banget awet muda dan awet cantik kayak Mba Ade. Eh tapi awet cantik itu kan berarti emang udah ada cantiknya ya. Kalau aku kayaknya nggak ada, hahaha *cry*

    Kalau kulitku sawo busuk Mba, wkwkwk. Kebanyakan ke sawah sama berenang di kali pas kecil kayaknya. Udah gitu pas SMP 3 tahun nggenjot sepeda tiap hari lewat sawah.
    Jadiii kulitku sampai sekarang ya eksotis cenderung gelap dan banyak bintiknya.
    Worth to try berarti ya L'oreal ini. Tapi untuk usia berapa sih Mba? Up 35 ya? Aku masih 30 tahun nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seri loreal yg aku pake ini utk usia 35 +... Meski begitu ada peruntukan seri loreal utk usiamu. Saranku sih jangan pilih yg dengan whitening krn warna sawo matang itu kalo ditimpa whitening malah jadi pecah warnanya..jadi belang belang

      Hapus
  71. subhanallaaah, gak nyangka, usia mbakAde tetap seperti muda kok.. ini toh rahasianyaaa, *langsung pegang cermin

    BalasHapus
  72. Mbak Ade nih, makin di #usiacantik beneran makin cantik :D

    BalasHapus
  73. Mba Ade memang cantik banget. Dan baca pengalaman mba Ade udah 10 tahun pake Loreal, aku jadi pengen ikutan juga. Nyesel dulu cuek banget sama perawatan wajah. Sekarang dibela-belain deh bersihin muka biar nggak kusam. Dan aku happy, Loreal Revitalift yang udah hampir 2 minggu aku pakai, bikin kulit muka mulai kenyal dan lembut. Suka deh.. :)

    BalasHapus
  74. Mampir aah, wah komen blog nya rame bingit
    Klo rajin dirawat terus sih biasanya kinclong sih ya... :)

    BalasHapus
  75. Kalau mbak ngaku umur 35 tahun pun aku bakal percayaaa...
    Sprouten sama freckles itu sama ngga sih~

    BalasHapus
  76. tes tes.. aku barusan komen panjang banget tapi udah masuk apa belum ya mbaa ._.

    BalasHapus
  77. Fresh banget mba di #usiacantik nanti jadi rekomendasi buat saya kalau udah masuk usia cantik, hehe...

    BalasHapus
  78. Menonjolkan kelebihan untuk menutupi kekurangan itu penting ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. penting banget sih buat aku.. karena dengan begitu aku gak fokus inget kekurangan lalu nggak bisa move on

      Hapus
  79. mbak ade tetap terlihat cantik dan imut meskipun sudah usia cantik, mau diapain juga tetap cantik hehe

    BalasHapus
  80. Maaaakk, aku kalah dengan wajahmu. Hikss hikss aku yang belum 30 aja gak punya wajah kinclong seperti dirimu.

    BalasHapus
  81. Emaaak Ade Cantik bangeet seeh, selalu fresh,syukaaaa!!
    Cerita usia cantikku tungguuu ya Mak ;)

    BalasHapus
  82. Ini apa-apaan umur 45 masih kelihatan muda banget.. *Nangis di pojokan..

    Pengingat banget ini, walaupun nanti mungkin gak secantik Mba Ade tapi kulit harus dirawat.

    BalasHapus
  83. emang Mbak Ade ah kulitnya bagus banget :)

    BalasHapus
  84. haseek dapet banget nih postingannya, apalagi dibaca sama aku yang jelang usia 30 and still single (huwaaa..). semoga ketularan awet mudanya embak, punya keluarga, dan bisa lanjut studi ke Ausie. Amin. ^^

    BalasHapus
  85. Hi Bunda..
    Salam kenal. Saya masih berusia 25 tahun tapi ketika baca review dan tulisannya Bunda merasa kayaknya masih seumuran nih sama Bunda.Apalagi waktu lait fotonya hehehe. Mudah-mudahan saat usia saya masuk 45 tahun, masih sesegar Bunda Ade Anita.

    Salam, Annisa (ideannisa.wordpress.com)

    BalasHapus
  86. Usia santik itu 35 - 45 yak Mbak.
    Btw, ngga sangka deh itu Mbak udah 45? Kulitnya masih kelihatan kencang ...

    BalasHapus
  87. Waah, saya banget yang cuek ama perawatan. Nuhun sharing dan tipsnya Mbak Ade yang makin cantik di Usia cantik. ;)

    BalasHapus
  88. Mbak Ade kulitnya kinclong banget sih...jadi ngiri...hehehe

    BalasHapus
  89. Salam blogger mba..salam kenal dari garo-blog.com
    Senang sekali bisa berkunjung ke adeanita.com, ternyata keren-keren artikelnya mba ....

    follback yahh

    BalasHapus
  90. Mbaaa aku juga pake L'oreal lohh dari seri biru sampe skrg jdi ikutan pake seri merah (revitalift). Cocok banget dengan kulit aku.

    BalasHapus
  91. Mbak Adeeeee... gak nyangka udah kepala 4 dan punya anak bujang. Ini muka mbak Ade halus banget sih...

    BalasHapus
  92. suer deh, mbak ade nggak keliatan 40an nya :)

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...