badge

Rabu, 13 Januari 2016

Trend Souvenir Dalam Gathering & Temu Ilmiah

[Lifestyle]
Pemberian souvenir dalam sebuah acara temu ilmiah atau gathering rasanya sudah menjadi sebuah kelaziman. Tidak jarang, beberapa acara Gathering dan Temu Ilmiah bahkan mencantumkan hal ini dalam undangan mereka. Sehingga sudah dianggap menyatu dan bagian dari acara itu sendiri.

Pernah baca kan tulisan seperti ini:

Acara:
- bla bla bla
- bla bla bla
- Setiap peserta akan diberikan : Sertifikat dan Souvenir untuk seluruh peserta

Untuk urusan souvenir atau cindera mata ini, rasanya setiap tahun jika diperhatikan sebenarnya ada sebuah trend yang terjadi. Beberapa tahun yang lalu, pemberian pulpen dan buku notes menjadi sebuah trend. Lalu pernah juga yang menjadi trend itu Pin dengan logo perusahaan tersebut di Pin tersebut. Lalu pernah juga gantungan tempat menaruh Name Card.

Artinya, perubahan tersebut disesuaikan dengan anggaran dan sesuatu yang sepertinya dibutuhkan oleh peserta acara temu ilmiah dan gathering tersebut. Itu sebabnya peluang ini tidak disia-siakan oleh perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan souvenir untuk acara workshop, seminar, gathering tersebut.

Jika diinventarisir, maka setahuku yang sering diberikan dalam sebuah acara seminar/workshop dan gathering itu adalah sebagai berikut:

- Semua produk berbahan karet 

(Produk Karet Gelang, Rubber Souvenir, Karet Promosi, Gelang Karet, Tempelan Kulkas, rubber merchandise/ produk karet/ rubber souvenir/ souvenir karet/ PVC rubber/ keychain/ gantungan kunci 2 dimensi/ gantungan kunci 3 dimensi/ gantungan kunci 4 dimensi, Souvenir Gantungan Kunci karet, Gelang Karet, Label Karet untuk Souvenir)
Karena sudah amat lazimnya pemberian souvenir tersebut, maka bermunculanlah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan barang-barang souvenir untuk seminar, gathering, wisuda, pelepasan karyawan, serah terima jabatan, dan sebagainya.

- Semua produk yang bisa dipakai oleh tubuh peserta

(topi, saputangan, tas, kaos, payung. Tentu saja dengan logo perusahaan atau tag line acara tersebut).

- Semua produk yang terkait dengan kelengkapan alat tulismenulis peserta

(Pulpen, buku notes, stabillo)

- Semua produk yang terkait dengan gadget

(Dahulu disket kosong, sekarang USB)

Nah, khusus yang terakhir inilah yang ingin aku sorot dalam tulisan ini.


SOUVENIR BERBENTUK USB


Menarik loh trend pemberian USB ini. Karena, ketika USB dulu baru-baru muncul, harga USB memang cukup lumayan untuk dimiliki. Tapi, mungkin karena kebutuhan kapasitas tempat yang lebih banyak untuk menyimpan memory dalam sebuah USB, maka terjadi peningkatan kapasitas memory.

Akibatnya, USB dengan kapasitas tidak terlalu besar akhirnya dijual dengan harga yang cukup murah, dan USB dengan kapasitas cukup besar dijual dengan harga yang juga semakin terjangkau.
Tahu nggak, sekitar 2 tahun lalu saja, aku pernah harus menahan diri untuk bisa membeli USB dengan kapasitas memory yang cukup besar untuk dapat menyimpan data-dataku yang ada di Notebook.

USB ini berguna karena dengan USB ini, kita tidak perlu lagi menenteng notebook kemana-mana. Cukup bawa saja USB, selipkan di dalam dompet lalu kita bisa tetap mengakses data kita asal bisa bertemu dengan notebook atau gadget saja. Gunakan saja OTG Converter.

Nah... ini beberapa koleksi USB yang ada di rumahku (ini beberapa aja; sisanya tidak berhasil difoto):



Di antara USB di atas, yang paling aku suka adalah yang ini nih:

USB dengan kapasitas yang cukup besar

Bisa difungsikan sebagai gantungan kunci

ini juga USB, tapi ada pulpennya (dan bisa diisi ulang)

ujung yang satu pulpen, ujung yang lain bisa jadi laser pointer
Tapi, meski sudah memiliki banyak USB di rumah, tetap saja deh jika sedang berjalan-jalan ke mall lalu melewati toko yang menjual aneka macam USB yang lucu-lucu, aku dan putriku tetap saja merasa gemas dan kompak bilang "Ihh... lucuuuu."

Salah satunya tuh jika melewati USB yang mengadopsi karakter kartun atau mainan lucu. Rilakkumma misalnya. Kebetulan, putriku yang remaja sedang senang-senangnya dengan karakter Rilakkuma.

Seperti ini nih:

credit: tokopedia.com

Tuh. Lucu-lucu banget kan?
Kebayang kan kenapa aku dan kedua putriku selalu menghentikan langkah di depan etalase toko dan kompak berteriak: Ihh.... Lucuuuu.


18 komentar:

  1. betul mak, souvenir USB ini sekarang sepertinya sudah wajib - apapun acaranya loh. kecuali kawinan kali ya :) Kl yg lucu2 aku blm pernah punya... Kapasitasnya gede mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang souvenir biasanya kapastasnya cuma 4 GB. Tapi kalo yang dijual bebas (bukan souvenir bisa gede tuh, ada yang sampai 128 GB sekarang. Tapi kuhsus yang lucu2 aku perhatikan isinya paling besar cuma 16 GB aja sepertinya. Mungkin karena bentuknya lucu jadi diperuntukkan untuk anak sekolah atau kuliah jadi mereka mikir buat apa gede2?

      Hapus
  2. Lucu ya, gambar boneka...aki yo pengen kalo souvenirnya macam beginian mbak...hehehe

    BalasHapus
  3. keren-keren ya mbak USB zaman sekarang...enggak cuma alat untuk colok doang hehe

    BalasHapus
  4. keren-keren ya mbak USB zaman sekarang...enggak cuma alat untuk colok doang hehe

    BalasHapus
  5. souvenir yang aku suka..yaa yang bermanfaat buat saya,,,,seperti USB atau Payung,...koleksi USB-nya lucu banget...unik :-)
    keep happy blogging always...salam dari Makassar - Banjarbaru :-)

    BalasHapus
  6. Eh serius mak dulu suvenirnya disket kosong? Hihihi ... lumayan tapi kalo hadiahnya USB gini, soalnya seringkali USB dipinjem dan gak balik. Jadi banyak setoknya.

    BalasHapus
  7. waaah usbnya lucu2..banyak juga koleksinya mak.
    klo sy ada beberapa juga usb dr souvenir yg terkesan salah duanya usb motif batik dr UN dan USB berbentuk emas batangan dr BSM.
    blom dipake masih sayang hahaha

    BalasHapus
  8. Pas datang di acara peluncuran produk baru susu anak, souvenirnya USB. Hiyaaa.. Sng bgt dapatnya. 4G kan lumayan buat nyimpen data :)

    BalasHapus
  9. sama mba ade..usbku banyak
    maaayaaan

    BalasHapus
  10. iiih iya lucu tuh yang beruaaang

    BalasHapus
  11. Imut banget. Aku gak bakal beli nih. Kebayang malah dijadikan mainan si kecil sebelum kepake. -,-

    BalasHapus
  12. notes, pulpen & usb flash banyak banget hasil sovenir :)

    BalasHapus
  13. lucu, lucu n imut imut ya souvenin usb nya ...

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...