badge

Kamis, 28 Januari 2016

Fitur Kids Centre Membuat Acer Liquid Z320 Aman Bagi Anak

[Parenting] Oke. Aku ngaku deh. Aku seorang ibu-ibu yang hobi main game. Dan sepertinya, kegemaranku ini menular ke anak-anakku. Anak-anakku juga punya kegemaran main game.

Dulu, kami bermain di game komputer/notebook. Sengaja banget beli dvd game lalu diinstal di dalam komputer/notebook. Itu sebabnya jika membeli notebook, pasti mencari tipe yang enak jika dipakai untuk main game, sekaligus aman untuk mata dan pergelangan tangan.

Sekarang, tentu saja zaman sudah berkembang. Segala rupa game rasanya sudah bisa dicari di android market jika kita memiliki gadget. Sekarang, kegemaranku main game agak berkurang. Tapi anak-anakku tetap. Tidak bertambah alhamdulillah, tapi juga belum berkurang.
Secara natural, semua anak-anak itu senang bermain. Bukan hanya senang, bahkan anak-anak memang butuh bermain. Bermain adalah hak setiap anak. Karena lewat bermainlah anak-anak akan mempelajari berbagai macam hal. Karenanya, sebagai orang tua, kita punya kewajiban untuk memenuhi hak anak tersebut.

Yang harus kita, sebagai orang tua, lakukan adalah, memilah dan mengawasi serta mendampingi mereka ketika sedang bermain. Sekaligus juga mengendalikan agar kegiatan bermain, belajar, beribadah dan pemenuhan kebutuhan dasar anak-anak tetap terpenuhi.

Sedikit berbeda dengan orang tua lain yang melarang anak-anaknya untuk terlibat lebih jauh dengan gadget, aku termasuk orangtua yang "sedikit" memerdekakan anak untuk bermain game di gadget. Kenapa? Karena sesungguhnya, tidak semua game yang tersaji di gadget itu membahayakan perkembangan anak. Jika kita, sebagai orang tua, mau sejenak saja terlibat dalam pemilihan dan pengawasan atas game yang anak-anak instal dan mainkan, maka bermain game itu banyak positifnya.

Beberapa hal yang anak-anakku dapatkan karena bermain game adalah:

1. Hafal lambang negara dan bendera negara di seluruh dunia.
2. Bisa belajar bahasa asing.
3. Cepat belajar berhitung.
4. Cepat belajar membaca.
5. Terlatih untuk menyusun rencana 2 - 3 langkah ke depan jika ingin memutuskan sesuatu.

Dan memang, sebuah riset telah membuktikan bahwa sesungguhnya, ada 10 cara untuk membuat agar anak lebih cerdas.  Dan tahukah kalian, ternyata bermain game itu terdapat di 2 point di antaranya.



"Loh kok bisa? Kenapa bermain game bisa mengakselerasi kecerdasan anak?
Sebentar. Ini maksudnya semua game gitu? Termasuk game yang berdarah-darah dan penuh dengan monster-monters mengerikan itu?"

Tunggu.
Yang dimaksud permainan game yang bisa membantu mengakselerasi kecerdasan anak itu adalah game yang memang isinya mengajak anak untuk berinteraktif secara positif. Game apa saja baik jika game-game itu melatih sekaligus mengajak anak untuk belajar bersama. Belajar sambil bermain. Bermain sekaligus belajar.

Sesungguhnya, pelajaran yang disampaikan dengan cara yang menyenangkan, akan bisa dengan cepat tercerap oleh anak-anak. Dan anak-anak pun minim memperoleh stress karenanya.



Itu sebabnya, sebagai orang tua yang memiliki anak-anak dari  generasi Z  (baca tulisanku tentang ini: Generasi Z: Apa, Siapa dan Bagaimana) aku pun awas terhadap perkembangan teknologi gadget dan internet.

main dan pegang hape di waktu bersamaan, di sekolah
Anak-anakku, rasanya sulit jika harus disterilkan dari perkembangan teknologi gadget dan internet. Teman-temannya di sekolah, telah mengenal dan akrab dengan yang namanya gadget. Bahkan, anakku dan teman-temannya, selain mengembangkan pertemanan di dunia nyata juga melanjutkan hubungan pertemanan mereka di dunia maya. Jadi, meski masih anak-anak, tapi mereka rata-rata memiliki akun media sosial. Saling foto, foto selfi, welfi, foto makanan, foto kegiatan, tukar menukar lagu, lalu menshare itu semua ke akun media sosial mereka.

Bukan hanya kegiatan bersenang-senang dan kegiatan sosial saja yang dikembangkan oleh anak-anakku dan teman-temannya dalam memanfaatkan gadget. Mereka, juga memanfaatkan gadget untuk memudahkan proses belajar di sekolah. Seperti memanfaatkan kamus bahasa inggris, mengabadikan tugas sekolah yang diberikan oleh guru, melaporkan nilai pelajaran yang diberikan oleh guru pada orang tua.  Sekaligus, memanfaatkan berbagai fitur yang ada di dalam gadget untuk keperluan lain seperti searching informasi, mengetahui informasi terkini, dan sebagainya. Belum lagi menonton film dokumenter bersama dan bernyanyi bersama-sama. Termasuk, menghafal (murojaah) Al Quran dan Al Hadits.

Tugas hafalan surat Al Quran, yang diposting di akun Instagram

Itu sebabnya tuntutan mereka agar bisa memiliki gadget sendiri menjadi sesuatu yang patut dipikirkan.

Handphone yang cocok untuk anak-anak

Untuk memenuhi tuntutan agar bisa memiliki gadget sendiri, sebenarnya ada beberapa syarat yang aku dan suamiku gariskan pada anak-anak.

1. Handphone itu tidak boleh terlalu canggih dan terlalu mahal.

Ini penting. Karena handphone yang diperuntukkan untuk anak-anak, jika terlalu canggih dan terlalu mahal, otomatis akan mencolok dan menarik perhatian siapa saja. Nanti bisa-bisa, orang jadi terpancing untuk melakukan kejahatan pada anak-anak jika anak-anak terlihat memiliki handphone yang terlalu canggih dan terlalu mahal.

2. Handphone itu nyaman dan cukup aman bagi kesehatan anak.


Mungkin, ada yang pernah mendengar sindrom digital eye strain atau disebut juga computer vision syndrome. Ini adalah sebuah sindrom yang diakibatkan terlalu lama menatap layar komputer atau layar handphone. Mata menjadi terasa kering, pedas, penglihatan kabur. Pada kondisi yang berlanjut, bisa meluas menjadi sakit leher dan punggung.

Selain itu, juga ada sindrom text claw, yaitu nyeri pada pergelangan tangan; dan sindrom cell phone elbow, yaitu peredaran darah di sekitar tangan terutama jari yang terganggu akibat tangan terlalu lama menekuk memegang handphone.

Dan jangan lupa yang sekarang lagi banyak menjangkiti orang-orang di seluruh dunia adalah sindrom Nomophobia. Yaitu kekhawatiran jika tidak memegang handphone. Jadi jika tidak ada handphone di tangan, jadi merasa ada yang kurang dari dirinya. Sindrom terakhir ini akibat kecanduan handphone nih. Akibat terlalu lama bercengkerama dengan handphonenya.

Nah. Kalau bisa sih, kalau mencari handphone untuk anak-anak itu yang tidak menyebabkan berbagai sindrom seperti ini deh. Biar bagaimanapun, anak-anak kan masih dalam usia emas pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, motorik dan kejiwaan mereka ya. Jika masih anak-anak sudah terjangkit sindrom-sindrom di atas; kasihan juga sih.

Prinsipku dan suami, semua itu ada batas waktunya. Jika terlalu lama, itu tidak baik. Terlalu sering juga tidak baik. Berbicara dan bergaul secara langsung, face to face, adalah lebih utama ketimbang hanya lewat layar handphone. Dan anak-anak butuh yang namanya bergerak, berlari, melompat, berputar-putar. Bernyanyi, deklamasi, main teka teki dengan suara, memegang sesuatu, mencabut sesuatu, memeluk, menggendong, menenteng,  dan berbagai aktifitas motorik lainnya. Demi kesehatan fisik dan mental mereka juga.

3. Ada fitur parental control di handphone tersebut.

Ini penting. Aku garis bawahi: PENTING.

Kenapa? Karena kita kan tidak mungkin berada full 1 x 24 jam berada di samping anak-anak kita. Kita punya kegiatan lain yang harus dikerjakan. Melakukan kegiatan aktualisasi diri, mengerjakan hobbi. dan karena aku seorang ibu rumah tangga maka aku juga punya tugas untuk berbelanja, membereskan rumah, memasak, mencuci, dan sebagainya. Otomatis ketika aku melakukan kegiatanku itu, aku tidak berada di samping anak-anakku.

Padahal, zaman sekarang gitu loh. Persinggungan anak-anak dengan dunia internet itu rawan untuk disusupi oleh oknum-oknum yang ingin merusak karakter baik anak-anak kita. Bahkan tidak jarang, bisa membahayakan keselamatan anak-anak kita.

Tapi,  jika pun aku punya waktu senggang untuk berada di samping anak-anakku, mereka juga tidak nyaman jika aku mengawasi apa yang sedang mereka lakukan setiap detiknya.

"Ngapain sih bu?" (biasanya ini nih pertanyaan yang mereka ajukan jika aku mencoba untuk mengintip apa yang sedang mereka kerjakan; sambil menutupi layar handphonenya)

Karenanya, keberadaan fitur Parental control menjadi terasa penting.

ACER LIQUID Z320


Tahukah kalian bahwa ACER sekarang mengeluarkan sebuah handphone entri level dengan nama ACER LIQUID Z320 ?

Acer Liquid Z320 ini, adalah handphone yang diperuntukkan untuk seluruh orang Indonesia. Dengan harga yang cukup terjangkau, kita  bisa memiliki sebuah smart handphone dengan performa audio yang menjanjikan. Dilengkapi teknologi DTS Sound, Acer Liquid Z320 akan menyajikan kualitas suara jernih yang akan menambah sensasi seru. Baik ketika sedang bermain game. Atau mendengarkan musik. Atau menonton film.




DTS Sound adalah teknologi audio yang membantu para pengguna handphone Acer Liquid Z320 untuk menikmati alunan koleksi musik dengan kualitas output audio yang super jernih. Kualitas suara yang dikeluarkan juga akan terasa nyaman saat didengarkan di telinga. Bahkan, teknologi ini memungkinkan kita untuk merasakan kualitas audio setingkat konser musik, baik saat didengarkan melalui speaker ataupun earphone.


W-O-W.

Dengan demikian, para pengguna handphoen Acer Liquid Z320 bisa ikut mendendangkan lagu-lagu favorit  melalui speaker saat Acer Liquid Z320 diletakkan di atas meja. Atau, saat dalam perjalanan menuju kantor atau kampus atau ke sekolah  hanya dengan memasangkan earphone di Acer Liquid Z320-nya. Hehehe.


Eh.
Tunggu sebentar. (scroll ke atas)
...
...
Main game?
Nonton Film?
Di layar handphone?
Iya, benar. Nggak salah baca kok.
Karena, layar handphone Acer Liquid Z320 ini memiliki ukuran 4.5 inch, FWVGA (854 x 480) IPS wide view angle. Lebar kan. Dan bakalan terasa luas.

Dengan begitu, Acer Liquid Z320 ini akan terasa pas digenggam dan muat untuk dimasukkan ke dalam kantong celana atau kemeja (asal jangan sampai jatuh saja ya). Pemilihan ukuran layar ini memang disesuaikan dengan karakteristik orang Indonesia yang merasa lebih nyaman menatap layar gadget yang lebih besar. Hebatnya lagi, main game sambil membuka berbagai media sosial dan browsing juga nggak bakal bikin smartphone Acer ini lemot. Hal ini berkat prosesor Qualcomm Snapdragon Quad Core 1.1 GHz dan RAM 1GB yang cocok untuk beragam aktivitas multimedia tanpa kendala lag.

ya iyalah pasti.  Paling enak menatap layar lebar ketika main game. Layar kecil bikin mata perih.


Bagian belakang Acer Liquid Z320 menggunakan desain hairline brush sehingga memberikan kesan visual yang kokoh. Desain rangka belakang dirancang melengkung sehingga pengguna Acer Liquid Z320 akan merasa nyaman saat menggenggam smartphone ini dengan satu tangan. Frame tengah yang terbuat dengan proses NCVM (non-conductive vacuum metalizing) memperkuat kesan elegan pada desain smartphone berbobot hanya 142 gram ini. 

Jadi, sudah keren, nyaman digenggam, ringan, dan tidak licin ketika digenggam. Handphone saudaraku rusak gara-gara tergelincir karena licin ketika digenggam soalnya hehehe (informasi nggak penting. Abaikan).

Oh satu lagi. Handphone Acer Liquid Z320 ini, juga memiliki fitur Gourmet Mode. Hahahahaa.... ini nih, fitur penting buat yang pingin narsis dengan wisata kulinernya. Jadi nanti tinggal diposting deh di akun Instagram, facebook, dan akun medsos khusus makanan/jajanan. 

Fitur Gourmet Mode ini, akan membuat tampilan warna makanan semakin terlihat menonjol dan menggiurkan. Apalagi ditunjang dengan kamera Acer Liquid Z320 yang berkekuatan kamera 5 MP auto focus with LED flash light dan kamera depan 2MP Fixed Focus. Hasil fotonya bisa disimpan di dalam handphone karena internal memory Acer Liquid Z320 ini berkapasitas 8 GB dan jika masih kurang puas, bisa ditambah dengan eksternal memory ukuran Micro SD.


KIDS CENTRE Acer Liquid Z320: Fitur Aman Bagi Anak


Jadi bagaimana nih caranya agar orang tua tenang dan anak-anak juga senang dengan keberadaan handphone di tangan? Ada caranya. Yaitu dengan melalui kepemilikan Acer Liquid Z320. 

Untuk menghadirkan keamanan ekstra sekaligus memberikan hiburan yang sesuai,  Acer Liquid Z320 menyediakan Kids Center yang dibenamkan  atau di -pre instal di dalam handphonenya. Ini merupakan aplikasi yang akan menjadi pusat aktivitas kreatif yang aman bagi Si Kecil. Aplikasi ini sudah di pre-instal di handphone Acer Z320. 

Mengapa Kids Centre Acer Liquid Z320 bisa sekaligus membuat orang tua tenang dan anak senang? Karena:

1. Tampilan body handphone ini keren. Dia juga ringan dan nyaman digenggam. Nyaman ini penting; karena setidaknya bisa meminimalisir sindrom text claw dan cell phone elbow. 

2. Layarnya, memiliki fitur Bluelight shield. Fitur ini yang akan mengubah karakter warna layar sehingga mengurangi efek sinar biru yang bisa melelahkan mata. 

3. Bisa mengatur penggunaan waktu pemakaian handphone. Nah. Ini nih. Penting. Bukan apa-apa sih. Karena, jika sudah bermain game atau menonton sesuatu di handphone, anak-anak sering tidak mau berhenti. Dengan adanya fitur pengaturan lama waktu pemakaian handphone ini maka seperti memasang alarm sekaligus mengaktifkan tombol shut down dengan minimal protes dari anak-anak. 

"Nah... sudah mati. Berarti sudah saatnya untuk berhenti pegang hape."

4. Ada parental control. Meski kita tidak berada di dekat anak-anak nih, atau tidak melakukan gerakan bergerilya untuk bisa diam-diam mengintip apa yang sedang dipelototi oleh anak-anak kita; kita tetap bisa mengetahui apa yang dikerjakan oleh anak-anak kita loh. Yaitu dengan fitur parental control ini. Jadi nih, kita buat akun yang terintegrasi dengan handphone Acer Liquid Z320. Setelah terintegrasi (tersyncronise) maka kita bisa membaca laporan berapa lama penggunaan handphone tersebut dan apa saja aplikasi yang anak-anak mainkan hari itu lewat laporan email. 

Kita juga bisa mengantisipasi apa saja yang bisa dirambah oleh anak-anak dengan handphone di tangan mereka. Ya lewat akun yang terintegrasi ini. Jadi semacam, melihat kegiatan anak secara langsung tapi dari jarak yang jauh yang tidak disadari oleh anak-anak bahwa mereka tetap kita awasi. 

Disamping itu, dengan parental control, kita juga tenang karena anak-anak insya Allah tidak bisa merambah ke fitur-fitur lain yang ada di handphone Acer Liquid Z320. Karena memang tidak bisa. Diperlukan password tertentu untuk bisa merambah ke fitur selain Kids Centre. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan mereka mengonsumsi konten yang dianggap kurang baik dan memiliki dampak negatif.

5. Tapi apa nggak bosan tuh anak-anak terus menclok di satu fitur saja? Nggak usah khawatir. Karena, meski hanya 1 fitur, tapi isinya segudang kegiatan. Dan pada tiap-tiap kegiatan tersebut, ada pembaharuan (up date)nya yang bisa dilakukan setiap hari. Jadi, nggak selalu isinya pilihan lagu yang itu-itu saja. Bisa juga lagu-lagu lain. Nggak cuma nonton film Cinderella saja setiap hari, bisa juga menonton film-film lain yang bisa didownload. 

Kids Center Acer Liquid Z320, dalam hal ini, memberikan usulan aplikasi dan video yang sesuai, serta game yang memang aman untuk dimainkan anak kecil. Ada pula berbagai channel video yang pas ditonton mereka dengan pendekatan konten edukatif dan menghibur. Bahkan, jumlah channel video yang positif ini terus bertambah setiap harinya. 

6. Gimana jika anak-anak mematikan handphone lalu menghidupkannya kembali? Apa masih bisa aman meninggalkan anak-anak dengan handphonenya? 

Nah. Hal-hal yang bikin parno kayak gini nih, yang sepertinya sudah dipersiapkan oleh Kids Centre Acer Liquid Z320. Tampilan untuk memutar video dibuat berbeda dari tampilan YouTube. Acer mendesainnya sedemikian rupa agar penggunanya tidak “tersesat” saat memutar video yang ternyata tidak sesuai dengan profil penggunanya. Jika semua keamanan dan kenyamanan ini dirasa masih kurang, para orangtua bisa mengaktifkan Extra Safe Zone yang dapat mengunci ponsel di Kids Center meskipun telah dinyalakan ulang.

7. Meski berada di dalam Kids Centre, anak-anak juga tidak mesti cuma melakukan kegiatan main game dan nonton film atau menyanyi saja loh. Anak-anak juga bisa melakukan kegiatan variatif lain yang terkait dengan pemanfaatan Handphone. Seperti selfi, welfi, menghias foto mereka. Galeri foto dari Kids Centre juga dibuat terpisah. Tidak tercampur dengan foto dari tempat lain. 

Ih. Anak zaman sekarang itu, yang namanya eksis dan narsis sepertinya sudah menjadi hal yang biasa. 

8. Oh ya, kita juga bisa mendownload ribuan aplikasi yang akan terpasang di dalam fitur Kids Centre ini. Ini kesempatan nih, untuk mengarahkan anak-anak agar mau mengikuti informasi dan  game-game yang bisa mengakselerasi kecerdasan mereka. 


Biar lebih jelas dan tenang, dan menghilangkan rasa penasaran, mungkin bisa dilihat dari video berikut ini ya.

Ini salah satu aplikasi belajar sambil bermain yang ada di fitur Kids Centre.



Nah... itu baru contoh salah satu produk yang diperuntukkan untuk anak yang dimiliki oleh Acer Indonesia. Di Kids Centre masih banyak lagi produk aplikasi lain yang tidak diragukan lagi akan membuat orang tua tenang, dan anak-anakpun senang.



---------------------
Tulisan ini diikut sertakan di lomba blog: 


26 komentar:

  1. wah mbak ade udah keren infografisnya :D good luck mbak...aku nyerah kalo review2 gadget gini :D

    BalasHapus
  2. Aku kenal Mbak Ade Anita ya gara-gara mbak Ade penulis yang suka mai The Sims. -_-
    Keceee ulasannya... Kalau dari ulasan Mbak Ade, yang menarik adalah sistem shuting down jadi alarm game berakhir. Yaaaahh.. kenapa berakhiiirrr... :( Hidupin lagi, main lagi
    >_>

    BalasHapus
  3. Waaah...lengkap banget reviewnya. Jadi nggak was-was lagi kalo anak-anak nge-game. Anak-anakku hobi banget nge-game...tapi aku batasi juga sih, biar nggak kecanduan...

    BalasHapus
  4. betul mba, gak semua game memang tdk baik, asal kita bisa memilih game yg baik utk anak2, gak asal main game

    BalasHapus
  5. nah ini mah cocok buat aku juga nih, secara kadang aku suka addicted main game. hehehw

    BalasHapus
  6. infographisnya keren banget, dan emang keren juga nih hape cocok buat anak ya mbak.

    BalasHapus
  7. Teryata mba Ade juga suka main games yaa. hehhee. Mungkin diambil dampak positif ya dari penggunaan gadget :)

    BalasHapus
  8. wuihhh kemajuan sangat pesat nih mbak Ade, maju terus, lengkap mbak, ALfi masih pake hp saya kalo ngegame, aku sampe matiin youtube supaya dia ga macem2, kudunya punya smartphone khusus untu anak ya

    BalasHapus
  9. hape ini cihuy bangeeet pokoknya! eh, infografisnya juga ketjeh badai :D

    BalasHapus
  10. Iya gabisa dipungkiri ada positifnya jg main game. Yg paling sy rasakan zaidan jd sering nanya kosakata bhs inggris, raissa jd sering berceloteh bhs inggris walo tak tau artinya. Soalny kebanyakn game pke bahasa inggris

    BalasHapus
  11. Mantabs infonya, infografisnya keren.

    BalasHapus
  12. Wah, Mbak Ade penggemar game ya? Saya dan putra saya tidak. Tapi alhamdulillah, putra yg nomor dua sudah mulai buat aplikasi game sederhana berbasis android, meski dia bukan penggemar game.

    BalasHapus
  13. Iya ya selama ini selalu memandang dari sudut pandang kalau game itu tak bermanfaat.

    BalasHapus
  14. Mangtabsss komplitnyaaaa.....

    Iya bettulll....
    Aku sendiri dah ngerasain mb acer liquid z320,ini keren lah pokoknya untuk harga sejuta

    Salam kenal :)

    BalasHapus
  15. Mangtabsss komplitnyaaaa.....

    Iya bettulll....
    Aku sendiri dah ngerasain mb acer liquid z320,ini keren lah pokoknya untuk harga sejuta

    Salam kenal :)

    BalasHapus
  16. Infografisnya keren ih mbak Ade :) semoga menaang

    BalasHapus
  17. Aku pernah mengulas hp ini jg mba, krn aman bgt buat sean ada parenting kontrolnya plus harganya yg gak termasuk murah. Daannnn....artikel ini kece berat, infografisnya keren. smg mennag ya mba :)

    BalasHapus
  18. semoga menang ya mb, saling mendoakan hehehhe
    salam kenal

    BalasHapus
  19. cakep ya gadget ini. klo aku ga terlalu suka main game. dulu pernah suka main tapi yg nyebelin itu jadi ketagihan.

    BalasHapus
  20. Ini infografisnya keren banget Mbk Ade, semangat ya Mbk Ade, semoga menang ya Mbk.

    BalasHapus
  21. bener sekali, enggak bisa ful 1 x 24 jam. Acer Liquid Z320 memang pas untuk anak-anak

    BalasHapus
  22. Wahhh ulasan mak Ade lengkap, top deh ah. Menang mak menang pasti neh

    BalasHapus
  23. Waaah full deh isinya. Semoga menang Mak :D

    BalasHapus
  24. mantap, ulasannya lengkap, info grafiknya keren.

    BalasHapus
  25. wah udah mahir dan cakap info grafisnya ya mbak...sukss untuk kontesnya

    BalasHapus
  26. asik bangat blognya semoga bermnafaat

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...