badge

Rabu, 26 Juni 2013

Review Blognya Mugniar: Membaca Blog layaknya Membuka Sebuah Ensiklopedia

Kata orang,  isi kepala seseorang itu terlihat dari cara dia mengemukakan sesuatu dan cara dia memandang sesuatu. Jika kata orang ini sebuah fakta yang bisa dipertanggung-jawabkan maka aku bisa memastikan bahwa blog yang aku review ini dimiliki oleh seorang yang cerdas dan punya rasa ingin tahu yang besar serta pantang menyerah untuk belajar hingga dirinya menguasai sesuatu. Ya, inilah blog milik temanku Mugniar Marakarma, yang dia beri nama: Mugniar's Note: Sebuah Renungan.



Ketika aku baru mengajak diriku sendiri untuk mulai aktif sebagai seorang blogger (jadi bukan hanya memperlakukan blog sebagai sebuah memory eksternal saja seperti selama ini), blognya Mugniar adalah salah satu blog yang membuat mataku terbuka akan arti penting sebuah blog. Ya, blog adalah sarana bagi kita untuk menulis apa yang kita lihat atau kita dengar, dan lalu kita rasakan, kita pikirkan, lalu melalui proses merenung dan akhirnya... lahirlah sebuah tulisan. Itulah pelajaran yang aku dapat ketika membaca blog milik Mugniar.

Bagi perempuan lulusan Fakultas tehnik Universitas Hasanudin ini, "ngeblog adalah mendokumentasikan segala peristiwa bermakna dalam kehidupan." Itu sebabnya tulisan-tulisan yang ada di blog Mugniar's note ini begitu kaya raya dengan informasi yang insya Allah bermanfaat. Jika diibaratkan dengan sebuah situasi, maka ketika kita memasuki blog Mugniar, maka yang tadinya kita hanya bertujuan untuk mengetahui sesuatu maka setelah selesai dari membaca blognya, maka yang kita dapatkan ternyata bukan hanya informasi yang kita cari tapi juga informasi tambahan lain yang insya Allah berguna. Jadi tidak heran jika di awal tahun 2012, blog milik Mugniar ini terpilih sebagai 5 buah blog yang isinya dijadikan sebuah buku oleh penerbit Leutika Prio.  Keren kan?

ilustrasi covernya sama lagi, anaknya tiga orang seperti jumlah anak Mugniar


Mungkin, jika diilustrasikan maka situasi yang kita dapatkan ketika berkunjung ke Mugniar's note adalah seperti ini:

serasa seperti sedang membaca ensiklopedia deh
Ada banyak tulisan essay Mugniar yang aku suka banget karena sarat dengan informasi. Dari banyak yang aku suka itu, aku paling suka dengan tulisan dia tentang Perempuan Pecinta Aksara. Yaitu seorang ratu yang memiliki nama asli Retna Kencana Colli’ Pujie Arung Pancana Toa Matinroe Ri Tucae tapi kemudian terkenal dengan nama Ratna Kencana Colli Pujie. Colli Pujie inilah yang buatku adalah "figur tokoh perempuan maju di jamannya yang sebenarnya" (bahkan menurutku dia lebih hebat dari figur Kartini; kenapa? Karena Collie Pujie ini sudah belajar seperti halnya lelaki, lalu pengetahuannya itu dia tulis dan karya tulisnya itu terkenal di dunia internasional. Sedangkan Kartini terkenal karena surat-surat pribadinya dipublikasikan oleh sahabatnya Stella ketika Kartini tidak bisa melakukan apapun untuk menentang budaya patriakal di zamannya).

Selain itu, aku juga suka dengan tulisan dia tentang Mempertentangkan Teori Darwin. Jika membaca tulisannya ini, kita gak pernah nyangka bahwa yang dia tulis itu sebenarnya adalah sebuah review atas sebuah buku karena essay yang dia tulis begitu lengkap dan informatif. Dan demikianlah kita akan mendapatkan tambahan informatif jika membaca semua tulisan perempuan yang mengaku seorang yang tidak pandai tampil di hadapan orang-orang untuk berbicara dan mengemukakan pendapat karena punya sifat gugup, pemalu dan pendiam. Persis seperti judul blognya, "Sebuah Renungan", maka isi blog Mugniar memang banyak berisi renungan-renungan yang akhirnya menjadi sebuah informasi yang kaya raya.



Ini kondisi yang akan kita temui di blognya Mugniar.

hehehehe, semua informatif yang kaya raya itu diijamin bakal bikin kepala kita membesar karna  menampungnya

Sekarang mari kita amati tampilan fisik blog Mugniar.

Hanya ada dua jendela di badan blognya, yaitu jendela utama yang berisi postingan-postingannya dan jendela kedua adalah banner-banner dan informasi singkat dari Mugniar sendiri. Nah, yang saya suka dari semua banner ini adalah banner berikut ini:


Dari rangkuman keikut sertaan semua blog yang dia ikuti ini, kita bisa mengetahui betapa populernya seorang Mugniar itu. Jadi, jangan heran jika kita mengintip ke bagian komentar untuk semua postingannya, maka kita akan menjumpai jumlah pemberi komentar yang jumlahnya selalu fantastis, bukan cuma belasan tapi sudah PULUHAN. Masya Allah (dari sebuah forum untuk sharing, Mugniar memberi tips agar banyak pengunjung yang datang ke blog kita, yaitu: kita juga harus rajin berkunjung ke tempat blog orang lain dan Mugniar memang seorang yang senang bergaul dalam banyak komunitas; tidak heran jika dia begitu populer dan akhirnya Blognya cukup lumayan mendapat kerjasama dengan pihak komersial maupun non komersial).

Dalam satu halaman tayang di halaman muka, Mugniar menayangkan 7 buah postingan dimana pada setiap postingan yang kelak akan dihubungkan dengan fasilitas "read more" dia sudah memperkenalkan tulisannya bukan hanya dalam satu paragraf saja seperti halnya blog-blog pada umumnya tapi sudah menayangkan tiga hingga empat paragraf sebelum kita berlanjut ke tulisan utuhnya jika kita mengklik "read more". Kelebihan cara ini, pembaca jadi memperoleh gambara kira-kira apa yang akan disajikan di tulisan utuhnya kelak. Tapi kekurangan cara ini menurutku adalah mengurangi rasa penasaran pembaca untuk membaca tulisan itu secara utuh jika kebetulan dari awal sudah tidak tertarik.

Mugniar termasuk seorang blogger yang rajin sekali update blognya. Untuk memudahkan pengunjung, ada baiknya kita membaca dulu kategori tulisannya jika ingin mencari inspirasi tulisan karena tulisan dia memang amat beragam. Mulai dari menulis tentang kesehariannya sebagai seorang ibu, hingga sepak terjangnya sebagai seorang perempuan yang cinta terhadap lingkungan sekitarnya. Juga cerita lain seperti kegiatannya ngeblog dan reviewnya atas sesuatu yang dia baca atau lihat; atau kenangan-kenangan masa lalunya yang tetap asyik untuk disimak. Semua tersaji dalam penggolongan Kategori yang apik. Dan itu masih ditambah dengan panduan link tulisan terkait di akhir setiap tulisan yang kita baru selesai baca.

ini dia kategori di blognya Mugniar


Terus, apa dong kelemahan dari Blog perempuan cerdas yang artikelnya tentang Pemberdayaan Perempuan Indonesia di Era Digital terpilih menjadi juara 3 di lomba blog  ICT USO EXPO 2013? Ah. Sepertinya tidak ada. Blog ini rapih, kecepatannya untuk tayang baik di hape maupun notebook cepat (tidak terlalu berat loadingnya), dan jujur kita sebagai pengunjung tidak diganggu oleh aneka ragam iklan yang pop up atau bertempelan di dinding blognya atau muncul di tengah-tengah tulisan (meski sebenarnya Blog ini juga menjalin kerjasama dengan beberapa produk komeersial dan non komersial). Tata letaknya juga sederhana dan kesederhanaan itu justru malah membuat kita betah berlama-lama disana. Dan satu lagi, Mugniar amat rajin membalas semua komentar yang masuk di blognya dan melakukan kunjungan balasan. Ini asli harus diacungi jempol. Jadi, dia seorang tuan rumah yang baik sekaligus tuan rumah yang senang menjalin tali silaturahmi dengan para tamunya. Dan satu lagi, enaknya  ngasi komen di postingannya Mugniar adalah, kita tidak diminta untuk menulis kata sandi apapun. Buatku ini memudahkan jika sedang blog walking via hape.

Karena tidak ada kritik untuk blognya secara fisik, maka aku akan memberi kritik dari sisi yang aku pahami saja deh, yaitu yang terkait dengan profesiku sebagai seorang perempuan yang hobi baca dan nulis.

Waktu awal-awal aku membaca blog Mugniar, sebagai seorang pembaca yang gemar membaca macam-macam tulisan, jujur nih, aku sering mengerutkan keningku karena gaya menulis Mugniar yang terasa seperti melompat-lompat. Karena sering aku merasa bahwa sebuah sajian informasi belum selesai, tapi dia sudah menceritakan sebuah tema baru dalam tulisannya, meski memang ada hubungannya sih cuma karena "ide isi tulisan"nya berubah jadi terasa ada lompatan. Tapi, memang demikianlah gaya menulis Mugniar ternyata (jika kita sudah sering membaca tulisan-tulisannya yang lain). Bisa jadi karena dia adalah seorang perempuan yang aktif sekali dalam mengamati sekitarnya, menuliskannya lalu mengulasnya menjadi sebuah essay dengan menyisipkan informasi yang kebetulan dia ketahui. Masalahnya, yang dia ketahui ternyata ada banyak sekali. Itu sebabnya terasa bahwa dia ingin cepat-cepat membagi apa yang dia ketahui itu yang bagiku jadi terasa seperti ada lompatan ide. Mungkin dia khawatir jika tidak cepat-cepat ditulis nanti terlupakan. Jadi, langsung dia tulis (dan lupa membuat kalimat pembuka yang menghubungkan antara ide yang satu dengan ide yang lain. Hehehe... ini pengamatanku sebagai seorang penulis).

Tapi terlepas dari lompatan ide itu, isi informasi yang dia berikan super duper komplit. Jadi, tidak rugi jika kita menelusuri isi postingan di blog ini (dan tidak rugi juga jika menjadikan blog Mugniar ini sebagai salah satu blog pavorit untuk dikunjungi tiap pekannya... seperti yang aku lakukan... hehehe.. asli menginspirasi kita untuk tertular pingin menulis juga).

Kalau aku sih, suka dengan blog ini. Kamu?

--------------------
Penulis: Ade Anita
 Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan 





17 komentar:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. Waahhh.. keren blognya dijaiin buku..

    BalasHapus
  3. Mbak keren ilustrasinya. Pake software apa? ajarin dong? hehe *salah fokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku gambar sendiri pake software draw di android tabletku

      Hapus
    2. Iya, suka sama ilustrasinya. Kreatif dan keren :)

      Hapus
  4. Aku juga suka berkunjung ke blognya Mak Mugniar...
    Memang benar, padat info... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik.. ada yang sepakat ma aku rupanya.

      Hapus
  5. Aku sering ke blog mbak Niar. Memang selalu inspiratif tulisannya. Juga rajin sekali mbak Niar posting.

    Reviewnya keren, mak. Semoga sukses dengan kontesnya.

    BalasHapus
  6. Komen saya koq hilang, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh.. kamu komen apa emangnya? ga ada yang dihapus kok

      Hapus
    2. Cek spamnya mbak Ade. Kemungkinan masuk komen SPAM

      Hapus
  7. Terimakasih mbak Ade. Maaf saya baru main ke mari. RIbet, kedatangan adik sekeluarga yang lagi liburan dan pingin ke MIWF, pulang2 langsung tepar. Ini baru buka2 blog lagi.

    Duh, rasanya saya koq belum seperti yang disebut mbak Ade. Kalo mengenai lompatan2 itu memang benar hehehe. Entah ya, sepertinya betul tebakan mbak Ade. Di kepala sering muncul bayak hal yang pingin dituangkan. SAya masih sering lepas untuk mencermati hubungan antarparagraf.

    Makasih ya mbak Ade, saya mau lebih memperhatikan ini lagi :)

    Oya. Kalo boleh usul :CARI BLOG INI-nya mbak Ade ditaruh paling atas. Sy lihat nyaris semua blog/web seperti itu. Sy bingung kenapa. Waktu saya mencari2 tulisan dengan bolak9balik mengetikkan judul di kolom SEARCH mbak Ade baru saya mengerti.

    Lebih mudah mencari kotaknya kalo terletak paling atas. Kalo di tengah begini agak sulit rupanya. Sekadar saran saja mbak Ade, terserah mbak Ade bagaimana. Yang jelas blognya sudah lebih rapih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Mugniar. Iya, karna aku tuh kadang pingin praktisnya aja jadi pas ada lomba dan disuruh pasang banner aku langsung pasang ngasal aja di atas akibatnya widget search sering terdorong ke belakang lagi

      Hapus
  8. Setuju dengan tulisan mbak Ade Anita, awalnya ngeblog itu cuman menuangkan apa yang aq rasa, bahkan sempat dibilangi lebay sama teman2 dekatq, hehehe. Sampai akhirnya mbak Mugniar berkenan memberikan komentar di salah satu tulisanq ' Mengetuk Nurani'. Wah, rasanya seneng banget, jadi makin semangat menulis. Semoga qt semua bisa mengikuti jejak mbak Mugniar dan Ade Anita, aamiin...

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...