Selasa, 25 Oktober 2016

7 Manfaat Banyak Minum Air Putih.

[Lifestyle] Padahal nih, jika dipikir-pikir pekerjaan yang paling mudah itu adalah minum air putih. Tinggal ambil gelas, tuang air dari dispenser atau botol air mineral, lalu minum airnya. Selesai.
Tapi ternyata, ini tidak bisa dibilang mudah juga. Bagi anak-anak, pekerjaan minum air putih ini sepertinya adalah sesuatu yang harus diingatkan terus-menerus  dan bagi mereka sendiri malah jadi seperti sebuah beban tersendiri. 

Anak-anakku, entah mengapa ketika mereka masih anak-anak pada susah jika disuruh minum air putih. Sehingga, aku harus selalu mengingatkan mereka untuk minum air putih.
"Dik, ayo minum air putih dulu."
"Iya nanti bu."
"Kapan nak, kapan? Ibu butuh kepastian. Nggak bisa jika begini terus. Ini nggak jelas. Bikin galau." (dibaca dengan intonasi a la sinetron)
"Ibu... ibu nyuruh aku minum air putih atau nyuruh apa sih sebenarnya?"
"Eh.. . minum air putih sih. Peace, nak."

Tidak jarang, anak-anakku sering jatuh sakit karena sebuah alasan yang sama sekali tidak keren didengar: "Kurang minum air putih, jadi dehidrasi sendiri."
Huff.
Lelah.

Ini wajah putri bungsuku ketika dia sakit karna dehidrasi kurang minum air putih (eh tapi karena baru belajar puasa juga sih saat itu)


"Hei... jangan lupa minum." (kembali aku suatu hari mengingatkan anak-anak yang sedang asyik dengan kegiatannya untuk minum air putih).
"Sudah kok."
"Kapan?"
"Tadi kan aku makan pakai kuah. Terus minumnya teh manis hangat."
"Ihh, bedaaaa.... minum air putih itu untuk mencuci ginjal. Sedangkan minuman teh justru mengandung ampas yang bisa mengotori ginjal loh."

Minum-minuman manis seperti teh, kopi, sirup, atau soft-drink memang enak. Tapi, lebih baik jika meminum air putih. Saran untuk mengonsumsi air putih 8 gelas sehari, bukan hal yang percuma. Karena, air putih itu ternyata memiliki banyak manfaat. 

Ini dia 7 manfaat banyak minum air putih.


1. Minum air putih membantu menyeimbangkan cairan tubuh. 

60% tubuh kamu terdiri dari air. Fungsi cairan tubuh adalah untuk pencernaan, menyerapan, sirkulasi, memproduksi air liur, memindahkan nutrisi, dan mengatur suhu tubuh.

2. Minum air putih membantu mengontrol kalori. 

Bertahun-tahun, mereka yang berusaha menurunkan berat badan meminum banyak air putih sebagai strategi. Sebenarnya, air putih tidak dapat mengurangi berat badan, kecuali kamu mengganti minuman manis berkalori tinggi dengan air putih. Minum air putih sebelum makan juga membantu kamu mengurangi napsu makan loh, jadi kamu akan mengonsumsi lebih sedikit dari biasanya.

3. Minum air putih memberi tenaga pada otot. 

Saat sel otot tidak memiliki cukup cairan, otot biasanya tidak dapat bekerja dengan baik. Sehingga, kamu akan merasa lemas. Jadi, minum air sangat penting terutama saat olahraga atau sedang menjalani banyak aktivitas.

4. Minum air putih membuat kulitmu lebih bersinar. 

Kulit mengandung banyak cairan dan berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk mencegah tubuh kehilangan cairan. Dehidrasi atau kekurang cairan akan membuat kulit lebih kering dan berkerut. Jadi, kalau kamu ingin mencegah keriput lebih lama, minum air putih dengan cukup.

5. Minum air membantu menjaga kesehatan ginjal. 

Ginjal manusia memproses 200 liter darah setiap hari, memilah mana yang limbah atau bukan. Setelah dipilih limbah akan dibawa ke kandung kemih. Namun, dalam melaksanakan tugasnya ginjal membutuhkan cukup cairan. Tanpa cairan ginjal terpaksa bekerja lebih keras. Jika kamu tidak terbiasa minum air putih dengan cukup, bisa-bisa masalah ginjal, seperti gagal ginjal, muncul di kemudian hari.  

6. Minum air putih meredakan lelah. 

Bukan hanya kopi, air putih dapat menghilangkan lelah dan kantuk. Salah satu tanda dehidrasi adalah kelelahan. Sehingga, minum air putih dalam jumlah banyak bisa membantu.

7. Minum air putih mencegah rasa nyeri. 

Saat tubuh dehidrasi biasanya sendi akan terasa sakit dan otot mengalami kram, sementara bagian lainnya akan terasa kaku. Dengan meminum air putih yang cukup, maka kamu dapat terhindar dari nyeri sendi dan otot.


Setelah tahu manfaatnya, jangan malas lagi untuk meminum air putih yang cukup ya.

9 komentar:

  1. ternyata banyak sekali manfaat minum air putih ya mbak, selain menyehatkan juga baik untuk kesehatan.

    Btw, foto ibu dan anaknya mirip ya :D hihihi

    BalasHapus
  2. Aku maniak bangeet ama air putiiih mbaaa.. Hobi! Dan yg aku minum juga alkaline water. Tapi anak2 memang susaaah yaaa

    BalasHapus
  3. Kadang suka males minum air putih hehehe

    BalasHapus
  4. saya nih termasuk orang yang malas minum air putih. Duh, harus banget nih mengubah kebiasaan buruk yang satu ini!

    BalasHapus
  5. mungkin anak ibu pengen minum air putih nenggak langsung pake galon aqua mineral bernutrisi gizi tinggi yang cocok buat perkembangan anak usia dini.

    BalasHapus
  6. saya seharian kerja depan laptop, dan selalu sediakan air putih di samping laptop saya demi menjaga kesehatan

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah aku sukak minum aer putih, Mbak. Bahkan aku uda gak ngeteh en ngopi lagi. :D

    BalasHapus
  8. Dulu tuh waktu saya maish ngantor malas banget minum air putih. Sampe sering diomelin ma teman :D

    BalasHapus
  9. Wah jadi ingat, saya suka lupa mengingatkan anak2 untuk banyak minum air putih. Kalo pas ingat sih getol, sehari bisa berkali2 kalo pas lupa, hadeh bisa berhari2 lupanya. Postingan Mbak Ade ini mengingatkan saya ....

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...