badge

Selasa, 17 Maret 2015

Buanglah Sampah Pada Tempatnya

[Parenting]: Masih ingat dengan kalimat "Buanglah Sampah  Pada Tempatnya"?
Budaya buang sampah pada tempatnya itu sepertinya adalah budaya yang harus dibiasakan pada anak-anak kita sejak usia mereka masih dini. Karena, dengan pembiasaan yang terus menerus maka insya Allah akan terbentuk karakter untuk tidak buang sampah sembarangan pada anak.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk mengajarkan anak-anak mereka agar tidak buang sampah sembarangan. Seperti:


1. Menyediakan tempat sampah di rumah mereka di beberapa tempat yang mudah dilihat oleh anak-anak mereka. Misalnya di dapur dan di dalam kamar.

2. Ajarkan anak untuk membedakan apa itu SAMPAH KERING dan SAMPAH BASAH.
Sampah kering umumnya adalah sampah yang bisa direcycle lagi seperti sampah bekas koran/buku, pembungkus makanan dari kertas atau plastik, sisa rautan atau pecahan sebuah benda, dll.

Sedangkan sampah basah adalah sampah bekas makanan atau sisa dari kegiatan memasak atau sampah yang berasal dari hewan atau tumbuhan.
Misalnya: daun yang kering, kulit buah, biji buah yang tidak bisa dimakan lagi, sisa makanan yang tidak habis, potongan sayuran yang tidak mau dimakan lagi, sisa roti yang tidak habis, dan sebagainya.

Pembedaan pengertian SAMPAH BASAH DAN SAMPAH KERING ini, bisa berakibat pada pemahaman anak selanjutnya untuk mengerti mana sampah yang bisa hancur dengan cepat di atas atau di dalam tanah, dan mana sampah yang memerlukan perlakuan khusus jika ingin menghancurkannya.

Jika anak sudah memahami tentang proses pengolahan sampah tersebut, maka diharapkan anak akan lebih menghargai bumi tempat dia tinggal. Yaitu, bahwa jika SAMPAH KERING yang seharusnya memerlukan perlakuan khusus untuk proses penghancurannya ternyata dibuang sembarangan, hal itu bisa menyebabkan banjir, kebakaran, penyakit, dan sebagainya.

Jadi... jika suatu saat banjir melanda kota mereka, mereka tidak serta merta menyalahkan alam dan cuaca... tapi, bisa introspeksi diri, "jangan-jangan banjir datang karena mereka selalu buang sampah sembarangan?"

3. Selalu mengingatkan anak untuk buang sampah pada tempatnya.
Jadi, meski anak kita masih kecil, mungil, imut, lucu dan menggemaskan banget, tetap saja dibiasakan untuk menuntun dia agar bisa membuang sampah di tempat sampah. Jangan membuang di lantai atau di mana saja sesuka hati mereka.

NAHHHHH.....
Bisa jadi, karena dalam rangka pembiasaan untuk BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA inilah maka DINAS PERTAMANAN DKI JAKARTA membuat fasilitas layanan publik berupa penyediaan tempat sampah di tempat-tempat yang menjadi sarana Publik.

Di dekat rumahku, beberapa tempat aku lihat sudah mulai marak disediakan sarana tempat sampah. Bentuknya lucu-lucu. Jadi, aku pikir mungkin ini agar si kecil yang ikut orang tuanya ke taman atau halte bis tergerak untuk membuang sampah di tempatnya.







Tuh... lucu-lucu kan bentuknya?
Semoga saja penyediaan layanan sarana umum di taman-taman ini bisa menggerakkan masyarakat agat mau buang sampah di tempatnya. Tidak pada jorok-jorok lagi.

16 komentar:

  1. Tempat sampahnya lucu-lucu banget mak Ade, aku suka yang apel :)

    BalasHapus
  2. lucu bentuknya tapi gak lucu kalau orang-orang gak memanfaatkan tempat sampahnya ya mak

    BalasHapus
  3. Arg!! Lucunya.. Apalagi yang bentuknya pinguin..

    BalasHapus
  4. Itu tempat sampahnya lucu banget bentuknya, kalo di Surabaya sih aku pernah nemuin tempat sampah yang ada lampunya di pinggir jalan. Jadi kalo malem itu bisa nyala, jadi selain bisa jadi tempat buat buang sampah bisa juga buat pemanis jalan hehehe. Ayo jangan buang sampah sembarangan!

    BalasHapus
  5. kalo tempat sampahnya unik begitu sedikit banyak bisa membuat orang terutama anak-anak agar mau membuang sampah pada tempatnya
    nice share mbak
    salam :-)

    BalasHapus
  6. hihihi lucu banget tempat sampahnya,anak2 pasti berebuat buang sampah ^^

    BalasHapus
  7. hemm jadi teringat masa sekolah, yang mengumpulkan sampah plastik di tempat sampah sekolah untuk dikumpulkan dan di jadikan kerajinan.

    salam kenal :D

    BalasHapus
  8. Kalo aku sih pasti minat buang sampah dimana aja, apalagi buang mantan *ehh

    BalasHapus
  9. begitulah. buang sampah pada tempatnya adalah hal yang harus diajarkan pada anak. wajib hukumnya..

    BalasHapus
  10. Wah kalau lucu lucu begitu pasti yg harus nya ga di buang jadi mau di buang ke tempat sampah he he

    BalasHapus
  11. Budaya bersih ini yang memang harus digalakan ya mbak, masyarakat kita tuh paling susah dalam hal tertib buang sampah pada tempatnya. Pernah saya melihat orang minum minuman kaleng di tempat wisata, setelah habis maen lempar aja di danau padahal di sebelahnya ada tong sampah, Begitu ditegur hanya senyum dan bilang maaf mas sudah terlanjur....

    BalasHapus
  12. keren bangat artikelnya sangat menarik

    BalasHapus
  13. PROMO TERBARU DARI AFRIANI SHOP CELLULER UNTUK THN 2015 BERBAGAI TIPE HANDPHONE SEPERTI BlackBerry>Samsung>Smartfren.
    Sony>Nokia>Apple>Acer>Canon>Dell>Nikon>DLL Bila berminat silahkan
    Hotline : HP: 082311467788 ( BB 295a367f ) ATAU KLIK WEBSITE www.afrianishop.com

    DAFTAR HARGA LENOVO

    Ready stock barang_nya
    Lenovo P90
    Baru : Rp. 2.750.000

    Lenovo K3 Note
    Baru : Rp. 900.000

    Lenovo A6000
    Baru : Rp. 1.000.000

    Lenovo A5000
    Baru : Rp. 800.000

    Lenovo S856
    Baru : Rp. 1.100.000

    Lenovo A916
    Baru : Rp. 1.290.000

    Lenovo Muszik A319
    Baru : Rp. 500.000

    Lenovo K3 Lemon
    Baru : Rp. 590.000

    Lenovo A316i
    Baru : Rp. 470.000

    Lenovo Vibe Z2 Pro
    Baru : Rp. 2.650.000

    Lenovo S650
    Baru : Rp. 1.099.000

    Lenovo Sisley S90
    Baru : Rp. 1.500.000

    Lenovo Vibe Z K910
    Baru : Rp. 2.590.000

    Lenovo S660
    Baru : Rp. 1.150.000

    Lenovo S930
    Baru : Rp. 1.599.000

    Lenovo Vibe X S960
    Baru : Rp. 1.499.000

    Nikmati berbagai keuntungan berbelanja di sini.
    - Barang berkualitas dan harga relatif lebih murah
    - Dapat diantar ke seluruh indonesia
    - Keamanan di jamin karna setiap pengiriman di sertai asuransi proses cepat dan sederhana
    Barang di jamin 100% original baru dan bergaransi resmi.
    Kami melakukan Pengiriman barang lewat Tiki atau Jne ,Pos,Cargo,bagi luar kota,Ongkir ditanggung pembeli
    Satu-Satunya Toko Online Shop yang berani menjual barang di bawah harga normal (standar) di seluruh Indonesia Aman dan Mudah terpercaya .
    Berkat Anda Usaha Kami Jadi Semakin Lancar,Terima kasih telah berbelanja di Afriani Shop Celluler.
    ============SELAMAT BERBELANJA =================


    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...