badge

Kamis, 30 Januari 2014

Perempuan dan Internet

Saya adalah seorang pengguna aktif internet sejak anak saya baru 1 orang. Perkenalan pertama saya dengan internet terjadi di tahun 1998; yaitu ketika saya mengikuti suami yang mendapat tugas belajar di Sydney. Kebetulan, anak sulung saya senang sekali membaca dan ketika saya kehabisan bahan bacaan maka, saya ajak dia ke perpustakaan daerah.  Di perpustakaan itu selain menyediakan buku-buku juga menyediakan layanan internet gratis. Di sinilah untuk kali pertama saya membuat email dan mulai rajin mengikuti kegiatan di sebuah milis.


Setelah saya pulang ke Indonesia di tahun 2000, saya pun semakin aktif dengan kegiatan berinternet. Saya melakukan chatting dan ikut beberapa kegiatan kopi darat seperti bakti sosial dan buka puasa bersama kaum dhuafa. Kegiatan chatting yang masih menggunakan layanan MIRC di saat itu, mulai membuat saya belajar tentang banyak hal. Dan keterlibatan saya di beberapa milis, kian memberi peluang yang cukup besar bagi kegemaran saya menulis.

Ya. Saya memang gemar menulis sejak masih jaman duduk di bangku SMP. Tapi, kegiatan itu tidak terarah secara pasti. Barulah setelah saya aktif di beberapa milis, kemampuan itu semakin terarah. Tahun 2002, seorang teman menawari saya sebuah amanah yang lebih besar. Yaitu, tawaran untuk mengasuh rubrik khusus tanya jawab perihal berbagai macam persoalan di sebuah website khusus muslimah yang dia buat, yaitu www.kafemuslimah.com.

tampilan website kafemuslimah tempat aku bekerja dulu

Website kafemuslimah.com inilah yang mengasah kemampuan saya menulis selama 10 tahun (dari tahun 2002 s.d 2012). Saya mengasuh dua buah rubrik sendiri  yaitu rubrik "uneg-uneg"dan rubrik "muslimah dan media".  Niat awal saya menulis rubrik ini adalah agar website yang sudah membesarkan saya tersebut senantiasa update dengan tulisan-tulisan terkini. Sekaligus untuk menunjukkan kepada khalayak ramai bahwa seorang perempuan itu tidak selamanya buta atau awam terhadap perkembangan yang terjadi di sekitarnya. Mereka sesungguhnya amat peduli terhadap datangnya informasi dari berbagai macam media yang mereka temui; termasuk media internet. Bahkan bisa dikatakan, perempuan adalah sosok yang paling diuntungkan dengan keberadaan internet.

Internet, yang hadir di rumah-rumah setiap orang, selalu menyajikan sesuatu dengan sebuah kelebihan yang tidak dimiliki oleh media lain. Yaitu: punya kemampuan untuk menampilkan seseorang secara utuh sehingga sosok tersebut muncul dan terkenal; sekaligus punya kemampuan untuk menyembunyikan identitas seseorang sehingga siapapun tidak akan pernah tahu sosok sebenarnya di balik figur yang muncul di dunia maya.
Saya, selama mengasuh dua buah rubrik di website kafemuslimah.com tersebut, menjadi saksi atas sosok-sosok perempuan yang ingin sekali tampil dan muncul di hadapan banyak orang dan menjadi terkenal; tapi tidak sedikit ada juga sosok perempuan yang justru ingin agar semua identitas yang dia miliki di dunia nyata tersembunyi di balik layar monitor komputer saja.

Ya. Internet bisa menyimpan dengan amat rapi rahasia paling rahasia seseorang yang menggunakan mereka. Tapi sekaligus internet bisa mencuatkan sesuatu yang sebenarnya amat sangat biasa menjadi amat luar biasa.
Tahun 2012, setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya saya mengundurkan diri dari website kafemuslimah. Setelah mengundurkan diri itulah saya mulai melirik facebook sebagai wadah untuk menyalurkan kegiatan menulis yang ternyata sudah menjadi sesuatu yang amat akrab dengan keseharian saya. Fasilitas notes yang ada di Facebook benar-benar saya manfaatkan sebesar-besarnya. Hingga akhirnya di bulan Maret 2013 saya mulai bergabung dengan group KEB (kumpulan emak2 blogger) dan menyadari satu hal: bahwa ada fasilitas di internet yang memiliki fitur yang lebih hebat dari notes facebook, yaitu: BLOG.


Ya. KEB-lah yang membangkitkan kesadaran saya untuk memanfaatkan BLOG sebagai media menulis yang memberi banyak manfaat bukan hanya bagi diri saya saja tapi juga bagi orang lain dan tanpa batasan apapun.
fans page KEB

twitter KEB

 Jadi... terima kasih KEB.



44 komentar:

  1. Hi Mark...selamat pagi. Dengan internet semakin banyak orang berkiprah ya Mak

    BalasHapus
  2. Internet bikin perempuan produktif

    BalasHapus
  3. Dengan blog, kegiatan menulis kita menjadi nyaman ya mak...

    BalasHapus
  4. Ih Mak, sama dong dulu suka chatting di mIRC.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ketahuan deh angkatan berapa kita ini..hahaha

      Hapus
  5. Kita gak pernah etemuan ya dulu di MIRC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan2 pernah. Aku di room myquran

      Hapus
  6. hehehehe,,sama,saya dulu sempat kenal MIRC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku asyik tuh disana.. krn bisa ketemu banyak orang secara langsung dan aktif.

      Hapus
  7. Ya benar, Mak. Internet bisa mencuatkan sesuatu yang sebenarnya amat sangat biasa menjadi amat luar biasa. Dan fenomena itu yang sekarang banyak terjadi. Apa pun itu, yang penting internet bisa bikin perempuan produktif. Ya kan, Mak? Hehehehe. Suksesss.^^

    BalasHapus
  8. Kegemaran menulismu membuat kita bertemu di #50FinalisSB2014 ya mak. :)
    sukses selalu.

    BalasHapus
  9. Mbak Ade benar2 pembelajar dalam berinternet yang sehat. Saya salut lho, mbak Ade banyak punya ilmu untuk ngeblog dan menulis di internet, cepat belajar dan suka berbagi. Tetap seperti itu ya mbak Ade sayang :)

    BalasHapus
  10. jiaaaah, mIRC ya? ingat jaman itu, bela2in janjian online dari warnet hanya untuk bertemu di ruang ngobrol padahal pada tinggal satu kota ;)

    BalasHapus
  11. waaaa udah lama pake internet... :") jaman itu aku masih seneng2 pake mirc dan email2an--"
    sukses mak patut jadi panutan :*

    BalasHapus
  12. Waaah.... ada beberapa emak itu yang aktif di chat sejak lama heheheee.... Saya jarang chat mak, gak tau tuh, gak suka saja :D . Keren banget manfaat internet ya

    BalasHapus
  13. Untungnya ada internet ya Mak kita bisa kenal ya :) Salam sukses selalu

    BalasHapus
  14. MIRC? Toss ah Makk :)
    Aku juga suka banget chattingan pake MIRC
    malah masih ingat, dulu pake ID Gadis_Pelangi,hihih
    Sukses ya Mak di perhelatan Srikandi Blogger

    BalasHapus
  15. Komunitasnya keren banget Mak....dengan internet kita jadi berkumpul di sini ya ...sukses untuk langkah selanjutnya :)

    BalasHapus
  16. Ternyata memanfaatkan internet sudah sekian lama ya Mak.. dan selama itu pula Mak Ade sudah berbagi banyak hal. Hebat..
    Sukses utkmu Mak :)

    BalasHapus
  17. aku kenal internet gara2 suka MIRC itu mak...dan sebel klo chat ketemu org India ..hahaha aca-acha-acha :P

    BalasHapus
  18. "BLOG sebagai media menulis yang memberi banyak manfaat bukan hanya bagi diri saya saja tapi juga bagi orang lain dan tanpa batasan apapun"...setuju, Mak...
    Sukses terus buat Mak Anita ^_^

    BalasHapus
  19. "BLOG sebagai media menulis yang memberi banyak manfaat bukan hanya bagi diri saya saja tapi juga bagi orang lain dan tanpa batasan apapun"...setuju, Mak...
    Sukses terus buat Mak Anita ^_^

    BalasHapus
  20. Saya setuju dengan ungkapan Mak Ade tentang "Perempuan adalah sosok yang paling diuntungkan dengan keberadaan internet", karena dengan internet perempuan menjadi melek terhadap perkembangan yang terjadi di sekitarnya

    BalasHapus
  21. huwaaaa dirimu malah dari 98 udah kenal internet! aku tahun segitu masih SD apa SMP ya.... -_____-

    BalasHapus
  22. Dengan internet makin banyak perempuan mengakses socmed, di socmed ini banyak komunitas bermanfaat seperti KEB, juga komunitas lain misalnya yang berhubungan dengan kesehatan anak yang berperan penting untuk menyebarkan informasi yang in syaa Allah positif

    BalasHapus
  23. meskipun mak Ade baru ngeblog dari tahun kemaren tp tulisannya jago deh,,udah kaya penulis mahir. ga heran..mak Ade cerdas n hobi bgt baca ^^

    BalasHapus
  24. Berarti pas di rubrik jadi tempat curhat dong, Mak?
    Berterima kasih jug apada FB ya, Mak. Karena FB lah bisa ada Grup KEB. :)

    Semoga lolos ke tahap berikutnya ya, Mak!

    BalasHapus
  25. waaah..keahlian nulisnya benar-benar terasah ya maak...saya banyak berkutat dengan laporan hehehehe...sukses SB2014nya maak...perempuan dan internet pasti bisa terus bergandengan tangan..

    BalasHapus
  26. MAk sama ama mak is, 98 itu baru kelas 1 SMU hehe keren banget

    gudlak ya

    BalasHapus
  27. Menulis bisa jadi terapi juga mak

    BalasHapus
  28. Wah hebat bgt mak bisa ngasuh website besar selama itu. Salut :)
    Good luck ya mak :*

    BalasHapus
  29. Berkat internet juga aku gabung dengan KEB dan mengenal emak2 hebat seperti dirimu mak.
    Good luck ya

    BalasHapus
  30. Keren bgt mak..
    aku 98 baru masuk SMP :))

    BalasHapus
  31. Kunjungan MakJur.
    Good luck ya, Mak :)

    BalasHapus
  32. senior banget mak uda 10 tahun jadi blogger, saya baru kemarin sore hehehe:D
    semoga sukses dan lolos dari 50 besar dan masuk ke 10 besar srikandi blogger ya mak, amin :)

    BalasHapus
  33. Luar biasa Mak, ngasuh dua rubrik dalam waktu 10 tahun ^^b

    BalasHapus
  34. wow.. 10 tahun mengasuh rubrik muslimah pasti banyak banget yang di dapat ya makk..
    stay inspiring :)
    sukses SB nya ya mb

    BalasHapus
  35. Hai Mak, MakJur visit nih, good luck yaaa. :)

    BalasHapus
  36. Tiada hari tanpa internet, bisa dibilang begitu ya, mak :)

    BalasHapus
  37. Mak Ade, sampai juga saya di sini. Ternyata internet memberi kamu banyak kesempatan. Termasuk mengasah kemampuan berinteraksi dengan sesama. mengasuh rubrik bukan pekerjaan mudah. 10 th kamu mengasuh, sukses banget deh. Perempuan dan internet memang luar biasa, ya?

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...