badge

Sabtu, 09 Februari 2013

Penting buatku yang lagi doyan nulis tentang ini: aneka thriller/misteri

"aneka thriller/misteri".
 copas dari notesnya Nessa MetaKartika on Tuesday, 19 April 2011 at 10:18
dimana dia juga copas from. Donatus A Nugroho di Kelas CENDOL (hehehe)





Meskipun fiksi thriller lebih didominasi oleh horor dan horor-psikologis, tapi sebenarnya “kisah ketegangan” bisa menyajikan banyak aspek, sehingga muncul sub-genre (sub-tipe) sbb:

*Horror Thriller – kisah berisi konflik antara tokoh-tokoh di dalamnya terjadi secara mental, emosional dan fisik.. Tokoh-tokoh utamanya tidak hanya berhadapan dengan musuh yang lebih kuat, aneh, gaib dan supranatural, dan pada akhirnya mereka menjadi korban setelah merasakan ketakutan yang luar biasa akibat keterkaitannya dengan ‘musuh’ dari ‘dunia lain’.

*Psychological Thriller - kekuatan elemen thriller yang menitikberatkan pada tekanan psikologis atau kondisi psikologis serta akibat2 yang dihadapi masing-masing karakter

*Action Thriller – kisah yang dibumbui dengan aksi fisik dan adegan yang memicu adrenalin, situasi berpacu dengan waktu, menampilkan banyak adegan kekerasan dan dominannya satu/beberapa tokoh antagonis yang jelas.

*Crime Thriller - menampilkan cerita tegang dari sebuah atau beberapa tindakan kriminal yang sukses atau gagal.

*Disaster Thriller - menceritakan konflik yang terjadi karena bencana yang disebabkan oleh alam maupun oleh manusia, seperti banjir, gempa bumi, badai, letusan gunung berapi, dan bencana alam lainnya, atau bencana yang disebabkan oleh ulah manusia.

*Eco-Thriller - dalam karya ini sang tokoh protagonis (sang jagoan) harus menghindarkan atau memperbaiki sebuah bencana alam atau bencana biologis, disamping harus berhadapan dengan musuh-musuh atau tantangan-tantangan yang ada di cerita thriller lainnya. Komponen lingkungan hidup seringkali menjadi pesan utama atau tema dari cerita.

*Erotic Thriller – ditandai dengan banyaknya adegan-adegan syuur sebagai bumbu. Karya ini menggabungkan unsur erotis (yang dominan) dalam thriller berbagai jenis.

*Legal Thriller – kisah-kisah tegang yang berkaitan dengan urusan hukum dan keadilan, baik di dalam maupun di luar ruang persidangan.
Kasus hukum yang membahayakan yang mereka perjuangkan maupun nyawa mereka sendiri.

***
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...