Review Film Our Times

 [Keluarga] Ketika sedang merapikan email di Gmailku yang kepenuhan hingga banyak email yang masuk terpental-pental, aku menemukan draft review film yang dibuat oleh anakku Hawna. Ini bagian dari tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia dia ketika duduk di bangku SMP di SMP 107 Jakarta. 

Sepertinya, gurunya meminta Hawna untuk mengirim review film yang dia buat lewat email dan Hawna waktu itu nebeng email aku karena dia belum punya email. Aku sayang untuk membuangnya. Karena isinya lumayan menarik. Review film pertama Hawna, OUR TIME. Ini dia.




Teks tanggapan film "OUR TIMES"


(karya: Hawna N.I 9-6)


Judul : Our Times

Judul asli : Wǒ De Shàonǚ Shídài

Sutradara : Frankie Chen

Lama waktu film : 134 menit

Tanggal liris : 14 August 2015 (Taiwan)

Genre : Drama, Comedy, Romance





Pendahuluan :


Film Taiwan Our Times mendatangkan artis populer Taiwan yaitu Vivian Sung sebagai Lin Truly

atau Lin Zhen Xin , Darren Wang sebagai Zhu Tai Yu , Dino Lee sebagai Ouyang Fei Fan. Film yang

mengisahkan tentang asmara di SMA ini menghasilkan US$84.4 million.

Sinopsis :


Film dimulai dengan datangnya Lin Truly, seorang perempuan yang selalu bekerja keras. Ia masuk ke kantor dengan pakaiannya yang rapih dan disambut oleh orang-orang kantor. Namun, saat sudah malam Lin Truly harus bekerja lembur akibat boss nya yang memberi tugas tambahan.


Hal itu menyebabkan teman se-teamnya tidak bisa pulang yang membuat Lin Truly dibenci oleh mereka , Lin Truly juga berkelahi dengan pacarnya akibat lupa akan date mereka. Saat sampai rumah, dia mengeluarkan sebuah kotak tempat dia menyimpan barang-barang kenangan masa remajanya dulu. Ia membuka sebuah buku diary lama yang penuh dengan foto-foto artis idolanya, Andy Lau. Tertulis dalam diary itu bahwa impian hidupnya yang sebenarnya adalah menyaksikan konsernya Andy Lau. 

Disitu juga ada tulisan “orang yang kusukai adalah…” yang tertutup oleh stiker. Lin Truly mendengarkan lagu Andy Lau di radio dan kita mengalami perjalanan waktu ke masa SMA Lin Truly.


Lin Truly, seorang mahasiswi yang cupu. Lin Truly menyukai Ouyang Fei Fan, cowok kelewat popular, ketua osis , dan anak basket. Di suatu pagi, Lin Truly mendapatkan surat berantai dan dia harus mengirim surat ini kepada empat orang agar tidak kena sial. Lin Truly pun membuat rencana, orang pertama yang dia kirimi adalah kakaknya sendiri. Surat kedua ia kirim ke Chao


Min Min , perempuan yang dekat dengan Ouyang Fei Fan. Surat ketiga ia kirim ke guru MTK nya yang galak dan selalu memberi PR yang banyak. Surat terakhir, surat keempat ia berikan kepada ketua geng bernama Zhu Tai Yu. Zhu Tai Yu adalah anak yang sangat nakal, ditempatkan di gedung bagian kiri yang anak – anaknya sangat brutal dan seram . Zhu Tai Yu ditunjuk sebagai panitia pengawas pelanggaran anak – anak dimana ia akan berkeliling sekolah dan memberi pelanggaran pada orang yang melanggar aturan sekolah. Disaat Zhu Tai Yu membaca surat itu
ada mobil yang menabraknya. Keesokan harinya, ia datang ke kantin dengan kakinya yang cedera dan mengatakan bahwa dia akan menangkap orang yang mengirim surat berantai ke dia yang berhasil membuat Lin ketakutan.


Suatu hari, Chen Shin dan murid-murid yang lain sedang berkumpul di lapangan. Sementara anak buahnya Tai Yu yang saat itu bertugas sebagai patrol sekolah, sedang sibuk melakukan penggeledahan di semua kelas. Saat mereka tiba di kelasnya Chen Shin, mereka melihat stiker Andy Lau yang sama persis dengan stiker yang digunakan untuk merekatkan surat kutukan Tai Yu. Dan didalam laci meja, mereka menemukan 2 surat yang sama persis dengan surat yang ditujukan pada Tai Yu.


Disaat itulah hidup seorang gadis biasa Lin Truly berubah. Lin Truly dibawa ke tempat rental film dimana disana ada Zhu Tai Yu. Namun, hal lebih mengejutkannya adalah Zhu Tai Yu mengajak Lin Truly untuk berteman. Lin Truly mengira itu pertanda baik padahal yang dimaksud teman adalah “pengabdian tanpa henti” dimana Lin Truly harus mengikuti keinginan Tai Yu. Suatu hari Tai Yu mengajak Truly untuk bolos dan mengajaknya untuk pergi ke tempat ice skating, semua baik baik saja sampai beberapa siswa berandal dari sekolah lain yang merupakan musuhnya Tai Yu datang ke arena setelah mendengar informasi yang mengatakan kalau pacar si bos sedang dirayu sama Tai Yu. Setibanya di sana, mereka memang melihat Tai Yu sedang bermain dengan gadis itu dan perkelahian pecah. Walau Tai Yu berhasil menang Lin Truly terkena hukuman karena bolos , dia disuruh membersihkan kolam renang saat pulang sekolah. ketika semua sudah pulang lin mendengar suara ou yang sedang berbicara dengan minmin, mereka membicarakan soal kehamilan dan anak. Lin bersembunyi didalam air sembari mendengarkan perbincangan mereka. Karena merasa sakit hati Lin berniat untuk bunuh diri dengan cara menenggelamkan diri kedasar kolam, namun Tai Yu datang menyelamatkannya. 

Setelah Lin tersadar, taiyu menangis tersedu-sedu dan langsung pergi. Sepulang sekolah lin bertemu dengan kekasih kakaknya didepan pintu rumah, kekasih kakaknya membantu Lin untuk tampil lebih modern dengan mengganti model rambut lin. Keesokan harinya, Lin menjadi pusat perhatian siswa lain sampai Ou Yang pun tak mengalihkan pandangannya dari Lin. Saat itu kaki Ou Yang sedang terkilir dan Lin membelikan sepotong ice cream untuk mengkompres kaki Ou Yang Fei Fan yang sedang bengkak. Lin berdiri dibalik pintu, Ragu untuk memberikan ice cream itu, tapi Tai Yu yang saat itu sedang makan di kantin tiba-tiba mendorong lin sampai didepan Ou Yang Fei Fan.


Suatu hari Lin mengetahui masalah Tai Yu yang membuat dia menjadi anak nakal dari Ou Yang Fei Fan. Ou Yang Fei Fan mengatakan bahwa mereka berdua dulu dekat dan dulu mereka bertiga, bukan berdua. Saat itu, temannya Tai Yu mengajak untuk berlomba berenang di laut sampai 3 meter kedepan. Namun, saat Tai Yu melihat kebelakang sudah tidak ada temannya. Lin membantu Tai Yu dengan mengatakan bahwa itu bukan salah dia. Tai Yu berubah menjadi anak yang lebih baik. Dan Tai Yu yang pada dasarnya itu pintar mendapat ranking 10 dari satu sekolah.


Namun, suatu hari datang guru BK baru yang mempunyai banyak aturan . Ia juga tidak memercayai Tai Yu mendapat ranking 10 dari 10 besar disekolahnya dan mengatakan bahwa Tai Yu curang saat ujian lalu menghukum Tai Yu. Sebelum festival sekolah dimulai, ada pengumuman ranking 10 besar di sekolah. Guru BK tidak menyebutkan nama Tai Yu. Lin yang tidak tahan dengan ketidakadilan ini menaikkan roknya diatas lutut dimana itu melawan aturan dan mengatakan di depan guru BK untuk menghukumnya. Ou Yang Fei Fan turun dari panggung dan mendukung Lin dan banyak murid murid yang ikut mendukung mereka. Kepala sekolah pun men-skip acara pemberian penghargaan menjadi festival sekolah.


Seiring berjalannya waktu, taiyu mulai jatuh hati pada lin, begitupun dengan lin. Namun mereka enggan jujur karena takut persahabatan mereka akan berakhir. Karena sebuah kejadian, Taiyu pergi keluar negeri untuk operasi kepalanya karena sebuah penyakit. Namun, Taiyu mengatakan bahwa dia melanjutkan sekolah diluar negeri. Sebelum pergi Tai Yu memberi Lin hadiah ulang tahun yang diantarkan oleh kedua temannya. Hadiah itu berupa poster Andy Lau dan sebuah kaset yang hanya boleh didengar setelah lulus SMA. Setelah lulus SMA, Lin mendengar kaset itu dan ternyata kaset itu berisi ucapan cinta dari Tai Yu. Lin pun menjalin hubungan dengan Ou Yang Fei Fan sampai mereka masuk pada dunia kerja, karena merasa salah lin mengakhiri hubungannya dengan Ou Yang dan mengundurkan diri dari pekerjaannya. Ia pergi ke konser andilau namun tidak mendapatkan tiket karena kehabisan. 

Saat semua orang masuk arena konser, ia berjalan perlahan ke taman untuk membeli ice cream. Tak disangka ia bertemu dengan Andy Lau ditempat tersebut. Andy Lau mengundang Lin untuk datang pada konsernya dan menyuruhnya untuk menghubungi nomer kontak yang ia berikan. Lin menghubungi nomor kontak tersebut dan tak disangka dia adalah Tai Yu.


Penilaian :

Walaupun bercerita tentang kisah asmara di SMA yang sudah biasa, alur cerita film Our  Times tidak bisa ditebak namun masih masuk akal. Kebiasaan Lin di SMA sangat nyata sampai membawa kita bernostalgia ke jaman SMA di. 

Pengambilan gambar per adegan Our Times juga cukup jelas dan tidak membingungkan penonton. Kisah asmara Lin dengan Tai Yu juga romantis tapi tidak dewasa selayaknya kisah - kisah cinta anak SMA. Kisah cinta Lin dengan Tai Yu juga sangat menyentuh hati penonton. Tokoh – tokoh di film Our Times seperti cowok populer, cowok nakal, dan juga gadis cupu dapat kita temukan saat kita SMA.

Film ini mengajarkan kita bahwa kita tidak boleh judge the book by the cover seperti Zhu Tai Yu yang bad boy ternyata pintar dan memiliki alasan tersendiri mengapa ia jadi anak nakal.

Tidak ada komentar