Biaya Kuliah di Universitas Indonesia

 [Lifestyle] Bagi kalian yang saat ini memiliki anak yang duduk di bangku sekolah kelas 12 SMA, tentu sudah bersiap untuk masuk ke Perguruan Tinggi. Hal yang lebih dahulu dipikirkan sebelum masuk ke Perguruan Tinggi tentunya adalah biaya kuliah. Hal ini penting untuk dipikirkan karena menyangkut keberlanjutan pendidikan anak kita di perguruan tinggi.

Berbeda dengan sekolah di jenjang sebelumnya, yaitu TK, SD, SMP, SMA dan yang sederajat dengan keempatnya, biaya pendidikan yang dibayarkan ketika kuliah berlaku untuk satu (1) semester alias kurang lebih enam (6) bulan. Jadi kita bayar di awal untuk enam bulan ke depan. Pada jenjang pendidikan dasar, sedang dan menengah sebelumnya (TK, SD, SMP, SMA dan yang sederajat dengan keempatnya, biaya kuliah berlaku untuk satu (1) bulan ke depan saja. Alias kita harus bayar SPP setiap bulannya. Oh ya, hal ini tidak berlaku di sekolah negeri ya. Karena sekolah negeri umumnya gratis mulai dari SD negeri, SMP negeri, hingga SMA negeri. 

credit foto: laman facebook Universitas Indonesia

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah, biaya kuliah di Perguruan Tinggi itu, punya semacam uang muka di awal masuk. Baik itu Perguruan Tinggi negeri maupun Perguruan Tinggi swasta. 

Itu sebabnya, ketika biaya kuliah ditotalkan di awal masuk kuliah, umumnya angkanya jadi terbaca banyak alias mahal. Karena ada uang pangkal plus uang semester awal. Yang harus diingat, uang pangkal atau uang muka ini dibayar hanya sekali. Yaitu di awal masuk Perguruan Tinggi saja. Jadi jangan panik jika mendengar total biaya kuliah di Perguruan Tinggi Negeri besar; karena bisa jadi itu adalah total biaya uang pangkal plus uang satu semester.

Walau bagaimanapun, biaya kuliah di Perguruan Tinggi Negeri tetap lebih murah ketimbang biaya kuliah di Perguruan Tinggi Swasta.

 Biaya Kuliah di Universitas Indonesia

Mungkin kalian bertanya, berapa sih sebenarnya biaya kuliah di Universitas Indonesia?

Nah, terdapat dua jenis biaya pendidikan yang dapat dipilih oleh mahasiswa Universitas Indonesia (seterusnya aku singkat UI ya), yaitu Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) dan Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P).


credit foto: webinar di ruang guru 2022

Demikian besaran biaya kuliah di Universitas Indonesia.

Semoga bermanfaat, dan semoga anak-anak kita bisa kuliah di Universitas Indonesia. Aamiin. 

1 komentar

  1. UI jadi universitas impian kaum milenial karena kualitasnya enggak main-main, tetapi biaya kuliahnya juga sepadan dengan itu. Memang kampus yang satu ini, kampus terbaik di Indonesia. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus