Alasan UMKM Perlu Buka Toko Belanja Online

Jaman sekarang, dimana semua orang nyaris terhubung dengan internet, maka memiliki toko belanja online bagi para pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM adalah sebuah keharusan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh oleh UMKM ketika mereka memanfaatkan platform online untuk menjual produk-produk mereka. Di samping agar tidak ketinggalan dalam iklim persaingan dengan usaha-usaha sejenis tentunya. Tulisan ini mencoba untuk memaparkan mengaoa UMKM perlu membuka toko belanja online. 



Keuntungan Bagi UMKM yang Memiliki Toko Belanja Online

UMKM berkesempatan mensejajarkan dirinya dengan usaha lain yang sudah berskala nasional maupun internasional memakai platform Marketplace dan membuka toko secara online. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa UMKM perlu memberanikan diri berjualan secara online. 

1. Tidak Perlu Modal Besar

Tidak seperti toko atau ruko di pusat perbelanjaan yang perlu disewa, toko online dapat dibuka dengan modal minim. Hal seperti rak, lemari, gantungan dan perangkat lainnya bisa ditiadakan.

Berjualan online melalui Marketplace  membuat pelaku UMKM bisa lebih fokus untuk mengembangkan produk, berjualan, menjalani promosi, mendapatkan pembeli dan mempertahankan pelanggan.

2. Mengurangi Biaya Promosi

Anda UMKM baru dan tidak terlalu paham bagaimana caranya berpromosi? Cukup membuka toko belanja online pada platform tertentu dan ikuti berbagai promosi yang dilakukan platform tersebut. Kini berbagai platform semakin kreatif dalam membuat program-program promosi bagi pemilik toko.

Kamu selain bisa berhemat biaya promosi dapat juga mengikuti acara yang dilakukan platform. Keikutsertaan tersebut dapat membuat usaha UMKM populer dan menjadi toko belanja online terpercaya.

3. Mengurangi Karyawan

UMKM yang baru dibangun biasanya memiliki keterbatasan baik dalam bentuk dana maupun karyawan. Pada awalnya usaha, pemilik UMKM tidak akan keberatan untuk menangani semua dengan sendiri.

Membuka toko online tidak membuat usaha UMKM yang digeluti seperti kekurangan staff. Jadi, usaha UMKM dapat tampil profesional bahkan tanpa butuh pegawai banyak. Semua dapat ditangani hanya melalui aplikasi marketplace yang ada pada ponsel.

4. Transaksi Aman Dengan Rekening Bersama

Sumber freepik

Umumnya platform toko belanja online terbaik menyediakan layanan rekening bersama. Fitur ini memastikan pembeli akan mendapatkan benda yang dibeli dan penjual memperoleh pembayaran sesuai dengan kesepakatan. Kedua belah pihak dapat berbelanja dengan nyaman tanpa khawatir ditipu.
Memakai platform toko online akan membantu UMKM memastikan ada pesanan besar karena pembeli yakin dengan keamanan transaksi yang memakai platform toko online. Jadi usaha UMKM tidak kehilangan peluang dengan mengandalkan keberadaan rekening bersama untuk memberikan kepercayaan pada pembeli.

5. Syarat Mudah


Berbagai Marketplace belanja online memiliki kriteria untuk membuat toko online yang berbeda-beda. Namun secara umum, persyaratannya mudah untuk dipenuhi dan tidak sulit sama sekali. Tiap Marketplace juga berkeinginan ada banyak toko dalam platformnya.
Oleh karena itu, UMKM dapat memanfaatkan fakta ini untuk membuka toko belanja online sekarang juga. Karena bisa saja peraturan berubah dengan berjalannya waktu dan mereka jadi lebih selektif dengan toko online yang ingin bekerjasama.  

6. Peluang Target Pasar Toko Belanja Online Luas


Membuka toko di daerah Mampang mungkin hanya menargetkan pasar sekitar daerah tersebut. Perluasan mungkin hanya sampai sekitar Jakarta atau bisa lebih luas dengan membuka toko cabang.
Berjualan secara online dapat mencapai target pasar luas baik dalam skala nasional maupun internasional. Usaha UMKM hanya perlu memilih platform yang diminati beragam pembeli dan mendapatkan pelanggan dari berbagai kota besar maupun kecil. Bahkan bisa melakukan ekspor bila direncanakan dengan optimal. 

7. E commerce Akan Booming di Masa yang Akan Datang

Banyak toko belanja online terbaik yang populer dan memiliki banyak pembeli hanya dengan mengandalkan toko online. Fakta ini menunjukkan bahwa memiliki toko online adalah cara berjualan yang populer dan selanjutnya akan lebih banyak digunakan.
Usaha UMKM dapat mengikuti trend sekarang agar di masa yang akan datang tinggal memetik hasilnya. Nantinya, platform Marketplace akan menjadi cara terbaik bagi pembeli untuk memenuhi kebutuhannya.

8. Produk dan Toko Dikenal



Sumber freepik

Bagaimana pembeli bisa menemukan toko UMKM bila keberadaannya tidak dipublikasikan. Usaha UMKM tidak perlu memiliki toko dan bisa berada di daerah terpencil. Kalau usaha UMKM bergabung dengan Marketplace maka produk dan tokonya akan lebih banyak dikenal orang.
Oleh karena itu, bergabung dengan Marketplace adalah cara tercepat dan paling efektif untuk dikenal oleh banyak orang. Dengan demikian usaha akan lebih mudah berkembang dan mendapatkan lebih banyak pelanggan setia.

9. Peningkatan Omzet


Penjualan toko offline dengan toko online tentu berbeda. Besar kemungkinannya toko online memiliki omzet yang lebih besar. Hal ini dikarenakan ada lebih banyak peluang target pasar yang dapat digaet. Dengan demikian kalau lebih banyak yang beli tentu angka penjualan juga turut meningkat.

10. Kemudahan Untuk Membeli

Salah satu kesulitan UMKM untuk mendapatkan pembeli adalah mereka kesulitan untuk mendukung UMKM yang ada. Biasanya usaha tersebut berada di daerahnya masing-masing dan hanya bisa dibeli kalau berkesempatan pergi kesana.
Dengan adanya toko online maka pembeli dengan mudah dapat mendapatkan produk UMKM yang mereka inginkan. Selain itu bisa mendukung usaha UMKM lain yang ditemukan berdasarkan platform yang memang khusus untuk para UMKM berjualan secara online.

Ada banyak platform toko online yang sudah berkembang di Indonesia. Itulah beberapa  alasan kuat mengapa membuka toko belanja online bagi UMKM bisa sangat menguntungkan. Berbelanja online dinilai lebih aman, praktis dan murah, semua hal yang sangat dibutuhkan oleh UMKM.

Ladara.id adalah marketplace terbaik yang mendukung berbagai produk UMKM. Pelaku UMKM dapat memanfaatkan platform tersebut untuk menjual produk UMKM dan membangun perekonomian nasional. Berbelanja di Ladara, artinya pembeli dapat mendukung produk lokal dan pelaku UMKM Indonesia.
Blog ini juga pernah menulis artikel terkait dengan topik ini: Kelebihan membuka toko belanja online
---------------------
sumber
https://biz.kompas.com/read/2018/05/04/093942028/mengapa-umkm-harus-berani-jualan-online
https://solusiukm.com/jangan-ragu-lagi-10-alasan-mengapa-harus-memiliki-toko-online/
https://www.berdesa.com/mengapa-umkm-harus-bermain-toko-online/

Tidak ada komentar