Pilih Hotel Atau Apartemen?

[Lifestyle] Jika sedang berlibur sekeluarga, kalian lebih cenderung pilih hotel atau apartemen? Kebetulan, aku alhamdulillah pernah merasakan bagaimana rasanya tinggal di hotel atau apartemen. Jadi, aku ingin menulis kelebihan dan kekurangan jika memilih hotel atau apartemen. Nanti, aku juga insya Allah akan memberi tips cara praktis mencari apartemen untuk liburan, yaitu tips  cara cari apartemen di traveloka.



Pilih Hotel Atau Apartemen?


Masing-masing, baik hotel atau apartemen punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Bisa dibilang mereka sama enaknya, tapi sekaligus juga sama tidak enaknya. Semua memang kembali pada budget yang digunakan ketika berlibur, plus tujuan dari liburan itu sendiri.

Aku akan membagi kelebihan dan kekurangan itu dalam beberapa kategori yang mungkin bisa dipertimbangkan ketika kalian akan memilih lebih baik tinggal di hotel ataukan tinggal di apartemen.

1. Waktu Yang digunakan selama liburan itu terjadi


Jika kalian liburannya dalam kurun waktu yang lama, saranku sih lebih baik untuk mencari apartemen daripada mencari hotel. Kenapa? Karena, harga apartemen tentu saja jauh lebih murah daripada hotel.

Pada umumnya, apartemen yang disewakan memiliki rentang pilihan harga yang berbeda sesuai dengan lama kalian akan menyewa apartemen tersebut. Ada harga sewa harian, ada harga sewa mingguan, dan ada juga harga sewa bulanan. Tentu saja untuk pilihan harga yang berbeda-beda tersebut ada minimum batas waktu sewanya. Harga sewa mingguan berlaku ketika kalian ingin menyewa lebih dari 10 hingga 14  hari biasanya. Jika hanya menyewa 7 atau 8 hari, tidak bisa meminta harga mingguan.

Sedangkan di hotel, berapa lamapun kita menyewa kamar, berlaku harga yang sama. Kecuali jika memang lama sekali, maka bisa meminta harga spesial untuk sewa lama. Tapi, inipun berlaku harga sewa minimal jumlah hari sewanya dan umumnya jika disewa lebih dari 2 pekan barulah berlaku harga sewa kamar hotel jangka panjang.

Fasilitas yang tersedia di hotel atau apartemen, sama saja, semua bisa kita gunakan secara maksimal. Ini kami ketika menyewa apartemen di daerah Bukit Bintang, Kuala Lumpur Malaysia ketika berlibur sekeluarga.

2. Layanan yang dibutuhkan


Nah, perbedaan yang mencolok antara hotel dan apartemen mungkin dari sisi layanan yang diberikan ya. Jika kita menyewa hotel maka layanan yang diberikan oleh hotel tersebut terjadi setiap hari. Seperti penggantian handuk, isi ulang toiletris, pembersihan kamar dan kamar mandi, dan sebagainya.

Jika menyewa apartemen, maka semua harus dikerjakan sendiri. Pada umumnya, pihak apartemen hanya memberikan layanan kebersihan dan pemeliharaan atas apartemen yang disewakan sepekan sekali atau dua kali dalam sepekan saja. Seperti misalnya setiap hari Rabu, atau setiap hari Jumat. Jadi, tidak terjadi setiap hari. Pada hari pemeliharaan tersebut, barulah ada petugas kebersihan yang datang ke kamar apartemen untuk melakukan penggantian seprei, membersihkan kamar mandi, membersihkan lantai, karpet, tirai, dapur, dan sebagainya.

Dalam hal ini, kalian pinginnya dilayani setiap hari atau cukup sepekan dua kali saja? Jika tidak memerlukan layanan kebersihan kamar dan kamar mandi setiap hari, mungkin memilih apartemen bisa jadi prioritas. Lebih enak kan, jadi lebih bisa santai.


di apartemen, kita bisa tidur puas tanpa khawatir ada petugas yang mengetuk kamar karena ingin membersihkan kamar

Nggak enak juga soalnya jika sedang asyik-asyik tidur leha-leha lalu ada petugas yang mengetuk kamar dan masuk ke dalam kamar untuk membersihkan kamar dan mengganti seprei dan sikat kamar mandi. Bisa saja sih kita menaruh tulisan di pintu agar petugas tidak perlu membersihkan kamar yang kita tempati, tapi ini tidak bisa setiap hari. Karena, si petugasnya kan harus menjalankan tugas pelaporan. Dia juga bakalan ditegur kalau di laporan terlihat setiap hari kamar nomor xxxx tidak pernah dibersihkan selama 1 pekan? Ada apa nih? Jangan-jangan terjadi sesuatu di dalam kamar hotel tersebut? Nah. Tetap saja, dengan kunci cadangan yang mereka miliki, mereka akan masuk ke dalam kamar untuk memeriksanya.

3. Kebebasan dan Privacy


Pada umumnya, jika kita menyewa hotel, maka di dalam hotel disediakan barang-barang yang bisa menunjang kebebasan kita beraktifitas. Seperti ada layanan kulkas kecil, meja makan, wastafel untuk membersihkan perlengkapan makan sendiri, gelas dan teko listrik untuk menghangatkan minuman lengkap dengan sachetan kopi, teh dan gula, serta televisi dan AC serta hair dryer dan isi toiletris kecil-kecil. Beberapa hotel ada yang menambahkan setrikaan, meja setrikaan, dan gantungan pakaian serta safety box.

Meski demikian, kita tidak boleh melakukan aktifitas memasak di dalam ruangan kamar hotel. Dan kita juga terlarang untuk mengubah susunan furniture yang ada di dalam kamar hotel tersebut.

Nah, disinilah kelebihan apartemen jika kalian menginginkan kebebasan untuk bisa melakukan kegiatan yang tidak bisa diberikan oleh hotel, seperti memasak dan menggeser-geser furniture di dalam kamar sesuai dengan keperluan yang akan dilakukan di dalam kamar.

Di dalam kamar apartemen, kita bisa melakukan aktifitas memasak. Kalian bisa membeli semua keperluan yang dibutuhkan untuk memasak dan menaruhnya di dalam kulkas yang sudah disediakan di dalam kamar apartemen. Di dalam kamar apartemen, selalu tersedia kompor dan dapur mini serta perlengkapan makan lengkap.

ini putriku yang sedang sibuk di dapur ketika kami menyewa apartemen sementara

Memasak sendiri, menyimpan makanan dan minuman yang kita beli sendiri di dalam kulkas, itu bisa amat menghemat pengeluaran loh. Jika menyewa hotel, tentu saja kita harus menyediakan anggaran lebih agar bisa membeli makanan yang sudah masak dari rumah makan yang ada di atau luar hotel.

4. Jumlah orang yang bisa ikut tinggal bersama di dalam ruangan


Pada dasarnya, baik di hotel atau apartemen ada aturan jumlah maksimal orang yang bisa tinggal bersama di dalam ruangan kamar yang kita sewa tersebut. Hanya saja, aturan di hotel lebih ketat daripada aturan di apartemen.

Kita tidak bisa menyewa kamar hotel yang diperuntukkan untuk 4 orang lalu diisi 7 orang misalnya. Jumlah orang yang disewa harus sesuai dengan peruntukan kamar hotel yang disewa.

Kamar single bed berlaku untuk dihuni 1 orang.
Kamar double bed berlaku untuk dihuni 2 orang.
Kamar family room berlaku untuk dihuni 2 orang dewasa dan 2 orang anak-anak.
Kamar Suite room berlaku untuk dihuni 2 orang dewasa dan 3 orang anak yang ketiganya tidak lagi balita.
Jika ada tambahan orang di luar batas maksimal ini, maka dikenakan sewa tempat tidur tambahan (extra bed).

Nah, di apartemen bisa lebih longgar nih aturannya.

TIPS jika ingin menyewa kamar apartemen dengan jumlah orang yang tinggal melebihi jumlah kapasitas maksimal kamar apartemen: ketika pertama kali mendaftar jangan hadir di meja resepsionis semua. Jadi, ketika  mendaftar cukup 1 atau 2 orang saja. Orang yang lain, silahkan jalan-jalan dulu ke tempat lain di luar hotel. Titip koper saja pada yang mereka yang sedang melakukan check in. Nanti, setelah dapat kunci kamar, barulah berkunjung ke kamar sewaan tersebut.


Nah itulah tadi kelebihan dan kekurangan jika ingin memilih hotel atau apartemen. Gimana? Sudah bisa memutuskan belum mau pilih hotel atau apartemen?

Jika kalian ingin memilih untuk tinggal di apartemen untuk liburan sementara kalian, bisa banget loh pakai aplikasi traveloka.  Aku pernah menulis tips menyewa apartemen yang patut diketahui jika kalian mengetahui bagaimana caranya agar nyaman di apartemen yang kalian sewa.Tulisannya ada disini: " Tips Menyewa Apartemen Yang Patut Diketahui". Enaknya jaman sekarang itu memang seperti ini, tidak perlu repot lagi mencari apartemen yang bisa disewakan sementara (baca: dalam kurun waktu sebentar) .

Caranya, coba deh download aplikasi traveloka lalu mulai deh melakukan pencarian apartemen yang dibutuhkan. Di aplikasi traveloka ini lengkap banget menu pencariannya. Mulai dari lokasi yang diinginkan, hingga pilihan harga sewa apartemen yang tersedia.


Sewa apartemen itu mirip seperti sewa villa. Bedanya, apartemen umumnya merupakan gedung bertingkat banyak sedangkan villa biasanya rumah tapak. Tapi keduanya sama-sama memberikan layanan sewa yang lebih murah daripada menyewa hotel dan memberikan kebebasan dan privacy seluasnya kepada penyewa.


Kelebihan menggunakan menu cari apartemen di traveloka adalah, tidak ada tambahan biaya yang muncul tiba-tiba ketika kita melakukan pemesanan. Bisa dilakukan kapan saja, sepanjang waktu, 24 jam dalam 7 hari sepekan alias setiap hari. Bayangkan jika harus berhubungan dengan petugas agensi sewa apartemen atau pemilik apartemen yang hanya bisa dihubungi di waktu-waktu tertentu saja. Repot banget kan ya?

Jadi, ayolah kita mulai berencana untuk berlibur dengan menyewa apartemen mulai sekarang. Sekarang, ada banyak sekali apartemen yang bertebaran yang bisa disewa harian atau mingguan. Tidak lagi harus disewa minimal 3 bulan seperti jaman dulu.

30 komentar

  1. Kalau jalan sama keluarga, lebih nyaman menginap di apartemen memang. Mana fasilitasnya lengkap, jadi bisa berkreasi di dapurnya :)

    BalasHapus
  2. Wah kalau saya ya lebih memilih ke apartemen memang Mbak hehe. Fasilitasnya memang lengkap nih

    BalasHapus
  3. Wah saya jadi pingin nih Mbak menginap di apartemen nih hehe.

    BalasHapus
  4. Memang kalau di apartemen itu tidak banyak aturannya ya Mbak, berbeda dengan ketika di hotel

    BalasHapus
  5. Wah seru banget nih ya Mbak kalau bisa menginap di apartemen bareng sama keluarga

    BalasHapus
  6. Wah memang traveloka ini memudahkan sekali nih ya Mbak, jadi nggak perlu bingung lagi

    BalasHapus
  7. Jadi tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan kita ya. Apalagi dengan fasilitas dari Traveloka yang memudahkan kita untuk memilih yg terbaik dari yang baik.

    BalasHapus
  8. Iya, kalo di hotel biasanya lebih ketat. Karena anak-anak sudah gede, aku sekarang kalo nginep hotel pesan 2 kamar meskipun ukuran kamarnya luas banget dan sangat cukup untuk kami berlima. Takutnya ya itu, nggak boleh. Kalo apartemen lebih leluasa ya kalo nginep sekeluarga.

    BalasHapus
  9. aku puingiiiinn sewa apartemen untuk liburan rame2 bareng kluarga besar
    pasti seruuu bgt!!
    yg susah itu nyocokin jadwalnya mba. semua pada sibuk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  10. Nah iya, ini bisa jd pertimbangan bgt. Tergantung perjalanan nya sih kalo aku, pilih apartment kalo lagi lama perjalanan lebih worth it tapi kalo lagi pengen santhaiii dan malas tinggal kring minta fasilitas maknyus ya hotel. Hehehe

    BalasHapus
  11. Hotel atau apartemen? tergantung kebutuhan sih ya. Bagus ya traveloka menyediakan pilihan buat customernya, jadi makin mudah

    BalasHapus
  12. Traveloka masih menjadi OTA kesayangan.
    Apalagi fiturnya kini semakin inovatif!

    Untuk pilih hotel atau apartemen, aku setuju banget sama semua pertimbangan di atas.
    Lengkap dan detail!

    BalasHapus
  13. Setuju mba Ade kalau liburan lama sih mendingan sewa apartemen karena kalau di hotel wah belum sesultan keluarga Raffi Ahmad hahaha..baru tahu ada sewa apartemen di traveloka nih cus kepoin ah

    BalasHapus
  14. Aku juga udah merasakan keduanya, dan bener sih kalo apartemen lebih longgar. Kemarin waktu di Malaysia juga kami sewa apartemen, bisa masak, nyuci, dan bawa buah untuk disimpan di kulkas buat sarapan. Yuk mbak, liburan bareng, hihii

    BalasHapus
  15. Kalau pas ada apartemen di lokasi yg dituju sebnrnya lbh suka pilih apartemen, sih

    BalasHapus
  16. Saya belum pernah sewa apartemen. Jadi, ya penasaran juga seperti apa rasanya. Jangan-jangan nanti saya malah ketagihan nginep di apartemen

    BalasHapus
  17. Tulisannya lengkap dan detail sekali, Mbak Ade.. thanks for sharing.
    Kami sekeluarga belum pernah sewa apartemen, sih, baru berkunjung aja ke apartemen teman. Hehe. Memang lebih murah ya sewa apartemen daripada nginep di hotel dalam waktu lumayan lama. Dan iya, lebih bebas berekspresi :D

    BalasHapus
  18. Tipsnya oke nih. Aku pun kalau cuma berdua dan nginapnya cuma 1-2 hari lebih memilih hotel, tapi kalau agak lama liburannya dan bawa anak atau anggota keluarga lain, lebih enak di apartemen

    BalasHapus
  19. Tentunya pilih apartemen yah mbk karena dilihat dari privasi kenyamanan hingga nyaman untuk dihuni keluarga. makasih yah mbak tipsnya

    BalasHapus
  20. tips yang paling kece tuh tips kalo mau nambah orang melebihi kapasitas, hehehe... tips 'nakal' tapi berguna banget ya kak...

    BalasHapus
  21. Aku belum pernah liburan lama di satu tempat sih. Paling lama 3 hari udah pindah tempat jadi selalu hotel krn lebih praktis aja. Tapi kalau nebeng tidur di apartemen udah pernah, punya adikku heheee

    BalasHapus
  22. Hallo mbak, kalo kami sekeluarga lebih pilih hotel, karena selain sudah cukup nyaman dengan fasilitasnya.. tentunya kami pilih hotel yang memang family hotel, jadi semua kebutuhan keluarga kami terpenuhi.. noted, buat tipsnya mbak

    BalasHapus
  23. Aku belum pernah nginap di apartemen. Tapi bolehlah jadi pilihan dan kayaknya akan cek di Traveloka ah :)

    BalasHapus
  24. aku suk dua - duanya mbaaa..dengan syarat ada kolam renang hehehe. Anak - anak permintaannya itu soalnya. Biasanya aku ada langganan chain hotel internasional yang aku jadi member. Pointnya lumayan untuk free nights

    BalasHapus
  25. Kalau aku karena hampir slalu menginap dalam jangka waktu yg relativ singkat, aku sih lebih suka di hotel kak. Karena aku merasa keamanannya lebih terjamin dibanding apartment hehe

    BalasHapus
  26. Tergantung situasi emang ya mbak, kalau lamaan waktunya terus terang lbh milih apartemen. Owalah di Traveloka skrng jg bisa ya sewa Apartemen kirain selama ini hotel aja. Tengkyu infonya mbak��

    BalasHapus
  27. Belum pernah piknik lama2 jd selama ini selalu pke hotel aja, penasaran juga sama apartemen nih .kayaknya asyik buat dicoba .

    BalasHapus
  28. Kalo liburan bareng keluarga saya juga lebih pilih apartemen, Mba. Lebih leluasa dan lebih murah juga 😊

    BalasHapus
  29. Mau hotel atau apartemen sama2 punya plus minusnya ya kak kalau saya sendiri lebih ke kebutuhannya itu apa sih kalau staycation. Misalnya saja kalau sama keluarga lebih banyak lebih milih apartemen sih soale bisa masak juga haha.

    BalasHapus
  30. Sejauh ini aku masih lebih memilih hotel Mbak. Karena cari yang friendly untuk anak2 juga. Belom permah cobain nginep di apartmen hihi

    BalasHapus