Pencegahan dan Penanganan Cacar Monyet

[Lifestyle]Lagi heboh nih penyakit yang disebut sedang menjadi wabah saat ini yaitu penyakit cacar monyet. Saat ini wabah penyakit cacar monyet sudah sampai di Batam.

Aku rada seram juga sih ketika pekan lalu menerima broadcast agar waspada akan wabah penyakit cara monyet. Aslinya, aku nggak tahu cacar monyet ini seperti apa. Selama ini aku tahunya cacar air, cacar api, dan penyakit cacar. Indonesia sendiri sudah dinyatakan bebas dari penyakit cacar sejak jaman Presiden Soeharto dulu. Tapi kalau penyakit cacar air dan cacar api masih bisa terkena. Nah, kok ini muncul varian baru dari penyakit cacar yaitu cacar monyet. Bingung dong.

Akhirnya aku googling untuk mencari tahu apa itu penyakit cacar monyet. Dan berikut ini adalah semua informasi yang aku rangkum dalam tulisan di bawah ini.


Apa itu penyakit cacar monyet?


Cacar monyet adalah sebuah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus cacar monyet yang dapat timbul pada hewan tertentu termasuk manusia.




 Gejalanya dimulai dengan demam, sakit kepala, nyari otot, pembengkakan kelenjar getah bening dan rasa lelah.

 Penyakit ini secara umum memiliki gejala yang sangat mirip dengan cacar, bahkan secara klinis gejalanya lebih ringan.



 Hingga kini, belum terdapat penelitian yang mengonfirmasi cara mengobati cacar monyet yang efektif. Pengobatan hanya dilakukan berdasarkan gejala yang dialami oleh pasien.
 



Pencegahan dan Penanganan Cacar Monyet

Dari Wikipedia.com, aku mendapat informasi bahwa Cacar monyet atau monkeypox ini, pertama kali muncul itu tahun 1970 di Republik Demokratik Kongo. Lalu, pada tahun 1996 hingga 1997 wabah kedua penyakit ini terjadi lagi di Republik Demokratik Kongo.

Kasus cacar monyet pertama di luar benua Afrika ditemukan pada tahun 2003 di Amerika Serikat. Sebagian besar pasien ini diduga telah melakukan dengan anjing padang rumput peliharaan yang terinfeksi. Anjing ini teinfeksi oleh tikus Afrika yang diimpor ke Amerika Serikat.

Pada 8 Mei 2019, seorang lelaki berusia 38 tahun yang habis jalan-jalan dari Nigeria dirawat di bangsal isolasi National Centre for Infectious Diseases Singapura. Setelah dikonfirmasi sebagai kasus cacar monyet pertama di negara itu, alhasilnya, 22 orang terdekatnya telah dikarantina.

Dan ini adalah infografis tentang penyebaran wabah penyakit cacar monyet di seluruh dunia. Jadi, memang asal muasalnya penyakit ini berasal dari hewan yang kemudian bermigrasi dan bermutasi di tubuh manusia.




Terus, gimana dong mencegah dan menanganinya? Nah, ini adalah tulisan yang aku dapat dari broadcast whatsapp.

Monkeypox diakibatkan oleh orthopxvirus - virus pox yang beramplop sama seperti orthomyxovirus AI atau paramyxovirus ND - dg kelemahan yang sama bisa dihancurkan oleh active chlorin 0.5% (pemutih pakaian 1 bagian + air 9 bagian).

Sehingga jika kita mulai untuk membiasakan diri mengepel lantai / ruangan yang diduga tercemar orthopoxvirus menggunakan bayclin 1 + air 9 = kita juga ikut berpartisipasi dalam melakukan pencegahan penyebaran virus ke lingkungan.

Berikut ini hal sederhana yang bisa dilakukan di lingkungan kita jika mulai ada orang yang kena cacar monyet.






1. JANGAN panik
2. Jangan panik
3. Usahakan merawat penderita di lokasi tertutup utk mencegah penyebaran penyakit. Penderita sebaiknya memakai barang-barang pribadi (handuk, bantal, sprei, dll) jangan bertukar dg org lain.
4.  Pemberian vitamin A, C, E (natur E) secara rutin selama 10 hari  utk menaikan antibody penderita dlm melawan infeksi orthopoxvirus. Paracetamol bisa diberikan jika demam tinggi.
5. Rutin membersihkan lantai rumah dg bayclin 1+ air 9
6. Kita bisa mulai rutin mengkonsumsi vitamin A C E agar badan kita siap saat tiba-tiba ada serangan wabah.
7. Jika belum pernah divaksin cacar - sebaiknya segera dilakukan vaksinasi di pusat kesehatan/dokter terdekat.


Waspada & belajar mengamati lingkungan adalah solusi terbaik, jauh lebih baik dibandingkan panik tanpa kejelasan data.
JANGAN panik, persiapkan diri.
Semoga bermanfaat.

3 komentar

  1. Salam kunjungan dan follow disini ya :)

    BalasHapus
  2. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus