10 Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Anak

[Parenting] Kewajiban orang tua itu, ketika dia membesarkan dan mendidik anaknya salah satunya adalah memenuhi kebutuhan nutrisi anaknya. Perkara ini tidak bisa dianggap sepele. Karena nutrisi itu bagian dari kebutuhan anak untuk bisa tumbuh dan kembang. Jika nutrisi anak terpenuhi maka anak bisa dengan mudah melakukan tugas belajar yang jadi kewajiban dia untuk tumbuh dan kembang. Dan karena nutrisi anak yang terpenuhi pula maka anak bisa terhindar dari penyakit.

Tentunya menjadi pertanyaan kemudian, nutrisi penting apa sih yang dibutuhkan anak itu sebenarnya?

Dari hasil pencarian, berikut ini aku rangkumkan 10 nutrisi penting yang dibutuhkan anak.

10 Nutrisi penting yang dibutuhkan anak:





1. Kalsium

Kalsium itu penting banget buat anak karena kalsium itu memiliki fungsi membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, juga menjaga fungsi otot dan saraf yang sehat. Selain itu, Kalsium juga membantu proses pembekuan darah. Dan karena keberadaan Kalsium di dalam tubuh lah maka makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa diubah menjadi energi.

Pada umumnya, kalsium terdapat pada makanan yang merupakan produk hewani seperti susu, yogurt, keju, ikan, telur. Tapi ada juga kalsium dari produk nabati seperti yang terdapat di kacang-kacangan seperti wijen, almond, kedelai, lentil, biji chia. Atau di produk sayuran hijau seperti kale, sawi, bayam, brokoli, okra, bok choy.

2. Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial ternyata memiliki segudang manfaat bagi anak. Nutrisi ini dapat membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, memperlancar aliran darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi.

Selain itu, asam lemak esensial juga diperlukan untuk mempertahankan fungsi otak yang mengatur indra penglihatan anak. Anda dapat memberikan nutrisi untuk anak ini lewat makanan seperti telur, ikan tuna dan kacang-kacangan.

3. Zat Besi

Zat besi merupakan unsur yang berperan dalam produksi hemoglobin (pigmen merah pembawa oksigen dalam darah) dan mioglobin (pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot). Kekurangan zat besi pada anak dapat menyebabkan anak terkena anemia.

Jika anak mengalami kondisi ini, maka anak akan cenderung merasa lelah, lemas, dan mudah tersinggung. Hmm, berarti kalau ada anak yang terlihat lesu, tidak bersemangat dan baperan, patut dicurigai jangan-jangan dia kekurangan zat besi ya ibu-ibu. Hehehe.

Nutrisi yang mengandung zat besi terdapat di daging merah (yaitu sapi, kambing, kerbau, kijang, dll), kuning telur, dan ikan. Selain itu semua buah yang dagingnya berwarna merah, itu juga banyak mengandung zat besi seperti jambu merah, buah naga merah, buah bit.

4. Magnesium

Magnesium adalah mineral penting bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Beberapa manfaat magnesium bagi kesehatan yaitu menjaga tulang agar tetap kuat, membuat irama jantung stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta membantu menjaga otot dan fungsi saraf. Anda bisa mendapatkan nutrisi untuk anak ini lewat asupan seperti buah-buahan (alpukat dan pisang), tahu, ikan dan sayuran.

5. Kalium

Kalium adalah zat gizi yang bertugas untuk menjaga tekanan darah dengan mengontrol keseimbangan air dalam tubuh. Tidak hanya itu, kalium juga membantu fungsi otot dan irama jantung, dan dalam jangka panjang dapat mengurangi risiko batu ginjal dan osteoporosis.

Kebetulan, beberapa hari yang lalu aku membuat tulisan tentang 33 makanan yang mengandung tinggi kalium. kalian bisa membacanya disana ya, lengkap banget informasinya insya Allah. Karena kebetulan, aku punya teman dan saudara yang jatuh sakit karena kekurangan kalium.

6. Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu nutrisi untuk anak dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata dan pertumbuhan tulang. Selain itu, vitamin ini dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi, serta menunjang kesehatan dan pertumbuhan sel-sel serta jaringan dalam tubuh, seperti rambut, kuku, dan kulit.

Kita bisa menyediakan vitamin A pada anak lewat sumber makanan seperti daging sapi, hati ayam, susu dan buah-buahan berwarna cerah.

7. Vitamin C

Di dalam tubuh vitamin C digunakan untuk proses pembentukan dan perbaikan sel darah merah, tulang, dan jaringan di tubuh mereka. Vitamin C juga menjaga gusi anak tetap sehat dan membantu proses penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi, serta membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan. Orangtua wajib memberi nutrisi untuk anak ini dan bisa didapatkan lewat buah pepaya, nanas, dan melon.

8. Vitamin D

Asupan vitamin D juga tidak kalah penting dengan nutrisi lainnya. Vitamin ini dapat membantu tubuh anak menyerap mineral seperti kalsium, untuk pembentukan gigi dan tulang yang kuat, sebab perkembangan massa tulang pada anak harus sangat diperhatikan. Kita bisa memberikan nutrisi vitamin D untuk anak melalui asupan makanan seperti telur, tahu, tempe dan daging ikan.

Kebetulan, waktu kecil aku sempat mengalami kondisi kekurangan vitamin D karena satu hal: aku sakit-sakitan jadi jarang keluar rumah. Ternyata, tindakan ini salah menurut dokter anak langganan keluargaku. Karena ternyata, vitamin D itu, akan bekerja maksimal memperkuat tulang anak ketika dia bertemu dengan cahaya matahari pagi. Jadi, ketika tubuh seorang anak bertemu dengan cahaya matahari pagi, vitamin D yang tersimpan di dalam tubuh mulai bekerja untuk membentuk tulang, gigi, memperkuat tulang dan gigi lalu memberi bantuan pada OMEGA 3 dan OMEGA 9 yang ada di dalam tubuh untuk menghasilkan OMEGA 6 dan hasilnya mereka bisa mencerdaskan otak anak.

Akhirnya, ketika kecil aku (aku sudah sekolah bahkan) diharuskan untuk berjemur di bawah matahari pagi meski sedang sakit. Aku ingat, setelah sarapan susu putih dan sebutir telur, ibu akan meletakkan sebuah kursi di tempat jemuran pakaian, dan meminta aku untuk duduk di atas kursi tersebut. Cuma pakai singlet dan rok. Hahaha. Kabar baiknya adalah, sinar matahari di pagi hari itu tidak membakar tubuh kita ya bu ibu, jadi tidak membuat gosong kulit. Yang bikin gosong kulit itu sinar matahari siang.

9. Vitamin E

Pada masa pertumbuhan anak, vitamin E diperlukan untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel. Selain itu, vitamin E juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh, perbaikan DNA, dan proses metabolisme lainnya. Dengan mengonsumsi makanan seperti bayam. biji-bijian dan buah alpukat, kita turut memberikan asupan vitamin E yang baik untuk tubuh anak.

10. Zink (Seng)

Terakhir, zink atau seng adalah nutrisi untuk anak yang penting untuk dipenuhi. Lebih dari 70 enzim dalam tubuh membutuhkan zink (seng) untuk menjalankan fungsinya masing-masing dalam sistem pencernaan, metabolisme, dan pertumbuhan anak. Nutrisi ini bisa kita temukan pada makanan seperti brokoli, bayam dan tomat.

anak sehat, anak yang suka makan semua makanan sarat nutrisi

Itulah secara teoritis tentang 10 nutrisi penting yang dibutuhkan oleh seorang anak.

Masalahnya, tidak semua orang tua "berhasil" melakukan kewajibannya untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dari seorang anak. Alasannya bisa bermacam-macam. Mulai dari masalah ekonomi, tidak tega jika menerapkan kewajiban makan sayur pada anak yang menolak makan sayur, atau anggapan bahwa yang penting anaknya gemuk.

Dan gaya hidup jaman sekarang pun ikut menyumbang pola hidup tidak sehat pada masyarakat kita, khususnya pada anak-anak kita. Seperti makanan junk food yang sekarang makin banyak ragamnya. Perhatikan tidak, bentuk ukuran gelas Thai Tea tuh makin lama makin tinggi dan besar. Dan jika kita perhatikan pada proses pembuatannya tuh. Itu yang namanya gula cairnya, susu kental manisnya, buanyuak buanget. Wow deh. Gara-gara melihat proses pembuatannya ini, aku melarang anak-anakku untuk sering-sering membeli Thai tea dan minuman sejenis ini. Sekarang bahkan sudah ada Cheese Tea, jadi minuman yang menggunakan keju plus campuran gula yang banyak banget juga. Sepertinya, masyarakat kita sudah mulai mengalami kondisi obesitas nih kalau begini caranya. Ditambah lagi semakin jarang orang yang makan sayur dan buah. 

Sekarang sudah bukan jamannya lagi gemuk itu pertanda sehat loh.  Sekarang, anak gemuk itu belum tentu dianggap sebagai anak sehat loh. Anak sehat jaman sekarang itu adalah anak yang selain kebutuhan gizi dan nutrisinya terpenuhi, dia juga diharapkan aktif bergerak, cerdas berpikir dan punya kemampuan untuk bisa bersosialisasi dengan orang lain. Jadi, tidak harus bertubuh gemuk. Tubuh sedang tapi jika kebutuhan nutrisi dan gizinya terpenuhi, dan dia aktif bergerak dan berpikir, maka bisa disebut sebagai anak yang sehat.

Bagaimana cara Kebutuhan nutrisi anak bisa terpenuhi?

Mau tidak mau, caranya harus dengan berusaha agar di rumah, kita bisa menyajikan menu makanan yang memenuhi standard nutrisi yang dibutuhkan oleh anak.
Apa saja tuh? Yaitu ada karbohidrat yang diwakilkan oleh nasi, ada sayurannya, ada lauknya, minumnya juga cukup. Jika kita bisa menghadirkan sepiring nutrisi yang lengkap di meja makan dan anak kita memakannya, maka insya Allah kita tidak butuh lagi tambahan vitamin keluaran pabrik atau toko obat.
Dalam hal ini, WHO telah mengeluarkan piramida makanan dengan gizi berimbang itu seperti apa untuk bisa dijadikan patokan apakah makanan yang kita sajikan di rumah sudah terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Dan apakah apa yang dilakukan oleh anak kita sudah membuatnya masuk ke dalam kelompok anak dengan gizi seimbang.
pedoman gizi seimbang yang dikeluarkan oleh WHO
Sebagai orang tua, tentu saja ini merupakan pekerjaan rumah tersendiri. 
Kita harus memantau bukan hanya makanan dan minuman anak, tapi juga seluruh kegiatan dia dalam kesehariannya

MENU SEDERHANA YANG MUDAH DIBUAT TAPI TERPENUHI KEBUTUHAN NUTRISINYA

Meski terbaca rumit, sebenarnya sih jika sudah dijalankan cukup mudah kok memenuhi piring hidangan yang terpenuhi nutrisi gizi seimbangnya. Pemerintah mencanangkan loh gerakan masyarakat suka makan sayuran, buah dan seafood. Hasil laut kita tuh berlimpah ya, jadi variasi makanan dari olahan laut juga beragam. Dan semua ikan dari laut itu mengandung nutrisi yang lengkap dan bagus untuk kebutuhan tumbuh kembang anak.

Kebetulan, pekan lalu aku beli udang nih ceritanya. Dan si abang tukang ikan di pasar berbaik hati mau menurunkan harga udang yang dijualnya sehingga aku pun pulang ke rumah dengan membawa udang, tempe, dan sayur Bok Choy, serta bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, cabe. Lalu bertemu juga dengan abang tukang sayur di pasar yang memajang kecombrang. 


ini dia belanjaanku


Meski terlihat sederhana, tapi apa yang aku sajikan kelak untuk keluargaku tidak sederhana loh. Karena kelak, makanan yang akan aku hidangkan ini sudah cukup memenuhi kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh keluargaku, khususnya anak-anakku. 




Tuh. Jika diurai seperti di atas, apa yang terlihat sederhana ternyata tidak sederhana kan. Bahkan amat kaya kandungan nutrisinya.

Di atas, jika kalian lihat, aku menggunakan MASAKO. Kenapa menggunakan MASAKO? Karena, MASAKO adalah penguat rasa asin dan gurih. Dia bumbu penyedap masakan. Hal ini aku lakukan agar hidanganku terasa nikmat di lidah dan membuat keluargaku lahap mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi di atas. Aku tidak ragu menggunakan MASAKO karena penggunaannya juga tidak banyak sih. Lagipula, aku membaca banyak penelitian yang mengatakan bahwa MSG itu tidak berbahaya jika penggunaannya sedikit. Eh, tapi ini mah berlaku buat berbagai macam hal ya. Dimana segala sesuatu yang digunakan secara berlebihan pastilah akan berbahaya pada tubuh. Biasanya, aku hanya menggunakan MASAKO si bumbu penyedap masakan ini sedikit saja, sekedar agar rasa asin dan gurih pada masakanku semakin terasa di lidah dan menimbulkan rasa lezat. 

MASAKO sekarang tampil dengan bentuk baru loh. Isinya, mengandung ekstrak daging yang lebih banyak. Dan di belakang bungkusnya, sekarang tersaji aneka macam menu olahan sayuran. Yap. Karena dalam hal ini MASAKO ingin mendukung program pemerintah agar masyarakat giat makan sayuran.

Soal harga, harga MASAKO itu terjangkau sekali. Tidak sampai Rp5000 di toko atau mini market, kita sudah bisa dapat satu bungkus masako isi 6 kemasan @10 mg. Karena, jika beli 5 gratisnya 1. 



RESEP MENU SEDERHANA KAYA NUTRISI KELUARGAKU


Sekarang, aku mau bagi-bagi resep saja ya. Mudah kok. Mudah banget malah buat dipraktekkan di rumah kalian. 



Tumis Bok Choy


Bahan yang dibutuhkan: bok choy, bawang merah, bawang putih, cabe merah, garam, gula, MASAKO, minyak 2 sendok makan untuk menumis dan air setengah gelas mug. 

Cara membuatnya: panaskan minyak, masukkan bawang merah yang sudah diiris tipis, tumis hingga bawang merah terlihat sedikit garing, baru masukkan bawang putih dan cabe merah. Tumis hingga tercium harum, beri air, masukkan garam, gula dan MASAKO. Biarkan airnya hingga mendidih. Baru kemudian masukkan sayuran BOK CHOY ke dalamnya.

Catatan dariku: masukkan sayuran terakhir saja, agar kandungan nutrisi di sayuran tidak rusak akibat terlalu lama dimasak. Aduk sayuran kurang dari 2 menit. Lalu matikan api segera. Kuah panas akan mematangkan sayuran tersebut. 

Udang goreng tepung


Bahan yang dibutuhkan: udang, tepung (campuran terigu, tepung beras, sagu sedikit, dan breadcrumb, tanpa garam tanpa merica, campur saja agar tercampur rata), garam, masako dan jeruk lemon. Serta minyak untuk menggoreng nanti.

Cara membuatnya: udang diberi perasan jeruk lemon, beri garam dan MASAKO, lalu aduk agar tercampur rata air perasan jeruk dan bumbunya. Panaskan minyak. Sambil menunggu minyak panas, masukkan air ke dalam campuran tepung hingga terjadi adonan kental (bukan cair ya) yang pekat. Masukkan udang ke dalam adonan tepung, bolak balik agar terbalut rata, lalu goreng udang di minyak panas. Usahakan si udang balut tepung terendam minyak agar si udang bisa krispy. 

Catatan dariku: jangan menggoreng udang terlalu lama karena jika menggoreng udang terlalu lama maka udang akan terasa liat dan keras. Nah, perasan air lemon ini fungsinya menjaga agar bagian dalam si udang tetap terasa juicy karena perasan air lemon bisa menurunkan temperatur panas minyak yang mengenai makanan yang digoreng sehingga makanan tidak cepat gosong. 
Pada waktu menguliti udang, buang kepalanya saja dan sisakan ekornya. Sedangkan kulit di badan udang dibuang. Setelah kulit di badan udang dibuang, iris memanjang punggung udang tapi jangan sampai udang terpotong. Ini fungsinya agar ketika digoreng si udang bisa mekar seperti punya sayap untuk terbang. Jadi terlihat gendut dan yummy. 

Nah. Karena makan tidak lengkap jika tidak ada sambal, maka aku menambahkan sambal Kecombrang. Hehehe. Aku lagi doyan-doyannya nih dengan sambal matah  lalu kemarin dapat ide buat menambahkan kecombrang di sambal matahku.

Sambal Kecombrang.


Bahan yang dibutuhkan: kecombrang, cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, garam, gula, MASAKO.

Cara membuatnya: kecombrang, cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, diblender kasar, lalu beri garam, gula, MASAKO, lalu tumis deh. Selesai. Gampang banget ya. 


Aku buat video nih cara memasaknya. Tonton ya teman-teman karena di dalamnya ada tips memasak juga. 



Sesekali ngomongin masakan ya. Hehehe. Aku share lauk di rumahku yang serba praktis banget. Menggunakan sistem 3 on 3. Jadi cuma pakai 3 butir untuk menguatkan rasa dan 3 bumbu dasar untuk menghasilkan rasa. 3 bumbu untuk menghasilkan rasa adalah bawang putih, bawang merah dan cabe. Sedangkan 3 bumbu untuk menguatkan rasa adalah bulir garam, bulir gula dan bulir kaldu ayam MASAKO. Hasilnya ada 3 macam lauk, sayuran, lauk dan sambal. Lengkap ya untuk memenuhi sepiring makanan lengkap gizi. Nggak ada alasan lagi deh mentiadakan sayuran di piring jika kita berusaha membuat sajian yang kita hidangkan terasa lezat. Di blog www.adeanita.com nanti kalian akan membaca lengkap tulisanku mengapa kita perlu berusaha melengkapi isi piring kita dengan makanan yang memenuhi standar gizi meski dengan makanan sederhana seperti yang aku buat ini. Selamat menikmati mini videoku ini ya. Abaikan suara yg cempreng dan intonasinya yang kayak anak kecil dan tidak wibawa. Hehehe, aku aja sering minder aslinya dengan hal ini. Hahahaha. Tapi sesekali tak mengapa deh. #masako #masakokaldulebihlezat @asli_masako baca yuk tulisan di blogku tentang hal ini di https://www.adeanita.com/2019/03/10-nutrisi-penting-yang-dibutuhkan-anak.html
A post shared by Ade Anita (@adeanita4) on

112 komentar

  1. Waaoooo banyak ya nutrisi yang dibutuhkan anak, jadi ibu emang kudu kreatif dalam menyiapkan makanan penuh nutrisi buat anak, bukan hanya nutrisi, rasanya juga harus oke, kalau enggak ya anak jadi males makan.

    Pakai masako bisa bikin rasa makanan makin mantap, mau deh cobain, semoga anak saya mau makan dengan lahap :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak banget tapi ga terasa sih kalo dah dilakuin di keseharian

      Hapus
  2. Mba aku juga pake Masako di rumah untuk menambah rasa gurih pada masakan, btw aku ngincer resep sambel combrangnya nih jadi pengen buat bahan-bahannya ada di rumah juga tapi sayangnya blendernya rusak kayaknya aku ngulek aja deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..aku malah nggak punya ulekan di rumah. Jadi paa menantuku datang n mau masak dia yg biasa pake ulekan nyesuain diri buat pake blender.

      Hapus
    2. wah kebalikannya ya mba hahaha aku ngulek ya nyerah banget suka kesel kalau lama halus :D
      tumis bok choy-nya kayaknya enak banget ya mba belum pernah masak itu hahaha

      Hapus
  3. Wow enak nih mbak Ade, nutrisinya juga komplit ya, ada udang ada sayur juga. Btw aku baru tau loh bentuk kecombrang seperti di foto itu, belum pernah makan, penasaran ama rasanya hehe. Semua makanan ini makin lezat ya karena pake masako.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakkk dan harum banget baunya si kecombrang ini

      Hapus
  4. Ya ampun Mbak Adeee. Kalok ingat kecombrang, aku ingat daun ubi tumbuk Medan. Aromanya harum nian. Tapi aku belum pernah bikin sambalnya, Mbak. Pengin coba, ah. Tfs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komenmu persis sama kayak komennya menantuku Haya...

      Hapus
  5. wah mba menunya mantap :D penasaran sama sambal kecombrangnya ternyata mudah ya bikinnya, kapan-kapan coba juga ah suami suka sekali sambal-sambalan :D kalau bikin sambal saya juga suka kasih masako biar tambah sedap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buatlah. Harum dan rasanya khas banget kecombrang itu

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya komenku aku hapus karnea aku nggak suka kamu naro link hidup di kolom komen

      Hapus
  7. Inilah yang membuat anak indonesia menjadi cerdas dan ceria yang akan membuat bangga orangtua

    Asupan bergizi 10 nutrisi terpenuhi akan membuat kita bangga karena mempunyai anak cerdas, kreatif dan aktif

    BalasHapus
  8. Aku seneng banget deh, kalau membaca bagaimana cara ibu memperhatikan asupan dan nutrisi si anak. Masalahnya jarang sekali loh, yang memperhatikan kandungan dari asupan makanan yang dikonsumsi si anak. Kebanyakaan bilang, yang penting anak makan, mau apa saja terserah. Alhamdulillah anak anakku suka sayur mbak, meski kudu ditungguin pas makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman sekarang mulai banyak Astin orang tua yang memperhatikan asupan anak2nya

      Hapus
  9. Ya ampun Kak, lengkap sekali informasinya tentang 10 nutrisi penting yang dibutuhkan anak.
    Kakak bisa menjelaskan mulai dari 10 nutrisinya, eh dapet pula bonus contoh bahan-bahan dan masakannya yang mudah untuk dimasak oleh ibu-ibu, khususnya mama muda.

    Anak-anak memang membutuhkan nutrisi yang lengkap agar bisa tumbuh kembang dengan baik.
    Tapi, bukan berarti yang dewasa juga melupakan kebutuhan nutrisinya juga sih.

    Salam kenal ya Kak.

    BalasHapus
  10. n_n dimakannya gantian, cuman anakku yang 2 tahun tidak mau sayur,

    BalasHapus
  11. Duuh sambal kecombrangnya bikin ngiler aku nanem kecombrang udah hampir 2 tahun belum aja berbunga #curcol. Oia ibuku tuh kalo bikin asinan selalu dikasih masako lo mb Ade. Padahal biasanya asinannya tuh pesenan katering kalo ada mantenan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli bibitnya dimana? Aku jadi pingin nanam juga

      Hapus
  12. Suka sambal kecombrang cuma jarang kecombrang di pasar sini .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih emang jarang. Harus di pasar becek. Biasamya ditaro di sebelah sayuran yg jenis umbi2a

      Hapus
  13. Wow komplit banget nih menunya, Mba Ade. Masak apa pun jadi enak kalo pake Masako ya. Aku juga masak pake masako.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa... jadi pada semangat makan sayurnya

      Hapus
  14. Banyak nutrisi yang dibutuhkan anak-anak yaa. Dan kewajiban orang tua untuk memenuhinya agar si anak tumbuh dengan baik :)

    BalasHapus
  15. Duh udang goreng tepungnya bikin ngiler euy, minggu lalu saya juga makan udang tapi bukan udang goreng tepung melainkah udang bumbu balado, tapi bukan saya yang masak, hehehe :)

    BalasHapus
  16. Iya ya, Mba. Kebutuhan nutrisi anak pun berbeda dengan orang dewasa. Kadang saya tuh gak bisa ngasih gizi yang seimbang. Kadang kebanyakan protein aja, kadang karbo aja.
    Btw makanannya enak-enak Mbaa, aku jadi ngiler baca postingannya malem begini XD

    BalasHapus
  17. Mantap banget ini. Dalam sepiring nasi ada pokcoy, sambal, dan udang goreng. Lupa deh kalau saya lagi diet carbo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. komplit deh pokoknya ini menunya. Asupan gizinya pun udah pasti aman

      Hapus
  18. Aku penasaran nih mbk sama sambal kecomrangnya rasanya kek apa gitu oh iya nutrisi buat asupan anak sangat penting apalagi anak dalam mas apertumbuhan vitaminnya harus lengkap bukan?

    BalasHapus
  19. Waduh, enak nih masakannya. Aku pun pake Masako, Mbak Ade. udah sejak zaman kecil, lihat mama selalu pake Masako. Bikin masakan jadi lezaaaat...

    BalasHapus
  20. Wah lengkap dekali menunya mba, kalo ada udang anak-bungsuku bida dua piring nambah tapi sayuran selalu nolak

    BalasHapus
  21. aku lagi concern ke asam lemak essensial buat anak soalnya kandungan DHA dan Omega 3 penting buat pertumbuhan anak. Btw, makasih resepnya yaa Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... banyakin makan ikan2an terutama ikan dari laut dalam

      Hapus
  22. Tumis bok choy itu sayur andalanku juga mbak, apalagi si bungsu suka banget. Kalo aku masak itu, pasti dimakan gitu aja tanpa nasi. Nah aku kalo beli Masako juga yang beli 5 dapat bonus 1, berasa jadi emak yang ngirit, hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, di rumah pada suka. Krn kalo kangkung atau singkong khqwatir kena asam urat

      Hapus
    2. Di rumahku yang suka kangkung cuma aku, makanya jarang masak sayur itu. Mending famili slada aja yang bagus untuk kesehatan

      Hapus
  23. Ibu idola banget mba Ade ini ya,, asupan makanan untuk anak2nya lengkap nutrisi dan kayaknya enak-enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe alhamdulillah, doakan istoqamah

      Hapus
  24. Saya selalu kasih asupan warna warni ke anak2. Warna warni maksudnya sayur2an paling gak ada 2-3 macam perhari. Apalagi sekarang udah ada masako yg bikin acara masak jadi lebih gampang ya mba :)

    BalasHapus
  25. Zaman kita dulu masih 4 sehat 5 sempurna ya. Sekarang udah pake gizi seimbang dan mengutamakan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Semoga kita bisa terus memenuhi gizi keluarga yah mba.. kudu rajin terus nih ngulik resep ��

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah, bergizi banget bund, belanjaannya
    ada sayur, udang dan beberapa tambahan menu lain. Pasti enak banget.
    Kapan2 kalo main ke rumahmu aku dimasakin yo bund ahahha

    BalasHapus
  27. Udang goreng tepung kesukaan banget tuh..pke masako jadi tambah gurih deh hehe..

    BalasHapus
  28. MasyaAllah... Menu sederhana ala keluarga mbak nitis kayak gitu ya... Aku mah cuman nasi, lauk san Kimchi, hahahaha

    BalasHapus
  29. Anakku yg kedua suka GTM. Jadi memang mpot2an memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tapi tetap semangat berusaha ajak makan sehat hehe

    BalasHapus
  30. Mbaaa menunya sih enaaak banget dan lengkap euuy! Boleh deeh dikirim ke rumahku di Rawamangun hehehe. Dan semoga anak-anakku terpenuhi kebutuhannya

    BalasHapus
  31. Mbak, udangnya menggodaku, tapi sayaang lagi dilarang makan udang ama dokter karena kemarin kena eksim, hikkss.
    ntah sampai kapan ini puasa makan udang, huhuhuh.

    memenuhi kebutuhan gizi anak sesuai anjuran piring gizi itu emang PR banget ya Mbak, tapi sebagai Ibu harus bisa, semangaaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, sedih amat mbak lagi gak boleh makan udang... :(

      Hapus
    2. iyah nih Mbak, karena kena eksim jadi gak boleh makan udang.


      sayur bakcoy nya itu segar banget deh Mbak :)
      jadi pengen buat juga ahhh..

      Hapus
  32. Aku termasuk ibu yang mau ngulik ngulik juga masak buat anak, biar nutrisinya terpenuhi. Itu udang siap dicomot ya hahaha

    BalasHapus
  33. Wouw .. artikel tentang gizi untuk anak ini panjang banget, diulas detil berikut resepnya.
    Keren ini, kak.

    Tau ngga, awalnya aku sempat bingung kucari-cari kolom komentarnya dimana, terus kuscroll sampai kebawah naik turun .. baru deh ketemu kolomnya hahaha :D

    Sambal kecombrangnya menggoda selera ... , bikin lapar mendadak.

    BalasHapus
  34. sangat informatif terimakasih penulis... 😎👍

    BalasHapus
  35. Aku penasaran klo ketemu Kecombrang, cocoknya dimasak apa. akhirnya nemu di sini, dibuat sambal ya. aaah keren banget ibu ini.
    Besok klo nemu kecombrang lg, aku mo buat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resep makanan khas Bali dan Medan biasanya suka ada kecombrangnya

      Hapus
  36. Kangen kecombrang, di sini jarang banget ada. Di pasar saya malah tak pernah lihat. Entah mengapa. Bisa nanam tapi tak punya bibitnya.
    Perpaduan masakah Mbak Ade sedap dan pas. Aa udang yang favorit saya dan ada tumis bokchoy. Saya belum pernah masak bokchoy. Pengen coba. Dulu mah kalau nemu sayuran asing kerap ragu untuk coba masaknya soalnya tak tahu harus diapakan, ha ha. Sekarang ada panduannya. Ternyata tinggal ditumis plus tips cara masak yang tepat. Akan saya ingat baik-baik. Nuhun pisan. :)

    BalasHapus
  37. Mba Ade, masakannya bikin ngiler. Trus aku penasaran sama sambal kecombrang. Menu yang mbak Ade masak nih bakal bikin aku makannya nambah deh :D

    BalasHapus
  38. Terimakasih atas infonya, yang jelas semua nutrisi itu penting asal dikonsumsi sesuai dengan anjuran dan keperluan

    BalasHapus
  39. Masakannya menggiurkan banget Mba, bikin laper baca jam segini. Hehe. Aku lagi concern banget sama nutrisi anak juga nih karena stunting kayaknya menhantui banget gitu

    BalasHapus
  40. MasyaAllah bunda salam kenal ya ��. Tampilan blognya bagus ��. Ngomongin soal nutrisi, aku juga berusaha memperhatikan nutrisi anakku. Soalnya kan nutrisi modal utama anak untuk tumbuh sehat ya. Jadi berusaha memberikan nutrisi sesuai gizi seimbangnya

    BalasHapus
  41. Enak bangeeeet..... DUh jadi bayangkan makan sambil gigit jari.

    pengetahuan nutrisi gini juga sangat penting agar keluarga selalu sehat ya.

    BalasHapus
  42. Langsung BW, bund :) Artikelnya bermanfaat sekali.

    Meninggalkan jejak di sini https://yusniaagussaputri.blogspot.com/ ^_^

    BalasHapus
  43. Jadi lapar mba :D
    Enak banget makan pakai nasi merah hehehe.

    Nutrisi anak emang beneran sangat penting ya, dan tantangan banget buat saya yang kurang pandai masak plus anak malas makan hehehe

    Jadi pengen cobain deh masak pakai masako, biar anak bisa lebih mau makan dan nutrisinya tercukupi :)

    BalasHapus
  44. Ternyata anak memang butuh nutrisi banyak ya mba agar gizinya terpenuhi. Dan bener banget kadang kita suka gak tegaan ngasi anak makanan bergizi tapi tidak disukainya.. Itu sebuah kesalahan... Dan ngomongin masako, jujur aku juga suka pake sedikit masaka saat memasak.... Sedikit aja sudah nikmat rasanya.... Jangan sampe berlebih..... Bikin ngiler deh masakannya mba Ade... Jadi laper hehehe....

    BalasHapus
  45. makasih remindernya mbak ade, aku juga kadang suka ga ngitung nih nutrisi anak apa aja. Makasih banget ini pengingatnya.

    BalasHapus
  46. Menunya enak nih mba bergizi pula, memang nutrisi untuk anak itu penting sekali agar tumbuh kembangnya baik, untuk msg saya juga gak anti anti sangat hanya untuk perasa apa salahnya ya kan, cukup kasi sedikit aja di menu sop ayamnya anakpun makan dengan selera :)

    BalasHapus
  47. Huaaa itu sambal kecombrang enak banget disantap pas ujan ujan gini, ditambah lagi sayuran segernya...uh jadi lapeeer XD

    BalasHapus
  48. Kompehensif banget mba tulisannya.. jelas dan padat isinya.. memang ya masak itu jika kita paham apa yang akan kita masak untuk kebutuhan nutrisi anak maka memasak dengan cinta juga ya..

    BalasHapus
  49. Makasih mbak, artikelnya jadi reminder bagi saya agar lebih memperhatikan kembali nutrisi untuk anak, apalagi si Ney anak saya sekarang lagi susah-susahnya untuk dikasih makan, jadi mesti hati-hati banget agar jangan sampai kurang nutrisi.

    BalasHapus
  50. Banyak banget ya mba dalam semangkuk sayur yang kita konsumsi, tapi proses masaknya juga harus benar ya biar gizinya tidak hilang

    BalasHapus
  51. Nutrisi seimbang dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhannya apalagi di usia emas anak ya mbak. Sayur bokcoy dan udang gorengnya jadi pengen mbak.

    BalasHapus
  52. Masakan, jadi lebih enak dengan Masako ini ya Mbak Ade.
    Senangnya anak-anak dimasakin terus sama ibunya, penuh cinta ... dengan cinta saja enak, tambah bumbu tentu saja plus Masako :)

    BalasHapus
  53. Mba Ade rajin banget masaknya. Trus masakannya juga kliatan enak banget. Aku mau ah nyobain resepnya. Jadi inspirasi :)

    BalasHapus
  54. Mba aku jadi pengen makan bareng keluargamu heheheh.. tumis bol choynya enaaak dan segeer

    BalasHapus
  55. Saya sudah coba masak bubur dengan Masako Daging Ayam cuma sedkit garam dan daun salam, bubur berasnya berasa mantap berkat Masako.Soal nutrisi untuk anak, sekarang sejak diedukasi lewat tulisan teman-teman narablog, saya jadi lebih semangat menyediakan sayur dan buah di rumah.

    BalasHapus
  56. Saya pemakai Masako Mba.. Di rumah bumbu andalan ya Masako ini, deuhh.. mama saya.apalagi..Masako lover. Haha

    BalasHapus
  57. Jadi keinget pertama kali puyeng mikirin asupan makan anak pas MPASI :)) sekarang anak pertamaku sudah mau 2 tahun mba. Udah ikut makanan bundanya, tapi terkadang tetap aku perhatikan juga gizi serta kandungan pada masakan.

    BalasHapus
  58. Aku kenal kecombrang sejak tinggal di tanah Pasundan, hehehe .Lalu langsung jatuh cinta mba, segernya khas

    BalasHapus
  59. Aku juga suka pake masako si, tapi sedikit aja buat penyedap. Yang favorit masako rasa ayam

    BalasHapus
  60. kandungan gizi yang seimbang emang bagus buat anak, harus pinter2 masaknya nih
    bisa buat rekomendasi ke istri

    BalasHapus
  61. Asiknya kita bisa memberikan terbaik buat anak.apalagi anak suka pilih makanan.

    Strategi kita memang diperlukan. Inilah yang akan membuat kita semakin yakin bahwa asupan nutrisi itu penting agar anak jadi cerdas

    BalasHapus
  62. Walaupun masakan sederhana tapi nutrisinya sudah lengkap bagus itu ya mbak. Pakai bumbu penyedap masakan biar masakan masin enak di lidah gpp kok kan takarannya juga gak banyak. Duh mbak Ade udang goreng tepungnya menggoda banget sih.

    BalasHapus
  63. Baca postingan ini aku jadi sedikit ke sentil nih mbak, biasanya mah aku masak ya masak aja gitu, judulnya ada sayur, ada lauk ama ada nasi tanpa mikirin yang namanya nutrisi, makasih ya mbak udah mengingatkan aku lagi soal pentingnya nutrisi itu

    BalasHapus
  64. Saya baru tahu nih 10 nutrisi penting yang dibutuhkan anak. Emang sudah kewajiban seorang ibu ya mbak, mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Tidak asal masak saja tapi kandungan nutrisinya juga perlu diperhatikan..Btw di rumah juga saya sering pake bumbu penyedap dari masako dan paling sukanya yang rasa ayam.

    BalasHapus
  65. Sedap banget nih menunya. Ini sih bukan sederhana tapi mewah gizi ya. angkat aku jadi anakmu, dooongg... 😁

    BalasHapus
  66. Mbak Ade makanannya lengkap banget, bikin ngiler, pas bacanya aku pas waktu sarapan nih hehe :D
    Emang jd ibu kudu mikirin banget ya nutrisi keluarga khususnya anak2nya :D

    BalasHapus
  67. Karena belum memiliki momongan aku harus memnuhui kebutuhan nutrisiku dulu dong ya bun hehehe
    masako banyak stok di rumah, apaalgi mertua jualan ini

    BalasHapus
  68. Senangnya anak-anak mba Ade soale mama nya pinter masak hehe. Btw emang masako lebih praktis sih dan buat masakan juga enak.

    BalasHapus
  69. Mbaaa aku ngiler dengan sambal kecombrangmu nih. Dulu aku punya sendiri tanamannya di kebun. Tapi nda tau kenapa nih kok sekarang pada ga mau berbunga lagi huhuuu.

    Anakku nih suka banget dengan udang goreng tepung. Masaknya bakalan tambah sedep kalau dikasih Masako nih. Nyuumm...

    BalasHapus
  70. Aku juga pake masako dirumah, favoritku sih yang ayam kak. Nambah nafsu makan keluarga soalnya

    BalasHapus
  71. Keren banget deh nutrisi buat anak itu perlu banget loh. Biar anak sehat dan cerdas. Masako selalu sedia nih di rumah.

    BalasHapus
  72. Iya banget, anak-anak memang kudu tercukupi kebutuhan gizinya. Tapi milih yang bergizi aja gak cukup buat mereka. Kudu diolah jadi makanan sedap dan enak, baru deh mereka mau makan. Dan dengan tambah kaldu bubuk Masako, masak apa pun jadi lebiiih enak.

    BalasHapus
  73. Ya ampun itu mah bukan masakan sederhana mbaaaa.. itu mewaaahh sekalii.. bikin lahap anak anak kalo makan

    BalasHapus
  74. Baru tahu perasan lemon untuk udang ini. Enaaak menunyaaaa, Mbak. Tumisnyaaaa.

    BalasHapus
  75. Menunya lengkap banget, Mba. Udah gitu menggugah selera pula. Apalagi tumisan boh Choy dan udang gorengnya, wahh bikin ngiler deh :)

    BalasHapus
  76. Kadang tak perlu bahan makanan yang mahal untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga yaa, Mba. Asal olahannya pas, pasti akan jadi makanan enak, udah gitu penuh gizi pula :)

    BalasHapus
  77. Ilmu penting banget ni mb ade
    Harus diperhatikan nutrisinya juga ya. Biar selalu sehat.

    BalasHapus
  78. Ya ampun, Mba Adee.. masakannya mantap banget siih.. aku tuh pengen rajin masak lagi deh. Nyontek ah resepnya

    BalasHapus
  79. Suka banget bahasanya Mbk Ade, lengkap banget. Masakan juga bikin ngiler deh, pengen mencoba ��

    BalasHapus
  80. Dari dulu penasaran sama sambal kecombrang rasanya kayak gimana. Btw, ini menunya sehat, sederhana masaknya, dan enak ya.

    BalasHapus
  81. Wah 10 nutrisi nya mengingatkan banget nih buat lbh memperhatikan gizi anak2ku..

    BalasHapus
  82. Pada umumnya fakor ekonomi, jika orang tua belum memenuhi nutrisi pada anaknya. Dan saya pun saat kecil juga mengalami hal seperti itu. Makan sama nasi dan garam, sudah tergolong wah.
    Untuk masako, aduh dirumah saya selalu ada stock, maklum ibu saya kan penjual sayur.

    BalasHapus
  83. Lengkap sekali. Anak sekarang banyak kemudahan untuk mendapatkan nutrisi ya. Zaman saya dulu mana bisa wong semua serba terbatas.
    Terima kasih infonya.
    Salam hangat dari Jombang.

    BalasHapus
  84. bolak balik baca, mantap, tertarik dengan Tumis Bok Coy nya. weekend ini tak praktekin, terimakasih atas sharenya.

    BalasHapus
  85. artikel yang bagus, jangan lupa mampir untuk bermain
    Judi Online AB Live Casino
    Spesialis Casino di Market Asia dengan live dealer cantik khas Asia yang siap menjadi dewi keberuntungan Anda.

    BalasHapus
  86. Thanks for put such an important thing in this blog. If you need website designing and digital marketing services in delhi, OGEN Infosystem is best place for you.
    Web Design Company

    BalasHapus
  87. Everything is very open with a clear explanation of the challenges. It was truly informative. Your site is very useful. Thank you for sharing!
    kbc official winner

    BalasHapus