Selasa, 12 Juni 2018

2 Resep Makanan Kekinian dari Sogood

[Lifestyle] Melakukan wisata kuliner itu, di jaman sekarang rasanya tidak ada habis-habisnya ya. Karena jaman sekarang para penggiat kuliner terus melakukan banyak inovasi terhadap menu yang disajikan. Baru saja mulai kita mau bercerita bahwa baru saja menemukan variasi menu baru di suatu tempat, dalam sekejap, variasi menu baru tersebut sudah banyak dilakukan oleh tempat lain secara masif. Itu sebabnya, jaman sekarang muncul sebuah istilah baru yaitu "makanan kekinian". Istilah ini merujuk pada variasi makanan yang sedang nge-trend dijajakan oleh banyak orang di berbagai tempat.

Beberapa gaya hidup jaman sekarang juga membantu cepat populernya sebuah jenis varian makanan. Instagram, twitter,  facebook, WhatsApp, youtube, line, dan banyak media sosial lainnya, ikut membantu cepat tersebarnya berita tentang keunikan sebuah makanan. Istilahnya, diviralkan lewat media sosial. Dan setelah berita tentang keunikan itu tersebar alias menjadi viral, maka banyak orang ingin ikut merasakan keberuntungan dari kepopuleran makanan tersebut. Maka, lengkaplah predikat "makanan kekinian" yang dimaksud. Masukkan hashtag #makanankekinian maka akan muncul apa saja yang dimaksud dengan makanan kekinian itu. Jumlahnya banyak dan kreatif-kreatif semua. Kreatif dalam arti, itu sebenarnya makanan yang sudah ada sejak lama, tapi sekarang muncul dengan penampilan baru yang lebih menggugah selera. Atau varian menu lama yang sekarang muncul dengan penambahan bahan lain sehingga tampak seperti menu masakan yang baru muncul saat ini saja.

Gaya hidup alias lifestyle jaman sekarang memang demikian, yes. Jika belum mencoba makanan yang sedang ngetrend di media sosial dianggap tidak up to date. Sekarang, bahkan anakku sering mengatakan, "Ah, ibu kurang gaul deh kalau nggak tahu makanan itu. Itu makanan kekinian banget."

Setidaknya, ada 2 makanan kekinian yang awalnya diberitahu oleh anakku padaku. Hehehe. Maklum, aku kan ibu rumah tangga yang kebanyakan berada di rumah. Sedangkan anak-anakku ada yang sudah bekerja, ada juga yang masih bersekolah. Artinya, mereka banyak bertemu orang dan melihat perkembangan kejadian keseharian secara nyata. Apa yang sedang nge-trend saat ini, gosip apa yang sedang berkembang, bahkan termasuk pemakaian "kata baru" yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat, anak-anakku lah yang lebih mengetahuinya terlebih dahulu ketimbang aku. Termasuk tentang makanan kekinian. Nah... ada 2 jenis makanan kekinian nih yang diberitahu oleh mereka padaku. Yaitu, tentang ayam geprek mozzarella, dan ayam kung pau.

"Diapain itu ayam geprek mozzarella maksudnya?" aku penasaran ketika anakku bercerita tentang ayam geprek mozzarella pertama kali dahulu di rumah, beberapa waktu yang lalu.
"Ayam goreng bu. Lalu digepengin gitu dengan cara digeprek di atas talenan. Jadi nggak kaku bentuknya tapi agak pipih. Lalu diberi sambal matah, lalu disiram dengan keju mozzarella yang sudah mencair."

Aku terkesima. Wah. Langsung terbayang enaknya. Aku memang penggemar keju. Keju apa saja, termasuk keju mozzarella. Menurutku, semua makanan yang diberi keju itu lezat.
Akhirnya, karena aku penasaran, anak-anak pun memesan jenis makanan kekinian tersebut lewat aplikasi antar makanan online (gofood). Ketika makanan sudah datang, benar sih. Memang enak. Aku ketagihan.

Besoknya, karena merasa ketagihan, aku pingin membelinya lagi. Tapi, ya ampun susahnya mendapat pengemudi gofood di jam-jam sibuk. Apalagi di bulan Ramadhan ini. Sepertinya semua orang ingin merasakan wisata kuliner untuk hidangan berbuka mereka. Karena aku terlanjur sudah ketagihan, aku pun segera membuka kulkasku. Kebetulan banget, di kulkasku selalu tersedia yang namanya makanan beku siap masak SOGOOD. Lalu, aku mulai berkreasi dengan produk ayam siap masak SOGOOD. Jadi, nggak cuma digoreng begitu saja dan jadi teman makan nasi. Nanti deh, aku beritahu ya resepnya.

Ini dia sekantong besar produk SOGOOD yang sudah aku adopsi agar menghuni isi freezer kulkas di rumahku

Kenapa Memilih SOGOOD sebagai salah satu stok makanan di rumah?


Jika pertanyaan ini diberikan padaku, maka jawabanku gampang. Karena, SOGOOD itu adalah protein jaman now. Hehehe.

Jadi nih, sebagai makanan siap masak, maka daging ayam siap masak yang ada di dalam kemasan SOGOOD itu merupakan daging ayam pilihan. Pilihan dalam arti, mulai dari makanan yang dimakan oleh si ayamnya hingga proses memasak dan pengemasan di dalam kantong kemasannya, semuanya dilakukan  dengan sangat baik dalam arti senantiasa memenuhi standar kualiti mutu.





Daging ayam pilihan siap masak dari SOGOOD,  telah dimasak selama 3 menit dengan suhu 170* C sehingga semua bakteri insya Allah mati. Dibumbui dengan bumbu secara proporsional, tanpa pengawet buatan. Setelah itu, daging ayam pilihan siap masak ini dimasukkan dalam kemasan plastik yang terjamin hieginis karena menggunakan teknologi IQF dari Jepang.  Sehingga rasa, kesegaran dan nutrisinya terjaga dengan baik. Selanjutnya dimasukkan ke dalam freezer.

Ingat ya. Makanan siap masak SOGOOD itu dijual dalam bentuk beku. Hal ini guna menghindari berkembangnya bakteri yang tidak diinginkan. Itu sebabnya jika kita ingin membeli dan menyimpang produk ayam siap masak SOGOOD maka belilah yang dijual di dalam freezer. Jangan membeli yang dipajang di atas meja dan terpapar sinar matahari atau udara bebas. Selanjutnya, segeralah masukkan ke dalam freezer di dalam kulkas. Seperti yang aku lakukan pada stok makanan SOGOOD ku di rumah.


Jadi, bisa dibilang alasan aku memilih produk ayam siap masak SOGOOD sebagai stok makanan di dalam freezer kulkasku adalah:


1. Karena keluargaku pasti membutuhkan tambahan protein dalam asupan nutrisi makanan mereka sehari-hari, agar terpenuhilah kebutuhan gizi seimbang. 

Protein hewani itu penting. Khususnya bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tahu nggak, anak bungsuku yang selalu minum susu kedelai ketika masih kecilnya dulu, akhirnya diminta oleh dokter untuk minum susu sapi hanya karena pertumbuhan tinggi tubuh anakku lebih mungil dibanding anak-anak lain seusia dia kala itu. Skala tumbuh kembang anakku memiliki garis kuning cenderung ke arah merah. Jauh dari hijau. Menurut dokter anakku, anakku memerlukan protein hewani untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Itu sebabnya, aku selalu berusaha agar ada protein hewani yang aku olah dalam variasi menu makanan di rumahku sehari-hari.



2. SOGOOD itu nikmat dan praktis. 



Waktu sempit, sedang terburu-buru, terancam akan terlambat, maka tinggal ambil produk ayam siap masak SOGOOD, beres sudah. Tinggal goreng atau tinggal bakar. Direbus juga bisa. Pokoknya praktis banget deh. Terlebih karena anak-anakku harus membawa bekal ke sekolahnya. Kantin sekolah di waktu istirahat tiba, antriannya panjang. Ya antrian untuk memilih makanan, antrian untuk bayar, dan akhirnya antrian untuk bisa mendapatkan bangku buat duduk makan. Padahal, waktu istirahat sekolah selama 30 menit itu bukan cuma diisi untuk makan saja, tapi juga untuk shalat dan bermain dengan teman agar tidak stress. Itu sebabnya anak harus dibawakan bekal dari rumah agar bisa menggunakan waktu istirahat pendek ini dengan benar. Tapi, sebagai manusia biasa, ada saja gangguan yang datang padaku hingga tidak bisa setiap hari secara sempurna menyiapkan menu makanan yang dimasak sendiri. Apalagi di Jakarta, sekolah masuk pukul 06.30 plus jalan raya yang macet. Disitu aku merasa amat terbantu oleh kehadiran ayam siap masak  SOGOOD di dalam freezer kulkasku.

Bahkan, stok produk ayam siap masak SOGOOD ini berguna untuk hidangan makanan mendadak seperti ketika tiba-tiba harus menjamu tamu yang datang tiba-tiba.  Tinggal tek-tek-tek sebentar, nyess, siap di meja makan.

3. Dia bisa tahan disimpan di dalam freezer tanpa berubah rasa (selama suhu dingin dalam freezer tetap terjaga).


Kadang, cuaca yang tidak menentu hingga membuatku tidak bisa berbelanja keluar rumah, atau punya kesibukan sehingga lupa berbelanja, maka punya produk berbahan dasar protein hewani seperti SOGOOD itu amat membantu loh. Ya itu tadi, karena bisa disimpan di dalam freezer kulkas kita dan dia tetap tidak berubah rasa dan bentuknya. Kapans aja dibutuhkan, insya Allah siap masak.


4. Karena produk SOGOOD (baik yang siap olah maupun yang siap masak) sudah memiliki sertifikat halal MUI dan sertifikat lolos uji BPOM.


Nah. Tentu saja, jika hanya tinggal digoreng, dibakar atau cemplung ke rebusan saja, mengudap makanan siap olah menjadi sesuatu yang amat membosankan. Lidah kita itu menginginkan variasi aneka rasa. Karena itulah yang bisa mempengaruhi mood kita di hari itu. Itu sebabnya makanan ayam siap masak SOGOOD kemudian aku kreasikan menjadi berbagai macam menu.
Lagipula, ini alasan khusus buatku pribadi, aku tetap merasa bahwa mengolah sendiri makanan itu jauh lebih sehat ketimbang membeli makanan di luar sana. Karena dengan mengolah makanan sendiri, kita tahu minyak goreng yang kita gunakan itu sudah berapa kali pakai dan apa saja kandungan minyaknya. Bawang, atau cabe, atau bumbu lain, kita tahu pasti sudah dibersihkan dengan bersih atau belum. Alat masak yang kita pakai sudah dibersihkan dengan benar atau belum. Dan sebagainya. Itu sebabnya aku lebih senang memasak sendiri ketimbang membeli. Bahkan meski jaman sekarang sudah banyak banget kemudahan untuk memesan makanan siap beli karena banyaknya layanan antar jemput makanan online.

Itu sebabnya, ketika suatu hari aku tidak dapat mendapatkan pengemudi antar makanan online karena memang memesan di jam sibuk, aku pun mulai membuka freezer dan mulai membayangkan tentang makanan kekinian yang aku inginkan. Salah satunya adalah, ayam geprek Mozarella dan ayam kungpau berikut ini. Aku share saja ya 2 resep makanan kekinian dari SOGOOD ini.

RESEP  AYAM GEPREK MOZARELLA  SOGOOD



Bahan yang dibutuhkan:



1. Chicken Katsu SOGOOD (atau bisa juga Chicken Karage SOGOOD). Keduanya bisa digunakan, sama lezat dan sama nikmatnya. Tergantung selera.
2. Minyak untuk menggoreng dan menumis.
3. Keju mozzarella.
4. Cabe merah (cabe keriting untuk menciptakan rasa pedas; cabe merah besar agar volume sambal nantinya terlihat banyak. Jika kalian penyuka pedas, maka hilangkan cabe merah besar, ganti dengan cabe rawit. Tapi jika kalian seperti keluargaku yang tidak bisa makan makanan yang terlalu pedas, maka gunakan cabe merah besar lebih banyak daripada cabe merah keriting).
5. Bawang putih.
6. Gula, garam.

Cara membuatnya:


1. Ayam Katsu SOGOOD (SOGOOD Chicken Katsu atau SOGOOD Chicken Karage), digoreng hingga garing. Sisihkan.
2. Ambil blender, lalu blender agar menjadi sambal kasar semua cabe dan bawang putihnya. Beri garam dan gula agar terasa gurih.
3. Tumis sambal kasar di atas wajah anti lengket dengan minyak yang sedang. Setelah warna cabe berubah tanda cabe matang, masukkan potongan keju mozzarella.



4. Selanjutnya, mulailah tata makanan di atas piring.
Nasi, sayur, ayam katsu atau ayam karage SOGOOD, lalu beri sambal geprek di atasnya.
Selesai deh. Siap santap.


Catatan penting dariku:
Di banyak tempat penjualan ayam geprek mozzarella, mungkin kalian akan membaca tulisan promo mereka seperti ini: "disajikan dengan sambal yang dibuat dadakan". Nah. Pernyataan ini benar. Sambal mozzarella itu memang harus dibuat dadakan. Mengapa? Karena jika sudah dingin sambalnya, maka si mozzarella itu akan membeku. Akibatnya, sambal mozzarella menjadi seperti selimut kaku. Tidak ada sensasi lengket melelehnya. Itu sebabnya, jika kalian membuat sambal, sisihkan saja sambalnya. Jangan dicampur dengan mozzarella dulu. Kan kalau nyimpen sambal insya Allah awet dan tahan lama. Nanti, ketika sudah mau makan, barulah dicampur dengan keju mozzarella. 
Eh tapi, jika kalian ingin praktis, ya silahkan saja sih mencampur sambal dengan mozzarella. Nanti jika sambal membeku, tinggal dihangatkan lagi dengan microwave ya. Pokoknya, ini sambal memang harus tersaji hangat. 

jadi, ayam disajikan begitu saja enak. Setelah diberi sambal mozzarella, maka enaknya jadi bertambah lagi

Tapi aku senang deh, karena resep ayam geprek sambal mozzarella SOGOOD yang aku share di instagramku dipraktekkan oleh banyak orang yang terinspirasi karenanya.  Ayo yuk, kalian juga mencoba membuatnya. Lebih murah, lebih terkontrol kebersihannya, dan lebih banyak sih. Apalagi jika kalian punya stok ayam siap masak SOGOOD di rumah kalian.

ini obrolan yang berhasil aku skrinsut di facebook. Alhamdulillah ya jika resep yang kita bagikan memberi inspirasi buat orang lain. Senangnya bonus banget setelah berkreasi dengan makanan.

Sekarang resep ke 2 ya.

RESEP SOGOOD CHICKEN KUNGPAU


Ini resep yang sering banget aku temukan di rumah makan yang mengusung tema Kopi Tiam atau rumah makan yang menyediakan aneka menu masakan China. Aku suka dengan makanan ini sejak pertama kali mencobanya. Dan sepertinya, sekarang nyaris di banyak tempat makan, menu makanan ini disediakan.

Di antara semua variasi Chicken Kungpau yang pernah aku coba di banyak rumah makan, favoritku adalah yang disediakan dengan Tahu Sutra yagn ditaburi dengan rumput laut dan diberi garnish potongan ayam krispi dalam bumbu siramnya. Masalahnya, menurutku potongan ayam krispinya kurang banyak. Hehehehe. Aku membayangkan, kreasi Tahu Kungpau ini akan lebih lezat jika dihidangkan dengan taburan ayam krispi yang lebih banyak lagi. Dan imajinasiku ini cocok sih buat keluargaku yang anggota keluarganya banyak. Ada 3 anak, 1 menantu, dan aku serta suami sebagai orang tua mereka. Dan kami semua ternyata hobi makan semua. Jadi, kalau makanan yang disajikan dengan jumlah minimalis itu rasanya.... nanggung banget.

Jadilah aku berkreasi di rumah dengan menggunakan produk ayam siap masak SOGOOD.


Bahan Yang Dibutuhkan:



1. SOGOOD Chicken Karage
2. Paprika
3. Bawang Bombay.
4. Bawang putih.
4. Bawang merah.
5. Cabe merah segar.
6. Cabe merah kering.
7. Garam, gula.
8. Tahu sutra kemasan kotak.
9. Kacang mete masak goreng madu.
10. Saus tiram.
11. Merica bubuk.
12. Nori kering.

Cara membuatnya:





1. Iris semua bahan mentah: cabe, bawang Bombay, bawang putih, bawang merah, paprika, cabe kering. Sisihkan.
2. Goreng SOGOOD chicken karage hingga garing, belah menjadi 2 atau 3 di atas talenan. Sisihkan.
3. Gunting nori siap masak agar menjadi potongan seperti mie kering. Sisihkan.
4. Tumis irisan bawang Bombay terlebih dahulu (bawang Bombay yang ditumis selama 3 menit, akan mengeluarkan rasa manis yang khas), setelah itu baru masukkan (campurkan ke dalam tumisan bawang Bombay tadi)  bawang merah dan bawang putih. Aduk hingga keduanya harum.
5. Masukkan tahu sutra di atas tumisan tersebut. Hati-hati ya karena tahu sutra ini mudah sekali hancur. Kecilkan api.
6. Beri air 1 gelas mug, lalu taburi garam dan gula, dan merica.
7. Siram dengan saus tiram.Taburi air di sekeliling tahu  sutra dengan potongan SOGOOD chicken karage. Biarkan potongan ayam karage ini terendam di dalam kuah.
8. Siram-siram tahu sutra ini dengan kuah yang ada di sekelilingnya. Setelah air di sekeliling tahu terlihat mendidih, selimuti bagian atas tahu sutra dengan guntingan Nori yang sudah seperti mie. Penuhi seluruh permukaan tahu sutra bagian atas ini dengan nori. Lalu, siram dengan kuah yang ada di sekeliling tahu sutra hingga nori itu pun layu dan langsung menempel di bagian atas tahu sutra.
9. Masukkan kacang mete dengan cara menaburkannya ke sekeliling tahu.
10. Masukkan irisan cabe kering di atas taburan kacang mete.
11. Siapkan piring hidangan.
12. Angkat tahu sutra perlahan dari wajan, lalu letakkan di atas piring hidang.
13. Setelah itu, masukkan semua isi wajan mengelilingi tahu sutra yang sudah ada di dalam piring hidang.


14. Selesai deh. SOGOOD Chicken Kungpau yang lezat kreasiku. DIjamin lebih baik daripada keluaran rumah makan manapun karena isinya lebih banyak. Jadi, lebih puas dan lebih murah dong pastinya.


Yuk. Yuk, dicoba resep #MasakanRumahKhasRamadhan #SogoodXbpn #LebihBaikSoGood . Insya Allah cocok nih buat hidangan berbuka dan sahur di bulan Ramadhan ini. Bahkan, setelah Idul Fitri nanti nih, yaitu saat kita menjalankan ibadah puasa di bulan Syawal selama 6 hari, pilihan resep lezat praktis ini bisa jadi alternatif menu. Kenapa? Karena biasanya setelah idul Fitri, pasar tempat orang berjualan belum kembali normal. Dan rumah makan pun belum banyak yang buka. Jadi, bakalan susah deh mencari bahan makanan untuk dimasak. Nah. Pakai simpanan stok makanan yang ada di dalam kulkas saja ya. Praktis kan? Praktisnya dapat, lezatnya dapat, kebutuhan nutrisinya pun dapat, dan pahala ibadahnya tetap dapat tidak dikurangi. Menang banyak dong kita... hehehe. Insya Allah.

10 komentar:

  1. Mba Ade kreatif banget. Tapi soo good emang enak sih

    BalasHapus
  2. Wah karage bisa dibikin masakan chinese food ya, inspiratif banget ini mba

    BalasHapus
  3. Mbk Ade keren banyak resep baru deh abis baca ini.

    BalasHapus
  4. Aku bikin geprek chicken sticl Mbak... Hehe

    BalasHapus
  5. Kalau udaj halal, bikin tenang ya mbak. Mau masak apa aja, aman

    BalasHapus
  6. Wow amazing. Mbak, ak penasaran rasanyaaa

    BalasHapus
  7. Wow amazing. Mbak, ak penasaran rasanyaaa

    BalasHapus
  8. Ayam geprek mozarelanya bikin ngiler mbak, hiks... Pengen praktekin

    BalasHapus
  9. habis lebaran mau nyoba bikin sambal mozarella itu ah...mudah-mudahan berhasil hehehe

    BalasHapus
  10. Sehat nih soalnya pakai nasi hitam

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri yang Diunggulkan

Kapan & Dimana Doa Insya Allah Terkabul

Pengikut