Sabtu, 27 Januari 2018

Pizza Topping SO GOOD Chicken Nugget

[Parenting] Tanggal 25 Januari 2018, adalah peringatan hari Gizi Nasional yang kesekian kalinya (karena memang diperingati setiap tanggal 25 Januari). Kebetulan, tanggal 26 Januarinya adalah hari ulang tahun anak bungsuku. Dan disinilah pentingnya memiliki makanan siap olah di frezer itu terasa begitu membantuku untuk mempersiapkan makanan cepat saji yang lezat. Kebetulan, di rumah aku punya SO GOOD Chicken Nugget. Jadi, aku akan membuat Pizza Topping SO GOOD Chicken Nugget. Membuatnya gampang  sekali, cocok untuk acara dadakan seperti ketika anakku ulang tahun kemarin.




Panduan Gizi Seimbang


Jaman dahulu, lebih tepatnya sebelum era millenial, masyarakat umumnya mengetahui bahwa panduan gizi itu adalah 4 sehat 5 sempurna. Nah, jaman sekarang panduan ini sudah berubah. Sekarang dikenal dengan istilah dan pemahaman baru yaitu Panduan Gizi Seimbang. Bentuknya adalah piramida kebutuhan gizi seperti berikut ini:


Perbedaan prinsip 4 Sehat 5 Sempurna dengan Panduan Gizi Seimbang ini cukup banyak. Seperti, pada PGS, kita diwajibkan untuk memperhatikan berat badan dan tidak asal makan saja. Tapi harus memperhatikan apakah asupan  makanan yang kita makan itu sudah lengkap komposisi gizinya. Jadi, jika seseorang makan nasinya 2 piring, tempe 1/2 potong, sambal, ikan asin, lalu minum susu; maka orang ini belum bisa dikategorikan sudah mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbang. Bahkan meski orang tersebut makan hingga kenyang sekali pun. Karena apa yang dia makan belum seimbang komposisi makanannya.  Dan jika orang tersebut kerjanya hanya makan, tidur, nonton televisi saja setiap hari, maka fix untuk dikatakan bahwa dia belum menjalankan Panduan Gizi Seimbang. 

Ada 4 Prinsip yang terdapat dalam Panduan Gizi Seimbang.

1. Membiasakan makan makanan beraneka ragam. 

Jadi, harus diperhatikan benar-benar apakah ada karbohidratnya, proteinnya, mineralnya, vitaminnya, cairannya, dan sebagainya. Jadi bukan lagi asal makan dan asal kenyang saja. 

Dalam hal ini, minum susu sudah dianggap tidak lagi sebuah penyempurnaan. Karena susu dimasukkan dalam protein. Protein itu kan ada protein hewani ada protein nabati. Nah, protein hewani bisa berupa susu, telur, daging ayam/sapi/domba atau hewan kaki 2 atau 4 lain, ikan. Sedangkan protein nabati berasal dari tumbuhan seperti kacang-kacangan, atau biji-bijian atau sayur-sayuran atau buah-buahan. Itu sebabnya susu sudah tidak lagi diharuskan untuk dikonsumsi oleh seseorang (kecuali oleh anak-anak ya, yang memang sedang dalam masa pertumbuhan). 

Dalam piring seseorang ketika akan makan, hendaknya semua komposisi makanan ini bisa terwakilkan. Tidak penting banyak, yang penting lengkap komposisinya agar terpenuhi sesuai dengan Panduan Gizi Seimbang.

2. Gaya Hidup Sehat

Prinsip kedua adalah, agar bisa dikatakan sesuai dengan Panduan Gizi Seimbang maka seseorang itu dalam kesehariannya harus memenuhi Gaya Hidup Sehat. 
Gaya hidup sehat disini adalah, apa yang dia konsumsi hendaknya harus seimbang dengan aktifitas aktif dia sehari-hari.

Jadi, istilah mager (malas gerak) itu hendaknya dihindari.
Gaya Hidup Sehat  alias healthy Lifestyle menghendaki apa yang dikonsumsi diubah menjadi energi yang positif. Sehingga apa yang dikonsumsi tidak menumpuk menjadi lemak dan gemuk, yang justru membuat seseorang tidak sehat.

3. Lakukan Olah Raga


Dalam panduan gizi seimbang, seseorang juga diharuskan untuk rajin berolah raga. Olah raga apa saja yang penting olah raga dirajinin. Bisa jalan kaki keliling kompleks, bersepeda, lari pagi, atau ikut bergabung dengan tempat yang menyelenggarakan olah raga massal. 

4. Pantau Berat Badan

Dan dalam Panduan Gizi Seimbang, seseorang bisa dikatakan sudah memenuhi panduan gizi seimbang jika dia rajin memantau berat badannya. 
Berat badan yang dimaksud adalah berat badan yang tidak terlalu melenceng dari berat badan ideal. Jadi, tidak terlalu kurus, juga tidak terlalu gemuk. Diet boleh, tapi jangan bikin kita jadi kurang gizi (kembali ke poin pertama lagi deh panduannya). 





Pizza Topping SO GOOD CHICKEN NUGGET


Tanggal 25 Januari adalah hari gizi nasional, maka tanggal 26 Januari adalah hari ulang tahun anak bungsuku.

Sebenarnya, tradisi merayakan ulang tahun tidak pernah ada di keluarga kecilku sejak awal aku menikah. Hanya saja, ketika hari ulang tahun tiba, kami sering meng-eratkan kembali hubungan keluarga inti kami. Pergi makan di luar hanya aku-suami-dan anak-anak saja. Lalu kami saling tukar cerita dan berbagi tawa. Ini adalah bentuk rasa syukur kami karena bisa saling memiliki satu sama lain. Alhamdulillah.

Tapi kemarin, tiba-tiba anakku memberitahu bahwa teman-temannya akan datang ke rumah ramai-ramai.
"Hah? Dalam rangka apa?"
"Mereka ingin main saja bu, karena kata mereka ini kan hari ulang tahun aku."
"Tapi kita nggak pernah merayakan hari ulang tahun loh nak."
"Iya, aku juga sudah bilang sama mereka. Tapi mereka mau main saja kok bu, nggak ngerayain apa-apa. Mereka pingin tahu rumah aku saja kok."
"O. Oke, baiklah. Kalau tujuannya itu tidak mengapa. Berapa orang?"
"8 orang."

TOWEEENNNNGGGG.

Jujur, aku rada panik kemarin. Karena, rumah terbiasa sepi jadi aku tidak menggunakan tenaga pembantu rumah tangga untuk bantu-bantu. Lalu tiba-tiba akan kedatangan 8 orang tamu dadakan. Duh, masakan apa yang harus dipersiapkan untuk menghidangkan mereka? Mau lari ke warung bebelian sudah tidak sempat. Apalagi belanja di supermarket. Mau pesan makanan via layanan pesan antar,... hehehehe... tanggal 26 itu kan tanggal tua ya buat PNS. hehehe.
Jadi gimana dong?

Alhamdulillah aku ingat bahwa aku punya SO GOOD Chicken Nugget di frezer lemari es-ku. Isinya hanya 400 gram sih. Jadi, jika digoreng dan dijadikan lauk makan pasti tidak cukup untuk menjamu 8 orang tersebut.

Tahu sendiri kan, yang namanya anak remaja SMP itu makannya banyak. hahahaha.
Anak remaja SMP itu aktif-aktif sekali, apalagi ini cewek semua. Mereka senang nyanyi-nyanyi, lalu nari-nari mengikuti musik yang mereka gandrungi, lalu cerita-cerita dengan gaya yang aktif. Mereka bisa saling kejar-kejaran, saling teriak, saling lompat-lompatan, saling berbisik lalu cekikikan. Ugh. Pokoknya pusing deh. Swing mood-nya tinggi. Sebentar saling tuding lalu merajuk, sebentar kemudian sudah akrab lagi dan saling rangkul.

Dan satu lagi, anak remaja SMP cewek itu hobi banget melakukan selfi berkelompok, karaokean, ngerumpi bareng, sambil mengudap makanan. Istilah mereka: nongki-nongki bareng.

Jadi, masak apa enaknya? Aku harus masak sesesuatu yang : sesuai dengan budget kondisi dompetku (hehehe sindrom tanggal tua euy), bisa memenuhi panduan gizi seimbang, praktis, terlihat cantik jika ada yang mau selfi dengan makanan yang dikudapnya.

Akhirnya, setelah berpikir sejenak, aku pun berinisiatif membuat Pizza Topping SO GOOD Chicken Nugget.

Resep dan Cara Membuat Pizza Topping SO GOOD Chicken Nugget


Bahan kulit Pizza: terigu 300 gram (kalau kurang nanti buat lagi gampang. Untuk membuat kulit pizza ini dibutuhkan waktu persiapan kurang lebih 20 menit). Minyak goreng 2 sendok makan ( 2 sdm), garam 1/4 sendok teh (1/4 sdt), air secukupnya (karena aku juga kira-kira sih, dirasakan saja ketika menguleninya nanti; buat persiapan siapin saja 1 gelas 200 ML), yeast atau ragi untuk membuat roti, susu bubuk 1 sdm.

Uleni seluruh bahan untuk dough pizza ini hingga adonan terasa tidak lengket di tangan lagi. Kurang lebih uleni selama 10 menit deh. Setelah itu tutup adonan dengan kain yang lembab, tinggalkan agar mengembang dan mengempis sendiri selama 15  s.d 30 menit. (jika nanti adonan ini sisa, bisa disimpan di frezer dan tahan selama 3 bulan ya). Setelah itu, ambil segenggam, pipihkan, lebarkan, lalu taru di atas loyang pizza (jika tidak punya loyang pizza maka taruh di loyang datang apapun, setelah itu tusuk-tusuk permukaannya dengan garpu).

Bahan topping: olesi permukaan atas pizza dengan saus tomat secara merata, beri taburan keju parmesan (jika tidak ada tidak mengapa), irisan jamur kancing, irisan paprika, irisan bawang bombay, dan irisan SO GOOD CHICKEN NUGGET. Lalu tutup dengan parutan keju mozarella.
Panggang di dalam oven 220 derajat celcius selama 10 menit (jika loyangnya besar panggang selama 15 menit; dan jika adonannya tebal, tambah lagi 5 menit jadi 20 menit. Kebetulan loyang yang aku pakai adalah loyang kecil berukuran 22 cm karena aku memanggangnya di oven kecil).

Pizza Topping SO GOOD Chicken Nugget pun siap hidang.

Jadi ceritanya anakku kemarin ulang tahun ke 12 tahun alhamdulillah. Keluargaku tidak pernah mentradisikan perayaan ulang tahun. Jadi ya rada panik ketika tiba2 anakku memberitahu bahwa teman2nya akan ke rumah sebanyak 9 orang. Tahu sendiri kan remaja SMP itu bawaannya pingin nyanyi karaoke-selfi-makan cemilan sambil cekikikan. . Okeh. Berpikir cepatlah harus menyiapkan apa. Sesuatu yang ringan tapi mengenyangkan dan bisa dipegang dengan cantik. Jadi jika anak2 remaja SMP itu mengudapnya sambil foto selfi atau ngobrol cekikikan itu makanan tetap bisa dikudap nyaman. Kebetulan, ada Chicken Nugget SO GOOD di rumah. Sajian makanan siap olah yang enak, praktis, dan mengandung protein hewani (daging ayam pilihan) hingga bisa memenuhi kebutuhan gizi rombongan anak remaja SMP nanti. Tahu sendiri kan, jaman sekarang kebutuhan nutrisi seseorang itu harus memenuhi Panduan Gizi Seimbang. Jadi harus lengkap komposisi karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dll. Plus kitanya juga harus beraktifitas aktif dan menjalankan pola hidup sehat. Okelah. Fix, aku bikin Pizza dengan topping Chicken Nugget SO GOOD. . Kulit pizza: terigu 300 gram, garam 1/4 sdt, gula 2 sdt, minyak goreng 2 sdm, yeast/ragi roti, air secukupnya. Campur semua bahan, uleni hingga adonan tidak lengket di tangan. Tutup kain lembab 15 menit. Bentuk bulatan sekepalan tangan. Pipihkan di atas loyang pizza. . Toping: oles permukaan pizza dengan saus tomat, taburi seluruh permukaannya dengan keju parmesan bubuk, beri/atur irisan jamur, paprika, SO GOOD Chicken Nugget, keju mozarella. Panggang di oven 220 derajat 10 menit. Siap hidang. Praktis banget, nggak pake ribet dan rombongan anak remaja SMP pun gembira. Alhamdulillah. #LebihBaikSoGood *#SolusiProteinSoGood* #HariGiziNasional #MariBergizi
A post shared by ade anita (@kuliner_adeanita) on


Alhamdulillah, anak-anak pada suka. Senang sekali melihat mereka lahap, bahkan berebut memakan Pizza yang aku buat kemarin. Aku sampai buat 4 loyang kemarin. Alhamdulillah. Praktis, nggak pakai ribet, pasti enaknya. Nggak nyesel deh nyetok SO GOOD Chicken Nugget di rumah.

Btw, logo SO GOOD sekarang baru loh. Ada yang ngeh nggak?




Jadi, sudah punya SO GOOD belum di rumah kalian?

11 komentar:

  1. Kreatif sih Mbak, bisa bikin pizza pakai topping so good, hihi. Aku mau ikutan buat nih xD

    BalasHapus
  2. Anak-anak mana yang nggak lahap kalau lihat pizza enak gini, emaknya juga mau kali, wkwwk

    BalasHapus
  3. Enaaak banget Mbak Ade penampakannya. Jadi ingat lagi nugget di kulkas habis. Mau beli ah :D

    BalasHapus
  4. Asli kreatif Ibu yang satu ini. Aku belum pernah nyoba yg ayam. Padahal praktis banget kalau mau buat lauk ya, Mbak. Btw, aku udah jarang olah raga. Ffufu

    BalasHapus
  5. Belum pernah bikin pizza topping nugget. Jarang bikin pizza. Tapi layak dicoba :)

    BalasHapus
  6. Wah rajin dibikin toping pizza. Pasti tambah enak karena rasa dari produk SO GOODnya aja udah enak :)

    BalasHapus
  7. Harus di coba ini pizza topping nugget, soalnya hampir setiap hari anak saya suka sekali makanan yang satu ini

    BalasHapus
  8. Baru tahu nih pizza topping nugget hihihi. So good emang enak dibuat apa pun yaa.

    BalasHapus
  9. Pizza enak banget mbak. Bikin nelen ludah banyak bgt liad Pizza buatan mbak

    BalasHapus
  10. wah asyik ini Mbk bikin ngiler deh, anak2 pasti suka ya

    BalasHapus
  11. D rumahku mah masak pizza mah pakai wajan teflon :D Jadi si bungsu yang SD juga bisa bikin sendiri.:D Iya nih, enak pake toping naget.

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut