Siapa Zaha Hadid?

[Lifestyle] Ada yang membuka mesin pencari Google hari ini? Nah. Jika kalian hari ini, 31 Mei 2017, membuka mesin pencari Google, maka kalian bisa melihat bahwa ada sebuah gambar di mesin pencari tersebut dan sebuah tajuk berjudul "celebrating Zaha Hadid.

credit title: https://www.google.co.id/webhp?hl=en&ictx=2&sa=X&ved=0ahUKEwi855fepZnUAhUFro8KHS4TAIoQPQgD

Berhubung aku orangnya penasaranan, jadi aku gugling deh siapa sih Zaha Hadid ini?

 Siapa Zaha Hadid?


Ternyata, Zaha Hadid ini adalah seorang arsitek. Lahir dengan nama Dame Zaha Hadid pada tanggal 31 Oktober 1950. Perempuan berdarah Irak-Inggris ini, melahirkan karya berupa gedung-gedung yang unik, dan tidak biasa banget setelah menekuni sekolah arsitek pertamanya di London at the Architectural Association School of Architecture. Gedung-gedung yang dirancang dan dibangun oleh Zaha Hadid, mengukuhkan dia bahwa kemampuannya sebagai seorang perempuan tidak bisa dianggap sepele di dunia arsitek yang umumnya didominasi oleh kaum pria. Karena semua karya-karyanya di bidang arsitektur ini, maka Zaha Hadid pun memperoleh penghargaan  Pritzker Prize laureate di tahun 2004, dan memenangkan  the Stirling Prize di tahun  2010 dan 2011.

Penasaran nggak sih memangnya dia membuat gedung-gedung apa saja? Okeh. Siap-siap melongo ya.

Messner Mountain Museum Corones, terdapat di Corones, Italy. (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)



Guggenheim Hermitage Museum, ada di Vilnius, Lithuania : credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/




Cagliari Contemporary Arts Centre, terdapat di Cagliari, Italy.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)



Rocca London Gallery, di London, Inggris.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)




Antwerp Port Authority Headquarters, di Antwerp, Belgium.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)


Eli & Edythe Broad Art Museum, di East Lansing, MIchigan, USA.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)


Cairo Expo City, di Kairo, Mesir.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)

Galaxi Soho, Beijing,  China.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)

Port House, terdapat di Antwerp, Belgia. (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)


Heydar Aliyev Center, terdapat di Baku, Azerbaijan. (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)


Serpentine Sackler Gallery, terdapat di London, Inggris.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)


Vienna University of Economics Library and Learning Centre. Ada di Vienna, Austria.   (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)





Dongdaemun Design Plaza, terdapat di Seoul, Korea Selatan.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)




Issam Fares Institute for Public Policy and International Affairs. Ada di Beirut, Lebanon. (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)




Zaragoza Bridge Pavilion. Ada di Zaragoza, Spanyol  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)


Wah. Masya Allah luar biasa ya karya-karya dari Zaha Hadid ini. Bentuknya itu tuh yang imajinatif banget. Melengkuk seperti ombak, ngegantung, dan futuristik banget sih.




8 komentar

  1. Wow karya2nya futuristik dan keren ya

    BalasHapus
  2. Iya suka banget dengan karya2 Zaha Hadid

    BalasHapus
  3. emang dri tdi heran liat google, kok gamvar perempuan ternyata oh twrbyata, haduh mbak keren banget gedungnya...

    BalasHapus
  4. Muslim pertama yang dapet penghargaan,ummm apa gue lupa tadi barusan liat hehe. Top banget, ini membuktikan kalo cewek itu bisa juga berbicara banyak! Mana gedung yang ia rancang gedung-gedung yang terkenal lagi

    BalasHapus
  5. Eh Zaha Hadid ini apanya Gigi Hadid? Eh

    BalasHapus
  6. keren banget Mbk karya-karyanya,aku baru tau deh pas baca ini

    BalasHapus