Tips Untuk Mendapatkan Penampilang Peringkat Blog Yang Baik

Kemarin, diskusi dengan beberapa teman di group BAW alias Be A Writers tentang bagaimana performa blog yang baik. Ini gara-gara ada blog yang sudah lama wara wiri di social media tapi rangking atau peringkatnya di Alexa atau Google Rank belum juga naik-naik. Tapi sebaliknya ada juga yang baru sebentar aktif di social media tapi peringkat atau rangking di alexa dan google rank sudah mengalami peningkatan yang signifikan.



Apa pentingnya peringkat itu? Katanya sih peringkat ini berguna untuk kesempatan kita jika suatu hari ingin mendulang uang dari blog yang kita miliki tersebut. Hanya pada mereka yang peringkatnya baik sajalah maka banyak tangan ketiga yang ingin meletakkan iklan baik yang langsung maupun terselubung di blog kita. Dampaknya, tentu saja hal itu bisa mendatangkan uang ke blog kita.

Jujur, aku tertarik juga mengenai kesempatan ini. Saat ini, blogku ada tiga, yaitu blog yang ini, lalu blog khusus review, dan blog khusus tulisan fiksi. Hanya di blog ini sajalah peringkatnya sudah lumayan baik. Untuk meningkatkan peringkat, maka aku terlibat pembicaraan dalam diskusi kemarin.

Ada beberapa tips yang diberikan, seperti:
1. Usahakan gunakan warna dasar yang tidak mengganggu kenyamanan mata.
2. Usahakan untuk menggunakan judul-judul yang SEO friendly.
3. Jangan terlalu banyak memasang widget karena itu bisa membuat loading terlalu berat kelak.
4. Selalu berusaha untuk memberi tautan atau link baik link ke luar maupun link ke dalam dalam tulisan kita.
5. Harus rajin diup date tentu saja. Tapi jangan terlalu rajin karena nanti Google menyangka kita sedang menspam mereka. Tapi juga jangan terlalu jarang. Idealnya, sehari maksimal 3 tulisan saja. Seminggu minimal 3 tulisan yang tampil di blog kita.

Itu 5 tips utama untuk mendapatkan penampilan Blog dengan peringkat yang baik.

Selain itu, aku juga diajari bahwa untuk foto cover utama jangan terlalu besar. Foto coverku yang dulu terlalu besar. Ukuran ideal untuk sebuah foo cover utama di blog itu adalah: 50 x 800 px.

Nah, jadilah aku seharian ngutak ngatik blogku ini. Dan inilah hasilnya:



Aku suka warna-warna pastel jadi aku terapkan warna-warna pastel. Sebenarnya mencari warna pink atau biru muda tapi, warna ungu pastel juga aku suka. Dan aku suka bunga. hehehe.. 

Lalu tahap berikutnya, aku membuat foto cover utama yang baru. Kutak katik kutak katik dan inilah hasilnya. Untuk sementara aku cukup puas sih. Tapi gak tahu deh besok-besok, aku orangnya bosanan soalnya.

Lumayan bagus kan?

9 komentar

  1. judul-judul SEO Friendly contohnya seperti apa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya sih yang paling sering dicari orang. Temanku Mugniar mengaku tulisan yang paling sering dicari orang di blog dia kata kuncinya "pengantin baru"... temanku Rahmah dengan kata kunci "tips atau trik"... kalo di blogku ini kata kunci yang paling sering dicari orang itu yang rada2 kontroversial, seperti "aids".. atau "tayangan syur"... "cinta"..."masakah khas"...

      Hapus
  2. Menurut saya ini sudah lumayan eye catching Mbak, tapi kalau boleh usul dikurusin lagi cover-nya.

    BalasHapus
  3. sebenarnya covernya udah kurus, cuma karena picnya macam2 jadi seakan mata memandang melebar :)

    mungkin height-nya perlu dikurangi lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh... sstt, ini rahasia, aku bikin itu pake program otomatis timeline facebook cover maker. Jadi ukurannya gak bisa dikutak katik lagi.

      Hapus
  4. Balasan
    1. eh.. aku mah emang doyan bikin cover.. asyik sih, kayak bikin scrapbook gitu

      Hapus
  5. Cover-nya keren ....dan saya belum bisa bikin cover kaya' gitu >>> ajarin dong Mak :D (*nodong)

    BalasHapus