Keluarga Pengemis yang Aku temui Di Mikrolet

Beberapa hari yang lalu, aku bertemu dengan keluarga pengemis. Mereka berebutan naik mikrolet dan di mikrolet juga nyemil dan bercanda-canda. Terlihat seperti keluarga bahagia hanya saja pakaiannya dekil-dekil dan compang camping. 
Aku tidak berpikir mereka keluarga pengemis tadinya. Apalagi anak sulungnya adalah anak perempuan yang mukanya masih imut banget tapi.. kok gendong bayi. Jadi aku langsung mikir, "ah, paling nikah dini."

Pernikahan dini kan emang biasa ya di beberapa kelompok masyarakat kita. Jadi, pas aku sapa, berapa bulan bayinya, si imut ini menjawab bayinya usia 10 bulan dan dia sendiri... baru 15 tahun. Itu anak pertamanya.

Hmm...aku langsung mikir, berarti orang ini pasti dari daerah karena kalo di Jakarta susah buat nikah di usia 15 tahun.

Adik-adiknya ramai berebutan uang. Tapi ibunya galaknya luar biasa. Si ibu juga punya bayi. Tap kembali aku bingung lihat pakaian mereka yang amat buruk sekali. 





Dari obrolan mereka di Mikrolet itu.. eh.. akhirnya aku bikin cerpen deh.. hehehe.. iseng emang. Judulnya Pardi dan Power Ranger. Sepenuhnya terlahir dari kisah nyata yang aku buat di mikrolet ini. 
----------------------
Penulis: ade anita

12 komentar

  1. Orang kalau nggak bisa ngelanjutin sekolah biasanya emang pilihannya nikah muda ya. Padahal dengan nikah, beban hidupnya kan malah tambah berat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, karena mereka begitu nikah langsung punya anak akibat tidak tahu perencanaan berkeluarga. Allahu'alam

      Hapus
  2. Andaikan saya muda dan miskin, saya pasti lebih memilih sendiri, alias tidak menikah apalagi punya anak... karena berat tanggungan moral dan ekonominya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...gak berani berandai-andai. semoga dijauhkan deh dari kemiskinan dan kefakiran.

      Hapus
  3. inspirasinya bisa di dapat di mikrolet ya mbak :)

    BalasHapus
  4. bisa jadi anaknya sewaan tuh
    kan pengemis jaman sekarang pake sewa anak segala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temenku wanita karir believe or not pernah di lampu kerah merasa liat anak temennya digendong ma pengemis. Dia langsung telepon ke temennya itu ngasi tau plus nelepon polisi. Terus pengemis itudiamankan. Ternyata eh ternyata begitu ortunya berangkat kerja pengasuh anaaknya itu nyewain anak asuhnya ke pengemis dengan perjanjian jam 3 harus dibalikin lagi. Gila kan..

      Hapus
  5. inspirasi bisa didapetin dmana2 ya mba :)

    BalasHapus