Langsung ke konten utama

Siapa Zaha Hadid?

[Lifestyle] Ada yang membuka mesin pencari Google hari ini? Nah. Jika kalian hari ini, 31 Mei 2017, membuka mesin pencari Google, maka kalian bisa melihat bahwa ada sebuah gambar di mesin pencari tersebut dan sebuah tajuk berjudul "celebrating Zaha Hadid.

credit title: https://www.google.co.id/webhp?hl=en&ictx=2&sa=X&ved=0ahUKEwi855fepZnUAhUFro8KHS4TAIoQPQgD

Berhubung aku orangnya penasaranan, jadi aku gugling deh siapa sih Zaha Hadid ini?

 Siapa Zaha Hadid?


Ternyata, Zaha Hadid ini adalah seorang arsitek. Lahir dengan nama Dame Zaha Hadid pada tanggal 31 Oktober 1950. Perempuan berdarah Irak-Inggris ini, melahirkan karya berupa gedung-gedung yang unik, dan tidak biasa banget setelah menekuni sekolah arsitek pertamanya di London at the Architectural Association School of Architecture. Gedung-gedung yang dirancang dan dibangun oleh Zaha Hadid, mengukuhkan dia bahwa kemampuannya sebagai seorang perempuan tidak bisa dianggap sepele di dunia arsitek yang umumnya didominasi oleh kaum pria. Karena semua karya-karyanya di bidang arsitektur ini, maka Zaha Hadid pun memperoleh penghargaan  Pritzker Prize laureate di tahun 2004, dan memenangkan  the Stirling Prize di tahun  2010 dan 2011.

Penasaran nggak sih memangnya dia membuat gedung-gedung apa saja? Okeh. Siap-siap melongo ya.

Messner Mountain Museum Corones, terdapat di Corones, Italy. (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)



Guggenheim Hermitage Museum, ada di Vilnius, Lithuania : credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/




Cagliari Contemporary Arts Centre, terdapat di Cagliari, Italy.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)



Rocca London Gallery, di London, Inggris.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)




Antwerp Port Authority Headquarters, di Antwerp, Belgium.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)


Eli & Edythe Broad Art Museum, di East Lansing, MIchigan, USA.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)


Cairo Expo City, di Kairo, Mesir.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)

Galaxi Soho, Beijing,  China.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)

Port House, terdapat di Antwerp, Belgia. (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)


Heydar Aliyev Center, terdapat di Baku, Azerbaijan. (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)


Serpentine Sackler Gallery, terdapat di London, Inggris.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)


Vienna University of Economics Library and Learning Centre. Ada di Vienna, Austria.   (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)





Dongdaemun Design Plaza, terdapat di Seoul, Korea Selatan.  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)




Issam Fares Institute for Public Policy and International Affairs. Ada di Beirut, Lebanon. (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)




Zaragoza Bridge Pavilion. Ada di Zaragoza, Spanyol  (credit foto: http://www.arcspace.com/features/zaha-hadid-architects/)


Wah. Masya Allah luar biasa ya karya-karya dari Zaha Hadid ini. Bentuknya itu tuh yang imajinatif banget. Melengkuk seperti ombak, ngegantung, dan futuristik banget sih.




Komentar

  1. Wow karya2nya futuristik dan keren ya

    BalasHapus
  2. Iya suka banget dengan karya2 Zaha Hadid

    BalasHapus
  3. emang dri tdi heran liat google, kok gamvar perempuan ternyata oh twrbyata, haduh mbak keren banget gedungnya...

    BalasHapus
  4. Keten keren banget gedungnya

    BalasHapus
  5. Muslim pertama yang dapet penghargaan,ummm apa gue lupa tadi barusan liat hehe. Top banget, ini membuktikan kalo cewek itu bisa juga berbicara banyak! Mana gedung yang ia rancang gedung-gedung yang terkenal lagi

    BalasHapus
  6. Eh Zaha Hadid ini apanya Gigi Hadid? Eh

    BalasHapus
  7. keren banget Mbk karya-karyanya,aku baru tau deh pas baca ini

    BalasHapus

Posting Komentar

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pos populer dari blog ini

30 jenis aneka makanan dan minuman khas Betawi

Setiap tanggal 22 Juni, kota tempatku tinggal, yaitu Jakarta merayakan ulang tahunnya. Usianya kota Jakarta sudah cukup tua, sudah ratusan tahun. Nah, ketika kota Jakarta sedang merayakan ulang tahunnya tersebutlah kami warga kota Jakarta bisa dengan mudah menemukan aneka makanan dan minuman yang menjadi khas kota Jakarta dan diakui sebagai bagian dari budaya kota Jakarta, yaitu budaya kuliner.  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua  dengan tema: Rasa Lokal.
Berbicara tentang rasa lokal maka itu artinya berbicara tentang budaya setempat. Salah satu budaya yang menjadi ciri khas suatu wilayah adalah makanannya. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menjadi budaya kuliner khas kota Jakarta yang saya suka (hehe, makanan dan minuman khas kota Jakarta itu banyak tapi yang saya sukai itu terbatas jumlahnya. Jadi, yang saya tulis disini hanya yang saya sukai saja).
1. Kerak Telor.

Bulan Madu yang Tak Terlupakan

Jujur saja, di tahun 1994, yaitu tahun ketika aku memutuskan setuju untuk menikah aku belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di kota Solo.
Kota Solo itu seperti apa?
Apakah seperti kota Kendal? hahaha.... ini satu-satunya kota yang berada di wilayah Jawa Tengah yang pernah aku kunjungi dan sependek ingatanku bisa mengingat "bepergian ke wilayah Jawa Tengah".

Dulu, waktu aku masih kecil (pake banget) katanya sih aku pernah diajak jalan-jalan oleh keluarga besarku ke Yogyakarta (ini termasuk wilayah Jawa Tengah kan ya?). Ada foto-foto aku masih kecil dengan  memakai topi super lebar dan tentu saja gayanya centil banget yang sedang beraksi pose-pose di depan Stupa Budha di Candi Borobudur. Tapiiiii... aku sama sekali tidak ingat gimana suasana jalan-jalan kala itu. Jadi, kalau tiba-tiba ada yang ngaku-ngaku bahwa ketika ke Yogyakarta itu antara orang tuaku dan orang tuanya sudah melakukan perjanjian untuk menjodohkan aku dengan dia.. mmm.... pasti aku akan percaya saja. HAHAH…