Langsung ke konten utama

Cari Tahu tentang Asuransi Syariah

[Lifestyle] Keluargaku, komitment untuk lebih memberi tempat bagi jasa layanan yang berbau syariah. Selain karena alasan agama, juga karena alasan keberpihakan. Subjektif memang alasannya. Tapi jika bukan kita sendiri, yang memeluk agama Islam dan mengaku muslim, menyatakan keberpihakan kita pada segala sesuatu yang mendasarkan dirinya pada syariah Islam, siapa lagi yang diharapkan coba?

Untuk itulah aku sekeluarga berusaha keras untuk berpihak pada segala layanan yang mengklaim dirinya berbasis syariah Islam. Selama hal itu memang dilakukan dengan cara yang profesional.

Jaman sekarang, yang namanya pemberian jasa yang mengatas-namakan Islam itu banyak. Ada yang benar-benar memang berlandaskan syariah Islam. Tapi ada juga dimana Islam hanya tempelan untuk merebut pasar muslim saja.

Indonesia itu kan negara dengan jumlah populasi orang yang memeluk agama Islam terbesar di dunia. Tentu saja jumlah yang banyak ini membentuk sebuah pasar tersendiri. Semua pedagang dan produsen, pasti mengincar pasar yang besar untuk dapat meraih keuntungan sebanyak mungkin. Itu sebabnya segala macam layanan jasa yang mengklaim dirinya sesuai dengan syariah Islam ada di mana-mana. Tidak terkecuali jasa layanan keuangan.

Salah satu jasa layanan keuangan yang mengklaim dirinya berlandaskan syariah Islam salah satunya adalah pemberian asuransi. Karena di Indonesia yang namanya jasa layanan keuangan terbagi 2,yaitu layanan jasa keuangan knvensional dan jasa keuangan syariah, maka yang akan aku bahas di dalam postinganku ini adalah yang syariah saja. Lebih spesifik lagi, yaitu asuransi syariah.

Apa itu Asuransi?

Asuransi berasal dari kata insurance yang artinya pertanggungan. Ini merupakan bentuk perjanjian antara pihak tertanggung atau nasabah dengan penanggung atau perusahaan asuransi. Dalam hal ini, pihak penanggung bersedia untuk menanggung sejumlah kerugian yang mungkin dialami oleh nasabah di masa depan. Namun, sebelumnya nasabah harus terlebih dulu untuk melakukan pembayaran uang yang disebut premi. (baca di pasarpolis.com, sub tema: asuransi).

Manfaat Asuransi



Lalu apa sebenarnya manfaat dari asuransi? Asuransi berperan sebagai mekanisme pengalihan / transfer risiko, yakni mengalihkan risiko seperti menyediakan fasilitas pengamanan keuangan serta ketenangan pikiran dari satu pihak tertanggung pada pihak penanggung.

Namun, ini berarti bahwa perusahaan asuransi dapat menghilangkan musibah yang Anda punya. Hanya saja, dengan adanya asuransi, risiko kerugian besar akibat terjadinya suatu musibah bisa diminimalkan karena sebelumnya Anda telah melakukan investasi perlindungan dengan membayar premi.

Selain pihak penanggung dan tertanggung, Anda juga akan mengenal istilah polis asuransi. Polis asuransi merupakan syarat-syarat perjanjian asuransi serta hak dan kewajiban kedua belah pihak yang tertuang dalam sebuah perjanjian asuransi.

Di dalamnya terdapat contoh-contoh asuransi seperti asuransi kendaraan, asuransi properti, asuransi kecelakaan diri. Aku mendapat hal menarik tentang asuransi ini ketika mengunjungi website Pasarpolis.com.



Nah, pasarpolis.com sendiri adalah portal layanan informasi dan perbandingan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. PasarPolis memberikan pelayanan yang memudahkan Anda dalam proses pengajuan aplikasi yang Anda inginkan. Di PasarPolis.com, Anda bisa belanja online asuransi terbaik di Indonesia. Mulai dari asuransi kesehatan terbaik, asuransi jiwa, asuransi mobil dan produk asuransi lainnya.

Bagaimana cara melakukan transaksi pembelian produk asuransi di pasarpolis.com? Gampang. Pertama, buka dulu websitenya (www.pasarpolis.com) lalu kita bisa mempertimbangkan produk jasa asuransi yang akan kita beli dengan mempelajarinya terlebih dahulu.  



nah, kita bisa melihat dan mempelajari bagaimana perbandingan antara asuransi satu dengan asuransi yang lain; juga membandingkan asuransi dari produk A dengan asuransi dari produk B. Apple to apple. Jadi, kita bisa mantap dengan pilihan kita kelak. 

Produk dan layanan PasarPolis senantiasa diperbarui sehingga Anda dapat belanja produk asuransi online terlengkap, termurah dan terpercaya. Para pelanggan PasarPolis juga dimanjakan dengan layanan call center, livechat dan media interaktif lainnya.

Selain itu, di pasarpolis.com juga terdapat berbagai macam artikel yang terkait dengan pembahasan asuransi. Termasuk jika kita ingin mengetahui tentang asuransi syariah.

Padahal apabila dilihat dari sisi benefitnya, asuransi syariah memiliki manfaat seperti yang dimiliki asuransi konvensional pada umumnya, plus masih berazaskan Islam. 

Berikut manfaat dari asuransi syariah:

Tips#1: Proteksi terhadap jiwa dan kesehatan

Melalui pembayaran kontribusi berkala, maka ketika seorang anggota tertimpa musibah berupa gangguan kesehatan atau juga kematian, maka dana yang terkumpul di perusahaan akan digunakan sebagai bantuan atau dalam istilah di asuransi konvensional adalah dana klaim pertanggungan.

Selain itu, bagi anggota yang mengalami sakit dan harus dirawat di rumah sakit, maka penggantian biaya perawatan dan penyembuhan yang disebabkan oleh penyakit atau kecelakaan dapat ditanggung bersama oleh seluruh anggota yang terdaftar dalam satu perusahaan asuransi berbasis syariah.

Tips#2: Sebagai tabungan dan investasi

Bagi anggota yang sudah menyetorkan uang atau kontribusi, maka dana tersebut nantinya akan kembali ke individu masing-masing sesuai dengan perjanjian akad di awal. Dan untuk besaran pembayaran juga disesuai dan diatur pada saat pembuatan akad pertama kali.

Sedangkan untuk investasi, perusahaan dapat mengalokasikan dana anggota untuk dijadikan sarana investasi ke dalam proyek yang memiliki azas musyarakah, murabahah dan wadi’ah. Nantinya, keuntungan akan dibagi menjadi dua, antara pihak perusahaan dan anggota. Bahkan pengelolaan dan Investasinya Tidak Bertentangan dengan syariat Islam.

Tips#3: Memupuk jiwa sosial

Dengan memiliki produk asuransi syariah, maka secara tidak langsung, setiap anggotanya akan tumbuh rasa persaudaraan dan rasa sepenanggungan.

Tips#4: Pengamalan ayat di Al Quran

Dalam 3 ayat di Al Quran, yaitu Al Maidah ayat 2, Al Hasyr ayat 18 dan Yusuf ayat 43-49, Allah SWT menyuruh manusia untuk memperhatikan dan menjaga kehidupannya dulu, sekarang dan masa depan. Untuk melakukannya, maka diperlukan perencanaan dan perlindungan dari segala hal yang akan terjadi. Dalam hal ini bukan berarti manusia diwajibkan untuk mendahului takdir, namun lebih ke masalah proteksi sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu, perintah untuk saling tolong menolong antar-sesama juga dibersitkan dalam ayat-ayat tersebut.

 
Itu salah satu artikel mengenai asuransi syariah yang aku baca di website pasarpolis.com (judulnya: Asuransi Syariah dan Mengenal Lebih Dalam Seluk-Beluknya). 

Masih banyak artikel menarik lainnya di website pasarpolis.com. Kalian bisa mengakses sendiri jika sedang membutuhkan informasi tentang berbagai macam asuransi. Oke.

Komentar

  1. Saya masih bingung kenapa banyak asuransi menawarkan produk seperti menabung gitu ya, tapi dapat jaminan asuransi kesehatan. uangnya bisa diambil dalam waktu tertentu secara utuh.

    BalasHapus
  2. nggak juga. uang baru bisa diambil utuh jika sudah lewat beberapa waktu tertentu. Sedangkan jika diambil sebelum waktu yang disepakati maka uangnya akan dipotong.

    BalasHapus
  3. aku pelajari dulu ya pasarpolis

    BalasHapus
  4. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus
  5. makasih mas, sekarang saya tahu, ternyata asuransi bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan sangat berguna bagi orang lain. baru menyadarinya nih, hhehe

    BalasHapus

Posting Komentar

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan populer dari blog ini

30 jenis aneka makanan dan minuman khas Betawi

Setiap tanggal 22 Juni, kota tempatku tinggal, yaitu Jakarta merayakan ulang tahunnya. Usianya kota Jakarta sudah cukup tua, sudah ratusan tahun. Nah, ketika kota Jakarta sedang merayakan ulang tahunnya tersebutlah kami warga kota Jakarta bisa dengan mudah menemukan aneka makanan dan minuman yang menjadi khas kota Jakarta dan diakui sebagai bagian dari budaya kota Jakarta, yaitu budaya kuliner.  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua  dengan tema: Rasa Lokal.
Berbicara tentang rasa lokal maka itu artinya berbicara tentang budaya setempat. Salah satu budaya yang menjadi ciri khas suatu wilayah adalah makanannya. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menjadi budaya kuliner khas kota Jakarta yang saya suka (hehe, makanan dan minuman khas kota Jakarta itu banyak tapi yang saya sukai itu terbatas jumlahnya. Jadi, yang saya tulis disini hanya yang saya sukai saja).
1. Kerak Telor.

Bulan Madu yang Tak Terlupakan

Jujur saja, di tahun 1994, yaitu tahun ketika aku memutuskan setuju untuk menikah aku belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di kota Solo.
Kota Solo itu seperti apa?
Apakah seperti kota Kendal? hahaha.... ini satu-satunya kota yang berada di wilayah Jawa Tengah yang pernah aku kunjungi dan sependek ingatanku bisa mengingat "bepergian ke wilayah Jawa Tengah".

Dulu, waktu aku masih kecil (pake banget) katanya sih aku pernah diajak jalan-jalan oleh keluarga besarku ke Yogyakarta (ini termasuk wilayah Jawa Tengah kan ya?). Ada foto-foto aku masih kecil dengan  memakai topi super lebar dan tentu saja gayanya centil banget yang sedang beraksi pose-pose di depan Stupa Budha di Candi Borobudur. Tapiiiii... aku sama sekali tidak ingat gimana suasana jalan-jalan kala itu. Jadi, kalau tiba-tiba ada yang ngaku-ngaku bahwa ketika ke Yogyakarta itu antara orang tuaku dan orang tuanya sudah melakukan perjanjian untuk menjodohkan aku dengan dia.. mmm.... pasti aku akan percaya saja. HAHAH…