Langsung ke konten utama

Resep Zuppa Soup

[Keluarga] Jika sedang datang ke Pesta Resepsi Pernikahan, ada satu makanan yang 10 terakhir ini sering hadir di banyak acara resepsi pernikahan. Dia adalah Zuppa Soup.

Berhubung selama bulan Ramadhan sudah lama tidak mendapat undangan pesta pernikahan (hehehe) ceritanya aku jadi kangen dengan jenis makanan yang satu ini. Jadilah sore ini aku bikin Zuppa Soup di rumah.



RESEP ZUPPA SOUP

Bahan Kulit Pastri:
- terigu 250 gram
- 1/3 Sendok Teh Garam
- 1/2 Sendok Makan Gula
- 75 Gram Mentega
- Air 1/2 gelas (nanti kalo kurang bisa nambah)
- Telur 1 butir

Cara buat KUlit Pastri:
- Campur semua bahan kulit, lalu uleni hingga licin. Tinju-tinju sebentar (kalo tidak ada bahan yang nempel di tinju berarti cukup kalis tuh tandanya) lalu bentuk bulat. Masukkan ke dalam kulkas selama 20 menit.

Sambil nunggu 20 menit, kita bikin Soup-nya.
Kali ini aku bikin Soup Ayam dan Asparagus.

BAHAN SOUP AYAM DAN ASPARAGUS:

- Ayam tanpa tulang, bagian dadanya, potong kecil-kecil seperti dadu yang kecil.
- Bawang merah dan bawang putih, iris tipis
- Garam-merica-gula
- kaldu ayam
- asparagus, iris selebar 1 cm
- Air
- Susu (khusus di rumahku, susu sapi aku ganti dengan susu kedelai)
- tepung maizena 1 sendok makan, larutkan dalam 1 gelas air)

itu ayam dan asparagus
Cara buat Soup Ayam Asparagus:
- Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Lalu masukkan ayam. Tumis hingga ayam berubah warna tanda dia matang. Beri air secukupnya... setelah mendidih, masukkan irisan asparagus. Aduk, lalu masukkan 1 gelas susu, kaldu, garam, merica, gula, aduk biar rata.
- Setelah mendidih, masukkan susu... aduk lagi, lalu terakhir masukkan air maezena hingga kuah kental. Matikan.

Cara Buat Zuppa Soup:

- Ambil segenggam bahan yang tadi ditaruh di kulkas. Bentuk bulat, pipihkan, lalu gilas dengan penggilas kue hingga pipih tipis. Lumuri atasnya dengan mentega, taburi terigu, lipat hingga lipatannya tebal, lalu gilas lagi hingga tipis. Setelah itu lipat hingga sebesar mulut mangkuk tahan panas lebihkan sedikit.

- Taruh Soup ayam asparagus di atas mangkuk tahan panas (tahan dipanggang) lalu tutup mulut mangkuk dengan kulit pastri.

- Olesi bagian atas kulit pastri dengan telur yang sudah dikocok biar mengkilat.

- Panggang dalam oven 200 derajat celcius hingga kulit terlihat kecoklatan.

ZUPPA SOUP siap disantap.

Selamat mencoba.




Komentar

  1. Kayanya yg susyeeh itu buat kulit pastrinya ya mak.. tp penasaran pgn nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya susah mak karena tidak terbiasa.. tapi setelah lebih dari 4 mangkuk kok jadi lancar dan berasa gampang deh

      Hapus
  2. Pengen coba, sayangnya ga punya oven :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli oven mickey mouse aja mak... itu loh oven seng yang ditaruh di atas kompor.. sama aja kok. murah lagi.. di pasar harganya cuma 150.000 perak.

      Hapus
  3. ninjunya kenceng gak mbak ? :) Pascal suka banget Zuppa soup nih tapi mamanya males bikin. AKu minta mama Ibam aja boleh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bayarrrrrr ihhh.... hahahahaha

      Hapus
  4. wah boleh dicoba nih d rmh gak terlalu ribet bikinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ribet sama sekali... gampang banget lagi buatnya

      Hapus
  5. jd ngebet pengen beli oven :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli oven yang di atas kompor saja mbak Kania... itu murah loh... dari aluminium gitu.. harganya dulu sih Rp100.000... paling jikapun naik masih di bawah 500.000 deh... itu oven merakyat banget soalnya.

      Hapus
  6. Waaah ternyata mudah ya bikinnya. Coba ah. Manggangnya pakai api bawah & ataskah biar kecoklatan?

    BalasHapus
  7. Hihihu. .. ada adegan tinju-tinju gitu. Pasti pas bikin adonan jadi tambah seru.

    BalasHapus

Posting Komentar

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan populer dari blog ini

30 jenis aneka makanan dan minuman khas Betawi

Setiap tanggal 22 Juni, kota tempatku tinggal, yaitu Jakarta merayakan ulang tahunnya. Usianya kota Jakarta sudah cukup tua, sudah ratusan tahun. Nah, ketika kota Jakarta sedang merayakan ulang tahunnya tersebutlah kami warga kota Jakarta bisa dengan mudah menemukan aneka makanan dan minuman yang menjadi khas kota Jakarta dan diakui sebagai bagian dari budaya kota Jakarta, yaitu budaya kuliner.  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua  dengan tema: Rasa Lokal.
Berbicara tentang rasa lokal maka itu artinya berbicara tentang budaya setempat. Salah satu budaya yang menjadi ciri khas suatu wilayah adalah makanannya. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menjadi budaya kuliner khas kota Jakarta yang saya suka (hehe, makanan dan minuman khas kota Jakarta itu banyak tapi yang saya sukai itu terbatas jumlahnya. Jadi, yang saya tulis disini hanya yang saya sukai saja).
1. Kerak Telor.

Bulan Madu yang Tak Terlupakan

Jujur saja, di tahun 1994, yaitu tahun ketika aku memutuskan setuju untuk menikah aku belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di kota Solo.
Kota Solo itu seperti apa?
Apakah seperti kota Kendal? hahaha.... ini satu-satunya kota yang berada di wilayah Jawa Tengah yang pernah aku kunjungi dan sependek ingatanku bisa mengingat "bepergian ke wilayah Jawa Tengah".

Dulu, waktu aku masih kecil (pake banget) katanya sih aku pernah diajak jalan-jalan oleh keluarga besarku ke Yogyakarta (ini termasuk wilayah Jawa Tengah kan ya?). Ada foto-foto aku masih kecil dengan  memakai topi super lebar dan tentu saja gayanya centil banget yang sedang beraksi pose-pose di depan Stupa Budha di Candi Borobudur. Tapiiiii... aku sama sekali tidak ingat gimana suasana jalan-jalan kala itu. Jadi, kalau tiba-tiba ada yang ngaku-ngaku bahwa ketika ke Yogyakarta itu antara orang tuaku dan orang tuanya sudah melakukan perjanjian untuk menjodohkan aku dengan dia.. mmm.... pasti aku akan percaya saja. HAHAH…