badge

Selasa, 02 Juni 2015

Vitamin A untuk Anak Kita

Jika bunda pernah membawa anak ke POSYANDU atau PUSKESMAS, pasti deh mengenal apa yang disebut dengan Vitamin A. Yaitu Vitamin yang bentuknya seperti softkapsul berwarna merah atau orang. Setelah ujung soft kapsul digunting, maka petugas posyandu atau puskesmas akan meneteskan cairan yang sedikit banget itu ke dalam mulut anak balita kita. Pemberian vitamin A gratis ini biasanya terjadi 6 (enam) bulan sekali. Umumnya POSYANDU atau PUSKESMAS akan memasang tulisan di spanduk besar yang digantung di atas bangunan mereka: Bulan Pemberian Vitamin A Gratis.

Nah.
Tulisan berikut ini bukan tulisan tentang pemberian vitamin A seperti itu. Tapi, ini adalah pesan nasehat dari psikolog Elly Risman tentang pentingnya kehadiran dan peran serta ayah dalam mendidik anak. Jadi, vitamin A disini adalah vitamin Ayah.

Aku dapat pesan ini dari whats App. Aku share disini saja deh, karena isinya bagus.
Selamat membaca:

iyaa... iyaaa... aku tahu gambar ini gak ada hubungannya dengan tulisan di bawahnya. #biarinajasih #gakusahkesal


[6/2/2015, 07:07] +62 888-0568-9733: πŸ“ Vitamin A untuk Anak Kita


Narasumber: Elly Risman, Psi
(Direktur dan Psikolog Yayasan Kita dan Buah Hati)
〰〰〰〰〰〰〰〰
Tantangan zaman yang luar biasa berat bagi anak-anak kita saat ini membutuhkan Vitamin A (Ayah) yang memiliki peranan sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak


Ayah…
Engkaulah nahkoda, penentu Garis Besar Haluan Keluarga, engkau yang menentukan kemana keluarga kita akan kau bawa

Engkau bukan hanya pencari rizki yang penuh berkat, yang menyediakan makanan lezat dan pakaian yang hangat, serta  rumah dan isinya yang tak mudah berkarat, bagi kami kau adalah pembimbing anak & istri yang hebat

Ayah..
Engkau adalah pembuat kebijakan dan peraturan, engkau pula yang menentukan standar keberhasilan.


Ayah..
Engkau senantiasa melakukan pemantauan dan perawatan terhadap kami dan harta benda yang kau titipkan.


Ayah..
Luangkan waktumu lebih banyak lagi ya. Obrolan sederhana yang kau bangun dengan anak kita, membuat ia menjadi anak yang:
- Tumbuh menjadi orang dewasa yang suka menghibur
- Punya harga diri yang tinggi
- Prestasi akademis di atas rata-rata, dan
- Lebih pandai bergaul


Ayah lain yang kurang ngobrol dan bercengkrama dengan anak, ternyata menyebabkan anak perempuannya:
* Cenderung mudah jatuh cinta dan mencari penerimaan dari laki-laki lain
* 7-8 kali lebih mungkin memiliki anak diluar pernikahan.
* Cenderung suka lelaki yang jauh lebih tua, dan
* Cenderung lebih mudah bercerai

Ternyata hal ini berlaku pada anak perempuan dari latar belakang sosial ekonomi apapun.

Sedangkan anak laki-laki yang jarang diajak ngobrol oleh ayahnya,
* Lebih beresiko terlibat pornografi, narkoba, dan tindak kriminal
* Cenderung lebih cepat puber di usia yang lebih muda
* Cenderung join a gang, dan
* Cenderung menemui kesulitan mendapatkan atau mempertahankan pekerjaan di masa dewasa

Ciri anak yang kekurangan vitamin A adalah lebih rentan terhadap peer pressure😒

Ayah…
Ingat yuk peran kita sebagai orangtua; anak itu AMANAH; kita mendapatkan tugas dari Allah untuk mengasuh dan membesarkan anak dengan baik dan benar. Sebab itu butuh perjuangan (pikir, rasa, jiwa, tenaga, waktu dan biaya).

Ayah…
Yuk pimpin keluarga dengan membuat Visi Pengasuhan bersama Ibu. Visi membuat Ayah dan Ibu lebih mudah mengayuh bahtera keluarga bersama-sama.

Keluarga Nabi Ibrahim (QS. Ibrahim: 35-37) mempunyai misi:
✅Penyelamatan aqidah,
✅Pembiasaan ibadah,
✅Pembentukan akhakul karimah dan
✅Pengajaran lifeskill (entrepreneur).

Sedangkan Visi Keluarga Imran (QS. Ali Imran: 35), yakni menciptakan hamba Allah yang taat.


Ayah…
Mari kita terus perbaiki pola pengasuhan selama ini. Anak kita perlu mendapat validasi dari kita agar ia tidak perlu mencari dari orang lain. Ia membutuhkan 3P:
- Penerimaan,
- Penghargaan, dan
- Pujian.

Ayah..
Mari kita bedakan pola pengasuhan anak laki-laki dan perempuan kita, sebab:
- Otak mereka berbeda
- Tugas dan tanggung jawab mereka kelak dewasa juga berbeda
- Sehingga, tujuan pengasuhannya pun berbeda. Anak laki-laki kita kelak mengemban tanggungjawab yang lebih besar daripada anak perempuan kita. Selain menjadi hamba yang bertakwa dan berperan di masyarakat, anak laki-laki kita kelak akan menadi pendidik dan pengayom keluarga.

Ayah…
Penting sekali vitamin A bagi anak; bukan hanya meluangkan ‘waktu lebih’, tapi kuantitas dan kualitas berjalan seimbang. Tidak hanya terlibat secara fisik, tapi melakukan authoritative parenting (kasih sayang tinggi – tuntutan tinggi, yakni orangtua memberikan dorongan, dukungan, perhatian dan menawarkan perhatian tanpa kekerasan).

Ayah…
Biasakan tanya perasaan anak kita setiap hari ya, itu berarti kau sedang membangun kekuatan emosi dan kedekatan batin dengan mereka. Ingat PERASAAN ya Yah…

Biarkan dirimu menjadi tempat curhat anak-anakmu, tempat mereka meluapkan perasaannya. Kalian bisa ngobrol tentang apaaaa saja, tentang hal-hal yang pribadi, tentang hal yang menyenangkan, tentang kesulitan yang di [truncated by WhatsApp]
[6/2/2015, 07:10] +62 888-0568-9733: Biarkan dirimu menjadi tempat curhat anak-anakmu, tempat mereka meluapkan perasaannya. Kalian bisa ngobrol tentang apaaaa saja, tentang hal-hal yang pribadi, tentang hal yang menyenangkan, tentang kesulitan yang dialami, tentang hal yang yang dianggap tabu dan menjadi tantangan anak zaman sekarang.

Ayah…
Berikan fondasi bagi anak-anakmu agar kelak mereka kuat dan mampu berdiri sendiri dengan arif dan disayangi banyak orang.πŸ˜ŠπŸ˜‰

Ayah..
peranmu tak tergantikan untuk membantu Ibu membesarkan anak yang sehat dan bahagia, yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat dan kestabilan Negara

Pesan Rasul tercinta, manusia yang baik adalah mereka yang  paling baik kepada KELUARGAnya.

Mohon sampaikan untuk ayah-ayah lainnya 😊

Semoga bermanfaat...
Terima kasih...

27 komentar:

  1. banyak tulisan yang �� mba
    postingnya via HP yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok mas bisa tahu ya ?, si mbak adenya bilang iya

      Hapus
  2. iya peran ayah sebenernya penting bgt buat pede seorang anak

    BalasHapus
  3. trims sharingnya ya , Mak.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah suami aku terlibat bgd dlm pengasuhan si kecil, ikut mmprhatikan tumbang si kevil, dan untungnya kalau aku pergi kondangan breng temen2, gk bawa si kevil cz dimomong suami..hehehe
    Tfs y mak adeee :)

    BalasHapus
  5. A yang berarti Ayah toh masksudnya

    BalasHapus
  6. Yaaah kirain yang ganteng2 begini vitamin buat kita hahahaaa

    BalasHapus
  7. Eyampun mbaaaaak :)
    Itu fotonya mengalihkan konsentrasi banget siiiih hehehe...

    Vitamin A dirumahku...berarti Abah yah mbaaak...
    Baiklah nanti aku suruh dia bertransformasi agar mirip Seung Hun *eh*

    BalasHapus
  8. Ayah, jangan nonton sendirian...ajak anak istrinya nonton juga...eh, ini komen apa yah hehe

    BalasHapus
  9. Wah..., ini sih Vitamin A yang keren dan luar biasa :)

    BalasHapus
  10. banyak banget ayah-ayah yang lupa untuk memberikan vit A kepada anak2nya.. :(

    BalasHapus
  11. Ah, aku kepo gara-gara thumbnial cowok korea. apa hubungannya sama vitami A? Kirain vitamin A yang nyegerin mata hehehehe.... Ah ya, laki-laki ideal yang berbakat dan punya vitamin A dengan kadar tinggi menurutku adalah seorang family man lalu sisanya .... ada di postingan ini. My man in future need to read this post *uhuk*

    BalasHapus
  12. Terimakasih mba atas sharingnya :)

    BalasHapus
  13. Aduh aku deket banget sama Bapak, kemana-mana maunya ditemani Bapak, sampai kerja aja ditemani. Tapi kok malah suka laki-laki yang lebih tua, ya? Aku naksir sama Steven Tyler. Hehehe, kidding, itu ngefans namanya, bukan naksir xD Tulisannya bagus :)

    BalasHapus
  14. Betapa pentingnya peran Ayah ya, Buu. Saling mengisi lah, ya.

    Ini sharing dari Ibu Madiun kan, ya. :D

    BalasHapus
  15. bukan cuma ibu, tapi ayah punya peran penting ya

    BalasHapus
  16. kirain vitamin mata hehe, iya sosok ayah itu penting banget, sayangnya si alfi ketemu ayahnya seminggu sekali

    BalasHapus
  17. ayah dan ibu memiliki peran yang sama ya mamah ade, suamiku suka ngajak ngobrol Faiz, apalagi kalau Faiz baru sedih karena aku rada tidak suka dengan apa yang Faiz lakuin. Yang ngadem-ademi ya abinya

    BalasHapus
  18. Aduh gambarnya..... hihihi...
    Sosok ayah sangat dibutuhkan anak, dan saya bersyukur, ayah anak2 yang saya cari ada di diri suami saya mbak. Terima kasih ya sharingnya. semoga ada banyak bapak/calon bapak yang membaca ini dan tergugah untuk menjadi ayah yang baik bagi anaknya.

    BalasHapus
  19. Saya ucapkan terima kasih informasinya, semoga informasi yang Anda berikan bisa menjadi infomrasi yang bermanfaat dunia dan akhirat

    BalasHapus

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...