badge

Kamis, 06 September 2012

Merencanakan sebuah penulisan cerita, ini tipsnya


LATIHAN: RENCANA PENULISAN CERITA

Dalam tahap perencanaan sebuah cerita, biasanya dibagi menjadi 3 bagian: Awal (perkenalan tokoh), Pertengahan (permasalahan yang dihadapi) dan Akhir (penyelesaian masalah). Sehingga sering disebut dengan 3 acts story, atau kisah tiga babak. Berikut ini adalah contoh dari rencana penulisan sebuah cerita dengan sedikit perubahan, yaitu masuknya satu babak tambahan sehingga cerita memiliki empat babak. Babak tambahan yang diselipkan sebelum babak resolusi digunakan sebagai babak introspeksi dan perencanaan menuju resolusi.


BAGIAN PERTAMA

Perkenalkan tokoh dan setting.

Bagaimana kondisi emosional si tokoh? Apa ia sedang bergairah tentang suatu hal? Apa yang sedang dinantikannya? Apa yang sudah direncanakannya? Apakah dia sedang merasa bosan?

BAGIAN KEDUA

Tokoh menghadapi persoalan.

Bagaimana kondisi emosional si tokoh? Marah? Kesal? Kebingungan? Bagaimana dia menunjukkan kondisi emosional tersebut?

BAGIAN KETIGA (babak yang diselipkan)

Pada bagian ini, lakukan inovasi. Jangan langsung masuk ke dalam resolusi. Paragraf ini merupakan penundaan dari resolusi. Tunjukkan bagaimana si tokoh tidak berada dalam kondisi aktif, ia pasif, tetapi pikirannya disibukkan dengan berbagai macam pemikiran, ide-ide dan kekuatiran.

Di sini, gambarkan si tokoh sibuk berpikir tentang masalah yang sedang dihadapinya, kenapa masalah itu terjadi dan apakah masalah akan dapat diselesaikannya. Gambarkan adegan ini terjadi pada tempat merenung favoritmu: di tempat tidur, taman, pojokan rumah. Gambarkan juga kekontrasan kondisi emosional si tokoh bila dibandingkan dengan kondisi emosionalnya di Bagian Pertama dan Bagian Kedua.

Pada tahap ini, kemungkinan penyelesaian masalah mulai berkembang di dalam pikiran si tokoh. Atau bisa juga bagian ini adalah tahap perencanaan bagaimana sebuah masalah akan diselesaikan. Misalnya, pada film Karate Kid, tahap ini adalah tahap di mana tokoh utama berlatih keras untuk menghadapi pertarungan besar (yang akan menjadi resolusi dari cerita ini).

BAGIAN KEEMPAT

Solusi cerita. Tokoh utama tidak lagi sedang menghadapi permasalahan.

Sebagai sebuah kejutan, bisa saja sebuah masalah baru dimunculkan untuk mempersiapkan pembaca masuk ke dalam serial berikutnya, bila cerita ini hendak dibuat berseri.

Selamat berlatih bagi yang berminat :D
(dicopy paste darai blognya kampung fiksi dengan link: http://gratcianulis.blogspot.com/2012/08/latihan-rencana-penulisan-cerita.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...