5 Cara Memaknai Arti Kemerdekaan

 [Lifestyle] Alhamdulillah kita hidup di jaman sekarang, jaman dimana internet cepat dan unlimited adalah bagian dari  gaya hidup tersendiri. Jadi, kita bisa lebih merdeka.

Arti MERDEKA mengutip dari KBBI adalah: 

merdeka/mer·de·ka/ /merd├ęka/ a 1 bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri: sejak proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 itu, bangsa kita sudah --; 2 tidak terkena atau lepas dari tuntutan: -- dari tuntutan penjara seumur hidup; 3 tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu; leluasa: majalah mingguan --; boleh berbuat dengan --;

Sedangkan arti KEMERDEKAAN mengutip dari KBBI adalah:

kemerdekaan/ke·mer·de·ka·an/ n keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, dan sebagainya); kebebasan: - adalah hak segala bangsa;

 Indonesia, sedang merayakan Pekan Kemerdekaan Indonesia di tanggal 17 Agustus 2022, yang ke 77 tahun. Masya Allah, Alhamdulillah. 77 Tahun itu bukan deret angka cantik loh. Meski nyaris di banyak budaya di seluruh dunia, angka 7 itu adalah angka favorit yang dipercaya merupakan angka keberuntungan atau angka kebangkitan. Dan yap, tema Pekan Kemerdekaan Indonesia tahun 2022 ini adalah "Bangkit Lebih Kuat, Pulih Lebih Cepat."


Dalam tulisanku sebelumnya, aku menulis betapa meriah perayaan Pekan  kemerdekaan Indonesia di tahun 2022 ini. Bagaimana tidak? Selama 2 tahun Indonesia berada dalam belenggu Pandemi Covid 19. Yang membuat semua orang tidak punya kebebasan untuk mencari nafkah, untuk berkegiatan, untuk mengekspresikan diri, untuk berkumpul dan berserikat, bahkan untuk sekedar bersilaturahmi dengan orang lain di luar keluarganya. Mana ada Pekan Kemerdekaan Indonesia di dua tahun yang silam. (kalian bisa baca di tulisanku yang ini "Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus" )

Nah.

Apa yang dialami oleh rakyat Indonesia selama dua tahun silam (2020-2021), mungkin mirip dengan kondisi sebelum merdeka. 

Tentu saja tidak sedahsyat dan seberat apa yang dialami oleh Indonesia di masa penjajahan tempo dulu. Duh, itu tuh, luar biasa lah penderitaannya. Jika di rumah kalian punya layanan internet cepat, coba deh cari film yang bertemakan perjuangan melawan penjajahan di Indonesia. Sekarang, di channel Youtube dan mesin pencari lain seperti google, clue tentang sejarah Indonesia bisa lebih mudah didapat. Beberapa bahkan sudah ada yang mengalami restorasi alias diberi warna hingga terlihat lebih nyata. Tidak lagi foto atau film hitam putih saja. 

Jadi, sudah sepatutnya kita berterima kasih kepada seluruh pahlawan Indonesia yang rela berjuang, dan mengikhlaskan jiwa raga mereka, bahkan meninggalkan rumah, keluarga tercinta dan pekerjaannya, demi bisa melawan dan mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Semoga Allah memberi ganjaran pahala yang berlimpah bagi para pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia.  Aamiin.

Di masa penjajahan dahulu, arti Kemerdekaan adalah bisa terlepas dari penjajahan fisik. 

contoh kondisi rakyat Indonesia sebelum merdeka, mereka adalah budak yang harus patuh pada penjajah (credit foto: https://idsejarah.net/2016/10/sejarah-penjajahan-belanda-di-indonesia.html )

Sebagai bangsa terjajah, maka tidak ada kebebasan untuk berkegiatan, berpendapat, bekerja, berpendapat, bersuara, bahkan muncul di luar rumah. Credit foto : https://www.galena.co.id/q/berapa-banyak-keluarga-belanda-indo-yang-saat-ini-masih-tinggal-di-indonesia


Budi Oetomo, bersama dua sahabat lainnya, membangkitkan semangat para pemuda untuk bangkit bersatu melawan penjajahan sekaligus mendorong semangat untuk bangkit lewat pendidikan (credit foto: koleksi pribadi)


lokasi sekolah kedokteran pertama di Indonesia sekaligus tempat para pemuda berkumpul untuk bersatu melawan penjajahan. (Lokasi: gedung kebangkitan nasional. credit foto: koleksi pribadi)

Di masa sekarang, arti kemerdekaan mungkin merujuk pada kondisi bisa terlepas dari belenggu kebodohan, bisa terlepas dari cengkeraman penyakit berbahaya, bisa mengekspresikan diri secara bebas, bisa belajar dengan leluasa, bisa membebaskan diri dari tekanan pihak lain, bisa bebas memilih tanpa ada rasa takut dipersalahkan.

Ya. Alhamdulillah tabarakallah, kita semua bisa menghirup udara kemerdekaan dalam arti tidak lagi menjadi bangsa yang secara fisik dijajah oleh bangsa lain. 

Lebih dari itu, alhamdulillah di 17 Agustus 2022 ini, Indonesia sudah kembali normal dalam arti tidak lagi dibelenggu oleh Pandemi Covid 19 sehingga kita semua bisa merayakan Pekan Kemerdekaan Indonesia. Pandemi Covid 19 yang terjadi selama 2 tahun kemarin, bukan hanya merenggut kemerdekaan kita dalam berkegiatan sehari-hari, tapi juga mengancam perekonomian negara Indonesia. Negara lain di luar sana, sudah ada yang terpuruk akibat pandemi ini dan mengalami resesi besar; bahkan ada yang mengalami kebangkrutan seperti yang terjadi di Srilanka saat ini. Aku mengikuti berita ini dengan rasa cemas. katanya, tTerdapat sebanyak 9 negara yang berpotensi bernasib sama seperti Sri Lanka. Dalam laporan Crisis Response Group, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), 9 negara tersebut di antaranya, Afganistan, Argentina, Mesir, Laos, Lebanon, Myanmar, Pakistan, Turki dan Zimbabwe. Alhamdulillah Indonesia, meski sempat dihantui bayang-bayangan akan mengalami resesi ekonomi besar, tapi berhasil melaluinya. Jadi, alhamdulillah akhirnya tahun 2022 ini kita bisa terlepas dari pandemi Covid 19 sekaligus terlepas dari ancaman resesi ekonomi, Insya Allah. Semoga Indonesia bisa Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Lalu bagaimana cara memaknai arti Kemerdekaan di jaman sekarang?

1. Bersyukur.

Tentu saja kita semua harus bersyukur. Ini yang pertama.
Di rumah, karena internet cepat, jadi aku bisa nonton aneka macam tontonan di channel Youtube. Salah satunya adalah pengalaman orang Korea, China, Jepang, Eropa serta orang Amerika, yang pernah tinggal di Indonesia selama beberapa waktu. Mereka lalu berpendapat bahwa ternyata, anak-anak Indonesia itu jauh lebih bahagia ketimbang anak-anak yang tumbuh di negara mereka.

Mengapa bisa demikian?

wajah anak Indonesia yang disebut lebih terlihat bahagia ketimbang anak negara lain (credit foto: koleksi pribadi, ini foto anak bungsuku)

Karena, di Indonesia anak-anaknya masih diberi kebebasan untuk bermain. Bermain itu adalah hak semua anak. Karena lewat permainan, semua anak belajar untuk mengekspresikan diri, melepas penat, belajar bermacam peran, belajar bersosialisasi, berimajinasi secara bebas, bergerak dengan bebas, belajar bertenggar rasa, belajar bertoleransi, belajar berekspresi. 

Nah, di negara lain, kata para Youtuber dan Vlogger dari manca negara itu, waktu sekolah sering terlalu lama. Dari pagi hingga sore, bahkan malam, dan itu masih ditambah dengan beban kegiatan ekstrakurikuler lagi. Sehingga tidak ada waktu untuk bermain dan hak bermain ini tanpa sengaja telah terampas ketika mereka masih kecil. Hasilnya, anak-anak tumbuh dengan rasa kurang bahagia. Dan setelah mereka dewasa, mereka mencoba mencari kebahagiaan dengan cara yang beraneka ragam dan bahkan cenderung aneh-aneh. Tidak jarang, mereka jadi putus asa karena tidak menemukan kebahagiaan yang dicari dan berakhir dengan bunuh diri atau hidup dengan merasakan kehampaan.

Disini, aku merasa bersyukur menjadi orang Indonesia dan besar di Indonesia. Alhamdulillah. Budaya kita, memang tidak menekankan pada hasil akhir. Tapi proses untuk untuk mencapai sesuatu itu juga amat penting. Dan pada setiap fase yang dilewati, para orang tua kita, secara turun temurun mengajarkan pada anak-anak mereka untuk jangan pernah lupa bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa. Dan ketika ternyata tidak berhasil melewati fase yang sulit, jangan lupa untuk bersabar dan kembali memohon bantuan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan karakter "senantiasa mengingat Tuhan Yang Maha Esa" ini, membuat kita terbentuk menjadi pribadi yang tidak sombong ketika berada di atas dan tidak terpuruk ketika berada di bawah. Hal ini ternyata berpotensi mendatangkan kebahagiaan loh. 

Inilah yang menjadi Sila Pertama dalam Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia, Ketuhanan Yang Maha Esa. 

2. Berkarya

Menghasilkan sesuatu. Entah itu berupa benda atau jasa. Berkarya itu, ternyata merupakan wujud dari hak dasar semua orang untuk bisa memberikan aktualisasi dirinya di tengah keberadaan orang banyak. 

Ini beneran deh. Coba saja jika kalian, selama satu tahun saja, tidak menghasilkan apapun, tidak mengerjakan apapun, tidak berinsitiatif apapun, tidak pernah mengeluarkan pendapat atau bersuara, tidak pernah melakukan sesuatu bahkan untuk kebaikan diri sendiri sekalipun, mungkin kalian akan merasa tidak waras atau berakhir bunuh diri karena merasa sudah sia-sia hidup di dunia ini. Karena, keinginan untuk menghasilkan sesuatu dan mendapat pengakuan dari orang lain itu termasuk hak dasar dari setiap manusia. Itu sesuatu yang ketika dilakukan akan memberi arti tersendiri tentang hidup kita di muka bumi ini. 

Lewat karya, kita juga bisa membantu mengharumkan nama negara Indonesia. Lewat karya, kita juga bisa membantu banyak orang, sekaligus membantu negara.  Lewat berkarya, kita bukan hanya memerdekakan diri kita sendiri dengan cara memberi ruang bagi imajinasi dan mimpi kita agar bisa terwujud, tapi kita juga memerdekakan orang lain, yaitu ketika karya kita ternyata memberi kemudahan bagi kesulitan yang dihadapi orang lain. 

Bayangkan jika tidak ada yang berpikir cara menciptakan kursi roda misalnya. Mungkin mereka yang tidak bisa berjalan, tidak akan pernah bisa bergerak ke banyak tempat. Atau jika tidak ada yang menghasilkan tulisan yang berisi informasi, mungkin tidak ada orang yang tahu sebuah informasi yang ada di lokasi yang jauh darinya. Jika tidak ada yang mau jadi guru, berapa banyak orang-orang yang tetap tenggelam dalam kebodohan. Dan masih banyak lagi contoh-contoh berkarya. 

3. Bersinergi


Bekerja sama untuk mencapai keberhasilan. Seperti anggota tubuh kita yang punya fungsi berbeda-beda tapi seluruh anggota tubuh itu saling bekerja sama untuk menghasilkan keberhasilan tubuh kita agar bisa terus hidup. Kaki yang terpisah kiri dan kanan, bekerja sama ketika berjalan dengan ayunannya yang bergantian hingga kita bisa berjalan, berlari, melompat, merunduk, jongkok, atau berbaring. Kedua telinga yang terpisah jauh kiri dan kanan dan bahkan saling tidak akan pernah bisa saling berhadap-hadapan satu sama lain, saling bekerja sama untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan yang kelak akan dikirim ke otak yang selalu berada di dalam kepala.

Masya Allah Tabarakallah, luar biasa sekali ya pemberian Allah Subhanahu Wata'ala ini kepada kita makhluk ciptaan Allah. 

Nah, kita sebagai rakyat Indonesia, ketika berkarya hendaknya ingat untuk bersinergi satu sama lain agar kita semua bisa meraih keberhasilan sebagai sebuah bangsa. 

Ada banyak cara kok untuk bisa bersinergi membantu negeri. Bisa dengan cara bergotong royong membangun negeri, bergotong royong menciptakan pemerataan, bekerja sama memajukan perekonomian dan pendidikan di Indonesia. Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan. Dan kesempatan ini bahkan bisa dilakukan di berbagai bidang. Aneka profesi, aneka lapangan pekerjaan, dan aneka kesempatan. Bahkan jika ternyata ada kendala tertentu hingga tidak bisa bersinergi di luar rumah, bisa dilakukan dari dalam rumah. Apalagi sekarang ada layanan internet cepat yang unlimited yang diberikan salah satunya oleh IndiHome dari Telkom Group. Sekarang sudah biasa melakukan pekerjaan dan berkontribusi yang dilakukan dari rumah. Istilahnya Bekerja Dari Rumah atau Work From Home. Dengan bantuan internet cepat dan unlimited, dari dalam rumah bisa menjangkau banyak orang bahkan meski yang dijangkau itu berada beda kota, atau beda propinsi atau bahkan beda pulau atau beda negara. Jangkauannya bisa amat luas sekali. Jaman dahulu, mungkin pekerjaan seperti ini tidak terpikirkan akan hadir ya. 

contoh pekerjaan yang dilakukan dari dalam rumah yang dilakukan oleh putriku yang menjadi dokter online (credit foto: koleksi pribadi)



4. Berintegrasi


Dalam KBBI,
integrasi/in·teg·ra·si/ n pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat;
-- bangsa Pol penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam kesatuan wilayah dan pembentukan suatu identitas nasional;
-- horizontal pembauran dengan pihak atau badan yang sederajat;
-- kebudayaan Antr penyesuaian antara unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat;
-- kelompok Antr penyesuaian perbedaan tingkah laku warga suatu kelompok bersangkutan;
-- vertikal pembaruan dengan pihak atau badan yang berada di atas (lebih tinggi);
-- wilayah Pol pembentukan wewenang kekuasaan nasional pusat atas unit-unit atau wilayah politik yang lebih kecil yang mungkin beranggotakan kelompok budaya atau sosial tertentu;

berintegrasi/ber·in·teg·ra·si/ v berpadu (bergabung supaya menjadi kesatuan yang utuh);
Artinya, seluruh rakyat Indonesia diharapkan untuk bisa bersatu padu. 

Mungkin, jika saja dahulu nenek moyang kita tidak bersatu padu saling bekerja sama mengusir penjajah, kita tidak akan pernah bisa merdeka.

Masa pemerintahan Hindia Belanda yang menerapkan politik adu domba, sukses membuat Indonesia terus menjadi negara terjajah selama 350 tahun. Itu sebabnya, aku paling benci dengan cara oknum di luar sana, yang mengaku orang Indonesia tapi pekerjaannya mengadu domba anak bangsa. Aduh. Mereka menyalah gunakan segala macam bentuk kebebasan dengan cara yang salah dan jahat. Sehingga membuat rakyat Indonesia terbelah dan tidak bisa bersatu padu.

Kemerdekaan yang kita miliki saat ini, hendaknya dijadikan sebuah kesempatan untuk kita bisa berintegrasi dengan seluruh lapisan masyarakat, dengan seluruh rakyat Indonesia. 

5. Memberantas Korupsi

Nah ini yang terakhir dan penting juga dimaknai ketika kita merenungi arti Kemerdekaan. Yaitu memberi dukungan dan turut serta berkontribusi dalam berbagai upaya untuk memberantas korupsi. 

Penegakan hukum sulit dilakukan jika ada celah untuk terjadinya sebuah tindakan korupsi di dalamnya. Hakim bisa dibeli, keputusan pengadilan bisa diselewengkan, polisi bisa diatur dan kehilangan wibawanya, pejabat tidak peduli pada rakyatnya, dan yang kuat akan menindas yang lemah. 
Pada akhirnya, sebuah perilaku korupsi akan menguatkan tegaknya sebuah bentuk penjajahan baru. 

Itu sebabnya, memberantas korupsi adalah sebuah hal yang penting dilakukan, karena dari sinilah kita semua bisa benar-benar merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya. 

Semoga tulisanku ini bermanfaat. 
Dirgahayu Indonesiaku yang ke 77 tahun. Semoga Indonesia bisa Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

(tak terkatakan betapa bahagianya aku menjadi manusia merdeka. Alhamdulillahirabbila'alaamiin). 


18 komentar

  1. Sudah merdeka bukan berarti santai rebahan mulu yak? Tapi harus dimaknai lebih dalam dan berbuat sesuatu untuk negeri.

    BalasHapus
  2. pas banget, saya habis dengerin ngaji filsafat tentang Bung Karno
    tentang bagaimana bapak bangsa ini bolak balik masuk penjara karena pendiriannya
    Dan kini, yang harus kita lakukan hanyalah mengisi kemerdekaan

    BalasHapus
  3. Ngeliat foto2 jaman penjajahan suka sedih ya. Mereka itu dulu masih muda usia belasan tapi udah berperang, udah merumuskan sumpah pemuda, udah ngadain kongres dll.

    Liat pejuang yang lusuh badan kurus kering, Masyaallaah semoga surga tempatnya. Aamiin

    Sekarang giliran kita yang menjaganya dengan berkarya dan berkontribusi untuk negara. Apapun caranya yang penting hal yang baik2.

    Ngeliat anak sekolah tawuran rasanya pingin tak jitak satu2

    BalasHapus
  4. Karena saya suka nonton film perang, seringbanget tuh abis nonton, membayangkan nenek moyang kita dulu.
    bahkan kakek-kakek kita yang masih merasakan hidup di zaman penjajahan dulu, rasanya nggak berhenti bersyukur ya, betapa indahnya kehidupan merdeka itu, dan sudah seharusnya dimaknai dengan hal-hal yang positif

    BalasHapus
  5. Lihat foto zaman dulu kayak miris ya kak apalagi klo kerja paksa gitu. Alhamdulillah kita udah merdeka semoga semakin semangat mengisi kemerdekaan dengan belajar, berkarya dan memberantas korupsi

    BalasHapus
  6. Memaknai kemerdekaan dengan beragam kegiatan positif dan memaknai secara benar.

    BalasHapus
  7. Aku bersyukur banget karena nggak tinggal di zaman penjajah. Nggak terbayangkan gimana menderitanya kalau kita hidup di zaman itu ya. Sekarang tugas kita adalah berkarya buat bangsa.

    BalasHapus
  8. Tetap bersyukur dan terus berkarya, hal yg wajib bgt kita lakukan meski udah merdeka. Teringat kisah perjuangan pahlawan tentu tak mudah memperjuangkan kemerdekaan bangsa

    BalasHapus
  9. Poin bersyukur itu sangat penting. Saya setuju sekali ditempatkan paling pertama. Negara lain, dan orang-orang yang ada di dalamnya, ada yang kondisinya lebih susah dan menderita dari kita. Kalaupun tidak apa-apa, situasi di negaranya masih di bawah kita.
    Meski kita bukan yang termaju tapi tinggal di negeri kita ini masih banyak kemudahan yang bisa didapat dalam rangka melanjutkan hidup dan menjadi lebih baik.
    Semoga kemerdekaan yang ada, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berkarya dan menjadi manfaat.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah saya pun merasa sangat menysukuri nikmat kemerdekaan ini mbak. Kadang suka ada perasaan kurang memberi sumbangsih, padahal setiap hal kecil kebaikan juga bisa jadi bentuk bersyukur ya..
    Apalagi zaman sekarang mau apa saja bisa secara online berkat IndiHome yang selalu stabil jaringannya

    BalasHapus
  11. Cakep banget memaknai arti kemerdekaannya mba ih, kadang suka lupa sama bersinergi dan berintegrasi aku tuh *duh. Wah iya memberantas korupsi juga perlu banget itu

    BalasHapus
  12. MashaAllah~
    memaknai arti kemerdekaan bagi kita semua dengan apa yang tersedia di masa kini. Semoga tetap terjalin persatuan dan kesatuan bangsa dengan adanya kemudahan demi kemudahan di zaman serba digital ini.

    BalasHapus
  13. sudah merdeka bukan berarti bisa bersantai yaa, malah tugas kita semakin berat karena harus mengisi kemerdekaan itu agar perjuangan para pahlawan kita di masa lalu gak sia-sia saat memerdekakan bangsa ini

    BalasHapus
  14. Berkarya sangat butuh intermet cepat ya, Kak. Bersyukur kita bisa menikmati kemerdekaan dengan adanya internet cepat sehingga bisa melakukan banyak hal

    BalasHapus
  15. Setuju banget kak, bersyukur kunci hidup yang selalu aku pegang sampai kini, apalagi kita hidup di era serba gampang bertambah dukungan internet, semua serba sat set sat set

    BalasHapus
  16. Di era yang makin modern, dimana semua fasilitas dan kemajuan teknologi memudahkan manusia dalam beraktivitas, membuat kita lupa bagaimana cara memaknai kemerdekaan...
    Internet lancar anti macet dari indihome harusnya memudahkan kita memberikan kontribusi positif dalam mengisi dan memaknai kemerdekaan. Jangan malah rebahan...

    BalasHapus
  17. Arti merdeka jaman now buat saya adalah kolaborasi dan sinergi supaya mendapatkan hasil maksimal. Apalagi sekarang semua serba digital jadi ga ada penghalang jarak dan waktu

    BalasHapus