Ngabubookread Ramadhan Baca Novel Keren

 [Lifestyle] Bulan Ramadhan tahun ini, yang jatuh di bulan April 2021, kalian punya kegiatan apa untuk ngabuburit menunggu azan maghrib? Seperti tahun lalu, qadarullah tahun ini kita semua menjalani bulan Ramadhan di tengah suasana Pandemi akibat Covid 19 yang belum juga usai. Bedanya dengan tahun lalu, tahun ini, pandemi Covid 19 sudah ditangani lebih baik ketimbang tahun lalu. Sehingga kita sudah mulai bisa melakukan aktifitas yang tahun lalu tidak bisa dilaksanakan di luar rumah sama sekali. Seperti sudah bisa shalat di masjid, melakukan buka bersama di rumah makan atau lokasi di luar rumah lainnya, dan melakukan silaturahmi dengan orang lain di luar lingkaran orang rumah. Tentu saja, semua hal ini harus tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang 5 M ya, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, Mengurangi Mobilitas. Intinya sih, kita harus tahu cara menjaga diri kita sendiri dengan cara tahu diri. 

Protokol kesehatan yang dilaksanakan itu, bukan berarti kita jadi mati gaya loh ya. Ada banyak sekali kegiatan ngabuburit alias kegiatan yang dilakukan sambil menunggu azan maghrib berkumandang di bulan Ramadhan, yang salah satunya adalah dengan cara membaca buku.

Buku itu jendela jiwa. Dengan membaca buku, kita jadi tahu banyak hal. Bahkan, dengan membaca buku kita secara otomatis mengendalikan diri kita sendiri mau dibawa ke arah mana dalam memandang situasi yang berbeda dengan diri kita sendiri.

Di bulan Ramadhan 2021 ini, khususnya di bulan April, Falcon Publishing mengeluarkan beberapa buah buku yang amat rekomendasi buat kalian baca.  Beneran seru, dan  bikin betah di rumah dan asyik menjaga diri kita sendiri di bulan Ramdhan, di tengah suasana luar rumah yang masih terkepung Pandemi Covid 19.



Yuk, dipilih buku yang kalian ingin baca. Selama bulan April, yaitu periode 25 s/d 30 April 2021, jika kalian membeli buku-buku rekomendasi di atas, maka selain kalian mendapat bonus free ongkir juga mendapat tanda tangan dari penulis buku-buku di atas loh. Asyik kan. Plus, ada bonus tambahan lainnya lagi, yaitu voucher free berlangganan aplikasi KLIKFILM selama 2 bulan. Di aplikasi ini, kita bisa menonton aneka film bioskop di mana saja, kapan saja secara gratis dan tanpa jeda iklan. 

Jadi First Reader 10 Novel Keren di #Ngabubookread

Nah, di antara 10 judul-judul buku rekomendasi di atas, aku punya tiga (3) buku yang aku suka banget bacanya. Kebetulan, alhamdulillah aku terpilih jadi salah satu first reader 10 novel terbaru keluaran penerbit PT Falcon Publishing. Dari 10 buku yang ada di tanganku, untuk tulisan pertama ini aku pilih 3 judul yang aku tulis di bawah ini. Disamping karena isinya memang bagus, tidak mengandung pornoaksi yang bisa mengganggu puasa kita, juga tidak ada cerita yang menguras emosi lewat logika yang bikin kesel bin gemes bin mau marah. Semua cerita yang tersaji santai, santun, rapi dan membawa pencerahan tersendiri. Ketiga buku yang aku suka itu adalah:

1. Filosofi Endog (resep hidup a la Chef Arnold)

Judul buku : Filosofi Endog (resep hidup a la Chef Arnold)
Penulis: Arnold Poernomo
Penyunting : Putri Nurnitasari
Ilustrasi isi dan sampul : Alam Taslim (igorsatumangkok)
Penerbit: PT Falcon Interactive (april 2021)

Sepertinya, nyaris semua orang, terutama mereka yang pernah bersinggungan dengan media sosial dan media televisi, mengenal Chef Arnold. Cuitan Chef yang satu ini, beberapa menjadi viral di media sosial Twitter. Dan wajahnya sendiri, muncul di beberapa iklan televisi. Inilah Chef yang menjadi salah satu juri di acara Master Chef Indonesia yang tayang di salah satu televisi nasional Indonesia. 

credit foto: akun instagram chef Arnold

Sama seperti penampilannya di televisi ketika membawakan acara Master Chef Indonesia, yaitu santun, memiliki humor yang sopan dan segar, serta mampu mencairkan suasana tegang dengan gaya santainya, sekaligus tegas (sehingga terkesan tidak terpengaruh dengan apa kata orang lain) demikian juga tulisan-tulisan dia di Twitter dan media sosial yang dia miliki lainnya. Beberapa orang mengatakan bahwa Chef Arnold suka julid jika sedang melontarkan kata-kata. Galak dan tegas. Tapi, entah karena aku suka jadi aku sih melihatnya biasa saja. Tidak galak sama sekali. Karena dia masih bisa bikin orang yang dimarahi jadi tertawa dan cepat menyadari kesalahan mereka apa. Tidak larut dengan rasa minder karena sebuah tekanan. Dari sinilah aku jadi follower Chef Arnold di twitter. Hehehe. Dan sekarang, gaya menyenangkan tersebut dia bawa dalam sebuah rangkaian tulisan di buku Filosofi Endog. Otomatis aku suka dong dengan buku ini. Tapi terlepas dari rasa sukaku pada Chef Arnold, buku pertama Chef Arnold ini memang rekomendasi buat kalian baca. 

Membaca kumpulan tulisan ringan di buku Filosofi Endog rasanya seperti membaca sebuah tulisan yang mengajak kita untuk sejenak merenung tanpa harus merasa digurui. Seperti diajak untuk melihat sekeliling tanpa merasa sedang dihakimi. Hal ini karena banyak fenomena kejadian kekinian yang diceritakan dengan gaya santai dan apa adanya oleh Chef Arnold. 

Jika kalian yang aktif di media sosial, tentu pernah ingat bahwa pada satu titik, Chef Arnold pernah dibully oleh warga Net terkait dengan cerita keluarganya. Tapi, bullyan warga net ini tidak mempengaruhi Chef Arnold sama sekali. Chef Arnold tetap bertahan dengan jadi dirinya sendiri, tetap merasa nyaman dengan dirinya sendiri dan terbukti justru malah warga Net yang semula membully dia berbalik jadi fans dia sekarang. Followers Chef yang satu ini banyak sekali. Itu sebabnya cuitan dia di Twitter berpotensi menjadi viral.

Bagaimana caranya kok Chef Arnold bisa bertahan dan bahkan membalik keadaan? Nah, untuk itulah kalian semua harus membaca buku Filosofi Endog ini. Karena di dalam buku ini, Chef Arnold menulis tentang resep menghadapi kehidupan, sehingga kita tidak terjebak dengan gaya hidup jaman sekarang yang jika tidak ditanggapi dengan bijak bisa jadi bumerang bagi kehidupan kita. 

"Jalan tol yang seharusnya bebas hambatan saja ada gujrugan-nya, apalagi hidup. Apa pun hambatannya, cukup jalani. Tapi, dengan sepenuh hati." (salah satu quotes yang ditulis oleh Chef Arnold dalam satu satu tulisannya di buku Filosif Endog. 

Rekomendasi banget deh buku ini buat kalian yang mulai merasa sering baper tiba-tiba gara-gara mengikuti gejolak media sosial; atau buat kalian yang ingin mengerti bagaimana menghadapi tekanan lingkungan yang tak terduga. Bahkan buku ini juga rekomendasi buat mereka yang ingin mendapatkan penguatan atas perbuatan yang sudah benar dilakukan saat ini. Penting bangetlah di refill kembali semangat untuk berbuat benar dan baik itu. Agar kita tetap bersemangat melakukannya.

2. Nawaitu Cinta (Percaya Aku Ada Untukmu)  

Judul buku: Nawaitu Cinta
Penulis : Natta Reza
Penyunting : Putri Nurnitasari
Ilustrasi : @yarahpe
Penerbit: PT Falcon (April 2021)


Secara random, aku pilih buku ini buat aku baca. Aku tidak kenal siapa penulisnya. Aku kira, ini buku novel fiksi biasa saja. Tapi, segera setelah aku membaca halaman-halaman di bab awal novel ini, aku jadi tertarik untuk mengetahui siapa sebenarnya Natta Reza ini.

Rupanya, Natta Reza ini adalah seorang pesohor di Indonesia, khususnya di bidang hiburan tanah air. Aku sampai mampir lihat-lihat akun instagramnya Natta Reza. Lalu, memutuskan untuk jadi follower istrinya Natta Reza ini, yaitu Wardah Maulida, yang juga ternyata seorang influenzer di media sosial. Ternyata mereka berdua adalah pesohor di tanah air. Wah, kemana saja aku selama ini hingga baru tahu tentang hal ini?

Masya Allah ya, isi akun instagram kedua pesohor ini luar biasa. Penuh dengan suasana romantis. Terlihat sekali bahwa keduanya saling mencintai satu sama lain. Dan itu terekam dengan baik dalam semua tulisan Natta Reza di novel Nawaitu Cinta ini.

credit foto: akun instagram Natta Reza

Kenapa aku sampai sebegitu mencari tahu tentang pasangan Natta Reza dan Wardah Maulida ini? Karena di novel, eh, lebih tepatnya disebut buku ini, Natta Reza bercerita tentang bagaimana dia amat mencintai istrinya Wardah Maulida dan ingin bahagia dan menua bersama. Meskipun gelombang ujian dalam rumah tangga yang dibangunnya bersama Wardah mungkin banyak tsunaminya.

Kenapa banyak tsunaminya? Karena, saat ini, Wardah sedang gundah gulana akibat belum juga dikaruniai keturunan setelah beberapa tahun menikah dengan Natta. Itu sebabnya beberapa waktu lalu, Wardah mengikhlaskan jika Natta terpikir untuk melakukan poligami. Bukan hanya ikhlas mempersilakan Natta untuk berpoligami, tapi Wardah bahkan beberapa kali mendesak Natta untuk segera melakukan poligami.

Duh. Selama ini, kisah-kisah seputar poligami biasanya ditulis oleh perempuan dan tentu saja penuh dengan drama yang menguras emosi. Nah, kali ini kisah seputar rencana poligami ini ditulis oleh seorang laki-laki. Dan berbeda dengan apa yang ditulis oleh kebanyakan penulis yang menganggap poligami sebuah petaka dalam rumah tangga, hingga masyarakat menganggap lelaki adalah sosok egois dan mau menang sendiri sedangkan perempuan adalah sosok yang tertindas; dalam tulisan di buku Nawaitu Cinta ini, Natta justru muncul sebagai seorang lelaki yang melihat sisi lain istrinya yang memintanya untuk melakan poligami. Yaitu sisi terbaik dan tercantik istrinya. Dan karena sudut pandangan yang berbeda dengan orang kebanyakan ini maka Natta malah menolak untuk melakukan poligami.

Luar biasa nggak sih? Jarang banget loh laki-laki yang seperti Natta ini. Itu sebabnya aku sampai kepo akun instagram mereka berdua. Nah, sekarang, gimana caranya meyakinkan istrinya bahwa Natta punya pemikiran tersendiri tentang rumah tangga yang ingin dia bangun bersama Wardah Maulida? Baca deh di buku ini. Ih, romantis banget, tau.

Buku ini rekomendasi banget buat kalian yang ingin menikah agar merasa yakin bahwa sebuah pernikahan itu benar-benar pelengkap kebahagiaan yang sesungguhnya. Juga rekomendasi buat mereka yang ingin mendapat pencerahan baru tentang makna poligami yang sesungguhnya. Yaitu poligami yang bukan dilakukan untuk alasan nafsu, tapi karena pertimbangan untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT. Dan, rekomendasi buat kalian yang ingin memiliki rumah tangga yang romantis, sakinah, mawadddah, warahmah.

"Pernikahan itu bukan hanya untuk melegalkan sebuah hubungan. Bukan pula untuk mengubah status dari singgel menjadi dobel. Apalagi menikah hanya mengikuti trend semata. Trend nikah muda misalnya. Menikah itu bukan sekadar ikut-ikutan tanpa ilmu..... ya, menikah itu harus dibekali dengan ilmu." (kutipan dari halaman Sepatah Kata dari buku Nawaitu Cinta)

3. Kekasih Semusim


Judul: Kekasih Semusim
Penulis: Dini Fitria
Penyunting : Jia Effendie
Ilustrasi Sampul: Aqsho Zulhida
Penerbit: PT Falcon (April 2021)


Secara random, akibat ke 10 buku rekomendasi terbitan PT Falcon Publishing ini bagus semua, aku memilih novel ini. Dan ternyata, novel separuh kisah perjalanan yang dibalut dengan kisah romantis dan drama keluarga ini ternyata bagus loh.

Berkisah tentang 3 orang tokoh, yaitu Nina, Kayana dan Reno. Nina, seorang ibu tunggal yang tangguh hingga bisa membesarkan anaknya tanpa bantuan suami hingga anaknya nyaris menjadi sarjana. Kanaya, adalah anak dari Nina. Seorang gadis keras kepala yang ingin melakukan pemberontakan terhadap ibunya. Dan Reno, seorang pria paruh baya yang kaya raya, single dan punya masalah dengan komitment. 

Konflik besar terjadi di antara mereka bertiga. Siapa perempuan yang dicintai oleh Reno? Kalian  bisa mengetahuinya setelah membaca novel ini. Bagaimana konflik antara ibu dan anak berkembang dan akhirnya terselesaikan? Itu juga ada di novel ini. Hal yang juga menarik untuk disimak dari novel ini adalah, selipan-selipan sejarah sebuah tempat atau kejadian. Penulis novel ini menyelipkan bumbu sejarah dengan amat cerdik dan manis. Jadi kita sebagai pembaca sama sekali tidak merasa sedang digurui. Semua mengalir begitu saja lalu tiba-tiba tersadar dan bergumam dalam hati, "Oh, itu toh awal mulanya kata itu muncul?"  atau "Oh, ini sebabnya nama itu muncul?". Hehehe, ini loh yang aku alami. 

Jujur, karena pada dasarnya aku suka pelajaran sejarah, jadi membaca novel yang diselipi kisah sejarah dengan amat manis dan cerdik itu, sesuatu banget aku. Suka deh pokoknya. Kita jadi seperti ngobrol dengan seseorang, dan orang tersebut memberitahu kita informasi singkat yang bisa mengubah susunan perbendaharaan pengetahuan dalam kepala kita. 

Dan masih ada bonusnya lagi. Yaitu tentang cerita perjalanan ke negara di Eropa. Ih, kita jadi seperti sedang jalan-jalan di Eropa deh membaca novel ini. Jadi bisa membayangkan gedung-gedungnya, suasananya. pegunungannya, dan sebagainya.

Kenapa semua cerita perjalanan yang menjadi latar belakang cerita di novel ini terasa begitu nyata? Karena penulisnya memang pernah mengunjungi kota-kota di Eropa sana. Memang ngaruh? Ya ngaruh sih menurutku.

Beberapa waktu silam, dunia literasi di Indonesia pernah dibanjiri oleh novel romantis dengan setting luar negeri. Masalahnya, penulisnya tidak pernah mengunjungi kota-kota yang mereka tulis. Dan aku termasuk orang yang kecewa membacanya karena beberapa kali menemukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Kesalahan-kesalahan berimajinasi ini yang membuat gambaran cerita perjalanan yang seharusnya jadi bumbu pemanis sebuah cerita jadi terasa tidak manis lagi. Malah jadi sesuatu yang mengganjal di tenggorokan dan itu rasanya tidak enak.

Nah, di novel ini, kisah perjalanan di negara-negara Eropanya terasa begitu nyata karena memang penulisnya pernah (dan mungkin masih) tinggal di Eropa. Jadi, tidak ada yang terasa janggal atau mengalami logika bolong.

credit foto: akun instagram Dini Fitria

Novel ini rekomendasi buat kalian yang sudah kangen pingin jalan-jalan keluar rumah setelah mengalami masa pandemi C19 yang berkepanjangan. Karena ada banyak sekali cerita perjalanan di dalamnya. Novel ini juga rekomendasi buat kalian yang ingin bukan hanya sekedar membaca cerita fiktif saja tapi juga ingin mendapatkan pencerahan berupa motivasi dan inspirasi.  Karena kalimat sarat motivasi dan inspirasi terselip di banyak tempat dengan amat manis. Rekomendasi deh. 

----------------------
Nah, itulah 3 dari 10 novel yang aku rekomendasikan untuk kalian miliki di bulan Ramadhan ini.  Pertimbangan 3 novel rekomendasiku ini karena memang baru selesai baca 3 novel ini sih dari 10 novel seluruhnya. Aku sih merasa yakin ke 10 novel ini bagus-bagus semua. Jaman sekarang, berhasil melewati seleksi ketat persaingan antara banyak penulis hingga bisa terbit itu menandakan buku itu layak untuk dibaca. Ayo lah baca buku sambil menunggu beduk maghrib terdengar. 

Kalian bisa mendapatkan buku-buku ini di Gramedia.com. Shoppe, Bukku.id atau di 10 teman ngabubookread (free ongkir). Ini link yang bisa diklik untuk melakukan pemesanannya: 





37 komentar

  1. Semua bukunya bikin ngiler bun, Terima kasih udah mereview nya. Jadi bingung pilih mana tapi suka sama keunikan chef arnold hahhaha

    BalasHapus
  2. Aku kemaren penasaran sama Nawaitu Cinta. Soalnya judulnya unik dan ada kesan bikin penasaran gitu. Jadi pengen baca juga

    BalasHapus
  3. Chef Arbld kudu masuk pilihan, memang top, seolah remeh dan julid padahal asyik orangnya.

    BalasHapus
  4. Duh pengin baca semua..beneran ngabubookread ini, berfaedah sekali. Penasaran baca buku Chef Arnold, judulnya sudah bikin kepo apalagi sisinya penuh motivasi dan filosofi, pengin juga tahu bagaimana suami mencintai istri sedalam itu dalam Nawaitu Cinta, juga mau jalan-jalan ke eropa bareng Dini Fitria....Mau semua!

    BalasHapus
  5. Aku lagi baca istri kedua, Gus mbak. Sama-sama buku falcon bagus juga. Kekasih semusim malah belum baca.. ah daku jadi penasaran.. next kelar buku ini abis aku baca judul kekasih semusim juga ah

    BalasHapus
  6. Bukunya bagus-bagus tuh kak, cocok untuk bacaan selama bulan Ramadhan atau pas lagi gabut di kantor hehe... wah, makasih kak ada kontak email dan cara ordernya, insya Allah order kak makasih infonya...

    BalasHapus
  7. Waaah saya jadi tertarik dengan Filosofi Endog punya chef Arnold🥰🥰

    BalasHapus
  8. Nampaknya bakal beli bukunya chef arnold Nih.. mksh infonya mbak.

    BalasHapus
  9. Asik juga nih kalo selama bulan Ramadan nyempetin baca novel kala di waktu senggang. Nambah inspirasi juga kosa kata.

    BalasHapus
  10. MashaAllah. Pilihan 3 buku yang berkualitas banget ini Mbak Ade. Inspiratif dan tentunya bermanfaat untuk dijadikan bacaan selama di bulan suci ini. Kebetulan pulak saya senang banget membaca. InshaAllah pengen beli ke-3 buku yang direkomendasikan di atas.

    BalasHapus
  11. https://www.fennibungsu.com
    Buku teranyar yang jadi pilihan untuk dibaca memang. Daku penasaran juga sama yang nomor 3 terutama.

    BalasHapus
  12. Wardah Maulida berjiwa besar banget ya, seluas samudra nih hatinya, sampai rela bahkan menyuruh suaminya untuk poligami. Dan suaminya, Natta, walau disuruh suruh poligami, malah memilih untuk setia.

    BalasHapus
  13. Bukunya bagus2 bangeeettt
    aku mupeng baca bukunya chef Arnold.
    karena emang kentara personality-doi tuh uniik bgt ya mba

    BalasHapus
  14. penasaran pengen baca kekasih semusim kayaknya bagus. Nanti mau coba cari bukunya ahhh

    BalasHapus
  15. yaampun, aku udah lama banget gak baca buku, kecuali buku anak-anak. karena sekalian bacain buat anakku. hehe..
    penasaran deh sama bukunya chef arnold.. :D

    BalasHapus
  16. jadi pingin ikutan nulis juga ,hehehe

    Chef Arnold ini orangnya sangat menarik, dia bukan lulusan sekolah kuliner
    Tapi mempelajari kuliner secara otodidak, dan berhasil
    Tepatnya, keluarga chef yang berhasil

    BalasHapus
  17. Duh, buku-buku berkualitas semua ini.
    Penasaran dengan filosopi endok dan Nawaitu Cinta.
    Saya baru ngeh beberapa belakangan ini dengan kata Endok, *tepok jidat* karena sering mendengarnya tapi ga nyimpan di kepala, hiks.
    Poligami dalam kaca mata seorang suami, tentunya makin menguatkan cinta kedua pasangan tsb ya.

    BalasHapus
  18. Aku mauuuu baca buku chef Arnold yang jenaka pastinya ya?
    Terus Nawaitu Cinta dan kekasih Semusim kayaknya bakalan dibaca pas BUKAN BULAN RAMADAN hiks hiks... dijamin baper ya Ade!

    BalasHapus
  19. aku juga paling hobby bacaaa mba Ade kalau ada waktu.. asli bikin happy, Dan buku piihan dari Falcon oke - oke yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw aku ngga sabar untuk baca semua lengkaaap deh... dari sinopsisnya aja udah mengundaang hehehe

      Hapus
  20. Mbak Ade, yang judulnya Istri Kedua Gus itu ditulis oleh Mbak Anisa ... blogger juga, dari Jawa Timur .. yang punya penerbitan AE Publishing.

    Natta itu, saya juga baru tahu haha ... dari mana saja saya ya .. kayaknya bareng Mbak Ade .. eh malah Mbak Ade duluan tahu. Keren filosofi pernikahannya ya. Masya Allah istrinya ridho tapi beliau punya pegangan sendiri.

    BalasHapus
  21. Ku suka baca2 kalo pas santuy, duh itu penasaran sama NAwaitu Cinta dan Kekasih Semusim, keknya seruuu ceritanya.
    Ngabuburit yang seru banget, meski di rumah aja yaa.

    BalasHapus
  22. Udah lama banget aku nggak baca buku mbak, padahal sudah ada beberapa buku yang dibeli dan masih rapi terbungkus sampul plastik. Btw Wardah istri nya mas Natta ini sampai seikhlas itu ya mengizinkan suaminya poligami huhu.

    BalasHapus
  23. Aku baru tau chef Arnold ngeluarin buku. Setelah baca sinopsisnya jadi pengen baca bukunya. Wahh senang ya beli secara online bisa dptin tanda tangan penulisnya

    BalasHapus
  24. Duh penasaran pengen baca ceritanya. Itu udahlah free ongkir, ada banyak bonusnya pula. Ntar coba kepoin di websitenya Gramedia ah~

    BalasHapus
  25. Mbaaak, baca ulasan Mbak Ade kujadi pengen baca buku lagi. Ketiga cerita singkat dari buku yang Mbak Ade ulas membuatku penasaran. Apalagi yang pertama dan buku dari Natta. Seingatku, si Natta ini se-geng sama Rey dan Dinda Hauw itu deh. Hihi. Ternyata ada cerita tersembunyi dari pernikahannya, ya.

    BalasHapus
  26. Aku udah PO buku Kekasih Semusim punya Mbak Dini nih mbak, aku jadi penasaran endingnya juga niih

    BalasHapus
  27. Aku cari di apps Gramedia Digital aah...ada gak yaa..
    Suka banget sama 3 novel yang direkomendasi kak Ade. Sehati kita, kak...aku kemarin kok ya...nontonin youtubenya Chef Arnold, gitu..
    Penasaran banget sama menu-menu masakannya yang simple tapi naik kelas, hehhee..

    BalasHapus
  28. Mupeng Si Juki dan Chef Arnold, Mbak. Komik buat anak-anak dan fiksi buat kami. Ga sabar menanti.

    BalasHapus
  29. Suka sama rekomandasi buku bacaannya Mbak....kalau lagi down bisa baca bukunya Chef Arnold, pengen belajar soal ikhlas dha hubungan yang lebih erat dengan pasnagan baca nawaitu cinta smapai menjelajah Eropa Timur yang cantik

    BalasHapus
  30. Akhir-akhir ini Aku ngefans sama chef Arnold mbak. Masakannya itu simple Dan banyak tips nya. Nah ini kukira malah buku Resep masakan berbahan dasar telur eh salah banget dong. Hihihi keren sih ya mbak bukunya

    BalasHapus
  31. Keren ya bukunya Chef Arnold, memotivasi kita untuk memperbaiki diri..

    BalasHapus
  32. Ye kita samaan bun yang Chef Arnold. Yang dua belum kubaca, semoga kalo bukunya sampai mau baca biar makin asik sambil rebahan hehehe

    BalasHapus
  33. Waahh gak sabar nih pengen baca bukunya langsung

    BalasHapus
  34. Yang nawaitu awalnya kupikir novel. Akhirnya jadi kepo juga sama penulisnya wkwkwk sekudet itu akuu

    BalasHapus
  35. Denger2 abis launching buku Nawaitu Cinta ini Wardah langsung dikaruniai kehamilan, mba. Mungkin buah dari keikhlasan keduanya ya, jadi dikasih momongan sama Allah.

    Aku masih penasaran aama buku fisiknya. Pengin baca langsung kalo bukunya dah nyampe rumah. Hehe

    BalasHapus
  36. wahh, aku penasaran ketiganya nih, kebetulan aku followers dr semua penulis2 yg bukunya dibocorin di atas, mbak, hehe

    BalasHapus