Ciri ciri Hamil

 [Lifestyle] Waktu hamil dulu, aku gimana ya? Hehehe. Sudah lupa sebagian ceritanya, tapi bukan berarti semua terlupa. Ada bagian-bagian yang selalu ingat jika akan menceritakan waktu hamil dulu gimana. Jadi, meski anak-anak sekarang sudah pada besar, tapi aku masih ingat cerita waktu aku hamil mereka dulu. 3 anak berarti 3 cerita unik. Hmm, sebenarnya aslinya aku sudah pernah mengalami 6 kehamilan. Hanya saja, 3 alhamdulillah lahir selamat dan tumbuh sehat sempurna jadi anak-anakku sekarang, sedangkan 3 lagi keguguran. Nah, dari ke 6 kehamilan ini, semua punya cerita seru tersendiri.

gambar mozaik ini aku buat sendiri loh by the way 

Lucunya, meski sudah pernah 6 kali hamil, aku masih keliru-liru untuk menandai tanda-tanda hamil lagi.

Secara garis besar, jika belum sempat membeli testpack dan mendapati ciri ciri hamil di bawah ini, bisa jadi kalian hamil.

Ciri ciri hamil adalah sebagai berikut:

1. Pernah terjadi perpindahan cairan sperma ke dalam ovarium.

Ini tuh penting banget. Jika tidak pernah ada biologis (dimana dalam hubungan biologis tersebut terjadi pertukaran cairan di wilayah alat kelamin masing-masing; dalam arti ada perpindahan cairan sperma milik laki-laki ke dalam ovarium milik perempuan), maka jika tidak ada kendala dan atas izin Allah, kehamilan bisa terjadi.

Perpindahan cairan sperma ke dalam ovarium ini bisa dilakukan lewat hubungan biologis antara pria dan wanita, atau lewat kegiatan bayi tabung, atau dipindahkan dengan alat tertentu. 

Tapi bukan berarti perpindahan cairan sperma ke dalam ovarium ini bisa terjadi begitu saja tanpa diduga oleh pemilik ovarium ya. 

Ingat nggak dengan lelucon kehamilan yang terjadi karena bercampurnya pria dan wanita di dalam kolam renang? Nah, tidak semudah ini juga sih.

Atau beberapa waktu lalu ketika ada seorang wanita yang mengaku hamil tiba-tiba karena dimasuki oleh angin yang masuk ke dalam vaginanya. 😁😅 Nah, ini juga tidak mungkin. 

2. Tidak menstruasi lagi. 

Jadi, jika kalian belum mengalami menopause dan tidak sedang mengalami penyakit tertentu, lalu tiba-tiba telat datang menstruasinya, insya Allah hamil. Karena proses kehamilan yang terjadi di dalam rahim membuat siklus menstruasi secara otomatis akan terhenti.

3. Hasil test kehamilan memberikan tanda positif berupa 2 tanda strip

Untuk meyakinkan diri hamil atau tidak, belilah alat test kehamilan. Ada banyak sekali pilihan alat test kehamilan. Harganya juga beragam sih. Lengkap dengan keterangan seberapa efektifnya mereka. 

Nah, untuk mengecek hamil atau tidak, bisa juga dengan cara membeli alat test kehamilan. Cara memakainya gampang sih. Buka kotaknya, lalu bubuhi dengan air seni kita.

(((bubuhi))) 😂😂😂

4. Keluar kristal-kristal putih seperti gula pasir halus dari dalam puting. 

Ini tuh kayak cikal bakal air susu nantinya. Di awal-awal kehamilan cikal bakal air susu ibu ini masih berupa kristal-kristal halus berwarna putih. Jika diperhatikan, di awal-awal kehamilan, di puncak puting ketika kalain bercermin akan terlihat kotor berdebu. Nah, ketika disentuh ternyata terasa ada seperti butir-butir kristal putih yang kecil tapi kasar.

5. Terjadi perubahan fisik

Perut yang semakin membesar, pinggul yang semakin melebar, kulit yang lebih sensitif, indra penciuman yang lebih sensitif, indra pengecap yang lebih sensitif, lambung yang lebih sensitif. Atau tiba-tiba sering merasa lebih lekas lelah, atau tiba-tiba merasa lapar terus menerus. Semua ini adala perubahan fisik yang tidak terjadi jika kita tidak hamil.

Waktu aku hamil dulu, indra penciumanku luar biasa sensitifnya. Sehingga, ketika akan mengantar anak pergi ke sekolah, bertemu tukang angkut sampah di jalanan bisa membuatku muntah-muntah. Atau bertemu semua penjual keliling. Sehingga jika sedang berjalan keluar terpaksa membawa saputangan yang sudah diolesi minyak kayu putih atau minyak angin di atas sapu tangannya. Penting agar tidak muntah-muntah terus. Bahkan, suamiku pernah dalam sehari aku minta mandi lebih dari 5 kali (alhamdulillah beliau sabar banget; eh tapi ini sih harus ya, kan yang aku kandung anak dia juga). 


ciri-ciri hamil nih

Cara Mempersiapkan Tubuh untuk Kehamilan

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri hamil apa saja, sekarang yuk kita bahas cara mempersiapkan tubuh untuk kehamilan. Ini tuh khusus buat kalian yang ingin hamil. Termasuk bagian dari ikhtiar ya, sambil diiringi dengan terus berdoa pada Allah Subhanahu Wata'ala agar Dia berkenan memberi kepada kita keturunan yang sholeh/sholehah, sehat, sempurna, dan membahagiakan hati kita.

Ada 3 cara untuk mempersiapkan tubuh untuk kehamilan. Aku mengutipnya dari Halodoc.com nih. Halodoc.com tuh bener-bener referensi banget jika kalian ingin mencari informasi seputar kesehatan. Karena selain ada banyak banget artikel seputar kesehatan, juga ada kolom buat konsultasi dengan dokter. Baik chat dengan dokternya, atau tanya jawab secara umum. Selain itu, juga bisa membeli obat loh di kolom pharmacy-nya. Termasuk mencari keterangan jika ingin melakukan test covid 19 juga bisa dilakukan di website halodoc.com ini. Bahkan juga ada kolom khusus untuk membantu kalian yang sedang merencanakan kehamilan. 

ini nih kalender menstruasi yang berguna untuk mengetahui kapan masa subur kita, sekaligus berfungsi untuk menghitung kapan sekiranya HPL jika kita ternyata hamil



Halodoc.com sendiri ada versi website dan ada versi aplikasinya juga yang tinggal didownload dari playstore. Keduanya sama mudahnya dibukanya. Jadi, jika kalian lebih banyak menggunakan komputer daripada gadget maka kalian bisa membuat Halodoc.com versi website; tapi jika kalian seorang yang gadget mania alias kemana-mana selalu membawa gadget, maka lebih baik mendownload versi aplikasinya dari playstore.

Okeh. Kita balik lagi ngomongin bagaimana caranya mempersiapkan tubuh kita jika ingin hamil. Caranya yaitu: 

1. Ketika tubuh kamu melepaskan sel telur selama ovulasi, ia hanya memiliki waktu 12 sampai 24 jam untuk hidup. Sel telur harus bertemu sperma dalam jangka waktu tersebut, atau bila tidak kamu tidak akan hamil. Jadi, kamu dianjurkan untuk mencari tahu masa subur kamu, agar memiliki peluang yang lebih tinggi untuk hamil.

Gimana cara tahu kita sedang subur atau tidak? Biasanya, jika kalian termasuk kelompok yang rutin jadwal haid atau menstruasinya (setiap selang 11 hari, atau 22 hari, atau 27 hari, dst), maka masa subur adalah 12 s.d 16 hari sebelum haid atau menstruasi berikutnya datang. Tapi hal ini tidak berlaku jika jadwal haid atau menstruasimu tidak tetap siklus kedatangannya.

Cara lain untuk mengetahui kita sedang subur atau tidak, bisa juga dengan secara manual merasakan hawa panas tubuh kita. Biasanya, suhu temperatur tubuh akan meningkat ketika kita sedang mengalami masa subur. Jadi, ketika mengecup, maka bibirnya terasa hangat. Atau ketika dipeluk, kulit terasa lebih hangat dari biasanya. Bukan hangat seperti ketika sedang demam ya. Itu sih panas. Ini lebih hangat tapi bukan panas. 

Kalau orang jaman dulu, selalu mengatakan bahwa masa subur itu ditandai dengan penampilan yang biasanya lebih cantik dari biasanya. Terdengar konyol ya keyakinan ini. Tapi setelah aku pikir-pikir sekarang, mungkin juga sih ini. Karena, perempuan yang sedang subur, suhu temperatur tubuhnya meningkat. Sehingga dia merasa kegerahan atau kepanasan. Lalu mandi biar merasa segar, lalu tanpa sadar memilih pakaian yang tipis agar tidak kepanasan. Eh, suami melihatnya jadi keliatan lebih cantik. Lebih seksi. Hehehehe. 

2. Minum vitamin prenatal biasanya dianjurkan oleh dokter bagi kamu yang sedang hamil atau mencoba untuk hamil. Para ahli sepakat bahwa asam folat merupakan vitamin prenatal paling penting untuk kehamilan. Mengonsumsi vitamin prenatal dapat membantu mencegah masalah serius yang disebut cacat lahir tabung saraf. Jadi, bila ibu belum menambahkan asam folat ke asupan harian ibu, kehamilan minggu pertama adalah waktu yang tepat untuk memulai.

Aku inget nih, setelah keguguran anak pertama, dokter bertanya padaku apakah masih ingin hamil lagi. Tentu saja aku bilang iya. Lalu oleh dokter aku diberi vitamin prenatal. Kandungan isinya tuh ada vitamin E nya sih salah satunya. Lupa namanya.

Adikku juga sempat menunggu beberapa saat untuk bisa hamil, dan oleh dokter dia diberi vitamin prenatal juga. Memang sih efeknya badan jadi lebih berisi dikit. Tapi namanya juga sedang usaha ya.

3. Selama kehamilan minggu pertama, mulailah terapkan gaya hidup sehat untuk dipertahankan sepanjang kehamilan ibu. Bagi banyak calon ibu, mungkin sulit untuk menghentikan alkohol. Namun, hal tersebut perlu dilakukan demi kesehatan bayi di masa depan. Mulai kurangi juga minuman manis yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan bayi dan juga ibu. Alih-alih mengambil sekaleng cola atau anggur, penuhi kebutuhan cairan ibu dengan air putih.



Tidak ada komentar